Jump to content
Sign in to follow this  
fzaldi

Mitos Pada Bisnis Online

Recommended Posts

Banyak orang berkata bahwa Anda bisa memiliki usaha online dengan tanpa modal apapun. Benarkah? Memang ada benarnya jika bisnis online bisa dibangun  dengan modal yang lebih murah dibandingkan dengan membangun bisnis offline dalam hal  infrastruktur. Contohnya, Anda bisa dengan lebih murah jika membuat sebuah website daripada menyewa ruko untuk menjual barang-barang Anda.

Anda bisa memulai usaha tanpa modal

Meskipun begitu, membuat bisnis online bukan 100% tanpa modal karena tetap saja Anda harus membuat website, menemukan orang yang tepat untuk menyiapkan kontennya, dan menyiapkan komoditas yang Anda tawarkan. Hal yang paling murah yang Anda bisa lakukan adalah membuat website Anda sendiri dengan hosting dan domain yang terjangkau atau mungkin gratis, menuliskan sendiri konten Anda, dan menjualkan produk/layanan orang lain. Namun apakah website Anda yang sangat sederhana tersebut akan cukup efektif?

Tentu saja ini mitos yang sama sekali tidak benar. Anda masih harus menjaga kualitas produk/layanan Anda, menjaga kelancaran distribusi, dan menganalisis strategi marketing mana yang paling tepat untuk mendapatkan konsumen.

Bangun saja usaha, konsumen akan datang dengan sendirinya

Apakah Anda masih berpikir demikian? Apakah Anda beranggapan bahwa konsumen dengan mudah akan tertarik pada harga yang murah? Kalau begitu, Anda salah. Konsumen tidak hanya mempertimbangkan faktor harga saja. Konsumen juga mempertimbangkan masalah kualitas produk/layanan serta kredibilitas penyedia produk atau layanan tersebut.

Konsumen hanya peduli pada harga

Maka dari itu, Anda harus membangun kepercayaan konsumen pada produk/layanan Anda. Apalagi dengan adanya internet, konsumen akan mencari informasi dan membandingkan produk/layanan Anda dengan yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Benar, bisnis online sangatlah kompetitif.

Memang benar jika Anda ingin mendapatkan uang, maka Anda membutuhkan modal untuk mendapatkannya. Tetapi ini bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terukur hasilnya hanya karena Anda percaya bahwa Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Berinvestasilah dengan baik dalam usaha Anda. Lakukan pengeluaran yang terencana dan terukur targetnya.

Gunakan uang untuk mendapatkan uang

Memang benar bahwa media sosial membuat penjualan menjadi lebih mudah, terutama karena jangkauannya yang lebih luas. Namun media sosial juga bisa menjadi boomerang karena satu pendapat buruk seseorang mengenai produk/layanan Anda bisa dibaca dan mempengaruhi opini banyak pihak. Selain itu, penggunaan media sosial sebagai media promosi penjualan juga memerlukan strategi-strategi yang tidak sederhana untuk mencapai tujuannya. Intinya, media sosial dapat Anda gunakan sebagai pendongkrak penjualan, namun kualitas produk atau layanan Anda harus diutamakan.

Media sosial membuat semua urusan penjualan menjadi lebih mudah

Apakah Anda perlu aktif di semua jenis media sosial? Melakukan promosi di media sosial membutuhkan waktu dan tenaga tersendiri. Jadi kalau Anda aktif di semua jenis media sosial bisa jadi waktu dan tenaga Anda tersita hanya untuk promosi saja. Solusinya, pilih media sosial yang sesuai dengan produk/layanan serta target pasar Anda. Selain itu, pilih media sosial yang terluas jangkauannya. Sampai saat ini, Facebook dan Twitter masih menjadi media sosial pilihan untuk promosi penjualan di Indonesia.

Harus aktif pada semua jenis media sosial

Pertama, tidak semua orang yang datang ke website Anda akan langsung menyukai website Anda dan membeli produk Anda. Semua tergantung pada seberapa baik website Anda merepresentasikan bisnis yang Anda jalankan.  Untuk membuat website Anda efektif untuk penjualan.

Semua orang akan menyukai website Anda dan akan beli produk Anda

Apakah Anda percaya? Tidak semua orang akan langsung datang ke website Anda untuk mencari produk/layanan yang Anda inginkan. Pelanggan Anda mungkin akan melakukannya. Namun bagaimana dengan orang yang belum kenal dengan website Anda? Mereka akan browsing melalui mesin pencari untuk mengetahui website mana yang menawarkan produk/layanan yang mereka cari. Di sinilah Google Adwords akan membantu Anda.

Orang akan langsung membeli produk yang mereka cari di website Anda

Jangan berikan janji pada kosumen!

Benarkah Anda tidak boleh memberikan janji pada konsumen? Kenyataannya, konsumen mudah tergiur pada janji-janji. Tidak memberikan janji apapun pada konsumen bisa jadi justru mengurangi daya tarik usaha Anda. Tetapi di sisi lain, janji kepada konsumen bisa menjadi bom waktu jika tidak bisa Anda tepati. Jadi bagaimana solusinya? Berikan janji yang menarik pada konsumen Anda, namun janji yang Anda sudah pastikan dapat Anda penuhi.

Konsumen selalu benar

Kalau konsumen selalu benar, maka ada banyak perusahaan yang bangkrut karenanya. Yang seharusnya Anda lakukan adalah memberikan janji kepada konsumen sesuai dengan apa yang Anda bisa berikan dan menjaga kontak positif dengan konsumen Anda.

Ada kalanya konsumen merasa tidak puas dengan produk/layanan Anda. Jika memang itu karena kesalahan pihak Anda, minta maaf lah pada konsumen dan lakukan pembenahan segera. Namun jika keluhan konsumen tersebut bukan merupakan kesalahan Anda, misalnya konsumen mengeluhkan kerusakan produk Anda yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan oleh konsumen, berikan penjelasan dengan jelas dan lakukan edukasi kepada konsumen-konsumen Anda agar hal tersebut tidak terulang kembali.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By teknotekno
      Divisi mobil self-diriving Apple dengan nama project Titan mengalami proses restrukturisasi di bawah kepemimpinan baru. Sayangnya, ini mensyaratkan adanya pemecatan lebih dari 200 karyawan minggu ini.
      Seorang juru bicara Apple bahkan telah mengonfirmasi adanya PHK dan beberapa karyawan yang sebelumnya di bawah Titan telah dipindahkan ke divisi lain.
      "Kami memiliki tim yang sangat berbakat yang bekerja pada sistem otonom dan teknologi terkait di Apple. Saat tim memfokuskan pekerjaan mereka pada beberapa bidang utama untuk 2019, beberapa kelompok sedang dipindahkan ke proyek di bagian lain perusahaan, di mana mereka akan mendukung pembelajaran mesin dan inisiatif lainnya, di seluruh Apple," jelas Apple.

      Perusahaan mengatakan, pihaknya terus percaya ada peluang besar dengan sistem otonom, bahwa Apple memiliki kemampuan unik untuk berkontribusi, dan bahwa ini adalah proyek pembelajaran mesin paling ambisius yang pernah ada.
      Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu telah merekrut mantan insinyur senior Tesla VP Doug Field pada Agustus 2018 untuk memimpin Project Titan. Tampaknya Apple memang telah merencanakan perubahan besar-besaran untuk divisi di bawah kepemimpinannya.
      Titan sudah berubah arah pada 2016, bahkan menjauh dari mengembangkan kendaraannya sendiri untuk menciptakan sistem self-driving. Juru bicara itu tidak mengklarifikasi bidang utama apa yang akan menjadi fokus tim untuk 2019, dan perampingan besar-besaran itu berarti Cupertino sedang mengurangi upaya-upayanya lagi.
    • By teknotekno
      Apple kehilangan statusnya sebagai perusahaan triliun dollar setelah Wall Street melihat bahwa pembuat iPhone itu mengalami kehilangan USD190 miliar atau lebih dari Rp2.818 triliun.
      Apple masih menjadi perusahaan publik yang berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar USD921,41 miliar. Saham Apple dikabarkan turun lebih dari 5 persen karena kekhawatiran iPhone baru Apple mungkin tidak mendapatkan dorongan produksi.
      Lumentum, salah satu pemasok Apple yang menggunakan teknologi augmented reality dan facial recognition mengatakan bahwa mereka menerima permintaan dari salah satu pemasok terbesarnya untuk mengurangi pengirimannya.
      Ini mendorong kekhawatiran bahwa iPhone terbaru mungkin tidak mencukupi selama masa liburan seperti yang diharapkan para investor. Meskipun Lumentum tidak menyebut nama Apple, namun perusahaan pembuat iPhone ini masuk dalam daftar pelanggan terbesarnya.
      "Siklus produk iPhone terbaru telah kehilangan tenaga dengan Street sekarang kurang percaya diri dalam cerita pertumbuhan Apple di 2019," kata Daniel Ives, Managing Director of Equity Research di Wedbush Securities.
      "Cook dan perusahaan perlu untuk mendapatkan kembali mojo mereka dengan layanan dan pertumbuhan iPhone di depan dan tengah," katanya.
      Selama lima pekan terakhir, Apple telah kehilangan nilai USD190 miliar. Selama laporan pendapatan kuartal keempat Apple awal bulan ini, Cook mengatakan Apple tidak akan lagi melaporkan jumlah unit yang telah terjual dari produk apa pun dalam laporan pendapatan di masa depan.
    • By Brenda_Christie
      Perusahaan yang baru dalam bisnisnya tentu menginginkan terjadi penjualan yang lebih. Tidak jarang ada beberapa pebisnis yang sampai rela membangun sebuah tim sales untuk mendongkrak penjualan, padahal umur perusahaan masihlah terlalu muda. Memang keputusan untuk membangun sebuah tim sales adalah kewenangan mutlak dari seorang pemimpin. Akan tetapi jangan sampai kewenangan tersebut akhirnya menjadi kurang efektif.
      Sudah tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum akhirnya memutuskan memiliki tim sales? Kyle Heller, seorang manager marketing, menuliskan 3 hal yang perlu Anda pikirkan.
      1. Struktur dan peraturan organisasi
      Penjualan adalah sesuatu yang terus berkembang. Perubahan model bisnis, teknologi dan pandangan pelanggan harus dipikirkan oleh pemimpin demi menemukan cara penjualan yang lebih baik. Banyak pemimpin yang kemudian memikirkan memiliki staf khusus penjualan demu menanggapi klien secara efektif dan efisien.
      2. Tim development dan terus tumbuh
      Organisasi harus mulai memikirkan peran penjualan dan sama-sama berusaha meningkatkan penjualan. Perusahaan perlu mempertimbangkan strategi retensi, model kompetensi, serta pembinaan dan kemajuan karir semua yang terlibat dalam penjualan.
      3. Kompensasi
      Struktur kompensasi merupakan elemen penting yang selalu ada dalam penjualan. Ketika dibangun dengan benar, maka kompensasi dapat menjadi motivasi, reward serta membangun loyalitas karyawan. Perusahaan perlu memikirkan kembali apa kompensasi yang benar-benar cocok untuk karyawan.
    • By kotawa
      Markobar, es kepal Milo viral, nugget banana, hingga sate taichan menjadi makanan yang hampir kebanyakan orang mengenalnya. Menu ini memang viral dan terkenal hingga detik ini.
      Menjadi terkenal dan viral tentunya bukan serta merta terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat produk dikenal masyarakat luas.
      1. Memiliki nilai cerita yang unik
      Selain terkenal karena rasa pedasnya, Maicih juga dikenal karena kisah di balik usahanya. Sebagian orang penasaran dengan asal mula nama Maicih. Ternyata founder dari Maicih ini bercerita bahwa Maicih sendiri berasal dari nama dompet kecil yang sering dipakai ibu-ibu ke pasar. Awalnya founderbertemu dengan ibu-ibu yang membawa dompet kecil yang dinamakan sebagai dompet icih oleh ibunya.
      Beberapa tahun berselang, founder bertemu dengan ibu-ibu dengan dompet icih tersebut dan menemukan fakta bahwa ia juga memproduksi bumbu pedas. Dari sanalah founder menemukan ide untuk membuat keripik pedas Maicih yang telah viral hingga kini. Belajar dari Maicih yang memiliki cerita unik di balik bisnis, membuat masyarakat ingin lebih tahu dan mengenalnya.
      2. Promosi maksimal di media sosial
      Instagram memang dianggap sebagai media sosial yang hits. Jadi tidak mengherankan jika banyak bisnis yang dipromosikan melalui media sosial ini menjadi lebih cepat meraih viral. Kekuatan warganet memang tidak diragukan lagi. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Instagram sebagai media sosial agar bisnis semakin terkenal.
      3. Pancing dengan review
      Zaman sekarang, semua produk ada review-nya. Tidak jarang orang-orang memilih untuk mencari dan membaca review-nya terlebih dahulu sebelum membeli. Apapun jenis usaha yang sedang dijalankan kita bisa memanfaatkan para influencer seperti travel blogger, beauty blogger, selebgram, atau orang-orang yang banyak dikenal masyarakat untuk dapat mereview bisnis.
      4. Endorse publik figur
      Dengan banyaknya fans dan followers-nya publik figur, maka setiap produk atau barang yang ia kenakan akan diperhatikan oleh pengikutnya. Sehingga endorse dari publik figur dianggap sebagai cara yang cukup jitu untuk membuat bisnis menjadi viral.
      5. Tampil berbeda
      Markobar milik Gibran anak Presiden RI, Jokowi, memiliki beberapa keunggalan. Dikenal dan viral bukan karena menjadi putra sulung orang nomor satu di Tanah Air. Bukan pula menyajikan martabak yang serupa dengan yang lain. Tetapi Gibran sukses memodifikasi martabak biasa dengan aneka rasa dan topping makanan-makanan yang sedang viral seperti nutella, kit-kat, macha, dan banyak rasa lainnya. Jadi, buatlah bisnis yang unik dan berbeda untuk menyita perhatian khalayak ramai sehingga bisnis akan jauh lebih cepat viral dan terkenal. Itu dia beberapa cara agar bisnis menjadi terkenal. Segera viralkan bisnis Anda sekarang juga!
    • Guest news
      By Guest news
      Dari California, perusahaan luar angkasa Space X, baru-baru ini meluncurkan satu lagi roket yang membawa satelit ke antariksa. Hal ini menggenjot semakin banyak minat investor dan perusahaan akan bisnis di luar angkasa.
       
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy