Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Badai Tuan telah berlalu
      Salahkah 'ku menuntut mesra?
      Tiap pagi menjelang
      Kau di sampingku
      'Ku aman ada bersamamu
      • 0 replies
    • Ini Enak dan Tidak Enaknya Jadi Menteri
      Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2019-2024 dalam Pilpres 2019.

      Setelah pemilihan umum dan berbagai sidang yang menegangkan, kini perhatian masyarakat terfokus pada calon menteri baru dalam kabinet pemerintah 2019-2024.

      Masyarakat penasaran siapa saja menteri yang akan membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih di masa depan.
      • 0 replies
    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies

Recommended Posts

post-36-0-61505700-1399391751.jpg

 

Jangan salahkan pasta gigi kalau gigi ente masih saja kuning walaupun ente gak pernah absen menggosok gigi secara rutin. Adalah 10 hal berikut yang menyebabkan gigi ente kuning:

1. Teh Herbal

Menjaga kelangsingan tubuh serta kesehatan dengan teh herbal jadi kebiasaan yang umum akhir-akhir ini. Tubuh terasa lebih bugar, dan lebih langsing. Namun, ternyata teh herbal ini membawa efek samping yang buruk bagi gigi. Mereka yang rutin mengonsumsi teh herbal cenderung memiliki gigi kuning. Menanggapi hal ini, para peneliti Jepang, seperti dilansir Dailymail, menyarankan agar para konsumen teh herbal lebih memilih teh hijau. Kandungan katekin di dalam teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam di gigi, sehingga gigi kuning lebih mudah dicegah.

2. Obat Mata

Mungkin ente bingung, apa hubungan obat tetes mata dengan kuningnya gigi. Namun, obat tetes mata ini memang jadi salah satu penyebab gigi jadi kuning. Kandungan kimia dalam obat tetes mata menekan produksi saliva. Di mana saliva akan menetralisir asam di dalam mulut. Karena jumlah saliva ini berkurang, secara otomatis asam di dalam mulut akan meningkat. Di sini bakteri akan berkembang biak lebih pesat, sehingga gigi jadi kuning.

3. Berenang

Hasil studi yang dilakukan terhadap 500 orang perenang menyebutkan bahwa 66% dari perenang mengalami kerusakan pada gigi serta gigi kuning. Hal ini disebabkan karena kandungan klorin yang tinggi di dalam air kolam. Klorin tersebut mempengaruhi pH air yang menyebabkan kandungan asamnya lebih tinggi. Untuk itu, jangan lupa menyikat gigi setelah berenang.

4. Pemutih gigi

Bagaimana bisa pemutih gigi malah membuat gigi jadi kuning? Well, ternyata cara kerja pemutih gigi ini gak sesederhana yang kita pikirkan. Kebanyakan, pemutih gigi bekerja dengan mengerosi gigi. Dan seringkali, pemutih gigi yang dikenakan di rumah, gak bekerja secara maksimal. Bukannya memutihkan, mereka malah mengikis gigi, membuatnya rapuh dan kuning.

5. White Wine

ente mungkin berpikir bahwa anggur merah justru buruk untuk gigi, karena warna merahnya. Namun ternyata anggur putih justru memberikan efek lebih buruk bagi gigi. “Anggur putih lebih cepat mengikis gigi,” ungkap Dr Paul Ashley, direktur institusi kesehatan gigi, di University College Hospitals.

6. Menyikat gigi setelah makan yang manis

Saking takutnya ada bakteri yang tinggal di gigi, jadi ente akan buru-buru menyikat gigi setelah makan yang manis-manis. Benarkah hal ini? Ternyata justru hal ini salah. Setelah proses pengunyahan, jadi mulut cenderung bersifat asam. Saat ini akhirnya gigi menetralisir keadaan mulut dengan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jika ente terburu-buru menyikat gigi, jadi enamel ini akan terbuang sia-sia dan bakteri justru bebas berkembang. Untuk itu sangat disarankan menyikat gigi setidaknya 1 jam setelah makan yang manis-manis.

7. Diabetes

Gak bisa dipungkiri bahwa penyakit yang satu ini memang menyumbangkan efek gigi kuning, rapuh bahkan keropos. Sayangnya, banyak penderita diabetes gak menyadari bahwa penyakitnya ini juga mempengaruhi keadaan giginya.

8. Rokok

Selain penyakit diabetes, rokok juga membuat gigi jadi kuning. Kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut jadi asam, nikotin-nikotin terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Gak heran kalau mereka yang merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

9. Minuman berenergi

Karena dibuat untuk menggantikan energi dan garam yang hilang saat berolahraga, jadi minuman berenergi dilengkapi dengan gula dan asam.

Berdasarkan studi yang dilakukan University of Birmingham, ditemukan bahwa minuman berenergi bersifat korosif ketimbang air mineral. Zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi.

10. Membuka kemasan dengan gigi

Saking kuatnya gigi dan gak ada gunting di sekitar ente, jadi ente memutuskan membuka kemasan dengan gigi ente. STOP kebiasaan ini! Tanpa ente sadari, kebiasaan ini akan membuat gigi lebih mudah rapuh dan lemah. Ketika gigi rapuh, secara otomatis warnanya gak akan sehat dan cenderung menguning.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Memang tidaklah mudah menjaga kesehatan gigianak,apalagi  kalau si anak suka jajanan yang manis-manis,dan kebanyakan seorang anak itu sangat susah jika disuruh untuk menyikat gigi nya. Tapi sebagai seorang ibu, kita tetap harus menjaga kesehatan gigi anak dan hal itu tidak boleh dianggap remeh, kenapa?
      Karena kesehatan gigi anak sewaktu kecil mempengaruhi kesehatan giginya setelah dewasa nanti.selain itu rusak nya gigi anak bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan nya, mengalami sakit gigi dan karena sakit pada gigi itu maka akan membuat si anak tidak nafsu makan. Menurut penelitian ahli gigi, buruk nya kesehatan gigi anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
      Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu? kita harus mengenalkan sejak dini kepada anak betapa penting nya merawat gigi. Jika si anak belum mempunyai gigi yang banyak,maka kita bisa membersihkan gigi nya tersebut menggunakan kain kasa yg lembab. Dan hal itu akan membuat si anak merekam dalam otak nya, bahwa menjaga kebersihan gigi itu sangat penting.dan jika gigi anak sudah banyak, kita bisa mengajari nya menggosok gigi.
      Ada beberapa kiat dalam mengajarkan anak agar mau menyikat gigi nya.
      Sediakan si anak sikat gigi yang bentuk nya lucu, dan sediakan odol anak yang beraroma buah buahan dan tidak pedas. Ajak mereka sikat gigi bersama-sama dengan kita, sambil mengajari si anak cara menggosok gigi yang benar. Setelah si anak menggosok gigi nya,berikan pujian kepada si anak agar mereka merasa dihargai. Sekali-kali berceritalah,, berikan cerita-cerita anak tentang penting nya menjaga kesehatan gigi dan apa akibat nya jika tidak mau menggosok gigi atau tontonkan si anak dgn video tentang pentingnya menjaga gigi, hal itu benar-benar sangat berkesan di hati anak. Bawalah anak-anak anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak selalu terjaga dan terkontrol.
    • By BincangEdukasi
      Gigi merupakan aspek terpenting saat melakukan kegiatan makan ataupun minum. Dengan memiliki gigi yang putih, cantik dan bersih pasti menjadi impian banyak orang. Dengan demikian akan membuat penampilan anda makin menarik dan membuat senyum anda semakin manis. Namun, bagaimana dengan gigi pada bayianda saat ini? Apa saja gejala yang di timbulkan?
      Pada prosesnya memilikm bayi di atas 10 bulan sudah mulai menandakan untuk tumbuh gigipertama hingga gigi si kecil tumbuh dengan rapi. Pada tahapan inilah ada baiknya sebagai orangtua anda harus memperhatikan banyak hal untuk membuat si kecil tetap nyaman saat proses tumbuh gigi. Untuk itulah banyak hal yang harus anda lakukan untuk membuat pertumbuhan gigi bayianda tetap teratur dan membuat bayi anda nyaman saat melakukan kegiatan makan.
      Seiring dengan perkembangan si kecil yang makin hari makain sehat dan baik, membuat pertumbuhan anggota dalam tubuh lainnya berkembang termasuk gigi. Sebagai aspek terpenting anda harus memperhatiakan pertumbuhan gigi bayi anda.
      Adapun beberapa tanda saat bayi mengalami gigi yang sedang tumbuh agar dapat di siasati dengan baik oleh para keluarga serta anda sebagai orangtua, berikut ini diantaranya: Rewel, menangis dan lekas marah ini di karenakan adanya reaksi dari gusi yang membuka gigi untuk keluar yang nyut- nyut hingga terasa sakit. Demam rendah (tidak lebih dari 1010F. ini karena di akibatkan dari tubuh yang bereaksi saat gigi mulai tumbuh. Banyak mengeluarkan ludah atau ngences. Suka mengigit dan selalu ingin makan atau mengunyah benda yang di pegangnya. Ini karena membuat si kecil ingin mengurangi sakit pada gusi yang akan membuat gigi tumbuh. Bengkak dan nyeri gusi. Dari beberapa tanda pertumbuhan gigi bayi dapat anda siasati dengan baik agar pertumbuhan gigi pada bayi lebih rapi, baik dan membuat pertumbuhan anak lebih baik. Jika terjadi sesuatu yang kurang baik, sebaiknya anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.
    • By anonymous_content
      Ratusan petani di lereng Gunung Merbabu di Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu, menggelar upacara ritual gunungan hasil bumi "Tungguk Tembakau" wujud syukur dimulai masa panen tanaman tembakau.
      Pada upacara ritual adat masyarakat Tungguk Tembakau (petik tembakau) di Lereng Merbabu tersebut diawali kirab gabungan hasil bumi dan sejumlah kesenian tradisional keliling di sepanjang jalan desa, sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang maha Esa, atas hasil panen tembakau tahun ini.
      Ratusan warga setelah melakukan kirab, mereka kemudian melakukan doa bersama, dan dilanjutkan acara kenduri bersama di sepanjang jalan desa setempat.
      Menurut Yoto Pawiro (65) salah satu tokoh masyarakat Desa Senden upacara ritual Tungguk Tembakau merupakan tradisi turun-temurun warga setempat, tetapi baru kali ini dilakukan secara massal oleh masyarakat.
      "Tradisi tungguk tembakau atau memetik daun tembakau sebagai tanda masa panen. Sebelumnya hanya dilakukan secara pribadi oleh setiap petani tembakau di desa ini," kata Yoto.
      Menurut dia, petani tembakau melakukan upacara ritual tersebut selain untuk melestarikan tradisi warga yang sudah turun-menurun, juga tanda syukur atas hasil panen tembakau yang dikelola dan dipelihara selama tiga hingga empat bulan.
      Ia mengatakan tradisi adat warga setempat tersebut memang mempunyai arti penting karena komoditas tembakau selama turun menurun menjadi tumpuan ekonomi masyarakat di lereng Merbabu ini.
      Menurut dia, petani dengan tanaman tembakau mampu meningkatkan taraf hidupnya lebih baik, seperti untuk menyekolahkan anak-anaknya, dan mampu memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.
      "Komoditas tembakau memang paling menguntungkan dibanding komoditas lainnya bagi petani setempat," katanya.
      Meskipun petani tanaman tembakau tahun ini kecewa terhadap hasil panen akbat dampak musim kemarau basah yang menyebabkan kualitas menurun, mereka tetap mengharapkan produksi dapat laku dengan harga baik.
      "Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini, kadar air menjadi tinggi, dan menurunkan kadar nikotin daun tembakau," katanya.
    • By monica_pendong
      Rumah-rumah sakit di Prancis menawarkan uang bagi perempuan perokok jika mereka meninggalkan nikotin. Hal tersebut, seperti dilansir The Independent, dilakukan dalam sebuah studi untuk menguji dampaknya bagi keuangan. 
      Para perempuan hamil yang berkomitmen meninggalkan rokok akan dibayar secara bertahap dalam bentuk voucher €20 atau setara Rp 304 ribu. Mereka berkesempatan mendapat hingga €300 (Rp4,6 juta) jika tidak merokok lagi.
      Studi dilakukan oleh sistem rumah sakit Paris yang bekerja sama dengan Institut Kanker Nasional Prancis. Mereka menguji apakah memberikan uang kepada perempuan hamil akan membantu meyakinkan para perempuan ini menjauhi tembakau sepanjang masa kehamilan. 
      Para perempuan yang berusia lebih dari 18 tahun dengan usia kehamilan kurang dari empat bulan dapat mengajukan permohonan untuk ambil bagian dalam studi tersebut. Asalkan mereka merokok lebih dari lima rokok pabrik (atau tiga rokok linting) setiap hari. 
      Angka-angka dari tahun 2015 menunjukkan satu dari lima perempuan Prancis tetap merokok selama masa kehamilan. Menteri Kesehatan Prancis Marisol Touraine mengatakan Prancis adalah “negara di mana perempuan hamil paling banyak merokok di Eropa”.
      Merokok selama masa kehamilan dapat mengurangi pasokan oksigen bagi janin, yang meningkatkan risiko bayi lahir mati, lahir prematur, dan lahir dengan berat di bawah normal.
    • Guest News
      By Guest News
      Untuk pertama kali Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) melarang penjualan rokok elektrik dan beberapa produk tembakau lain kepada orang dibawah usia 18. Langkah itu guna mencegah generasi baru kecanduan nikotin

      Kaum muda perokok elektrik meningkat tiga kali lipat, yang menimbulkan kekhawatiran meluasnya pencandu nikotin.
      Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) untuk pertama kali melarang penjualan rokok elektrik dan beberapa produk tembakau lain kepada orang dibawah usia 18.  Langkah itu guna mencegah generasi baru kecanduan nikotin.
      Selain rokok elektrik, FDA melarang penjualan pipa tembakau, tembakau hookah dan cerutu kepada orang dibawah umur.  FDA sebelumnya sudah membuat peraturan untuk rokok, tembakau tanpa asap dan produk tembakau yang digulung sendiri.
      Rokok elektrik berkembang menjadi industri bernilai tiga miliar dolar, karena penggunaannya meningkat di kalangan siswa SMP dan SMU.  Menurut Pusat Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Amerika dan FDA, tiga juta siswa SMP dan SMU dilaporkan menggunakan rokok elektrik pada tahun 2015, naik dari sekitar 2,5 juta pada tahun sebelumnya.
      Larangan itu, yang berlaku dalam 90 hari, mengharuskan produsen rokok mengajukan produk itu untuk dikaji oleh lembaga terkait, memberi daftar bahan yang digunakan dan memasang peringatan gangguan kesehatan pada kemasan dan dalam iklan.
      FDA mulai berfokus pada rokok elektrik tahun 2009 ketika produk itu mulai muncul di rak-rak toko di Amerika.  Pada tahun yang sama, Presiden Barack Obama menandatangani undang-undang yang memberi wewenang kepada FDA atas produk-produk yang sebelumnya tidak diatur.  Kongres Amerika juga memberi FDA wewenang untuk menegaskan yurisdiksi atas mereka.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy