Jump to content
qbonk

Hacker Tidak Butuh Koneksi WiFi Untuk Curi Data

Recommended Posts

post-29-0-83116200-1426976595_thumb.jpg

 

Menurut grup riset keamanan information technology (IT), laptop atau smartphone bisa membocorkan 'emisi elektronik' yang mengandung password atau data private lainnya. Bahkan, hacker bisa melancarkan aksinya saat Anda tidak sedang terhubung dengan internet.

 

Hacker tidak perlu repot-repot memerlukan konektivitas internet melalui WiFi. Kerentanan yang ada pada perangkat memungkinkan hacker untuk mencuri informasi dari device Anda, bahkan saat hacker duduk di dekat pengguna di sebuah tempat umum atau kedai kopi.

 

Peneliti melakukan percobaan dengan menelusuri radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh berbagai komponen elektronik dari hardware komputer. Hardware komputer ini termasuk prosesor dan kapasitor.

 

Beberapa sinyal akan muncul saat pengguna mengetik keyboard dan sinyal tersebut bisa ditangkap menggunakan peralatan elektronik khusus. Dalam penelitian terbaru, para peneliti Georgia Tech mengembangkan sebuah cara untuk mengukur kekuatan emisi.

 

Mereka juga menawarkan cara kepada desainer hardware dan software untuk menambal lubang-lubang elektronik tersebut. Jika Anda membandingkan ini dengan serangan internet, ini memiliki lebih sedikit problem.

 

Lebih lanjut Alenka mengatakan, jenis serangan ini sangat sulit dideteksi "Dengan segala macam serangan internet, Anda akan menemukan penyerang. (Sedangkan) dengan cara ini, Anda hanya perlu dekat (pengguna) dan tidak ada yang mengetahui siapa yang mengambil data Anda," jelasnya.

 

Sejauh ini, jenis serangan atau kebocoran menggunakan metode ini tidak terlalu dieksploitasi oleh hacker.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Males
      Pernahkah Anda sedang berada di dalam penerbangan tapi Anda harus segera mengirim pekerjaan melalui email atau Anda ingin segera berbagi momen istimewa di media sosial? Jika Anda terbang dengan salah satu maskapai ini, hal ini tidak akan lagi menjadi persoalan, Anda bisa melakukan semuanya dengan fasilitas Wi-Fi onboard.
      1. Emirates (EK)
      Maskapai yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab ini bukan hanya menjadi maskapai terbesar di Timur Tengah, tapi juga salah satu maskapai terbaik di tingkat dunia. Jika Anda terbang dengan maskapai ini, terutama di tipe pesawat Airbus A380, Anda bisa menikmati fasilitas inflight Wi-Fi gratis di semua kelas penerbangan dengan kuota sebesar 10 MB. Masih kurang? Anda bisa membeli kuota tambahan dengan harga mulai dari 1 USD per 500 MB.
      2. Aer Lingus (EI)
      Maskapai terbesar kedua di Irlandia ini menawarkan fasilitas Wi-Fi onboard gratis bagi penumpang Business Class-nya di pesawat Airbus seri A330 di seluruh rute transatlantik. Tapi jika Anda tidak terbang di kelas bisnis, Anda juga bisa membayar biaya Wi-Fi onboard dengan harga sekitar 14,95 USD untuk 1 jam atau seharga 24,95 USD untuk durasi 24 jam pemakaian.
      3. Garuda Indonesia (GA)
      Maskapai terbesar dan kebanggaan masyarakat Indonesia ini menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis jika Anda terbang di First Class pada jenis pesawat Boeing 777-300ER atau Airbus 330-200/300. Apabila Anda terbang di kelas bisnis atau ekonomi di pesawat Boeing 777-300ER, Anda bisa membeli paket inflight Wi-Fi dengan harga 11,95 USD untuk durasi 1 jam atau seharga 21,95 USD untuk durasi 24 jam. Sedangkan jika Anda terbang dengan pesawat Airbus 330-200/300 di kelas bisnis dan ekonomi, Anda bisa membeli paket Wi-Fi onboard dengan harga 2,49 USD untuk perangkat mobile kuota 3 MB dan 9,95 USD untuk perangkat mobile kuota 10 MB atau dengan harga 9,95 USD untuk perangkat laptop kuota 10 MB dan 21,95 USD untuk perangkat laptop kuota 25 MB.
      4. Air China (CA)
      Memiliki lebih dari 289 rute penerbangan di 30 negara, mulai dari Asia ke Timur Tengah, Eropa Barat, hingga Amerika Utara, maskapai asal Tiongkok ini menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis bagi seluruh pelanggannya. Namun demikian, sementara ini fasilitas Wi-Fi hanya bisa digunakan di perangkat laptop dan belum bisa digunakan di smartphone.
      5. Hong Kong Airlines (HX)
      Jika Anda berencana terbang dengan maskapai ini, pastikan Anda mencari penerbangan yang menggunakan jenis pesawat Airbus A330-200. Mengapa demikian? Karena seluruh penumpang Hong Kong Airlines di pesawat itu akan mendapatkan fasilitas Wi-Fi onboard gratis! Pastikan Anda terhubung dengan provider OnAir saat di pesawat untuk dapat menikmatinya.
      6. JetBlue Airways (B6)
      Jika Anda memiliki rencana terbang keliling Amerika Serikat, Anda bisa menggunakan maskapai JetBlue Airways. Jika kebetulan Anda naik pesawat dengan tipe Airbus A321, maka Anda bisa menikmati fasilitas Wi-Fi onboard gratis di paket Simply Surf basic version. Jika paket itu dirasa kurang, Anda bisa upgrade ke plan Fly-Fi Plus dengan harga 9 USD per jam pemakaian.
      7. Norwegian (DY)
      Maskpai low-cost terbesar ketiga di Eropa dan terbesar kedua di daratan Skandinavia ini menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis jika Anda terbang di rute short dan medium-haul di wilayah Eropa. Saat ini, Anda bisa menikmati fasilitas ini di lebih dari 61 pesawat Boeing 737-800 yang mereka operasikan. Namun demikian, maskapai Norwegian masih belum menawarkan fasilitas Wi-Fi untuk rute penerbangan jarak jauhnya.
      8. Thai Airways (TG)
      Maskapai asal Thailand ini telah mengoperasikan 75 rute penerbangan di 35 negara. Jika Anda terbang dengan Thai Airways di kelas bisnis, Anda bisa menikmati fasilitas Wi-Fi gratis dengan plan 3 bulan trial. Saat ini, fasilitas ini hanya dapat Anda nikmati di pesawat Airbus A330-300 dan A380-800 khusus untuk rute penerbangan jarak jauh. Bagi Anda yang terbang di kelas bisnis, Anda bisa membeli paket THAI Sky Connect Smartphone users dengan harga 4,50 USD untuk kuota 3 MB atau 14,5 USD untuk kuota 10 MB. Jika Anda ingin menggunakan laptop/tablet, biaya Wi-Fi-nya adalah sebesar 14,5 USD untuk kuota 10 MB dan 28,5 USD untuk kuota 20 MB.
      Selain 8 maskapai tersebut, masih ada puluhan maskapai lain yang juga menawarkan fasilitas Wi-Fi onboard, meski tidak gratis. Inflight Wi-Fi bisa jadi solusi pengusir rasa bosan, terutama bagi Anda yang mudah bosan dan akan melakukan penerbangan jarak jauh
    • By c0d1ng
      Di masa yang serbadigital seperti ini, data adalah harta berharga yang perlu dijaga. Anda perlu memastikan bahwa ponsel yang dimiliki sudah terenkripsi agar data yang tersimpan di dalamnya aman. Sebab, ponsel adalah perangkat yang paling sering bersama Anda dan berpotensi menyimpan data paling pribadi.
      Enkripsi mungkin belum terlalu familier di telinga. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
      Sementara iPhone sudah pasti dienkripsi oleh Apple, pengguna Android perlu mengenkripsi sendiri handset mereka. Tak serumit kedengarannya, Anda bisa mengenkripsi ponsel Android dengan lima langkah yang mudah.
      Untuk memulai, akses Settings > Security > Encryption > Screenlock. Atur Pilihan PIN dan masukkan PIN.
      Perangkat Android tersebut siap dienkrispi. Gunakan menu setting untuk membuka layar enkripsi, buka Settings > Security > Encryption > Encrypt Tablet atau Encrypt Phone. Masukkan password PIN yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan PIN yang pendek untuk mengurangi waktu mengenkripsi perangkat. Semakin panjang dan acak password meski demikian membuat data menjadi lebih aman.
      Tancapkan perangkat Android Anda pada charger, jika tidak dia tidak akan mau mengenkripsi. Ketuk tombol enkripsi. PIN atau password dibutuhkan untuk langkah terakhir mengenkripsi. Sentuh tombol Encrypt Phone. Enkripsi akan berlangsung bergantung pada panjangnya password atau PIN. Setelah ponsel terenkripsi, handset Android akan selalu membutuhkan PIN atau password untuk memulai. Namun sebagai catatan, perangkat Android seperti Galaxy S4 dengan mudah bisa didekripsi, sementara Moto X perlu reset pabrik untuk menghilangkan enkripsi.
    • By Supraman
      Mesin cuci saat ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Ini karena proses mencuci dengan mesin cuci lebih mudah dan waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding mencuci secara manual.
      LG Electronics dalam waktu dekat akan mengeluarkan mesin cuci terbarunya ke pasar Indonesia. Mesin cuci ini menggunakan teknologi canggih berupa inverter direct drive (inverter DD), sehingga lebih hemat listrik, minim getaran, dan tidak berisik.
      Disebut direct drive karena motor dan drum menyatu, sedangkan pada mesin cuci biasa butuh belt untuk menyatukan dua komponen tersebut. Itulah sebabnya mesin cuci dengan teknologi IDD minim getaran dan diklaim tidak berisik.
      Varian yang akan meluncur ke pasar Tanah Air yakni mesin cuci top loader dan front loader. Diperkirakan, pada Juni 2017, produk ini mulai dipasarkan.
      Pada mesin cuci front loader, juga akan dilengkapi dengan teknologi 6 motion yang dapat mengurangi kerusakan baju dan kerutan, karena mencuci seperti menggunakan tangan. Mesin cuci jenis ini juga dilengkapi dengan turbo wash yang dapat mencuci lebih cepat.
      "Mesin cuci front loader lainnya biasanya butuh waktu dua jam untuk mencuci, tetapi ini lebih cepat menjadi 50 menit," kata Seungjae Jeong, Team Leader H&A Asia Wash Machine Sales and Marketing saat bertemu dengan sejumlah wartawan dari Indonesia di Seoul, Korea Selatan.
      Mesin cuci ini akan dilengkapi dengan koneksi wiFi, sehingga hanya dengan menggunakan aplikasi pada telefon pintar, pengguna dapat mengatur mesin cuci dari jarak jauh. Tombol-tombol pada mesin cuci juga menggunakan sistem touch screen.
      Sementara untuk mesin cuci top loader, juga dilengkapi dengan teknologi smart inverter yang menjamin efisiensi energi dan smart motion yang dapat mengurangi kerusakan pakaian. Teknologi lainnya yakni turbo drum yang memadukan smart motion dan fitur punch+3, sehingga performa pencucian diklaim lebih baik.
      Seungjae Jeong menambahkan, pangsa pasar mesin cuci di Indonesia menjanjikan sehingga pihaknya akan menambah investasi produksi. Bila pabrik di Tangerang selama ini kapasitas produksinya 2 juta, maka akan ditingkatkan menjadi 2,5 juta.
    • By c0d1ng
      Pengguna internet di pantai timur Amerika merasakan lambannya akses ke beberapa situs populer akibat serangan yang disebut distributed denial of service (DDOS). Demikian dikatakan penyedia layanan Dyn, perusahaan pengelola kinerja Internet.
      Dalam pernyataannya, Dyn mengatakan, "Pagi ini, 21 Oktober, Dyn mendapat serangan global DDoS terhadap infrastruktur DNS yang kami kelola di pantai timur Amerika."
      Situs-situs web yang terganggu mencakup Twitter, SoundCloud, Spotify, Airbnb dan Reddit. Pengguna di Eropa dan Asia tampaknya tidak terganggu masalah itu.
      Ketika menyerang, DDoS membanjiri sistem sasaran, menyedot semua bandwidth, sehingga pengguna biasa tidak bisa terhubung atau tersambung dengan kecepatan yang sangat lambat. Serangan itu biasanya disebabkan sistem yang terganggu.
      Menurut Dyn, masalah itu dimulai Jumat pagi waktu bagian timur Amerika. 
    • By c0d1ng
      Institut Teknologi Massachusetts (MIT) mengungkapkan berhasil memecahkan masalah wifi yang sangat lambat saat berada di tempat sibuk. Saat berada di tempat ramai, kecepatan wifi bisa sangat lambat, dan sekarang tim di MIT mengklaim bisa menjawab masalah itu.
      Sistem MegaMIMO mereka menggunakan algoritma untuk membiarkan beragam routers berbagi bagian yang sama dari spektrum. Tim dari MIT Computer Science dan Artificial Intelligence Lab, yang dipimpin Profesor Dina Katabi, menyatakan MegaMIMO 2.0 bisa melakukan transfer wireless data tiga kali lebih cepat dibanding sistem yang ada.
      Peneliti mengembangkan algoritma yang memproses sinyal router, sehingga beberapa router dapat mengirimkan informasi pada spektrum nirkabel yang sama tanpa menyebabkan gangguan.
      Ezzelding Hussein Hamed, seorang peneliti MIT, mengatakan kepada MIT News bahwa data dapat ditransfer 10 kali lebih cepat jika timnya telah menguji dengan router tambahan. "Ini bisa memungkinkan beberapa hal yang tidak pernah bisa dilakukan sebelumnya," katanya.
      Dalam laporan yang baru dipublikasikan secara online, Tim MIT menjelaskan metode untuk mengelola jaringan yang menyebabkan router untuk berkolaborasi lebih baik.
      Namun, mereka mengakui sistem belum pernah diuji di stadion atau tempat besar lainnya, tetapi di laboratorium, menggunakan robot yang berkeliaran.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy