Jump to content
kotawa

Xiaomi Dikabarkan Bakal Lakukan IPO

Recommended Posts

xiaomi.thumb.jpg.f144ca34ee99a3717a5259b6d6801296.jpg

Pada 4 Desember 2017, Xiaomi dikabarkan tengah mempertimbangkan upaya untuk meluncur di bursa saham (IPO) dengan target valuasi mencapai angka US$50 miliar (sekitar Rp714 triliun).

Mengutip dari Bloomberg, perusahaan teknologi asal Cina tersebut saat ini tengah berkonsultasi dengan lembaga perbankan perihal rencana mereka untuk go-public. Menurut narasumber internal yang tak disebutkan namanya, Xiaomi diperkirakan bakal memulai upaya IPO ini di bursa efek Hong Kong paling cepat awal 2018.

Sebelum rencana IPO ini tersiar, perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini telah mencapai valuasi hingga US$46 miliar (sekitar Rp621 triliun) usai berinvestasi secara agresif di toko retail dan ekspansi di kawasan India pada tahun 2014.

Mengamankan pasar Xiaomi di ranah teknologi

Xiaomi tengah berjuang mempertahankan posisinya sebagai salah satu vendor smartphone Android paling berpengaruh di dunia. Kendati pada 2014 berhasil melampaui Samsung serta menjadi yang terbaik di negeri sendiri, namun di 2015 lalu Xiaomi harus merelakan singgasananya kepada Huawei yang juga mengincar dominasi pasar smartphone di negeri tirai bambu.

Di samping Huawei, Xiaomi juga menghadapi persaingan ketat dengan Oppo dan Vivo yang melancarkan strategi pengembangan jaringan  pengecer smartphone murah di kota-kota kecil dan daerah pedesaan. Menurut laporan lembaga riset IDC, Xiaomi menempati peringkat kelima dalam pengiriman smartphone di seluruh dunia pada kuartal kedua 2017.

Untuk mengantisipasi ketertinggalan di ranah penjualan smartphone Cina, Xiaomi memilih fokus terhadap penjualan di kawasan negara berkembang seperti Indonesia dan Rusia. Sedangkan untuk kawasan negara maju seperti Amerika Serikat, Xiaomi membidik penjualan perangkat kesehatan seperti Mi Band yang saat ini telah memasuki iterasi produk kedua.

Di samping itu, Xiaomi juga mengupayakan perluasan lini produk dengan menjangkau pasar di luar smartphone, seperti perangkat pintar dan lain-lain. Lewat pendirian “Mi Home”, Xiaomi beralih ke bisnis retail offline yang ditargetkan mampu meraup pasar sebesar CN¥ 70 miliar (sekitar Rp142 triliun) pada tahun 2021.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Magazine
      Jakarta 19 April 2018 - Pemimpin teknologi global Xiaomi secara resmi meluncurkan Redmi Note 5, yang ditawarkan mulai dari harga 2.499.000 untuk varian 3GB Ram, memori internal 32GB. Redmi Note 5 memberikan kualitas gambar dan kinerja kamera luar biasa yang belum pernah terlihat pada kategori harga ini. Peluncuran ini sekaligus mengukuhkan komitmen Xiaomi untuk menghadirkan teknologi smartphone terbaik dengan harga yang luar biasa.
      Redmi Note 5 didukung oleh Qualcomm Snapdragon 636 dan memiliki kemampuan fotografi sekelas smartphone flagship. Dengan pengaturan kamera ganda yang menampilkan sensor besar, efek kamera AI serta lampu LED selfie untuk kamera depan, redmi note 5 menjadi photography powerhouse yang mampu mengambil berbagai foto luar biasa dimana saja dan kapan saja.

      Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country manager mengatakan “ Seri Redmi Note kami telah diterima secara luas oleh pengguna Indonesia karena kinerja keseluruhan smartphone yang sangat baik. Melalui peluncuran Redmi Note 5 ini, kami melanjutkan tradisi itu dengan menghadirkan salah satu produk terbaik kami untuk pengguna yang mencari smartphone yang kuat dan memiliki dual kamera AI flagship yang unggul dengan harga yang tak terkalahkan”
      Xiaomi Redmi Note 5 memiliki tiga varian warna yaitu black, rose gold, dan blue. Untuk spek tertinggi memiliki RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 64GB. Xiaomi menggandeng lazada sebagai partner penjualan Redmi Note 5. Flash sale akan dimulai pada tanggal 25 april 2018.
    • By ThinkSmart
      Kabar mengejutkan datang dari Xiaomi. Vendor teknologi asal Tiongkok tersebut baru saja kehilangan salah satu 'punggawa', yakni Hugo Barra.
      Sekadar informasi, Barra menjabat sebagai Vice President of International Xiaomi Global. Ia bergerak sebagai pion utama ekspansi bisnis Xiaomi di luar Tiongkok.
      Alasan Barra yang mengundurkan diri dari Xiaomi tertuang di dalam pengumuman resmi yang ia tulis di akun Facebook-nya. Barra yang bergabung dengan Xiaomi selama 3,5 tahun mengaku harus melewati fase emosional ketika memutuskan untuk resign dari Xiaomi.
      Pria kelahiran 28 Oktober 1976 silam tersebut mengatakan, perjuangan membawa Xiaomi ke mata dunia merupakan hal yang tidak mungkin akan dilupakan. Karena itu, ia menuliskan ucapan selamat tinggal.
      Dua penggalan pertama di ucapan tersebut, Barra mengatakan 'petualangan'-nya bersama Xiaomi merupakan pengalaman terbesar dan paling menantang.
      Dirinya rela pindah ke Beijing dari Silicon Valley, untuk bisa membawa Xiaomi ke kancah internasional. Ia pun tak menampik, Xiaomi Global adalah brand pertama yang sukses ia bawa ke dunia.
      Sayangnya, kesehatan Barra menurun selama beberapa tahun terakhir. Dan pada saat yang sama, Barra juga sering didera rindu akan teman-teman, keluarga dan 'kehidupan'-nya di Silicon Valley menjadi alasan utama Barra untuk kembali pulang kampung.
      "Dengan ini, aku bisa simpulkan Xiaomi sudah berada di posisi yang gemilang dalam perjalanan ekspansi globalnya. Dan di saat ini, aku menilai waktu yang baik bagiku untuk pulang. Kami telah mengubah India menjadi pasar internasional Xiaomi paling besar, pendapatan tahunannya US$ 1 miliar," tulis Barra.
      Barra juga mengumbar, ekspansi Xiaomi ke negara-negara lain tak luput dari Indonesia, Singapura, Malaysia dan bahkan 20 negara lain, termasuk Rusia, Meksiko dan Polandia.
      Xiaomi bekerjasama dengan Google dalam merilis produk pertamanya di Amerika Serikat (AS), tepatnya di gelaran CES (Consumer Electronic Show) 2017. Momen tersebut menandakan bahwa Xiaomi telah dilihat dunia sebagai pemain global yang sukses menggebrak teknologi.
      Meski Barra meninggalkan Xiaomi, pihaknya kini telah memiliki anggota tim yang ia anggap luar biasa. "Meninggalkan mereka adalah hal terberat bagiku. Meski begitu, aku percaya bahwa diriku pergi meninggalkan orang-orang yang sudah bisa bekerja dengan baik," ia melanjutkan.
      Tak lupa, Barra melontarkan ucapan terima kasihnya pada pendiri Xiaomi dan CEO Lei Jun, yang telah berperan menjadi mentor dan koleganya. Dirinya merasa terhormat dan sangat mendukung keputusan tersebut. Ia mengungkapkan, Lei Jun juga tetap meminta Barra untuk menjadi advisor (dewan penasihat) Xiaomi dalam waktu yang tidak terbatas.
      "Untuk semua kolega Xiaomi di Tiongkok dan India, saat aku pergi meninggalkan 'rumah' kita di Beijing dan Bengaluru, yakinlah bahwa aku akan tetap menjadi penggemar Xiaomi yang loyal. Meski aku melihat kalian dari perspektif yang berbeda, aku akan tetap selalu ada. Dan tidak lupa, ucapan spesial untuk seluruh Mi Fans di dunia yang selalu ada di hatiku. Stay in touch guys :) sampai jumpa," tutup Barra.
    • By ThinkSmart
      Teka-teki mengenai tujuan mantan VP Xiaomi Hugo Barra akhirnya terjawab sudah. Melalui unggahan di akun Facebooknya, CEO Facebook Mark Zuckerberg memastikan Barra akan bergabung bersama raksasa media sosial tersebut.
      Pria asal Brasil itu akan bertanggung jawab memimpin lini virtual reality (VR) dari Facebook termasuk Oculus. Berdasarkan kicauan Barra di Twitter, ia akan menjabat sebagai VP of Virtual Reality (VPVR) yang memimpin tim Oculus.
      Barra sendiri sangat bersemangat untuk bisa bergabung dengan Facebook dalam beberapa bulan ke depan. Menurut Barra, bekerja di bidang virtual reality merupakan salah mimpinya.
      Tak lupa, ia juga sempat mengucapkan telah belajar dari CEO Xiaomi Lei Jun mengenai industri teknologi, yaitu tak ada yang lebih baik dari adanya terobosan teknologi dan membuatnya tersedia untuk banyak orang.
      "Sangat berharap bisa mewujudkan hal tersebut di Facebook--membuat VR menjadi umum--bekerja bersama Mark Zuckerberg, Brendan Trexler Iribe, Mike Schropefer, dan tim Oculus," tulis Barra seperti dikutip dari akun Facebook-nya.
      Sebagai informasi, Barra sendiri bukan orang asing bagi Zuckberg. Suami Priscillia Chan itu mengungkapkan sebenarnya telah cukup lama mengenal Hugo Barra, yaitu ketika Barra masih ikut dalam pengembangan Android.
      Zuckerberg juga menuturkan memiliki kepercayaan yang sama dengan Hugo Barra dalam hal teknologi augmented reality dan virtual reality. Keduanya percaya bahwa teknologi itu akan menjadi platform komputasi besar di masa depan.
    • By comporonline
      Laptop Xiaomi Mi Notebook Air telah resmi diperkenalkan oleh pihak vendor asal China. Perangkat ini memang jadi primadona dan cukup dinanti oleh pengguna karena punya fitur yang tidak kalah jauh dengan laptop andalan Apple, MacBook.
      Mi Notebook Air ini hadir dalam dua varian ukuran, yang pertama berukuran 13,3 inci sedangkan yang kedua dengan ukuran 12,5 inci. Kedua notebook ini hadir dengan desain premium ala Apple yang berbalut body loga yang cukup mirip dengan MacBook. Pada layarnya sendiri juga sudah memakaiteknologi desain bezeless berbalut kaca dengan resolusi 1080p.
      Ukurannya sendiri terbilang cukup tipis karena memang tidak kalau jauh dengan MacBook Pro. Ketebalan Mi Notebook Air ini hanya 14,8mm saja. Sedangkan beratnya mencapai 1,28 kg sehingga masuk dalam jajaran notebook ringan dan super tipis.
      Notebook buatan Xiaomi ini memang punya kelebihan tersendiri, namun sayang sekali untuk prosesor Mi Notebook Air 13.3 inci masih memakai prosesor Intel Core i5-6200U. Namun sudah ada dukungan 8GB RAM DDR4. Sehingga kuat untuk kinerja aplikasi yang cukup berat. Pada ruang memori juga cukup luas untuk ukuran notebook karena mencapai 256GB dengan PCIe SSD.
      Xiaomi juga memberikan pilihan slot SATA jika pengguna ingin menambahkan kapasitas simpanan. Namun anda juga harus meminta langsung kepada penyedia, karena laptop premium ini tidak user-servicable. Jadi jangan pernah nekat sekali-kali membongkar laptop ini sendiri jika nantinya tidak mau menyesal.
      Laptop buatan Xiaomi ini juga sudah dipasangi 1GB NVIDIA GeForce 940MX untuk mendukung grafisnya. Sehingga bisa dipastikan tampilan gambarnya tidak kalah menarik dan super detail tanpa ada masalah sedikitpun. Dengan begitu anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan desain, gaming, dan juga yang lainnya.
      Mi Notebook Air 13,3 inci ini juga dilengkapi dengan baterai 40 W. Pihak pembuat telah mengklaim kalau latop mereka bisa bertahan hingga 9,5 jam. Yang lebih unik dari laptop ini punya fitur fast charging sehingga bisa mengisi daya dengan cepat.
      Laptop ini beda dengan laptop pada umumnya yang memakai charger bulat, Xiaomi memang sengaja menggunakan port USB tipe-C supaya bisa mengisi daya baterai dari 0 hingga 50% hanya selama 30 menit saja.
      Untuk masalah harga Mi Notebook Air cukup terjangkau sekali. Walaupun punya fitur yang setara dengan Apple MacBook, namun Xiaomi Mi Notebook Air 13,3 inci hanya dibandrol seharga CNY 4999 atau setara Rp9,8 jutaan. Sedangkan Xiaomi Mi Notebook Air 12,5 inci hanya CNY 3499 atau setara Rp6,8 jutaan.
    • By c0d1ng
      Xiaomi telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengadakan konferensi pada tanggal 27 Juli, yang hanya beberapa minggu lagi. Namun perusahaan hingga saat ini belum terang-terangan mengungkapkan apa yang diharapkan pada acara tersebut, namun CEO dari Xiaomi telah menunjukkan sejumlah petunjuk tentang produk yang bakal meluncur pada acara tersebut.

      Rumor terbaru mengatakan bahwa akan ada lebih dari satu peluncuran produk, dan hal itu telah dikonfirmasi oleh pimpinan Xiaomi melalui akun Weibo miliknya. Namun hal tersebut masih menjadi pertanyaan, di mana belum diketahui secara pasti produk apa yang akan meluncur pada acara tersebut.
      CEO Xiaomi mengungkapkan bahwa produk pertama memiliki tiga huruf dan produk kedua memiliki lima huruf. Dilihat dari jumlah huruf, produk pertama bisa Redmi 4 (红 米 4 dalam bahasa Mandarin) atau mungkin Redmi Note 4. Produk kedua harus menjadi Notebook pertama Xiaomi, Xiaomi Notebook sendiri dalam bahasa Mandarin terdiri dari lima huruf (小米 笔记本 dalam bahasa Mandarin) yang cocok dengan petunjuk tersebut.
      Kedua produk tersebut memang sangat menarik dan kita telah mendengar banyak sekali bocoran mengenai beberapa produk yang akan datang dari Xiaomi. Redmi Note 4 diharapkan menjadi smartphone pertama dari Xiaomi yang memiliki dual-camera, menampilkan tubuh metal dan chipset Helio X20 di dalamnya.

      Adapun Notebook Xiaomi, harus tersedia dalam tiga varian layar, di mana varian 12,5 inci dan 13,3 inci diharapkan untuk debut pertama kali. Sementara varian yang lebih besar, 15,6 inci bisa diumumkan kemudian hari, sesuai rumor yang sebelumnya beredar. Di dalamnya, kita dapat menemukan seri prosesor Intel Atom yang akan memastikan harganya menjadi murah dan baterai yang tahan lama. Desain keseluruhan harus seperti Apple Macbook, dengan tubuh aluminium mewah dan ringan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy