Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
PusatInformasi

Biografi Abraham Lincoln

Recommended Posts

"Tak pernah sekali pun saya berusaha untuk dikenang dunia, hidupku ini kubaktikan pada peristiwa-peristiwa di sekitar, bagi generasi dan jamanku, semata-mata agar diriku terjalin dengan sesuatu yang penting bagi sesamaku".

 

post-45-0-14507700-1399678114_thumb.jpg

 

Itulah kata-kata Abraham Lincoln saat ia berusia 32 tahun. Kekecewaan yang datang beruntun membawanya ke suatu titik dimana ia ingin mengakhiri hidupnya. Lincoln menulis kata-kata di atas saat ia memutuskan untuk memulai lembaran baru dalam hidupnya. Di kemudian hari, ia menjadi salah satu Presiden Amerika yang paling dikenal dan dicintai masyarakat. Namanya terkenal ke seluruh dunia sebagai seorang yang mengakhiri Perbudakan di Amerika.

Lincoln lahir di Kentucky, AS, di mana ayahnya bekerja sebagai tukang kayu. Ia telah kehilangan ibunya sejak usia dini, kemudian ayahnya menikah lagi. Namun Lincoln dan saudara perempuannya sangat mencintai ibu tirinya itu.

Lincoln cilik tumbuh menjadi pemuda jangkung dan tegap. Pakaiannya selalu tak pernah tampak pas. Lengan bajunya selalu terasa pendek dan celananya selalu menggantung diatas mata kaki. Bila diamati, sepertinya ia tak pantas menjadi orang besar di kemudian hari, yang ternyata terwujud.

Pertama kali Lincoln menyaksikan Perbudakan, adalah ketika ia menyewa kapal angkut untuk membawa muatan menuju New Orleans di tahun 1828. Kemudian, ketika ia mengunjungi kota itu untuk ke dua kalinya, ia berjanji kepada dirinya sendiri bahwa ia harus menghapus praktik perbudakan ini.

Lincoln tidak mengikuti pendidikan seperti pada umumnya, namun ia giat belajar membaca dan menulis sampai berhasil menjadi seorang pengacara. Meskipun kadang-kadang dia dianggap sebagai seorang ‘homo’ oleh para tetangga karena tingkah dan cara berpakaiannya, namun ia cukup supel kepada warga sekitar. Ini semata-mata karena ia memiliki rasa humor yang menonjol dan selalu membuat orang lain gembira. Cinta pertamanya jatuh pada seorang wanita bernama Anne Rutledge, anak tetangga pemilik losmen di mana ia tinggal. Ayah Anne-lah yang menyarankan agar Lincoln terjun ke dunia politik.

Di awal karir, Lincoln terpilih menjadi anggota DPRD untuk wilayah Illinois pada tahun 1834. Kemudian terpilih kembali pada tahun 1838 dan tahun 1840. Ketika itu, ia bertemu seorang bernama Stephen Douglas, yang kemudian menjadi saingan baik dalam soal cinta maupun urusan politik. Mary Todd, perempuan yang mereka perebutkan, berasal dari Kentucky, lebih memilih Lincoln sebagai suami, namun pernikahn mereka tidak bahagia. Pada tahun 1842, setelah setahun pernikahan mereka, Lincoln membuka biro hukum dengan seorang teman bernama William H. Herndon. Persahabatan kedua orang ini ternyata terus bertahan hingga akhir hayat Lincoln. Di kemudian hari, Herndon-lah yang menulis biografi Abraham Lincoln.

Pada tahun 1846, Lincoln terpilih menjadi anggota Kongres. Namun keanggotaannya tidak diperpanjang karena ia mengusulkan undang-undang untuk meng-akhiri perbudakan di distrik Columbia. Karena kecewa, ia kembali mengaktifkan biro hukumnya. Ia menghentikan kegiatan politiknya untuk beberapa waktu, namun kemudian ia lebih dikenal oleh masyarakat sebagai pengacara yang jujur.

Nyatanya, Lincoln tak bisa berhenti terlalu lama dari dunia politik. Pada tahun 1854, isu perbudakan membuatnya terjun kembali ke dunia politik. Taampaknya ia harus bersaing dengan Stephen Douglas, yang mencoba menundukkan wilayah Selatan Amerika yang mendukung perbudakan, sementara wilayah Utara menentangnya. Lincoln tak menyangka bahwa setengah dari negeri ini mempertahankan praktek perbudakan ketika separuh saudara sebangsanya menentang. Ia berfikir, tak mungkin bangsanya terdiri dari separuh budak separuh bukan. Bagaimanapun, ternyata Lincoln terpukul pada putaran pertama melawan Douglas, dalam memperebutkan kursi Senat AS.

Meski kali ini ia kalah, pada bulan Mei 1860, Lincoln terpilih sebagai calon presiden dari Partai Republik. Sementara itu, Partai Demokrat menyerangnya habis-habisan, dan mereka menyebutnya sebagai 'pengacara kacangan', 'tak becus berbahasa Inggris' dan sebagainya. Namun akhirnya, ia ternyata terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat. Empat hari setelah ia menjadi Presiden, negara bagian Selatan itu keluar dari Federasi Amerika Serikat. Negara-negara Selatan itu kemudian membentuk sebuah Konfederasi sendiri. Lincoln merasa sedih karenanya, dan berusaha mengupayakan diakhirinya pemisahan tersebut. Tetapi, konflik antara Utara dan Selatan itu malah semakin memuncak dan menjadi Perang Sipil. Lincoln terus berusaha menghentikan konflik tersebut sekuat tenaga meskipun tak berhasil.

Untuk memahami latar belakang politik terjadinya Perang Sipil Amerika, perlu dijelaskan bagaimana asal mula Amerika terbentuk. Pada abad ke 17, para pendatang
dari Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda dan Jerman dating ke Amerika Utara, yang mereka anggap sebagai negeri tak berpenghuni yang baru mereka temukan. Mereka datang demi mencari kemakmuran, mendapatkan kebebasan beragama, serta untuk memperluas kekuasaan negeri asal mereka dan membangun imperium baru. Kerajaan Inggris kemudian menerapkan Undang-Undangnya di situ, sehingga negeri yang baru itu mereka sebut sebagai New England. Seusai perang kemerdekaan Amerika, wilayah-wilayah bebas itu kemudian membentuk federasi yang kemudian mereka sebut Amerika Serikat. Masing-masing Federasi baru ini sepakat untuk tetap mengurusi pemerintahannya sendiri-sendiri, meskipun mereka juga harus mengurusi kepentingan bersama. Karena, hal-hal seperti Pertahanan tetap menjadi urusan bersama.

Bagian selatan Amerika yang bergabung dalam federasi, mengembangkan pertaniannya yang bergantung pada tenaga perbudakan. Bagian utara lebih banyak bergantung pada perdagangan dan industri, meskipun tetap menganggap penting pertanian. Karena itu tak ada perbudakan di utara. Sementara, soal perbudakan menjadi isu panas bagi wilayah yang baru bergabung ke dalam Perserikatan, sedangkan rakyat di negara-negara bagian ini belum betul-betul siap dengan soal perbudakan itu. Sementara undang-undang Amerika menyatakan semua manusia sama-sama berhak atas 'kehidupan dan kebebasan untuk memperoleh kebahagiaan', namun juga melindungi hak milik pribadi. Budak adalah milik pribadi. Pendapat bahwa budak merupakan milik pribadi sangat bertentangan dengan pendapat lain bahwa para budak adalah menusia yang juga memiliki hak atas kemerdekaannya. Inilah yang menjadi dasar persoalan bagi orang-orang di seluruh wilayah AS itu.

Sebenarnya banyak segi yang bisa dilihat dari isu ini. Pertama, apakah memperbudak manusia juga adalah sebuah hak? Saat ini, perbudakan sudah tidak dibenarkan di banyak negeri lain di seluruh dunia. Semua orang setuju bahwa jelas tidak dibenarkan mengekang kebebasan orang lain. Namun orang-orang Selatan telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli budak-budak. Kehidupan social, ekonomi, dan politik mereka berjalan di atas dasar kepemilikan budak-budak. Jadi, sesungguhnya tak sulit memahami betapa pentingnya praktik perbudakan bagi mereka.

Ada pula sisi politisnya dalam problem kepemilikan budak bagi negeri-negeri Selatan. Bagaimana menjalankan sebuah 'Union States' bila beberapa wilayah terdiri dari 'orang-bebas' sementara lainnya adalah 'budak'? Meski, memang ini yang diinginkan pesaing Lincoln, Douglas. Jelas negeri-negeri Selatan khawatir bila semakin banyak wilayah Federasi yang 'jadi-bebas', maka perbudakan akan jadi benar-benar dihapuskan. Mereka pikir bila ini terjadi, mereka akan bangkrut, baik secara sosial maupun politik. Jalan satu-satunya mungkin harus membentuk dua federal yang terpisah. Tetapi ini pun ternyata tak mungkin.

Segera setelah Lincoln terpilih sebagai Presiden, wilayah Selatan mundur dari federasi. Pada 12 April 1861, wilayah Selatan menyerang wilayah Utara di kota Fort Sunter. Perang Sipil atau 'Perang antara negara-negara bagian federasi' telah dimulai.

Ada perbedaan-perbedaan yang besar antara Utara dan Selatan. Di wilayah Utara lebih banyak populasi kulit putihnya. Mereka lebih maju dalam bidang produksi barang sementara Selatan lebih baik dalam pertanian. Dalam banyak hal, Utara melebihi Selatan, meski militer wilayah Selatan amat terampil, nyatanya perang lebih banyak terjadi di Selatan. Meski mereka lebih baik dalam hal bertempur. Peperangan tidak mudah mereka menangkan. Seperti kita ketahui, setelah beberapa penyerangan, wilayah Utara memenangkan peperangan. Ketika perang berlangsung, Lincoln, tetap mendesak diadakannya pemilihan lagi di akhir masa ia menjabat sebagai Presiden, dan ternyata ia terpilih kembali untuk periode berikutnya.

Pada bulan November 1863, dalam pertempuran Gettysburg, Lincoln menyampaikan pidato, yang dikenang sepanjang sejarah. Ia mengatakan “…lahir sebuah bangsa baru, yang didirikan berdasarkan kebebasan yang menjunjung tinggi pengakuan bahwa semua manusia diciptakan sederajat.” Kata-kata Lincoln di Gettysburg ini memberi dua prinsip kebebasan dan kesamaan – yang menjadi dasar didirikannya negara Amerika.

Lincoln meninggal dengan cara yang tak disangka-sangka. Saat sedang menyaksikan teater bersama istrinya, ia ditembak oleh seorang bernama John Wilkes Booth. Kematian menjemputnya tatkala perdamaian telah sampai bagi Amerika. Mungkin itu merupakan puncak peristiwa yang harus terjadi sebagai tumbal berakhirnya perbudakan di Amerika. Setelah kematiannya, Lincoln dikenal sebagai orang besar, dan cita-cita yang telah ditegakkannya terus dipertahankan oleh seluruh warga Amerika.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By astro
      Dengan mengenal sejarah dan biografi NASA, kita bisa belajar mengenai kehidupan luar angkasa yang selama ini masih menjadi sebuah misteri bagi manusia. NASA atau National Aeronautics and Space Administration, merupakan sebuah lembaga penelitian luar angkasa. Lembaga ini berdiri pada 10 Oktober 1958, dan diprakarsai oleh presiden Eisenhower.
      NASA merupakan lembaga resmi pemerintah Amerika Serikat. Tugasnya adalah bertanggung jawab untuk setiap program angkasa Amerika Serikat dan melakukan penelitian luar angkasa umum untuk masa yang akan datang.
      Sejarah NASA

      Sebelum dibentuk NASA, para astronom Amerika serikat sudah melakukan penelitian mengenai luar angkasa sejak ratusan tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan Amerika Serikat sebagai salah satu negara yang menyumbangkan ilmu pengetahuan terbanyak di bidang ilmu pengetahuan. Banyak penemuan penting yang dilakukan para peneliti di Amerika.
      Salah satunya adalah penemuan di tahun 1929, ketika seorang astronom Amerika, Edwin Hubble melakukan penelitian di observatorium Mount Wilson California. Dalam penelitiannya, Hubble menemukan bahwa bintang –bintang yang ada di angkasa, memancarkan cahaya merah sesuai dengan jaraknya. Hal ini menunjukkan bahwa bintang-bintang tersebut bergerak menjauh dari bumi.
      Hal ini sesuai dengan hukum fisika, yang membahas mengenai spektrum cahaya. Dimana apabila sumber cahaya bergerak mendekat, maka warnanya akan cenderung ungu. Sebaliknya, jika sumber cahaya menjauh, maka warna akan berubah merah. Hal ini sesuai dengan warna spektrum cahaya pada bintang yang diamati Hubble yang cenderung semakin berwarna merah. Artinya, bintang tersebut bergerak semakin jauh dari titik pengamatan.
      Tanggal 17 Juli 1969, menjadi catatan sejarah besar saat Neil Amstrong dan Edwin Aldrin mampu mendarat di bulan. Mereka mendarat di bulan dengan menggunakan pesawat Apollo 11. Setelah pendaratan ini, berlanjut dengan kisah pendaratan lain dengan menggunakan Apollo 12 hingga 17.  Pada salah satu misi, tepatnya saat pesawat Apollo 13 diluncurkan, terjadi kegagalan yang diwarnai ledakan pada salah satu modul pesawat. Namun, meski gagal mendarat di bulan, para awak pesawat ini berhasil diselamatkan dan kembali ke bumi.
      Temuan penting yang berhasil dicatat oleh NASA adalah ketika mengetahui rahasia gas galaksi Bima Sakti yang sangat berkilau, bintang berkelip-kelip serta pijar galaksi yang sangat jauh. NASA juga berhasil menciptakan metalangit pertama dengan menggunakan Fermi Gamma-ray Space Telescope, yang sebelumnya disebut dengan GLAST.
      Teleskop ini menggunakan dua instrumen canggih yang bertujuan mampu memberikan informasi kepada para ilmuwan untuk mengetahui misteri sinar gamma kosmis. Gambar peta bintang merupakan hasil penelitian pertama yang menggunakan teleskop tersebut. Proses observasi ini dilakukan selama 95 jam, dengan memperlihatkan potensi ilmiah dari teleskop tersebut. Hal ini tentu jauh lebih efektif, apalagi jika dibandingkan dengan penggunaan observatorium sinar gamma milik NASA yang lama, yaitu Compton. Dengan menggunakan Compton, hasil penelitian dan pemetaan yang sama akan memerlukan waktu hingga bertahun-tahun.
      Sementara dengan menggunakan teleskop Fermi, langit bisa dipindai setiap tiga jam. Dengan demikian, setiap perubahan yang terjadi di langit akan bisa diketahui secara cepat. Pada teleskop yang memiliki berat hingga 4,3 ton ini, dilengkapi perangkat untuk memantau sinar gamma, bentuk energi tertinggi yang berasal dari sumber kosmis.
      Diharapkan melalui pemantauan tersebut bisa didapatkan informasi mengenai beberapa peristiwa besar. contohnya adalah mengenai formasi lubang hitam yang masih menjadi misteri hingga sekarang ini. Teleskop Fermi juga mampu memberikan petunjuk mengenai keanehan neutron bintang yang memiliki magnet atau pulsar.
      Dengan mempelajari foton atau partikel subatomik dialam lainnya, teleskop ini bisa mengungkap misteri materi gelap. Dimana materi gelap tersebut mencakup 25 perseni massa di alam semesta yang tidak bisa ditangkap oleh indra penglihatan biasa. Dan jumlah materi massa yang tidak terlihat itu, jumlah jauh lebih besar daripada materi yang bisa terlihat yang hanya mencapai 5 persen saja. sisanya, sebanyak 70 persen dikenal dengan energi gelap.
    • By Adeus
      Nama asli : Yoga Syahputra
      Tanggal lahir : 08 Februari 1983
      Lahir di : Jakarta, Indonesia
      Zodiac : Aquarius
      Terkenal sejak menjadi presenter "Ceriwis" bersama Indra Bekti dan Indy Barends
       
      Olga Syahputra terlahir dengan nama asli Yoga Saputra, 8 Februari 1983 di Jakarta. Komedian dengan ciri khas tubuh gemulai ini adalah anak pertama dari tujuh bersaudara pasangan Nur Rachman dan Nurhida. Sebelum terjun ke dunia entertainment, ia berasal dari keluarga yang kurang berada.
       
      Olga awalnya hanya gemar mengumpulkan tanda tangan dan foto artis idolanya. Suatu ketika, ia ditawari bermain di serial komedi "Lenong Bocah" (2003). Namun itu semua tidak semudah yang dibayangkannya. Sebelum bisa muncul di layar kaca, seluruh pemain "Lenong Bocah" harus mengikuti sesi training di Sanggar Ananda atau Teater Kawula Muda terlebih dulu, yang tentunya membutuhkan biaya. Olga yang tidak mau cepat berputus asa, memutuskan untuk menjual barang elektroniknya agar bisa mengikuti latihan.
       
      Perjuangan Olga tak sia-sia. Ia berhasil menjadi salah satu pemeran tetap di serial komedi "Lenong Bocah". Olga bahkan ikut berakting di "Lenong Bocah" versi film yang diberi judul "Tina Toon dan Lenong Bocah: The Movie" (2004). Akibat rajin mengikuti kasting di sana-sini, Olga kebagian beberapa peran kecil di sinetron "Senandung Masa Puber" (2003), "Si Yoyo" (2003) dan "Kawin Gantung" (2004).
       
      Nama Olga baru melejit ketika ia menjadi peresenter variety show, "Ceriwis" (2007), bersama Indy Barends dan Indra Bekti. Setahun kemudian, Olga semakin dikenal melalui acara musik yang dipandunya, "Dahsyat" (2008). Ia membawakan acara itu bersama Raffi Ahmad dan Luna Maya. Terhitung, empat tahun sudah Olga menjadi presenter tetap acara "Dahsyat". Berkat eksistensinya tersebut, Olga berhasil membawa pulang piala penghargaan "Presenter Musik Variety Show Terfavorit" dan "Pelawak Terfavorit" di ajang "Panasonic Awards 2009" dan "Panasonic Gobel Awards 2010" serta "Pembawa Acara Favorit" versi "Indonesia Kids' Choice Awards 2009".
       
      Selain melawak dan membawakan acara, Olga juga pernah membintangi beberapa judul layar lebar, di antaranya "Cintaku Selamaya" (2008) dan "Pacar Hantu Perawan" (2011). Olga sempat mencoba peruntungan di bidang tarik suara. Sampai saat ini, Olga sudah merilis dua single yang masing-masing berjudul "Hantu (Hancur Hatiku)" (2009) dan "Jangan Ganggu Aku Lagi" (2010). Kedua lagu tersebut merupakan ciptaan Charly ST12.
    • By PusatInformasi
      Sejumlah benda peninggalan seputar mendiang Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln, termasuk seikat rambut miliknya yang terkait dengan peristiwa pembunuhan atas dirinya telah terjual lebih dari $800,000 di rumah lelang di Dallas, Amerika Serikat, Sabtu (24/01).
       
      Menurut penanggungjawab pelelangan, sekitar 300 benda peninggalan Lincoln milik koleksi warga AS asal Texas, Donald Dow, merupakan koleksi pribadi Lincoln yang terbaik dan diketahui tersimpan rapi.
       
      Putra Donald Dow, Greg Dow mengatakan, ayahnya yang meninggal dunia lima tahun silam, agak terobsesi dengan segala sesuatu yang terkait dengan pembunuhan Abraham Lincoln.
       
      Dia mengatakan, ayahnya mengoleksi benda-benda itu selama lima dekade yang dimulai pada tahun 1963 dengan membeli sebuah kotak buku.
       
      Saat diotopsi
      "Dia mulai mengoleksi benda-benda itu karena minatnya terhadap Perang Sipil dan sejarah militer," Greg Dow. "Tapi Kemudian ia tertarik sosok Lincoln dan pembunuhannya."
       
      Potongan rambut Abraham Lincon diperoleh selama proses otopsi terhadap jenazah Lincoln yang dipimpin oleh ahli bedah Jendral Joseph Barnes, sehari setelah dia ditembak mati oleh John Wilkes Booth pada tanggal 14 April, 1865.
       

      Abraham Lincoln tewas ditembak oleh John Wilkes Booth pada 14 April 1865.
       
      Selain koleksi potongan rambut Lincoln, rumah lelang itu juga menjual surat perintah penangkapan terhadap Booth serta kompilasi tanda tangan Lincoln dan Booth.
       
      Sejauh ini pihak yang memenangkan proses lelang terhadap koleksi terkait pembunuhan Abraham Lincoln masih dirahasiakan.
    • By BincangEdukasi
      Sosok Selanjutnya adalah Ismail Marzuki. Membicarakan pahlawan indonesia, memang tidak akan pernah ada habisnya, mengapa tidak? karena kita tahu dengan wilayah indonesia yang luas yang juga hampir semua daerah pernah di jajah oleh bangsa asing, membuat seluruh pelosok di indonesia banyak mempunyai pahlawan-pahlawan yang tak gentar dalam berjuang memperjuangkan kemerdekaan indonesia, khususnya pahlawan daerah yang berjuang dalam memerdekakan kaum di daerahnya.
       
      Nah, dikesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi kepada anda, yakni pahlawan Ismail Marzuki. Anda mungkin sangat familiar sekali dengan pahlawan yang satu ini, mengapa tidak? Nama beliau di kenal sebagai seorang pengarang lagu-lagu kebangsaan indonesia.
       
      Namanya sekarang diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta dari keluarga Betawi.
       
      Ismail Marzuki mendapat anugerah penghormatan pada tahun 1968 dengan dibukanya Taman Ismail Marzuki, sebuah taman dan pusat kebudayaan di Salemba, Jakarta Pusat. Pada tahun 2004 dia dinobatkan menjadi salah seorang tokoh pahlawan nasional Indonesia.
       
      Ismail Marzuki selama ini diyakini sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai pencipta lagu Halo, Halo Bandung yang terkenal. Namun sebenarnya siapa pencipta lagu tersebut yang sebenarnya masih diperdebatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia.
    • By BincangEdukasi
      Saya akan mengupas Iswahyudi sebagai nama pahlawan Indonesia. Dikesempatan kali ini, saya ingin berbincang tentang seorang pahlawan yang bernama Marsda Anumerta Iswahyudi yang merupakan anak bangsa yang di lahirkan di jawa timur tanggal 15/7/1918 yang meninggal, gugur dalam perjuangannya melawan penjajah di usia nya yang terbilang masih sangat muda, 29 tahun bersama-sama dengan  Abdulrachman Saleh, Adisutjipto, dan Husein Sastranegara, Iswahyudi dikenal sebagai perintis TNI AU Indonesia.
       
      Pada awal tahun 1947, beliau diangkat sebagai Komandan Lanud Maospati di Madiun dengan dibantu oleh Nurtanio dan Wiweko Soepono. Pada tahun 1947,  Iswahyudi kembali diberikan tugas sebagai Komandan di Lanud Gadut di Bukittinggi.
       
      Marsekal Madya Iswahyudi meninggal di Tanjung Hantu, Malaysia, 14 /12/1947 karena pesawat yg ia piloti jatuh tertembak. Namun Jenazah Iswahyudi tidak ditemukan hingga saat ini.
       
      Namun Secara simbolis sebagai bentuk penghargaan terhadap Marsekal Madya Iswahyudi atas perjuangannya hingga detik-detik terakhir maka ditempatkan di makam pahlawan di TMP Kalibata. Pada 10/11/1960, pemerintah Republik Indonesia mengabadikan nama Marsekal Madya Iswahyudi dengan mengganti nama Lanud Maospati berganti nama menjadi Bandara Iswahyudi, di Madiun.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy