Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Badai Tuan telah berlalu
      Salahkah 'ku menuntut mesra?
      Tiap pagi menjelang
      Kau di sampingku
      'Ku aman ada bersamamu
      • 0 replies
    • Ini Enak dan Tidak Enaknya Jadi Menteri
      Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2019-2024 dalam Pilpres 2019.

      Setelah pemilihan umum dan berbagai sidang yang menegangkan, kini perhatian masyarakat terfokus pada calon menteri baru dalam kabinet pemerintah 2019-2024.

      Masyarakat penasaran siapa saja menteri yang akan membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih di masa depan.
      • 0 replies
    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
PusatInformasi

Biografi Carl Zeiss (Penemu Lensa Carl Zeiss)

Recommended Posts

post-45-0-79702900-1399678381.jpg

 

Lensa Carl Zeiss dikenal karena kualitasnya yang sangat baik. Lensa Carl Zeiss merupakan satu jenis lensa terbaik dari banyak merk lensa yang beredar dipasaran. Nama dari lensa Carl Zeiss sendiri diambil dari nama penemunya yaitu Carl Zeis. Artikel kali ini akan membahas mengenai biografi Carl Zeiss penemu dari lensa carl zeiss. Carl Zeiss lahir pada tanggal 11 September 1816 di weimar, Jerman. Ia hidup sebelum masa kekaisaran Jerman, di mana ia kemudian masuk ke sekolah tata bahasa dan mulai magang di bawah bimbingan Dr Friedrich Körner, seorang mekanik dan menjadi pemasok ke pengadilan. ia kemudian mulai belajar dalam bidang matematika, fisika eksperimental, antropologi, mineralogi dan optik di University of Jena, Jerman. Setelah tujuh tahun belajar, pada 17 November 1846 membuka sebuah workshop dan toko yang kecil di Jena Neugasse No 7 dengan peralatan bengkel yang hampir tidak ada. Dia kemudian membuat banyak lensa tetapi masih sedikit pengakuan yang diberikan atas karyanya, hingga tahun 1847 ia kemudian mulai menyewa beberapa pekerja untuk membantunya.

Atas anjuran dari dosen di University of Jena, Mattias Jacob Schleiden, Zeiss berkonsentrasi mengerjakan usaha mikroskop. Pada 1847 Carl Zeiss kemudian mulai mencurahkan waktunya membuat mikroskop secara penuh. Inovasi pertama dari carl zeiss adalah mikroskop single-lens sederhana yang berdaya rendah yang ditujukan untuk perkerjaan membedah. Carl Zeiss berhasil menjual sebanyak 32 buah mikroskop buatannya selama tahun pertama produksinya. Carl Zeiss kemudian memutuskan untuk mencoba tantangan baru Tidak senang dengan mikroskop berdaya rendah, Zeiss mulai meningkatkan kekuatan dan membuat mikroskop majemuk yang lebih rumit, dengan kekuatan pembesaran lebih tinggi, serta yang pasti, lebih mahal harga nya.

Mikroskop majemuk memakai banyak lensa. Order ke bengkel Zeiss juga selalu mengalir. Dimana ia kemudian mulai memasarkannya secara besar besaran pada tahun 1857. Pada tahun 1861 ia kemudian dianugerahi medali emas di Pameran Industri Thuringian karena desain mikroskopnya. Mikroskopnya dianggap menjadi instrumen ilmiah yang terbaik di Jerman. Pada titik ini kemudian carl zeiss sudah memiliki sekitar dua puluh orang yang bekerja di pabriknya dan kemudian bisnisnya mulai berkembang. Pada tahun 1866 dalam sebuah lokakarya Zeiss menjual lebih dari seribu mikroskop buatannya.

Pada tahun 1872, zeiss kemudian berekrja sama dengan fisikawan Ernst Abbe. Upaya gabungan mereka kemudian mengarah pada penemuan kondisi sinus Abbe. Secara teoritis, kondisi sinus temuan Abbe sangat dapat meningkatkan seberapa baik lensa bisa dibuat. Namun, bentuk kaca cukup kuat untuk sepenuhnya menguji teori itu pada saat itu tidak ada. Abbe kemudian bertemu Otto Schott seorang ahli kimia kaca selama tiga puluh tahun yang baru saja menerima gelar doktor. Mereka kemudian berkolaborasi dan pada tahun 1886 kolaborasi mereka menghasilkan tipe kaca baru yang sepenuhnya bisa menggunakan kondisi sinus temuan Abbe.

Jenis baru kaca ini memungkinkan kelas baru tentang mikroskop obyektif.

Anak Zeiss kemudian mulai bergabung dengan bisnis yang dijalankan oleh Carl Zeiss namun setelah kematian zeiss pada tanggal 3 Desember 1888 anaknya kemudian memutuskan untuk berhenti dari perusahaan yang dirintis oleh carl zeiss disebabkan karena kepergian ayahnya. Setelah kematian zeiss, pada tahun 1889 perusahaan Carl Zeiss kemudian memperoleh reputasi internasional dalam pembuatan segala jenis instrumen optik dan tetap berkembang dan bertahan dalam bisnis optik sampai hari ini di mana perusahaan carl zeiss dikenal sebagai perusahaan optik dan lensa terbesar di dunia. Perusahaan terbagi dalam dua bagian, yakni Carl Zeiss AG yang berlokasi di Oberkochen berlokasi sama dengan sebagian anak perusahaan di Aalen, Göttingen serta München ; serta Carl Zeiss GmbH yang berlokasi di Jena.

Walau telah melebihi 100 tahun, Carl Zeiss terus diasumsikan dengan lensa optikal yang memiliki kualitas tinggi yang diartikan mahal. Lensa Zeiss pada umumnya dianggap menawan (seperti lensa Tessar), di buat dengan baik, hingga membuahkan gambar-gambar berkwalitas tinggi. Zeiss meyakini bahwasanya lensa buatan mereka benar-benar tajam. Lensa-lensa Carl Zeiss ini digunakan untuk berbagai kepentingan, dimulai dari lensa mikroskop, teleskop, lensa kaca mata, teropong, peralatan militer, sampai kamera. Pada saat ini,Zeiss tengah membuat lensa optik yang ditujukan untuk teleskop James Webb Space yang akan mengganti Hubble Space Teleskop.

 

post-45-0-08605700-1399678380_thumb.jpg

 

Lisensi Zeiss membolehkan teknlogi mereka di produksi oleh perusahaan pihak ketiga dimana hal semacam ini sudah dikerjakan oleh banyak perusahaan seperti Kyocera, Hasselblad, Rollei, Sony serta Alpa. Yang jelas-jelas tidak hadir dari daftar ini yaitu Canon serta Nikon, lantaran mereka menghasilkan lensa mereka sendiri. Lensa Carl Zeiss banyak diaplikasikan pada produk-produk gadget seperti Nokia. Pada 27 April 2005, Carl Zeiss AG setuju dengan Nokia untuk memasok lensa kamera di Nokia N90. Kamera yang terdapat pada Nokia N90 ini dapat disebut satu diantara sebagai yang paling unggul saat itu. Pada Mei 2012, Carl Zeiss AG serta Nokia kembali memperbarui kerjasamanya lagi. Zeiss bakal menjadi penyuplai setia untuk handphone kelas atas Nokia contohnya Nokia Lumia 900 serta Nokia 808 PureView. Itulah biografi singkat mengenai biografi carl zeiss penemu lensa carl zeiss dan sejarah dari perusahaan yang ia dirikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng

      ExoLens, perusahaan start up meluncurkan tiga lensa Zeiss baru untuk iPhone. Tiga lensa tersebut yaitu wide-angle, tele, dan makro.
      Lensa wide-angle membuat pengambilan gambar lebih membentang lebar, lensa tele menambahkan optical zoom untuk membawa subjek lebih dekat, dan lensa makro dirancang untuk gambar close-up yang ekstrim, di suatu tempat antara sekitar 3 sampai 12 sentimeter.
      Dilansir dari laman phonearena, peluncuran lensa ini dipamerkan dalam acara CES 2016. Saat peluncuran, lensa akan kompatibel hanya untuk iPhone 6 / 6s dan iPhone 6 Plus / Plus 6s.
      Nantinya, lensa ini juga dapat kompatibilitas dengan smartphone lainnya yang akan diperbaharui lagi nantinya. Tentunya, lensa ini didukung untuk smartphone high-end. Bagi anda yang ingin memiliki lensa ini, lensa akan hadir pada akhir 2016 dan akan tersedia di toko-toko khusus, serta di Amazon.
    • By astro
      Dengan mengenal sejarah dan biografi NASA, kita bisa belajar mengenai kehidupan luar angkasa yang selama ini masih menjadi sebuah misteri bagi manusia. NASA atau National Aeronautics and Space Administration, merupakan sebuah lembaga penelitian luar angkasa. Lembaga ini berdiri pada 10 Oktober 1958, dan diprakarsai oleh presiden Eisenhower.
      NASA merupakan lembaga resmi pemerintah Amerika Serikat. Tugasnya adalah bertanggung jawab untuk setiap program angkasa Amerika Serikat dan melakukan penelitian luar angkasa umum untuk masa yang akan datang.
      Sejarah NASA

      Sebelum dibentuk NASA, para astronom Amerika serikat sudah melakukan penelitian mengenai luar angkasa sejak ratusan tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan Amerika Serikat sebagai salah satu negara yang menyumbangkan ilmu pengetahuan terbanyak di bidang ilmu pengetahuan. Banyak penemuan penting yang dilakukan para peneliti di Amerika.
      Salah satunya adalah penemuan di tahun 1929, ketika seorang astronom Amerika, Edwin Hubble melakukan penelitian di observatorium Mount Wilson California. Dalam penelitiannya, Hubble menemukan bahwa bintang –bintang yang ada di angkasa, memancarkan cahaya merah sesuai dengan jaraknya. Hal ini menunjukkan bahwa bintang-bintang tersebut bergerak menjauh dari bumi.
      Hal ini sesuai dengan hukum fisika, yang membahas mengenai spektrum cahaya. Dimana apabila sumber cahaya bergerak mendekat, maka warnanya akan cenderung ungu. Sebaliknya, jika sumber cahaya menjauh, maka warna akan berubah merah. Hal ini sesuai dengan warna spektrum cahaya pada bintang yang diamati Hubble yang cenderung semakin berwarna merah. Artinya, bintang tersebut bergerak semakin jauh dari titik pengamatan.
      Tanggal 17 Juli 1969, menjadi catatan sejarah besar saat Neil Amstrong dan Edwin Aldrin mampu mendarat di bulan. Mereka mendarat di bulan dengan menggunakan pesawat Apollo 11. Setelah pendaratan ini, berlanjut dengan kisah pendaratan lain dengan menggunakan Apollo 12 hingga 17.  Pada salah satu misi, tepatnya saat pesawat Apollo 13 diluncurkan, terjadi kegagalan yang diwarnai ledakan pada salah satu modul pesawat. Namun, meski gagal mendarat di bulan, para awak pesawat ini berhasil diselamatkan dan kembali ke bumi.
      Temuan penting yang berhasil dicatat oleh NASA adalah ketika mengetahui rahasia gas galaksi Bima Sakti yang sangat berkilau, bintang berkelip-kelip serta pijar galaksi yang sangat jauh. NASA juga berhasil menciptakan metalangit pertama dengan menggunakan Fermi Gamma-ray Space Telescope, yang sebelumnya disebut dengan GLAST.
      Teleskop ini menggunakan dua instrumen canggih yang bertujuan mampu memberikan informasi kepada para ilmuwan untuk mengetahui misteri sinar gamma kosmis. Gambar peta bintang merupakan hasil penelitian pertama yang menggunakan teleskop tersebut. Proses observasi ini dilakukan selama 95 jam, dengan memperlihatkan potensi ilmiah dari teleskop tersebut. Hal ini tentu jauh lebih efektif, apalagi jika dibandingkan dengan penggunaan observatorium sinar gamma milik NASA yang lama, yaitu Compton. Dengan menggunakan Compton, hasil penelitian dan pemetaan yang sama akan memerlukan waktu hingga bertahun-tahun.
      Sementara dengan menggunakan teleskop Fermi, langit bisa dipindai setiap tiga jam. Dengan demikian, setiap perubahan yang terjadi di langit akan bisa diketahui secara cepat. Pada teleskop yang memiliki berat hingga 4,3 ton ini, dilengkapi perangkat untuk memantau sinar gamma, bentuk energi tertinggi yang berasal dari sumber kosmis.
      Diharapkan melalui pemantauan tersebut bisa didapatkan informasi mengenai beberapa peristiwa besar. contohnya adalah mengenai formasi lubang hitam yang masih menjadi misteri hingga sekarang ini. Teleskop Fermi juga mampu memberikan petunjuk mengenai keanehan neutron bintang yang memiliki magnet atau pulsar.
      Dengan mempelajari foton atau partikel subatomik dialam lainnya, teleskop ini bisa mengungkap misteri materi gelap. Dimana materi gelap tersebut mencakup 25 perseni massa di alam semesta yang tidak bisa ditangkap oleh indra penglihatan biasa. Dan jumlah materi massa yang tidak terlihat itu, jumlah jauh lebih besar daripada materi yang bisa terlihat yang hanya mencapai 5 persen saja. sisanya, sebanyak 70 persen dikenal dengan energi gelap.
    • By Stefanus
      Salah satu lensa sangat langka yang pernah dibuat Canon adalah Canon EF 1200mm f/5.6L USM. Lensa ini mantek di 1200mm, alis enga bisa dikecilin lagi. Langsung zoom mengambil gambar jarak jauh. Apa yang anda pikirkan bila memilih lensa atau mobol Lamborghini.

      Karena harga lensa ini dijual kembali oleh salah satu toko di Inggris seharga $165.000. Jadi sama harganya seperti mobil eksotik Lamborghini bekas, kan barangnya sama sama second hand. Canon EF 1200mm f/5.6L USM hanya dibuat 20 unit saja, dan salah satunya yang dijual ini. Kalau dihitung, lensa ini dibuat hanya 2 unit pertahun. Dan 20an unit lebih hanya dimiliki untuk pribadi.
      Benar atau tidak lensa ini memang ditawarkan, dilihat pada tahun 2009 ketika satu lensa yang sama pernah dijual seharga $120. Astaga 1 miliar lebih untuk satu lensa.


    • By congek
      Apakah ente pernah memperhatikan mata orang-orang bule? Warnanya pasti kalau nggak cokelat pasti biru. Bagaimana hal itu bisa terjadi, padahal lensa mata kita hitam biasa. Coba ente ngaca pasti lensa mata ente berwarna hitam. Sebenarnya memang hal ini sudah tak asing untuk kita ketahui. Orang Indonesia memang terkenal dengan orang ketururan daerah timur. Hal inilah yang menyebabkan mata orang-orang timur berwarna hitam. Sedangkan untuk orang barat atau bule-bule yang kita kenal memiliki warna lensa mata biru atau cokelat.
       
      Pada mata terjadi sebuah proses pengelihatan seperti yang kita rasakan saat ini. Kita bisa membaca juga akibat pengaruh mata yang bekerja. Pada mata orang-orang barat memiliki lebih banyak jumlah zat pada mata mereka hal inilah yang menyebabkan warna matanya lebih biru atau cokelat. Zat ini biasanya sering disebut dengan zat melanin di mana zat ini ada banyak sekali dimiliki oleh orang keturunan daerah timur. Sedangkan di sisi yang lain orang barat hanya memiliki zat ini dalam jumlah yang sedikit.
       
      Namun ada juga yang mengatakan warna lensa manusia ini menganut keturunan, jika kedua orang tua atau nenek moyangnya dulu ada yang memiliki warna mata demikian maka bisa jadi warna mata orang tersebut akan ikut memiliki warna yang demikian. Warna mata hitam, biru atau cokelat memang semuanya ciptaan dari Tuhan. Jangan pernah menyalahkan kehendak Tuhan yang telah menciptakan kesempurnaan ini. Ada yang bilang mata berwarna biru itu jauh lebih terlihat cantik atau tampan.
       
      Namun aslinya semua warna mata ini sama dan yang menunjukkan kecantikan atau ketampanan seseorang adalah bagaimana cara mereka berperilaku. Bersyukurlah ente yang saat ini masih memiliki mata yang sempurna baik dengan warna lensa hitam, cokelat atau biru. Semua ini adalah rizki yang harus senantiasa kita jaga. Jangan ente buang kesempatan ente untuk memanfaatkan mata ente dengan baik dan pastikan fungsinya juga baik dalam berbagai hal.
    • By paul_perka5a
      Seri lensa EF milik Canon dimulai sejak 30 tahun lalu (EF: Electronic Focusing, ketahui beragam singkatan yang dipakai Canon). Melalui iterasi dan evolusi produk, saat ini Canon EF boleh dikata merajai pasar lensa untuk kelas DSLR, yang artinya merajai pasar kamera secara keseluruhan.
       
      Belum lama ini, Canon EF meraih tonggak baru, telah menjual lebih dari 100 juta biji lensa EF ke pasar. Dan untuk memperingatinya mereka merilis video dibawah ini. Berisi evolusi dan perkembangan lensa EF dari masa ke masa, Canon memperlihatkan bagaimana mereka selalu berusaha memperbaiki kualitas lensa EF. Bagaimana usaha yang dilakukan untuk mengurangi flare, memotong bobot agar tidak terlalu berat, juga termasuk bagaimana usaha mereka agar harga makin terjangkau.
       
      Silahkan dilihat dibawah ini
       

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy