Jump to content
  • Our picks

    • Mengenal Pria Belanda yang jadi Penyebab Indonesia Dijajah
      Sejak dahulu kala, nusantara yang kala itu belum dikenal sebagai Indonesia merupakan salah satu kepulauan di belahan Timur yang terkenal menghasilkan rempah-rempah terbaik. Alhasil, orang-orang Eropa di benua barat pun merasa tertarik dan berusaha untuk mengunjunginya.
      • 0 balasan baru
    • 7 Alasan Lelaki Badboy Cenderung Digilai Para Wanita
      Badboy merupakan sebuah julukan bagi pria yang mempunyai kesan nakal dan urakan. Namun tidak semua cowok nakal itu buruk. Meskipun sebenarnya cowok dengan tipe ini lebih berpotensi untuk menjadi seorang playboy. Entah mengapa tipe pria seperti ini malah banyak yang menyukainya. Buktinya banyak dari mereka yang gampang mendapatkan hati wanita.
      • 0 balasan baru
    • Alasan Lelaki Berkumis Lebih Mudah Memikat
      Kumis merupakan sebuah anugerah yang diberikan Tuhan kepada para pria. Setiap lelaki yang beranjak remaja pasti ditumbuhi bulu halus di atas mulut atau yang biasa dikenal dengan kumis. Yah, kumis bagi sebagian lelaki bisa digunakan sebagai ciri khas dari dirinya. Sebab beda orang beda tipe kumisnya. Ada yang suka dengan kumis tebal, ada yang suka dengan kumis tipis, namun tidak sedikit pula yang tidak suka dengan kumis alias kumisnya selalu dicukur bersih.
      • 0 balasan baru
    • Budaya Jujur di Jepang Udah Diajari Sejak Dini
      Jepang adalah salah satu negara yang dipuji memiliki budaya jujur yang tinggi. Barang-barang yang hilang atau tertinggal di tempat umum akan dikembalikan kepada pemiliknya. Semua itu sudah diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah Jepang.
      • 0 balasan baru
    • Hal Biasa Menurut Cowok Tapi Selalu Berhasil Bikin Cewek Baper
      Kata orang cowok berpikir menggunakan logika sedangkan cewek lebih mementingkan perasaan. Hal itu ada benarnya juga lho! Nah, dari sekian banyak hal yang dilakukan selama pacaran, ini dia hal-hal yang biasanya membuat cewek "gemes" tapi nggak berani bilang. Intip Yuk!
      • 0 balasan baru
Masuk untuk mengikuti ini  
Guest Metrotvnews

Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Rampung Akhir 2018

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Jakarta: PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) menargetkan proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda segera rampung dalam waktu dekat. Tol sepanjang 99,35 Kilometer (Km) tersebut ditargetkan selesai akhir 2018 dan beroperasi pada 2019.

"Di akhir 2018, mudah-mudahan jalan tol Balikpapan Samarinda dapat diselesaikan sehingga pada awal 2019 jalan tol ini dapat beroperasi," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani seperti dikutip Antara, Jumat, 12 Januari 2018.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja ke proyek tersebut, pihaknya mendapatkan penjelasan dari Direktur Utama PT JBS, Arie Irianto, soal kemajuan pembangunan konstruksi dan pembebasan lahan proyek tol pertama di Pulau Kalimantan itu. Menurut Arie, kata Desi, hingga awal Januari 2018, proyek pembangunan jalan tol yang dibagi menjadi lima seksi ini sudah mencapai 46,704 persen. 

Sementara sektor pembebasan lahan, sudah mencapai 96,68 persen. Percepatan yang dilakukan oleh PT JBS mendapat apresiasi. Sebab, permasalahan utama yang dihadapi JBS adalah Tahura (Taman Hutan Rakyat).

"Setelah hampir satu tahun lamanya, akhirnya Tahura dapat diselesaikan, sehingga proses konstruksi dapat segera dilaksanakan di lahan tersebut," ungkap Desi.

Desi melanjutkan, dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan memangkas biaya logistik. Distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat. 

Selain itu, pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 kilometer, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda. "Dari waktu tempuh semula menghabiskan tiga jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam," tutur dia.

Melalui Data PT JBS, total investasi tol tersebut mencapai Rp13 triliun. Pembangunan seksi 1 mulai dari KM 13 hingga Samboja sepanjang 25,07 km dibiayai dari Anggaran Pendapatan Biaya Daerah (APBD) Kalimantan Timur (Kaltim) dengan nilai kontrak Rp1,40 triliun. Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 23,26 km, seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran, sepanjang 21,90 km, seksi 4 dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,9 km. 

Sementara seksi 5 dari KM 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan Balikpapan sepanjang 11,09 km berasal dari pinjaman lunak dari Tiongkok dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp848,55 miliar.

"Pembangunan seksi 2, 3, dan 4 dilakukan oleh konsorsium PT Jasa Marga Tbk. (55 persen), PT Wijaya Karya Tbk. (15 persen), PT Pembangunan Perumahan Tbk. (15 persen), dan PT Bangun Tjipta Sarana (15 persen)," pungkas dia.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang
Masuk untuk mengikuti ini  

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi