Jump to content
c0d1ng

Tiket.com Resmi Diakuisisi Blibli

Recommended Posts

wp-image-462015324jpg.thumb.jpg.9eb6b2787c0ce25ee1bf3d73ddfaa486.jpg

Perusahaan e-commerce Blibli.com resmi mengakuisisi portal pemesanan tiket online Tiket.com. Akuisisi tersebut diumumkan di sela acara Buka Bersama Media di Senayan City, Kamis (15/6/2017).

"Sekarang kami umumkan secara official, (Tiket.com) resmi diakuisisi 100 persen oleh Blibli.com. Kenapa? Soalnya mereka mirip banget dengan kami. Satu hal berbeda adalah soal duitnya," tutur Gaery Undarsa, co-founder sekaligus Chief Communication Officer Tiket.com.

"Akuisisinya kami sepakat untuk melakukannya dengan rupiah. Tapi soal jumlahnya, kami tidak bisa mengungkapnya," imbuhnya.

Soal bisnis ke depan, CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan bahwa keduanya akan bersinergi. Kedua perusahaan akan menyatukan berbagai aspek yang bisa disatukan, namun juga tetap membicarakan sejumlah aspek terpisah.

5a110ee2ae047_Tiket.comBlibli.thumb.jpg.5e95eacc1e904de74bcf9c5abeaceebc.jpg

"Kalau soal kerja sama kan sudah lama. Jadi kami sudah kebayang ke depannya akan melakukan atau membuat produk apa, kalau ada yang bisa disatukan ya kami satukan. Kalau tidak ya kami biarkan berjalan terpisah," terang Kusumo.

Tiket.com merupakan perusahaan tiket online yang didirikan oleh Geary bersama dengan Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Natali Ardianto pada Agustus 2011 silam.

Sejak awal masa pendiriannya, Tiket.com telah mengembangkan berbagai layanan tiketing, mulai dari event, penerbangan lokal dan internasional, kereta, hingga penyewaan mobil.

Sedangkan Blibli.com merupakan situs e-commerce yang didirikan pada Juli 2011 oleh PT Global Digital Niaga (GDN), yang merupakan anak perusahaan PT Global Digital Prima (GDP) milik Martin Hartono.

PT Global Digital Prima (GDP) merupakan bagian dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Djarum Group. Selain itu, grup ini juga menjadi pemegang saham beberapa bisnis online seperti situs Kaskus, lintasberita.com yang kini menjadi Beritagar.id, dailysocial.net, dan inkubator Merah Putih Inc.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Layanan marketplace Blibli tengah mencari pendanaan untuk meningkatkan rantai distribusi. Jumlahnya cukup besar, sekitar $75,7 juta atau setara dengan Rp 1 triliun. Hal ini dilakukan sebagai sebuah strategi defensif, mengingat para pemain lain, terutama pesaing langsungnya Lazada, juga terus memperkuat diri di pasar e-commerce Indonesia yang terus bertumbuh pasca akuisisi oleh raksasa Tiongkok Alibaba. Saat ini investor pendukung utama Blibli adalah GDP Venture.
      Hal ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Blibli Kusumo Martanto. Ia mengatakan bahwa telah ada komitmen dari pemegang saham yang ada untuk menyuntikkan dana. Praktiknya dana tersebut akan digunakan untuk membangun enam gudang distribusi dan 200 fulfillment center di luar Jakarta. Gudang dan pusat distribusi tersebut ditargetkan dapat tersebar di kota-kota penting konsumen seperti Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Semarang, Banjarmasin dan Balikpapan.
      Penguatan logistik dan sistem distribusi menurut Martanto sangat penting bagi Blibli. Karena ini akan menjadi sebuah landasan fundamental sebuah perusahaan online marketplace. Martanto juga mengungkapkan bahwa penguatan ini akan dilaksanakan dalam rentang beberapa tahun. Dimulai dengan tiga gudang baru yang akan dibangun tahun ini.
      Di tengah persaingan yang semakin ketat di lanskap e-commerce nasional, Blibli menargetkan tahun ini dapat meraup 10.000 transaksi atau meningkat lima kali lipat dari tahun lalu. Beberapa strategi dengan penyedia jasa logistik dan sistem pembayaran saat ini juga sedang terus ditingkatkan.
      Dalam kebutuhan investasi pihak Blibli cukup terbuka dalam kaitannya dengan calon investor. Mereka siap bernegosiasi dengan berbagai investor, baru atau lama, lokal ataupun asing.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy