Jump to content

Orang ini bangun simulator pesawat seharga Rp 1,3 miliar


PusatInformasi

Recommended Posts

  • Premium Account

post-45-0-85316900-1428579620_thumb.jpg

 

Kebanyakan garasi hanya untuk menyimpan mobil, sepeda motor, atau barang-barang lainnya. Tetapi untuk James Price lain ceritanya.

 

Pria 52 tahun asal Negara Bagian California, Amerika Serikat itu membangun simulator pesawat seharga USD 150 ribu setara Rp 1,3 miliar dari sepotong kokpit Boeing 737, seperti dilaporkan surat kabar the Daily Mail, Jumat (20/4).

 

Price sudah 'terbang' dengan simulator selama 20 tahun. Tetapi dia tidak dapat menerbangkan pesawat komersial sekelas Boeing 737 karena tidak bisa mendapatkan lisensi pilot.

 

Dia mulai serius menekuni hobinya pada 1994. Waktu itu dia membangun sebuah ruang simulasi terbang dari kayu memanfaatkan ruangan tidak terpakai dalam rumahnya.

 

Price yang bekerja sebagai operator lalu lintas udara membeli kokpit bekas itu setelah bercerai pada 2000 seharga USD 1500 setara Rp 13,7 juta dari sebuah pesawat Boeing 737 bekas milik maskapai Continental. Setelah dipotong, dia menyewa truk untuk mengangkut ruang kemudi itu ke hanggar di Bandara Livermore Municipal.

 

Sejak itu dia mulai membangun simulator sendiri buat memenuhi impiannya. Sedikit demi sedikit ruang kemudi itu dilengkapi dengan panel-panel asli dari Boeing, tempat duduk, batang kendali, instrumen terbang, lampu-lampu penunjuk yang berfungsi normal.

 

Pada 2009, Price memindahkan potongan kokpit itu ke rumahnya setelah dirasa cukup lengkap. Tetapi dia harus memotong bagian belakangnya sepanjang 1,2 meter dan mengeluarkan semua isi garasi.

 

Di depan moncong, Price menempatkan tiga buah layar besar yang mengelilingi jendela kokpit buat menampilkan gambar seolah-olah sedang melakukan penerbangan.

 

Menurut Price, simulator milik dia sama canggihnya dengan kepunyaan sekolah penerbangan ternama. Dia mengatakan alat latih terbang itu punya tampilan sebenarnya dari setiap bandara di dunia. "Alat itu juga bisa menampilkan cuaca mirip aslinya yang terhubung dengan internet," kata Price.

 

Bagi Price, proyek simulator miliknya akan selalu dilengkapi dengan instrumen mutakhir, sesuai perkembangan zaman.

Link to comment
Share on other sites

  • 7 years later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...