Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
Sign in to follow this  
fzaldi

Hal-hal Yang Membuat Bangkrut

Recommended Posts

Punya bisnis besar pasti tidak mau bangkrut. Namun pemilik bisnis seringkali lupa bahwa hal-hal yang dianggap sepele bisa membuat bangkrut.

Berikut ini beberapa hal yang biasanya dianggap sepele namun bisa menjadi bom waktu kebangruktan usaha Anda.

Utang
Bagus sebagai alternatif tambahan modal, namun segera lunasi, jika Anda mampu. Mengundur-undur pelunasan utang akan menjadi beban di masa datang. 

Sibuk dengan omzet
Memiliki omzet banyak memang bagus. Tetapi jangan lupa bahwa buah manis dari bisnis Anda adalah profit. Berikan perhatian yang besar untuk mengejar profit.

Rekan bisnis
Ada anggapan: lebih baik berteman karena bisnis daripada berbisnis karena teman. Jika salah memilih rekan bisnis, Anda bisa dihadapkan kepada berbagai masalah yang ujung-ujung membuat bisnis Anda bangkrut.

Peluang
Kesempatan emas tidak pernah datang dua kali. Namun jika Anda sibuk untuk meraih semua peluang emas yang datang, bisnis Anda bisa berantakan. Walau bagaimanapun sebaiknya fokus untuk mengembangkan bisnis yang Anda jalani sebelum mengambil peluang di bisnis lain.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By worldwidemarket
      PT Pos Indonesia (Persero) membantah pemberitaan di media massa yang menyebutkan bahwa perusahaan layanan pos dan logistik tersebut alami krisis keuangan.
      Sempat dikabarkan mengalami kebangkrutan, PT Pos Indonesia (Persero) membantah pemberitaan di media massa yang menyebutkan bahwa perusahaan layanan pos dan logistik tersebut alami krisis keuangan.
      “Pemberitaan media massa bahwa saat ini Pos pailit, Pos meminjam dana dari bank untuk membayar gaji karyawan, itu tidak benar,” kata Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono dalam siaran pers di Jakarta, Senin (22/7).
      Gilarsi memberikan klarifikasi terkait pemberitaan di media online nasional diawali dari pernyataan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Rieke Dyah Pitaloka, yang meminta perlunya perhatian pemerintah terhadap kondisi Pos Indonesia.
      "Kami mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Ibu Rieke Dyah Pitaloka, sebagai wujud pembelaannya kepada Pos Indonesia. Karena memang diperlukan keterlibatan pemerintah untuk melakukan proses penyehatan Pos Indonesia yang sudah lama tertunda," ujarnya.
      Namun tambah Gilarsi dalam beberapa poin dalam pemberitaan media itu tidak benar, seperti pinjaman bank untuk membayar gaji karyawan. "Benar perusahaan perlu modal kerja untuk mendanai operasi, mendanai tagihan. Modal kerja dipinjam dari bank, namun tidak untuk tujuan membayar gaji karyawan," katanya.
      Ia menjelaskan, bahwa perputaran uang di Pos Indonesia per bulan rata-rata sekitar Rp20 triliun (karena pos punya jasa keuangan). Pos juga mendapat rating A- dari lembaga pemeringkat nasional terkemuka Pefindo.
      Menurut Gilarsi, perusahaan berupaya dalam menghadapi disrupsi itu tidak unik dan wajar saja. Untuk menjawab disrupsi yang tengah terjadi beberapa waktu terakhir ini Pos Indonesia sedang melakukan transformasi bisnis meliputi semua aspek bisnis, Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan anak usaha, pengembangan produk baru, dan lain-lain.
      Dengan begitu Gilarsi membantah pernyataan yang menyebutkan Pos Indonesia bangkrut atau pailit. "Ini jelas pendiskreditan tanpa data," ujarnya.
      Ia juga meminta semua pihak memerhatikan fakta bahwa kondisi perusahaan tidak ada masalah, antara lain bahwa rating korporasi Pos Indonesia adalah A-, rating surat utang jangka menengah A-, utang lancar, hak karyawan tidak tertunda, kenaikan gaji karena penyesuaian biaya hidup terus diterapkan.
      Selanjutnya, semua aset dalam kendali penuh dan tidak ada yang diagunkan, pendapatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN, Public Service Obligation (PSO), fee distribusi meterai, fee penerimaan setoran pajak, jasa kurir surat dinas mencapai rata-rata sekitar Rp800 miliar per tahun.
      Pos Indonesia masih bisa memberikan layanan Pos Universal enam hari per minngu, Postal Services di luar negeri hanya melayani layanan pos universal tinggal 4-5 hari per minggu, tidak ada PHK karena restrukturisasi, BPJS, iuran pensiun dibayar lancar tidak ada tunggakan sama sekali.
    • By duniagelap
      Halliburton Co melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 2.000 pekerja dalam satu bulan terakhir karena merosotnya harga minyak.
      Perusahaan yang berbasis di Houston, Amerika Serikat (AS) ini menyatakan kuartal pertama tahun depan dapat mewakili titik terendah terhadap margin keuntungan di Amerika Utara karena pelanggan akan mulai dengan anggaran belanja baru untuk 2016 dan Halliburton akan memulai aktivitas di sumur baru.
      Komentar itu muncul setelah perusahaan melaporkan kerugian kuartal III tahun ini sebesar USD54 juta.
      "Bisnis pemompaan di Amerika Utara menjadi segmen yang paling tertekan saat ini, tetapi pasar kita juga tahu yang terbaik. Ini adalah segmen yang kita harapkan untuk rebound paling tajam," kata Presiden Halliburton Co Jeff Miller, seperti dikutip dari Bloomberg.
      Minyak telah berfluktuasi di Amerika Utara tahun ini karena jumlah rig pengeboran berkurang. Penambang telah memangkas anggaran lebih dari USD100 miliar dari rencana belanja global tahun ini setelah harga minyak mentah turun lebih dari separuh sejak Juni 2014.
      Halliburton mencatat kerugian 6 sen per saham pada kuartal III, dengan laba bersih sebesar USD1,2 miliar dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD1,41. Sementara penjualan merosot 36% menjadi USD5,6 miliar.
      Juru Bicara Halliburton Emily Mir mengatakan, perusahaan telah memangkas tenaga kerja sebanyak 18.000 orang atau sekitar 21% sejak tahun lalu. 
    • By duniagelap
      Lama tak terdengar kabar setelah mengumumkan merger antara Valadoo dan Burufly dalam satu entitas, kini kami mendengar kabar bahwa Valadoo menutup seluruh layanannya efektif di pertengahan 2015 silam.  Disebutkan bahwa per 30 April 2015, pihak Valadoo tidak lagi melayani pemesanan dari supplier maupun partner lokal yang sejauh ini bekerja sama dengannya.
      Penggabungan antara Valadoo dan Burufly pada Agustus 2014 lalu, dianggap mampu membuka peluang bagi keduanya untuk menawarkan produk e-commerce travel dan gaya hidup dari Valadoo ke jaringan social traveler dari Burufly dan memungkinkan para traveler untuk saling berbagi pengalaman perjalanan mereka.
      Valadoo sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait penutupan layanan mereka. Berikut isi email dari Valadoo ke salah satu mitranya:
      Setelah hampir lima tahun beroperasi, mereka memutuskan tidak lagi mampu meneruskan layanan yang menjual paket perjalanan wisata. Meskipun demikian, pihak manajemen Valadoo memastikan bahwa karyawan Valadoo tidak akan terlantar dan memperoleh pesangon sesuai aturan yang berlaku.
      Co-Founder dan CEO Valadoo Jaka Wiradisuria seperti dikutip dari laman DailySocial mengatakan bahwa ia belum bisa mengungkapkan alasan penutupan layanan yang berdiri sejak akhir 2010 ini. Sempat melakukan pivot dari layanan daily deals wisata ke paket perjalanan wisata, Valadoo menjalin aliansi strategis dengan Wego di tahun 2012, termasuk berkantor di tempat yang sama dengan Wego Indonesia. Valadoo kemudian melakukan merger dengan layanan social travel Burufly delapan bulan yang lalu.
      Sementara ini proses merger dengan Burufly diduga tidak berjalan dengan baik di sisi keuangan, sehingga menjadi salah satu alasan operasional perusahaan tidak dapat bertahan. Jaka sendiri menjanjikan akan membeberkan alasan penutupan layanan ini dalam waktu dekat.
      Tentang nasib karyawan Valadoo pasca penutupan, Jaka memastikan bahwa setiap karyawan sudah memperoleh skema pesangon, sesuai dengan aturan ketenagakerjaan, yang dibayarkan bersamaan dengan perolehan gaji bulan April ini. Menurut Jaka, sebagian karyawan sudah memiliki rencana baru, termasuk proyek pribadi, sementara sebagian lagi dalam proses penyaluran ke perusahaan lain.
      Setelah penutupan startup yang dibangunnya ini, Jaka menyebutkan dirinya akan bangkit dan membangun startup baru dalam 1-2 bulan ke depan. Detilnya belum bisa diberikan, tetapi dia memastikan tidak lagi membuka bisnis di industri travel. 
    • By ngesotin
      Contoh perusahaan yang bangkrut yang diambil disini adalah perusahaan Eastman Kodak Corporation. Setelah Eastman Kodak Corporation tersebut dinyatakan pailit, banyak pihak yang berusaha mencari tahu penyebab dari kebangkrutan perusahaan tersebut. Menurut sejumlah pengamat, seperti dikutip laman timesofindia.com, perusahaan yang merupakan perusahaan pelopor film fotografi tersebut tidak sanggup melawan arus digital yang semakin berkembang setiap tahunnya. Tidak seperti IBM dan Xerox Corp, yang sukses menciptakan arus pendapatan baru saat bisnis mereka menurun.
      Mereka menilai kesalahan kodak membuang proyek-proyek baru terlalu cepat yang menyebarkan investasi digital terlalu luas, dan puas pada penilaian Rochester, New York, yang membutakan perusahaan untuk berinovasi pada teknologi lain. Sejak 1888, George Eastman menciptakan sebuah mesin yang menangkap gambar pada pelat kaca besar. Tak puas dengan terobosan itu, dia melanjutkan untuk mengembangkan film roll dan kemudian kamera Brownie. Selanjutnya pada 1960, Kodak mulai mempelajari potensi komputer dan membuat terobosan besar di tahun 1975, saat salah satu insinyur, Steve Sasson, menemukan kamera digital.
      "Ketika (George Eastman) meninggal, ia menyisakan pengaruh pada perusahaan, yang salah satunya Kodak akan terus terikat dalam nostalgia," kata Nancy Westt, seorang profesor yang menulis sejarah Kodak dari University of Missouri. "Nostalgia memang indah, tapi itu tidak memungkinkan orang untuk bergerak maju." tandasnya.
      Selain itu, penyebab kebangkrutan Kodak karena perusahaan tersebut melewatkan peluang bisnis. Di Consumer Electronics Show di Las Vegas tahunan pekan lalu, Perez dan Kodak memperkenalkan dua kamera baru yang diyakini bisa terhubung secara nirkabel dengan printer dan posting foto ke Facebook. Namun beberapa pengulas gadget mengatakan kamera baru tidak bisa terhubung ke web tanpa membonceng pada smartphone atau koneksi Wi-Fi.
      Dikatakan pula bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pimpinan perusahaan gagal memulihkan keuntungan tahunan. Kas yang terus terkuras membuat Kodak kesulitan memenuhi kewajibannya terhadap karyawan dan pensiunannya.
      Setelah bertahun-tahun gagal mengikuti era digital, Kodak mengajukan perlindungan pailit. Pemimpin perusahaan Kodak, Antonio Perez menyebutkan, dewan direktur dan segenap tim manajemen meyakini bahwa ini merupakan langkah penting dan tepat dilakukan, demi masa depan Kodak. Ditambahkan Perez, tujuan mendaftarkan diri bangkrut tersebut diambil untuk memaksimalkan nilai pemegang saham, termasuk para karyawan, pensiunan, dan kreditor, serta pengurus dana pensiun.
      Analis mengatakan Kodak bisa menjadi sebuah kelompok media sosial jika telah berhasil meyakinkan konsumen untuk menggunakan layanan online untuk menyimpan, berbagi, dan mengedit foto-foto mereka. Sebaliknya, Kodak berfokus terlalu banyak pada perangkat dan kalah dalam pertempuran online untuk jaringan sosial seperti Facebook.
    • By ngesotin
      Produsen mobil Swedia Saab akhirnya tak mampu lagi bertahan. Saab mengajukan kebangkrutan agar bisa melakukan proses restrukturisasi perusahaan.
      Saab seperti dilansir Wall Street Journal, perusahaan ini akan mengajukan kebangkrutannya ke pengadilan Vanersborg, hari Rabu ini juga.
      Pengajuan kebangkrutan dilakukan untuk Saab Automobile AB dan anak perusahaan seperti Saab Automobile Powertrain AB dan Saab Automobile Tools AB. Namun anak perusahaan Saab yang lain yakni Saab Automobile Parts AB dan anak usaha di luar negeri tidak ikut bangkrut.
      Sebelumnya Saab yang selama ini merupakan merek di bawah General Motors, tidak jadi dihapus GM karena dijual ke perusahaan mobil sport asal Belanda yakni Spyker pada 2010 lalu.
      Namun hal itu tetap tak bisa mendongkrak kinerja Saab, dalam beberapa bulan terakhir, Saab kesulitan memberikan gaji kepada karyawannya, bahkan di bulan Agustus, Saab tidak mampu memberikan karyawannya gaji.
      Sejak April 2011, pabrik Saab di Swedia tidak lagi membuat mobil karena pemasok suku cadang menolak menyuplai suku cadang sebelum mereka menerima pembayaran.
      Saab pun berupaya mencari pendanaan lagi kepada perusahaan China dan investor lainnya.
      Saab merupakan salah satu pabrikan mobil Eropa yang cukup populer selama bertahun-tahun. Mobil seri 900-nya telah sukses besar di AS pada dekade 1980 dan 1990-an, namun mulai mengalami penurunan pada 2000-an dibanding dengan pabrikan lainnya. General Motors Co (GM), yang telah dimiliki setengah dari perusahaan tersebut, membeli sisa Saab pada 2000, hanya untuk menjual produsen mobil tersebut pada tahun 2010 setelah kebangkrutannya sendiri pada 2009.
      Pada 2011, Saab mengatakan kepada pemasok dan pekerja bahwa perusahaan tersebut tidak bisa lagi mampu membayar mereka. Saab kemudian mengajukan kebangkrutan pada tahun yang sama. Pada 2007, menurut Corebrand, Saab menjadi salah satu dari 65 merek yang paling berharga di dunia. Namun saat ini menjadi hal yang tidak mungkin bahwa Saab pernah dijual di Amerika Serikat.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy