Jump to content

Misteri di Balik Pola Sidik Jari


PusatInformasi

Recommended Posts

  • Premium Account

post-45-0-84992600-1429086952_thumb.jpg

 

Sidik jari ternyata memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang. Menurut para peneliti, gen dalam diri seseorang memengaruhi bentuk dari sidik jari yang dimilikinya.

 

Sidik jari memiliki bentuk-bentuk yang unik dan berbeda satu sama lain. Bahkan saudara kembar pun memiliki pola atau bentuk sidik jari yang berbeda satu sama lainnya.

 

Bentuk sidik jari (finger print) di kelompokan menjadi tiga kategori yakni whorls, loop, dan arch. Semua orang memiliki pola guratan sidik jari berdasarkan ke dalam tiga kelompok tersebut.

 

Whorl lazimnya berbentuk spiral atau memutar. Pola guratan ini dapat dilihat dengan jelas disebabkan bentuknya yang menonjol dan kontras. Sedangkan Arch memiliki bentuk pola agak flat alias datar. Arch juga mempunyai bentuk pola garis-garis yang umumnya agak menonjol (bergelombang ke atas).

 

Sedangkan pola sidik jari yang terakhir, Loop, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan spiral namun tidak melingkar secara utuh. Softpedia juga menyebutkan, memang ada bentuk yang secara general hampir mirip antara satu orang dan orang lainnya, namun bentuk rinciannya dapat dipastikan berbeda.

 

Selain itu, faktor lingkungan juga turut berpengaruh dalam memberi bentuk pola pada sidik jari seseorang. Faktor lingkungan yang dimaksud antara lain, posisi janin di dalam rahim dan kepadatan cairan ketuban yang mengelilinginya.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...