Jump to content
Ghizaakbar

Memasak dengan Bumbu Masak Instan Tidak Selamanya Buruk

Recommended Posts

Dalam membuat  suatu makanan, penyediaan bahan menjadi sesuatu yang sangat penting karena akan sangat terkait dengan cita rasa yang dihasilkan. Untuk menyediakan bahan masak dapat diperoleh dari bahan segar/mentah maupun instan.

Segala sesuatu yang segar selalu dianggap lebih baik, termasuk dalam membuat bumbu masak. Kesegaran bumbu yang digunakan pun memang tak dimungkiri bisa memberikan rasa yang lebih nikmat. Namun penyediaan bumbu  segar memang agak menyulitkan. Apalagi jika porsi yang akan dimasak jumlahnya tidak sedikit dan rasa yang dihasilkan pun harus tetap konsisten dan sama untuk semua menu.

Selain tidak menghabiskan banyak waktu untuk meracik bumbu, penggunaan bumbu instan juga bisa menjaga konsistensi rasa dari masakan yang dibuat. Sehingga semua makanan memiliki cita rasa yang sama walaupun harus dibuat berulang kali. Masalah konsistensi rasa diakui banyak pelaku kuliner menjadi hal yang sangat penting dalam membuat sebuah makanan. Terutama jika kita berada di dalam industri bisnis kuliner.

Kehadiran bumbu masak instan  juga bisa lebih membantu. Walaupun bumbu segar yang diracik sendiri lebih enak, tapi belum tentu bahan yang dipilih masih segar. Sedangkan biasanya, pabrikan mempunyai standar tersendiri untuk bahan yang dipilih. Bumbu segar yang dibeli di pasar juga belum tentu terjamin kualitasnya.

Jika Anda terbiasa menggunakan bumbu segar, tapi ingin beralih menggunakan bumbu instan dengan alasan konsistensi rasa, Anda bisa mencampurnya dengan bumbu segar. Misalnya bumbu kuning ditambahkan dengan cabai merah giling yang sparkling. Rasanya menjadi seimbang tidak melulu bercita rasa seperti bumbu kemasan. Dalam penggunaan bumbu masak instan disarankan agar bumbu dihabiskan dalam waktu tiga hari. Tapi apabila masih tersisa, sebaiknya dibungkus kembali dan disimpan dalam lemari pendingin dalam kondisi suhu lima derajat celcius.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

×
×
  • Create New...