Jump to content
  • Our picks

    • Kanker Darah Ani Yudhoyono yang Cukup Agresif
      Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap kondisi ibundanya,Ani Yudhoyono, yang kini dirawat di National University Hospital, Singapura. Penyakit kanker darah yang diidap Ani Yudhoyono disebut bersifat agresif.

      AHY mengatakan kondisi Ani Yudhoyono mulai menurun setelah mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung di Aceh. Mulanya, keluarga mengira Ani Yudhoyono kelelahan, tapi pemeriksaan medis berkata lain. 
      • 1 balasan baru
    • Apple Mulai Kehilangan Mahkota Triliun Dolar AS
      Apple kehilangan statusnya sebagai perusahaan triliun dollar setelah Wall Street melihat bahwa pembuat iPhone itu mengalami kehilangan USD190 miliar atau lebih dari Rp2.818 triliun.
      • 0 balasan baru
    • Intel Ciptakan 5G Dengan Kecepatan 6GB/Detik
      Intel mengumumkan modem XMM 8160 5G, modem multimode yang dioptimalkan untuk menyediakan konektivitas 5G ke ponsel, PC dan broadband access gateways. Intel mempercepat waktu peluncuran modem tersebut setengah tahun lebih awal.
      • 0 balasan baru
    • WhatsApp, Instagram, dan Facebook Bakal Gabung di 2020
      CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengungkap alasan di balik rencana mengintegrasikan layanan Messenger, Whatsapp, dan Instagram. Menurutnya, rencana tersebut bakal memberikan keuntungan bagi pengguna.
      • 0 balasan baru
Guest Metrotvnews

Tujuh Makna Dekorasi Saat Imlek

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Jakarta: Dekorasi adalah salah satu cara menunjukkan kegembiraan dalam menyambut sebuah perayaan. Bagi warga Tionghoa, biasanya rumah sudah didekorasi 10 hari sebelum merayakan Imlek. 

Berikut adalah tujuh dekorasi yang tak pernah absen saat perayaan Imlek. 

1. Lampion merah
Lentera China digunakan dalam festival penting seperti Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek ke Festival Lentera) dan Festival Pertengahan Musim Gugur.

Selama Imlek, akan ada banyak lampion bergantungan di pepohonan di jalanan, gedung perkantoran, dan pintu rumah. Menggantung lentera merah di depan pintu diyakini bisa mengusir nasib buruk.

2. Pajangan depan pintu
Pajangan ucapan dalam bahasa Mandarin akan dipasang di pintu sebagai panjang. Biasanya, untaian kertas merah dengan tulisan menggunakan tinta hitam tersebut berisikan ucapan selamat atau sebuah pernyataan. 

(Baca juga: Makna dari Tahun Baru Imlek)

3. Potongan kertas
Ini adalah seni memotong desari kertas (umumnya berwarna merah) yang akan ditempel dengan latar belakang kontras atau transparan. Umumnya, model potongan kertas disesuaikan dengan tanaman atau binatang yang mewakili keinginan berbeda. Misalnya, buah peach melambangkan panjang umur. 

andrew-haimerl-554837(1).jpg
(Lentera China digunakan dalam festival penting seperti Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek ke Festival Lentera) dan Festival Pertengahan Musim Gugur. Foto: Andrew Haimerl/Unsplah.com)

4. Lukisan Imlek
Lukisan Imlek akan dipasang di dinding atau tembok sebai simbol dari penyambutan Tahun Baru. Gambar pada lukisan tersebut umumnya tokoh legendaris dan tanaman. 

5. Karakter fu dibalik
Dekorasi lain yang biasa dilihat adalah karakterf China, disebut fu, yang dipasang terbalik dengan peletakan diputar 45 derajat. Fu berarti nasib baik dan memasangnya secara terbalik artinya mengingikan agar nasib baik tersebut mengalir (tercurah). 

6. Tanaman kumquat
Pohon kumquat melambangkan harapan untuk kekayaan dan keberuntungan. Pohon ini umumnya dipajang selama liburan Imlek. 

7. Bunga mekar
Imlek identik dengan datangnya musim semi dan harapan untuk tahun baru yang makmur. Tanaman yang paling populer saat momen tradisional tersebut adalah bunga prem, anggrek, peoni, dan bunga peach.





www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi