Jump to content
Masuk untuk mengikuti ini  
Metrotvnews

Bos First Travel Segera Disidang

Recommended Posts

Jakarta: Tersangka penipuan jemaah First Travel Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan segera disidang. Berkas kedua tersangka sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Depok. 

"Hari ini telah dilimpahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Depok untuk segera disidangkan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul saat dikonfirmasi, Kamis, 7 Desember 2017.

Terkait penyerahan itu, maka tidak lama lagi bos First Travel itu bakal menjalani proses persidangan. 
 
Bareskrim Polri menangkap Andika dan Anniesa di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu, 8 Agustus 2017. Keduanya ditangkap lantaran diduga kuat telah menipu calon jemaah umrah. Tak lama setelahnya, penyidik juga menangkap Siti Hasibuan alias Kiki, adik Anniesa. 

first%20travel%20tsk%20anniesa%20-%20ant
Tersangka penipuan umrah First Travel Anniesa Desvitasari Hasibuan - ANT/Indrianto


Dugaan adanya tindak pidana penipuan yang dilakukan First Travel mencuat setelah banyaknya keluhan calon jemaah yang tak kunjung diberangkatkan. Padahal, mereka sudah menunggu pemberangkatan umrah hingga dua tahun.

Diperkirakan, ada 30 ribu calon jemaah First Travel yang belum juga diberangkatkan. Hingga akhirnya pada 4 Agustus 2017, Andika dan Anniesa dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh agen dan calon jemaah.

Mereka melaporkan keduanya karena kecewa First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Terlebih, jemaah umrah telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015.

Para tersangka dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Bukan cuma soal penipuan, polisi juga bakal mengusut dugaan adanya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).
 

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

Masuk untuk mengikuti ini  

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi