Jump to content
Sign in to follow this  
fzaldi

Bedanya MySQL dan SQL

Recommended Posts

Apa perbedaaan My SQL dan SQL?

 

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa permintaan atau query dalam database.

Sedangka MySQL adalah software database server.

 

Perintah dasar SQL petig utuk dipelajari, karea dalam setiap kasus pemrograman database perintah SQL selalu kita gunakan untuk membuat query data di dalam database.

 

Berikut ini adalah peritah-peritah dasar MySQL:

 

1. Perintah untuk menampilkan/melihat daftar database yang sudah ada. SHOW DATABASES;

 

2. Perintah untuk masuk/mengakses database yang sudah ada USE<nama database>

 

3. Perintah untuk melihat/menampilkan semua tabel yang ada di dalam database aktif yang sudah dibuka, dan sudah di USE. SHOW TABLES;

 

4. Perintah untuk melihat struktur tabel DESC <nama tabel>

 

Perintah DDL dalam MySQL:

 

1. Perintah untuk membuat database baru.

    CREATE DATABASE<nama database>

 

2. Perintah untuk membuat tabel baru.

    CREATE TABEL<nama tabel> (nama kolom A tipe data, nama kolom B tipe data, nama kolom C tipe data PRMARY KEY (nama kolom A));

 

3. Tabel yang ada dalam database dapat dihapus, tetapi penghapusan ini bersifat permanen.

    Sehingga, tidak dapat mengembalikan tabel dan datanya jika sudah dihapus.

    DROP TABLE <nama tabel>

 

4. Kita sudah dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan pada tabel yang sudah kita buat.

 

    A. Menambah kolom baru.

        ALTER TABLE <nama table>

        ADD<definisi kolom> [FIRST/AFTER nama kolom]

 

    B. Memperbaiki kolom yang sudah ada

       ALTER TABLE <nama kolom>

       CHANGE <kolom lama><definisi kolom baru>

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By comporonline
      Below are the commands to check the version of PHP and MySQL on your Linux server through shell (via SSH):
      php -v
      mysql -v
    • By kompipanas123
      Perbedaan antara blog dan website cukup membingungkan bagi sebagian besar orang. Sebagian orang merasa bingung antara blog dan website sementara yang lain ada yang belum mengerti tentang keduanya. Dalam rangka untuk menghapus pandangan Anda tentang blog dan website, kami akan berbagi pengetahuan tentang perbedaan antara Blog dan Website. Sebuah blog dan website memang sama sekali berbeda dalam banyak hal. Anda tidak bisa menganggap keduanya itu satu hal yang sama! Untuk memiliki perspektif yang jelas mengenai keduanya, mari kita lihat perbedaannya di bawah ini.
       
      1.  Menurut Wikipedia
      Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web). Sementara website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain.
      "Blog merupakan kontradiksi dari web log"
      "Website merupakan kontradiksi dari situs di web"
       
      2.  Berdasarkan Kontennya
      Sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten. Topik-topik posting dapat berupa bahasan mengenai teknologi, fashion, produk tertentu, atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru. Sebuah blog bertindak seperti sebuah majalah digital dengan berbagai kejutan bagi pembacanya setiap hari. Di sisi lain, sebuah website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain, website memiliki isi dengan genre serupa.
       
      3.  Formal dan Informal Konten
      Blog dan Website menggunakan nada yang berbeda untuk menangani pembacanya. Website ini umumnya menggunakan nada atau bahasa formal untuk menggambarkan isinya sementara blog biasanya menggunakan nada atau bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya.
       
      4.  Coding
      Ketika membicarakan blog dan website, orang biasanya takut dengan coding. Jika Anda memilih blog, Anda tidak perlu khawatir! Untuk menciptakan sebuah blog, Anda tidak perlu seorang yang ahli di bidang pengkodean. Anda cukup mendownload template dan memulai dengan belajar dasar-dasar pengkodean. Berbeda dengan website, Anda harus paham dan mengerti pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lain-lain.
       
      5.  Daftar Konten
      Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan. Semua tulisan yang telah Anda buat disusun dari yang terbaru sampai terlama. Setiap kali Anda mengunjungi sebuah blog biasanya Anda langsung menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemiliknya. Sementara bila Anda mengunjungi website, Anda tidak akan menemui daftar itu. Data yang ada dalam website biasanya statis.
       
      6.  Homepage
      Untuk blog dan website, homepage sama sekali berbeda. Dalam sebuah website, homepage menjelaskan isi dasar situs web. Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website itu. Namun, homepage blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.
       
      7.  Rating
      Sebuah blog sebagian besar dianggap aktif tergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya. Jumlah pembaca menentukan peringkat blog. Sebuah rating yang baik sangat penting untuk blog untuk berhasil dan mendapatkan lalu lintas sebanyak mungkin. Di sisi lain, sebuah website tidak dipengaruhi oleh hal-hal seperti pada blog.
       
      8.  Waktu
      Waktu yang tepat sangat penting untuk sebuah blog yang sukses! Anda perlu mengirim posting Anda biasanya antara pukul 08.00 sampai jam 12.00 untuk menarik pembaca ke blog Anda. Namun pada website, waktu tidak ada hubungannya dengan itu. Website itu tidak tergantung pada waktu.
       
      9.  Interaksi Pengguna
      Keluar dari blog dan website, blog dianggap lebih interaktif. Blog menawarkan pengunjung berupa opsi untuk berkomentar, menyukai, dan membagikan postingan. Sementara website biasanya admin memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif.
       
      10. Search Engine
      Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu, maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan dengan website. Karena isi blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak pada blog. Namun isi website ini statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.
       
      Nah sobat D'Genera, itu saja artikel yang bisa saya sajikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dan membuat Anda menjadi mengerti mengenai perbedaan antara blog dan website..
    • By mendingan
      Havij adalah sebuah tools yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan injeksi sql untuk menemukan celah pada website dan kemudian akan di eksekusi oleh peretas.
       

       

       

       

       

       
      Download disini
    • By apanjiegumilang
      PERBEDAAN LAYER OSI DAN TCP/ IP
       

       
      Langsung saja ya ndral. Cekidot!!
       
      Layar- layer pada OSI:
      1.Application layer (lapisan aplikasi): Berfungsi untuk melakukan aplikasi yang melakukan pengolahab data untuk pemakai. Contoh, elektronik mail, file transfer, dll. 2.Presentation Layer (Lapisan presentasi): Fungsi: •Menjamin data yang dapat dibaca oleh system yang menerima data •Menentukan format data yang dikirim / diterima •Menentukan struktur data •Mengatur sintaks transfer data bagi lapisan aplikasi 3.Session Layer (lapisan sesi): Fungsi: •Membangun (estakbish) •Mengatur (manage) •Menghentikan (terminate) 4.Transport Layer (lapisan transport): Fungsi : •Menentukan metode dan kehandalan pengiriman (transport) •Membangun (establish) •Menghentikan (terminate) pernagkat- perangkat virtual antar host •Mendeteksi kesatuan data dan mengatur perbaikan 5. Network Layer (lapisan jaringan): Fungsi: •Mengatur penentuan jalur •Mengatur pengiriman data 6.Data Link: Fungsi: •Menentukan bagaimana bit- bit data yang dikelompokkan dalam 1 format yaitu frame •Menentukan perangkat- perangkat jaringan seperti bridge dan swich 7.Physical: Fungsi: •Mendefinisikan media transmisi jaringan mtode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan seperti halnya Ethernet/ token ring •Mendefinisikan bagaimana NIC berinteraksi dengan media wireless •Menjaga koneksi fisik antar system

      Layer TCP/IP:
      Layer TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan dalam suatu jaringan internet dalam proses tukar menukar data dari komputer satu ke komputer lain.
      1. Application Layer
      Berfungsi menyediakan servis-servis terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada Application Layer: HTTP, FTP, POP3, SMTP, dll.
      2. Transport Layer
      Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP. Transport Layer berfungsi menyediakan servis yang akan digunakan oleh Application Layer.
      3. Internet Layer
      Internet Layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik. Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.
      4. Network Access Layer
      Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.

      Perbedaan dan persamaan prinsip keja antara OSI layer dan TCP/IP Layer.
      Persamaan:
      1. Sama- sama memiliki layer
      2. Sama- sama memiliki Application Layer layanannya berbeda
      3. Sama- sama memiliki Trasport Layer dan Network Layer 

      Perbedaan:
      1. OSI Layer memiliki 7 layer sedangkan TCP/IP 4 layer
      2. Layer teratas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan session direpresentasikan kedalam 1 lapisan Layer TCP/IP, yaitu layer application
      3. Layer Network pada OSI Layer hampir sama dengan Internet Layer pada TCP/IP, tetapi fungsi keduanya masih sama.
       
      Sumber1    Sumber2
    • By PusatInformasi
      Logo MySQL
       
      MySQL merupakan bahasa basis data relasional standard. SQL pada awalnya adalah miniSQL yang dikembangkan MySQL AB (perusahan IT Swedia) sejak tahun 1979 dipimpin oleh Michael Widenius Monty. MySQL release 1.0 dikeluarkan mei 1996 secara terbatas yaitu hanya untuk kalangan sendiri dan baru dilepas untuk kalangan publik pada bulan oktober 1996 setelah muncul versi 3. Versi awal MySQL hanya berjalan dengan OS Linuk dan Solaris, tapi setelah versi 3.22 MySQL mulai berjalan diberbagai platform termasuk windows. Sejak tahun 2000 MySQL muncul sebagai open source sejati dengan menggunakan lisensi GPL.
       
      MySQL merupakan salah satu database terbesar yang digunakan didunia, hal ini terbukti dengan digunakanya MySQL oleh beberapa perusahaan dan institusi terbesar di dunia seperti NASA(USA) Yahoo!Finance, Aizawa (keamanan Jepang) dan lain-lain.

      Pada bahasa SQL informasi tersimpan dalam tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur dua dimensi terdiri dari baris (row atau record) dan kolom(column atau field). Sedangkan dalam sebuah database dapat terdiri dari 1 (satu) atau beberapa tabel.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy