Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
PusatInformasi

Fakta Tersembunyi tentang Superhero Marvel

Recommended Posts

post-45-0-91098500-1429746262.jpg

 

Sejak dibangun pada 1939, Marvel Comics terus mendulang kepopuleran. Kini, tak hanya komik dan cendera matanya yang laris manis, tapi juga penjualan filmnya. Belum lagi masing-masing sempalan cerita bisa dikembangkan menjadi film yang tak kalah laris pula. 

 

Setelah dibeli oleh Disney seharga US$4,2 miliar, pada 2009, Marvel makin menggurita. Banyak kisah sejarah yang tak diketahui orang tentang Marvel dan sosok-sosok karakter komik di dalamnya.

 

post-45-0-83234300-1429746263.jpg

 

Nyaris tak terbentuk karena sang pendiri nyaris meninggal

 

Ada sejumlah cerita sebagian disebut kabar burung, sebagian lagi dianggap benar—tentang dunia Marvel yang semestinya tak boleh ada.

 

Salah satu yang paling sering disebut adalah cerita bahwa Martin Goodman, sang pendiri, hampir tewas saat Marvel hendak dijadikan perusahaan besar.

 

Dua tahun sebelum dia memulai Timely Publication, cikal bakal Marvel, pada 1939, Goodman dan istrinya berlibur ke Eropa. Mereka berencana naik pesawat Zeppelin tipe Hindenburg.

 

Namun karena tak bisa mendapat tempat duduk berdampingan mereka membatalkan penerbangan itu. Tak disangka, pesawat tersebut mengalami nasib tragis: terbakar di udara.

 

post-45-0-49627800-1429746264.jpg

 

Marvel sering menampilkan sosok nyata

 

Setelah mengetahui bahwa Presiden Barack Obama adalah pencinta Marvel, maka Marvel memasukkan sosok sang presiden di salah satu komik edisi 2008.

 

Selain Obama, Eminem juga pernah tampil sebagai di komik Marvel dengan penggambaran sebagai manusia dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata dan punya kemampuan menembak.

 

Sosok lain yang pernah muncul adalah Adolf Hitler yang sempat kena tinju Captain America, Isaac Newton, Benjamin Franklin, Rasputin, Queen Elizabeth I dan II, Winston Churchill, Saddam Hussein, Nelson Mandela, Elvis Presley, Kim Basinger, Oprah Winfrey, dan tentu saja, Hulk Hogan.

 

post-45-0-37191400-1429746265.jpg

 

Punya juru bersih reruntuhan kota usai pertarungan para superhero

 

Melihat pertarungan hebat para superhero memang menyenangkan. Tapi pernahkah terpikirkan siapa yang akan membersihkan reruntuhan kota akibat pertarungan itu? Marvel pernah memikirkan hal ini, maka muncullah sebuah komik yang didedikasikan untuk para "petugas kebersihan" kota ini.

 

Damage Control adalah perusahaa yang berdiri di dunia Marvel dengan tugas utama membereskan semua kerusakan akibat pertarungan para superhero. Perusahaan ini dijalankan oleh Ann-Marie Hoag dan didanai awalnya oleh Tony Stark alias Ironman dan Wilson Fisk alias Kingpin.

 

Perusahaan ini sempat muncul di beberapa komik sebelum akhirnya jadi komik sendiri. Namun kemudian Stark dan Fisk tak bisa melanjutkan kerja sama mereka. Hoag lalu meminjam uang dari Nick Fury dan menjadikan Damage Control sebagai perusahaannya sendiri.

 

post-45-0-92268500-1429746265.jpg

 

Michael Jackson pernah coba membeli Marvel

 

Michael Jackson adalah penggemar komik dan punya ratusan buku koleksi, kostum dan cendera mata lain. Pada 1990, dia bertemu Stan Lee dan menyatakan ingin membeli Marvel. Inc.

 

Kepada Lee, yang kemudian jadi sahabatnya, Jackson mengatakan, ”Jika saya membeli Marvel, kamu akan membantu saya menjalankannya, kan?” Pembelian perusahaan itu akhirnya batal.

 

Namun sudah tersiar kabar bahwa tujuan Jackson membeli Marvel tak lain adalah agar dia punya hak mutlak atas karakter Spider-Man, dan dia bisa memerankannya jika dibuat filmnya.

 

post-45-0-46969100-1429746266.jpg

 

Karakter Nick Fury dibuat berdasarkan wajah Samuel L. Jackson tanpa izin

 

Sejak awal, Marvel memang ingin Samuel Jackson memerankan Nick Fury di versi serial filmnya. Fury pun digambarkan dengan gaya khas Jackson. Sayangnya, pihak Marvel tidak meminta izin pada Jackson.

 

“Jadi rasanya sangat aneh. Tiba-tiba wajah saya ada di toko komik, saya mengambil buku komik itu karena saya melihat wajah saya di sampulnya. Lalu berpikir, ’tunggu, sepertinya saya tak ingat pernah memberikan izin seseorang menggunakan wajah saya,'” kata Jackson.

 

Namun Jackson dianggap sangat baik hati hingga malah merasa tersanjung dengan fakta ini. Bukannya menggugat Marvel, dia malah menandatangani kontrak begitu sosok Nick Fury mulai difilmkan.

 

post-45-0-32502800-1429746267.jpg

 

Stan Lee pernah menggugat Marvel berulang kali

 

Stan Lee, sang komikus utama Marvel memang menjadi semacam ikon untuk Marvel. Namun hubungan Marvel dan Lee tak selamanya mulus. Dia beberapa kali menggugat Marvel lewat perusahaannya Stan Lee Media, atas dasar pembagian keuntungan dan kepemilikan atas beberapa karakter karyanya.

 

Hingga 2013, hakim mengetuk palu dan menyerahkan semua hak karakter pada Disney yang telah membeli Marvel sejak 2009.

 

post-45-0-69872700-1429746268.jpg

 

Marvel pernah membeli karakter dari penggemarnya seharga Rp 2,8 juta saja

 

Di salah satu acara dengan penggemar pada 1982, Marvel mengajak penggemarnya datang dengan membawa ide tentang superhero dan monster.

 

Seorang pria dari Indiana, Randy Schueller memberi ide tentang Spider-Man hitam yang punya kekuatan berlebih. Marvel suka sekali akan ide itu, sehingga membayar Schueller US$220 atau sekitar Rp2,8 juta saja dan menulis ulang kisah Spider-Man hitam itu.

 

Penulisan kisah sang superhero hitam itu tak cukup lancar hingga akhirnya kisahnya dipelintir. Sang Spider-Man hitam jadi sosok antagonis dengan nama Venom.

 

post-45-0-46851900-1429746269.jpg

 

Fakta unik lain seputar dunia superhero Marvel

  • Hulk aslinya dibuat berwarna abu-abu. Tapi jadi hijau akibat masih buruknya teknik pewarnaan percetakan di komik pada 1960-an.
  • Spider-Man dibuat Stan Lee menggunakan tanda penghubung agar membedakan dengan Superman saat dicetak.
  • Wolverine pada awalnya dibuat sebagai serigala yang mengalami mutasi genetik, bukan manusia mutan. Stan Lee menolak ide ini.
  • Martin Goodman, pendiri Marvel, sempat menolak ide awal Stan Lee dan Steve Ditko tentang Spider-Man, karena menganggap laba-laba menakutkan buat anak-anak.
  • Marvel Comics adalah pemilih hak atas kata “zombie” sejak 1975 hingga 1996. Mereka melepaskan hak itu setelah merasa tak mungkin memaksakan hak atas penggunaan kata itu. 
  • Nama asli Hulk adalah Robert Bruce Banner, karena tanpa sengaja Stan Lee menulis nama tokoh itu beberapa kali dengana nama Bob Banner, bukan Bruce Banner saat awal-awal kemunculan sosok ini.
  • Sosok Kitty Pride di dunia X-Men dinamai berdasarkan nama teman sekelas John Byrne di  Alberta College of Art. Byrne adalah salah satu kreator di Marvel. Kitty Pride asli akhirnya mengganti namanya pada awal 1990-an untuk menghindari perhatian dari para pencinta Marvel.
  • Penulis cerita Game of Thrones, George R.R. Martin adalah penulis kolom rutin pada awal 1960-an.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By news
      Sukses film "Avengers: Endgame" dan antusiasme menjelang film "Star Wars: The Rise of Skywalker" pada Desember ikut mendongkrak penjualan produsen mainan pemegang lisensi. Pemasukan produsen-produsen utama seperti Hasbro, Lego, dan Mattel pun terangkat setelah sempat tertekan setahun sebelumnya.
       
    • Guest News
      By Guest News
      Thanos pertama kali diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe pada post-credit film The Avengers. Kehadiran sang Mad Titan cukup menarik perhatian para penggemar Marvel karena dirinya memang dianggap sebagai penjahat nomor satu di semesta Marvel.
      Enam tahun berlalu, karakter yang diperankan oleh Josh Brolin ini akhirnya muncul dalam Avengers: Infinity War. Namun dalam debut filmnya itu ia terlihat berbeda. Kulit Thanos yang semula diwarnai ungu seketika menjadi coklat sedikit bercampur pink.
      Perubahan warna ini sempat menjadi sorotan ketika trailer pertama dirilis. Matt Aitken, supervisor visual effect Infinity War, akhirnya memberikan penjelasan mengapa warna kulit Thanos akhirnya diubah di dalam film garapan Anthony dan Joe Russo.

      “Adegan-adegan di film Guardians adalah di mana kami melihatnya dengan sangat jelas dalam film-film MCU sebelumnya, dan Itu adalah sebuah hal yang luar biasa, jadi kita tidak ingin membuatnya sama seperti itu,” ujar Aitken seperti dilansir Comicbook, Rabu (9/5/2018).
      Aitken menambahkan bahwa mengingat Thanos menjadi sosok sentral di Infinity War dan mengharuskan pengambilan gambar yang banyak, harus ada perubahan tampilan yang dilakukan. Akhirnya penampilannya pun dibuat lebih natural, sosok Thanos dibuat lebih detail dan bentuk wajahnya lebih dibuat alami.
      Ketika Thanos pertama kali muncul di tahun 2012, para penggemar Marvel dengan mudah mengenalinya karena penampilannya dengan warna kulit ungu mirip seperti apa yang ada di dalam komik Marvel. Namun pengembangan karakter membuat tim produksi berusaha membuat tampilan Thanos menjadi lebih realistis dengan kekuatan emosional yang lebih besar seperti di dalam Infinity War.
      Thanos mungkin bukan satu-satunya karakter MCU yang mengalami perubahan penampilan. Beberapa karakter juga mengalami hal sama, namun lebih kepada aspek kostum yang digunakan. Perubahan yang terjadi di dalam wajah Thanos menjadi salah satu perubahan paling drastis sepanjang sejarah MCU.

      “Sejak awal, Marvel sadar bahwa mereka butuh Thanos dengan versi yang lebih baik dan kami tidak pernah diminta untuk membuatnya sama seperti penampilan di versi awal,” ucapnya lagi.
      Avengers: Infinity War sendiri saat ini sedang tayang di bioskop-bioskop di hampir seluruh dunia. Setelah film ini, Marvel Studios sudah mempersiapkan Ant-Man and the Wasp yang rilis pada 6 Juli 2018, Captain Marvel pada tanggal 8 Maret 2019, dan Avengers 4 pada 3 Mei 2019. Sementara itu sekuel dari Spider-Man: Homecoming tayang pada 5 Juli 2019 dan Guardians of the Galaxy Vol. 3 menyusul di tahun 2020.
    • Guest News
      By Guest News
      Satu lagi pemain tambahan yang akan muncul dalam film Captain Marvel produksi Marvel Studios. Dilansir Variety, Kamis (10/5/2018), Annette Bening bakal berperan sebagai ibu dari Captain Marvel, yang diperankan oleh Brie Larson.
      Sebelumnya, Marvel telah mengumumkan beberapa pemain yang akan terlibat seperti Jude Lawn, Ben Mendelsohn, Gemma Chan, dan bahkan Samuel L Jackson. Khusus untuk Samuel, ia akan berperan sebagai tokoh Nick Fury yang sudah dikenal terlebih dahulu di film-film Avengers sebelumnya.

      Film Captain Marvel sendiri akan disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck. Kevin Feige akan bertindak sebagai produser dalam film ini.
      Captain Marvel bercerita tentang seorang pilot Air Force bernama Carol Danvers yang DNA-nya tercampur dengan alien ketika dirinya mengalami kecelakaan. Akibat dari peristiwa itu, Danvers memiliki kekuatan super.

      Dalam post-credit Avengers: Infinity War, Nick Fury ditampilkan mengirimkan sebuah pesan melalui satu alat komunikasi kepada seseorang. Ketika dirinya seketika menghilang ditelan Bumi akbiat ulah Thanos, alat tersebut memunculkan tanda bahwa pesan sudah tersampaikan kepada Captain Marvel.
      Secuil potongan tersebut lantas mengindikasikan bahwa Captain Marvel siap menyapa para penggemar Marvel pada tahun depan. Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Disney, Captain Marvel akan tayang pada tanggal 8 Maret 2019 atau dua bulan sebelum Avengers 4 dirilis.
      Film ini sekaligus menjadi film superhero pertama bagi Annette Bening. Padahal namanya sudah dikenal sebagai aktris besar dengan membintangi film-film seperti Film Stars Don’t Die in Liverpool dan 20th Century Women.
    • By baleho
      Para penggemar Marvel sudah tak sabar menantikan film Avengers: Infinity War tayang di bioskop pada akhir April mendatang. Pertempuran antara pasukan Avengers melawan Thanos memang akan menjadi film terbesar MCU sejauh ini.
      Selain para penggemar, antusiasme pun terlihat jelas dari para pemain yang akan tampil di film ini. Robert Downey Jr, sebagai pemeran Tony Stark atau Iron Man, sudah tak sabar menantikan filmnya segera tayang di bioskop.
      Downey Jr mengungkapkan salah satu adegan favoritnya dari film Avengers: Infinity War. Adegan yang dimaksud olehnya ternyata sudah ditampilkan dalam trailer kedua yang dirilis beberapa hari lalu.
      “Adegan favoritku dalam film ini sebenarnya sudah bisa dilihat (melalui trailer). Yaitu ketika Thor, yang benar-benar sedang kacau berkata, ‘Siapa sebenarnya kalian?’ dan kamera lalu mengarah kepada Guardians. Jika keseluruhan film ketiga ini tentang adegan itu, kami tak masalah,” ujarnya.
      Trailer kedua Avengers: Infinity War juga menampilkan beberapa detail baru yang belum terungkap di trailer perdana. Salah satunya adalah ketika Captain America menahan tangan Thanos sekuat tenaga. Adegan tersebut akan menjadi salah satu adegan yang paling dinantikan di filmnya nanti.
      Sementara kedatangan Thanos ke bumi adalah untuk mengumpulkan Infinity Stones, agar bisa menjadi sosok tak terkalahkan. Jika ia berhasil mengumpulkan keenam elemen batu tersebut maka ia akan mendapatkan kekuatan yang tak terkalahkan.
      Hingga saat ini Russo bros, sutradara Avengers: Infinity War, masih merahasiakan keberadaan Infinity Stone terakhir. Lima Infinity Stone sudah terungkap dari film-film MCU lain seperti Tesseract, Aether, Orb, batu yang berada di kepala Vision, dan terakhir Eye of Agamotto dari film Dr. Strange.
    • By baleho
      Popularitas tinggi dan kualitas akting memukau memang menjadi modal yang sangat besar bagi Robert Downey Jr di industri film Hollywood. Tak heran jika harga tinggi pun dipasang olehnya untuk setiap film yang dibintangi.
      Baru-baru ini, pemeran Tony Stark tersebut diketahui mendapat bayaran lebih dari USD1 juta per menit untuk tampil di film Spider-Man: Homecoming. Jika dirupiahkan, itu kurang lebih sekira Rp13 Miliar.
      Ia bahkan sudah mengantongi uang sebesar USD10 juta dari membintangi Iron Man sejak tahun 2008 silam.
      Seperti diketahui, Robert Downey Jr menjadi salah satu bagian penting dalam cerita Spider-Man: Homecoming. Film tersebut merupakan debut Spider-Man bersama Marvel Studios setelah sebelumnya hak ciptanya dipegang oleh studio berbeda.

      “Aku benar-benar bersyukur. Aku sangat suka Spider-Man, jadi bagiku bisa berpartisipasi untuk mengenalkan kembali Spider-Man ke generasi baru atau membawanya kembali pulang, itu lah mengapa diberi judul Homecoming,” katanya.
      Harga Robert Downey untuk film-film Marvel rupanya bervariasi. Meski dirinya memiliki tiga film solo, Iron Man juga sering kali terlibat dalam film-film Avengers. Bayangkan saja, saat tampil dalam Captain America: Civil War, bayaran yang diterima oleh Robert mencapai angka USD40 juta.
      Hingga saat ini perannya di Marvel Cinematic Universe tak tergantikan. Robert Downey Jr. bisa menghidupkan karakter tersebut hingga membekas di semua ingatan para penggemar Marvel.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy