Jump to content
  • Our picks

    • Jangan Aktifkan Tethering di GBK Selama Asia Games 2018
      Upacara pembukaan Asian Games 2018 tengah berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu malam (18/8/2019).

      Karena venue dipadati ribuan pengunjung, Kementerian Komunikas dan Informatika (Kemkominfo) juga tak ketinggalan mengimbau bagi pengunjung untuk mematuhi peraturan yang ada di dalam venue. Imbauan berkaitan dengan penggunaan akses internet di kawasan tersebut.
      • 0 balasan baru
    • Orang yang Suka Memberi Nasihat Ternyata Haus Kekuasaan
      Di film-film, sosok yang haus kekuasaan sering digambarkan licik bak Count Olaf, jenius seperti Littlefinger, atau tampil paling sempurna ala Marisa Coulter. Siapa pula yang mau memiliki rekan kerja seperti mereka di kantor?
      • 1 balasan baru
    • Mengenal Pria Belanda yang jadi Penyebab Indonesia Dijajah
      Sejak dahulu kala, nusantara yang kala itu belum dikenal sebagai Indonesia merupakan salah satu kepulauan di belahan Timur yang terkenal menghasilkan rempah-rempah terbaik. Alhasil, orang-orang Eropa di benua barat pun merasa tertarik dan berusaha untuk mengunjunginya.
      • 0 balasan baru
    • 7 Alasan Lelaki Badboy Cenderung Digilai Para Wanita
      Badboy merupakan sebuah julukan bagi pria yang mempunyai kesan nakal dan urakan. Namun tidak semua cowok nakal itu buruk. Meskipun sebenarnya cowok dengan tipe ini lebih berpotensi untuk menjadi seorang playboy. Entah mengapa tipe pria seperti ini malah banyak yang menyukainya. Buktinya banyak dari mereka yang gampang mendapatkan hati wanita.
      • 2 balasan baru
    • Alasan Lelaki Berkumis Lebih Mudah Memikat
      Kumis merupakan sebuah anugerah yang diberikan Tuhan kepada para pria. Setiap lelaki yang beranjak remaja pasti ditumbuhi bulu halus di atas mulut atau yang biasa dikenal dengan kumis. Yah, kumis bagi sebagian lelaki bisa digunakan sebagai ciri khas dari dirinya. Sebab beda orang beda tipe kumisnya. Ada yang suka dengan kumis tebal, ada yang suka dengan kumis tipis, namun tidak sedikit pula yang tidak suka dengan kumis alias kumisnya selalu dicukur bersih.
      • 1 balasan baru
Masuk untuk mengikuti ini  
Guest Metrotvnews

Jakarta Selatan Paling Banyak Sedot Air Tanah

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Jakarta: Amrta Institute menyebut pemakaian air tanah terbesar berada di Jakarta Selatan. Kondisi di sana berbeda jauh dengan kota administrasi lain di Ibu Kota.

"Data yang kami punya, pengambilan air tanah terbanyak di Jakarta Selatan," kata Peneliti Amrta Institute Nila Ardhianie kepada Medcom.id, Selasa, 13 Maret 2018. 

Menurut dia, pemakaian air tanah di Jakarta Selatan sebanyak 55,1 persen dari total kebutuhan 1.279.346.900 meter kubik di Jakarta. Pemakai air tanah terbanyak kedua adalah Jakarta Timur dengan volume 16 persen. Sementara itu, pengunaan air tanah di Jakarta Pusat 15,3 persen, Jakarta Barat 8,8 persen, dan Jakarta Utara 4,8 persen. 

Dia menyebut biasanya pelaku memiliki sumur dan menggunakan air tanpa surat izin pengambilan air tanah (SIPA). Mereka memanfaatkan air tanah tanpa izin dan tertutup.

Ada pula pelaku yang memiliki SIPA, tetapi mengeksploitasi air tanah. Artinya, pengambilan air tak sesuai atau melebihi batas yang diperbolehkan dalam SIPA. 

Modus lain, kata dia, seperti hotel Sari Pan Pacific yang izinnya sudah habis, tetapi tetap menyedot air tanah. Pencurian biasanya juga memanipulasi alat meter air tanah. 

Adapula pelaku yang mendirikan pipa di luar jangkauan alat ukur, atau memodifikasi meteran. Terakhir, kegiatan ilegal itu terjadi dengan sepengetahuan petugas.

Baca: Pemprov DKI Bakal Adakan Proyek SPAM

"Bekerja sama dengan petugas pencatat meter untuk merendahkan angka pemakaian," jelas Nila.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI kini menyoroti penggunaan air tanah di gedung-gedung di Jakarta Pusat. Nila mengapresiasi niat Gubernur Anies Baswedan. 

Menurut dia, hal ini merupakan langkah awal yang bagus dan kepedulian konkret pada kondisi lingkungan Ibu Kota. Namun, sidak juga harus diperluas ke depan.

"Artinya harus menyeluruh, sebaiknya setelah ini (Jakarta Pusat) ke wilayah lain juga," imbuh Nila.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang
Masuk untuk mengikuti ini  

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi