Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
oktaviani

Jangan Langsung Minum Teh Setelah Makan

Recommended Posts

post-79-0-84483500-1426808054_thumb.jpg

 

Segelas teh adalah minuman favorit banyak orang setelah makan. Sebagian orang ada juga yang punya kebiasaan langsung merokok setelah makan, sementara sebagian lagi memilih tidur. Kebiasaan-kebiasaan tersebut tidak semuanya baik karena bisa menghambat kerja organ pencernaan.

 

Ketahui apa saja kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan:

 

Tidur

Tidur setelah makan besar bisa memperlambat organ pencernaan sehingga kita akan merasa kembung dan tidak nyaman saat bangun. Tidur telentang juga akan menyebabkan makanan langsung masuk ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar di dada. Sebaiknya tunggu setidaknya satu jam setelah makan sebelum tidur, sehingga organ pencernaan telah memecah makanan.

 

Makan buah

Kecepatan tubuh dalam mencerna makanan ternyata berbeda-beda sesuai dengan jenis makanannya. Buah dicerna dengan cepat, sehingga jika kita mengonsumsinya langsung setelah makan, mereka akan diam lama, terfermentasi dan menyebabkan gas. Konsumsilah buah satu atau dua jam sebelum makan. Kebiasaan ini juga membantu kita makan berlebihan di waktu makan.

 

Minum teh

Minum teh setelah makan akan mengganggu organ pencernaan karena daun teh bersifat asam sehingga memengaruhi kemampuan tubuh mencerna makanan. Asam dari teh juga membuat protein yang kita asup lebih sulit dicerna. Teh juga mengandung polifenol dan tanin yang mengikat zat besi dalam makanan dan membuatnya sulit diserap tubuh. Padahal, bagi ibu hamil dan anak-anak zat besi adalah mineral penting.

 

Minum banyak air

Hindari minum terlalu banyak air saat sedang makan atau setelah makan karena bisa membuat asam lambung dan enzim lebih encer sehingga harus bekerja keras mencerna makanan.

 

Menurut ilmu Ayurveda, minum teh jahe setelah makan justru bisa membantu kerja organ pencernaan. Kandungan dalam jahe bisa mempercepat pergerakan makanan dari lambung ke usus halus, merangsang produksi enzim pencernaan dan meredakan kram perut.

 

Merokok

Ada pendapat yang mengatakan bahwa merokok satu batang setelah makan setara dengan merokok 10 batang. Walau hal itu masih diperdebatkan, tapi merokok pada waktu apa pun sebenarnya memang buruk bagi kesehatan.

 

Olahraga

Setelah makan, fokus utama tubuh adalah mencerna makanan. Jika Anda langsung berolahraga setelah makan berat, organ pencernaan akan kekurangan daya untuk mencerna. Efek yang bisa kita rasakan antara lain kram perut, pusing, atau diare.

 

Sebagai gantinya, lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai sekitar 30 menit setelah makan. Selain membantu kerja organ pencernaan, aktivitas ini juga membantu menurunkan berat badan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By kotawa
      Hi ndral,
      Gw tahun baru mau nanya, mending sarapan dulu atau mandi dulu?
    • By BincangEdukasi
      Obesitas pada anakmerupakan salah satu kekhawatiran yang dirasakan oleh banyak orang tua saat ini. Menutur laporan dari US Centers for Disease Control and Prevention, seorang anakyang terserang obesitas cenderung rawan terkena resiko diabetes, penyakit jantung serta kanker.
      Hal tersebut biasa menjangkiti anak-anak pada rekapan usia antara 6 hingga 11 tahun. Pada usia ini, biasanya anak-anak cenderung sedang dalam tahap hiperaktif dan sulit untuk di kontrol aktifitasnya, terutama berkaitan dengan pola makan, aktifits keseharian dan ritunitas olah raga. Namun, sebenarnya obesitas dapat dicegah sejak dini, dan itu tentu saja menuntut peranan serta  dukungan ekstra dari orang tua.
      Berikut ini adalah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menghindari terjadinya Obesitas Pada Anak
      Perhatikanlah pola makan anak
      Obesitas banyak menjangkiti sebagian besar  anak yang cenderung tidak terkontrol dengan baik pola makannya. Terutama jenis makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, minuman yang bersoda, makanan cepat saji dan makanan sereal.  Jenis makanan tersebut biasanya menjadi menu favorit anak-anak. Maka dari itu, orang tua harus rutin mengawasi anak mengenai jenis makanan atau jajanan ringan yang di konsumsi. Kalau bisa, latihlah anak untuk menyukai buah-buahan dan sayur mayur sejak dini, hal ini akan sangat membantu dalam menyeimbangkan berat badan serta  baik untuk menunjang kesehatan dan  pertumbuhan.
      Latihlah anak untuk membiasakan sejak dini gaya hidup yang seimbang
      Mayoritas anak-anak, mereka sangat menyukai jenis kegiatan seperti bermain game, nonton video dan nonton tv. Padahal, kebiasaan tersebut merupakan faktor yang signifikan dalam meningkatkan kelebihan berat badan. Jadi, sebisa mungkin bagi orang tua untuk mengarahkan pada anak supaya tidak terlalu banyak menghabiskan waktu menekuni rutinitas  tersebut.
      Latihlah anak untuk mencintai olah raga
      Kebiasaan oleh raga yang teratur sejak dini bukan hanya baik untuk kesehatan anak, namun juga sangat penting dalam mengontrol keseimbangan hormon yang dapat menyeimbangkan antara pertumbuhan dan berat badan, sehingga terhindar dari obesitas.
      Kenali jenis menu died yang sehat untuk anak
      Orang tua harus mengetahui bahwa menu died sehat untuk anak-anak berbeda dengan menu died  untuk orang tua. Jika perlu, bertanyalah pada ahli kesehatan mengenai menu yang cocok dan tepat untuk anak sesuai dengan tingkat usia.
      Biasakan mengajak anak untuk berkumpul bersama keluarga
      Ajarkanlah pada anak untuk terbiasa berkumpul dengan keluarga, terutama saat makan malam. Dalam kondisi ini, biasanya seorang anak cenderung lebih tenang dan terbuka pada orang tuanya. Jadi, di sini orang tua memiliki kesempatan yang luas untuk memberikan arahan pada anak dengan cara yang santai dan menyenangkan.
    • By amelia
      Gula mungkin memang dibutuhkan tubuh karena mengandung karbohidrat yang mudah diubah jadi energi. Bagaimana pun kamu juga pasti tak akan bisa hidup dengan menghindari makanan manis, karena makanan manis mudah sekali didapat.
      Tapi kamu juga pasti sudah tahu bahwa gula bisa menyebabkan penyakit, salah satunya yang parah adalah diabetes. Tapi bukan hanya reaksi negatif ini saja yang bisa dilakukan gula, ternyata gula juga menyakiti otak kamu.
      Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengonsumsi fruktosa dosis tinggi (berasal dari gula tambahan) bisa merusak hingga 940 gen otak. Para peneliti secara spesifik mengkaji bagaimana makanan bisa mempengaruhi gen tubuh. Di sini kamu jadi tahu makanan apa yang baik atau buruk pengaruhnya terhadap tubuh.
      Dalam penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa gula-gula tambahan bisa merusak 734 gen dalam hipotalamus dan 206 gen hipokampus. Kedua bagian otak ini memegang peranan penting menjalankan fungsi organ tubuh, metabolisme, inflamasi, dan fungsi otak keseluruhan.
      Adanya perubahan atau kerusakan kecil dalam otak bisa jadi berpengaruh terhadap resistensi tubuh terhadap penyakit. Manusia jadi lebih rentan depresi, mengalami sindrom metabolisme, terserang parkinson dan bahkan bipolar disorder.
      Tapi kamu bisa mengembalikan kerusakan gen karena gula dengan mengonsumsi DHA asam lemak omega-3. Meski begitu bukan berarti kamu harus menghindari gula. Gula yang bisa kamu konsumsi seperti pada buah dan sayur. Yuk lebih sehat memilih manakan manis setiap hari.
    • By iranuindah
      Perut mual dan menjadikan kita muntah adalah suatu hal yang sangat mungkin terjadi. Mual dan muntah ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa saja hal tersebut adalah karena mencium bau sesuatu yang sangat menyengat dan membuat mual serta muntah, karena sedang melakukan perjalanan dan akhirnya mabuk perjalanan atau bisa juga karena kondisi kesehatan fisik yang sedang drop.
      Kalau muntah di hari biasa hal ini hukumnya boleh-boleh saja. Tapi, bagaimana jika muntah saat kita sedang menjalankan ibadah puasa? Dikutip dari laman emirates247.com, muntah selama berpuasa akan menjadikannya memiliki dua hukum. Hukum pertama yakni boleh-boleh saja dan membuat puasa tetap sah. Sementara hukum kedua tidak boleh dan muntah akan membatalkan ibadah puasa.
      Dr Ali Ahmed Mashael dari Grand Mufti di Islamic Affairs & Charitable Department di Dubai mengatakan bahwa, 
      Apa yang dikatakan Dr Ahmed Mashael tentang muntah tidak membatalkan puasa juga dijelaskan dalam sebuah hadist, "Tiga perkara yang tidak membatalkan puasa adalah muntah, hijamah (bekam) dan ihtilam (mimpi basah). (HR Tirmizy dan Al-Baihaqi)." Tapi tetap ingat, beberapa ulama mengatakan bahwa muntah yang tidak membatalkan puasa adalah muntah yang tidak disengaja. Untuk muntah yang disengaja, hal ini tetap membatalkan puasa.
      So, buat kamu yang puasanya tidak batal hingga beduk maghrib tiba, pastikan untuk tidak muntah secara disengaja. Pastikan pula bahwa kamu tidak melakukan berbagai aktivitas yang memungkinkan kamu muntah nantinya. Semoga, informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan dan tetap semangat ya?
    • By BincangEdukasi

      Masih banyak orang yang melupakan pentingnya menyantap makan siang, terutama anak-anak. Padahal, makan siang yang mereka lahap dapat berdampak pada asupan vitamin serta mineral yang masuk ke dalam tubuh.
      Para peneliti dari Nestle Research Center mengatakan, anak-anak yang tak menyantap makan siang tak akan mendapatkan asupan vitamin serta mineral dari makanan yang mereka konsumsi di sore atau malam harinya.
      Para peneliti itu berusaha untuk membuktikannya dengan meneliti 4,800 anak-anak sekolah dan menemukan bahwa 7 hingga 20 persen dari mereka tidak menyantap makan siang.
      "Makan siang sangat penting untuk membantu anak-anak dalam memenuhi kandungan nutrisi mereka, terutama vitamin A dan D, mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium yang penting untuk kesehatan tulang, serta serat makanan," ujar Alison Eldridge, selaku peneliti dari Nestle, dikutip Fox News.
      Beberapa studi sebelumnya sudah menyatakan bahwa melewatkan makan siang kita adalah hal yang merugikan, namun tidak satu pun dari studi itu yang melihat dampak pada anak-anak jika mereka tidak menyantap makan siang.
      Untuk menjawab isu tersebut, Elridge dan rekan-rekannya meminta ionformasi dari Badan Survei Kesehatan dan Nutrisi Nasional pada tahun 2009-2010 dan 2011-2012.
      Hasilnya, sekitar 7 persen dari anak berumur 4 hingga 8 tahun, 16 persen dari anak berumur 9 hingga 13 tahun, serta 17 persen dari anak berusia 14 hingga 18 tahun, cenderung tak menyantap makan siang.
      Anak terkecil dari kategori di atas biasanya tak menyantap siang di akhir pekan, sedangkan anak perempuan berusia 9 hingga 18 tahun dapat meninggalkan santap siang mereka hingga seminggu penuh.
      Menurut Elridge, anak-anak yang tak menyantap makan siang cenderung akan kekurangan vitamin A, D, E, dan K, serta beberapa mineral penting lainnya.
      Parahnya lagi, asupan mereka akan lemak dan gula juga tinggi, sama seperti anak-anak yang menyantap makan siangnya.
      "Kami sangat terkejut melihat jumlah dari anak-anak dan remaja yang tidak memakan makan siangnya, terutama di akhir pekan," ujarnya.
      "Kami juga terkejut melihat anak-anak dan remaja yang tak menyantap makan siang dan lebih memilih makanan berkalori 'kosong'," ia menambahkan.
      Eldridge sangat menyayangkan bahwa anak-anak seringkali meninggalkan makan siangnya. Padahal, masa kanak-kanak sangat penting untuk membentuk kebiasaan yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan jangka panjang.
      "Orang tua memiliki peran penting untuk memberi contoh terkait makan siang, dengan cara memberikan makanan bernutrisi kepada anak, dan memberi tahu anak untuk menyantap makanan mereka dengan rutin," paparnya.
      Sama seperti Eldridge, Sarah Arevalo, ahli nutrisi dari rumah sakit anak-anak di New York, menegaskan bahwa makan siang dapat membantu mengatur nafsu makan dan metabolisme.
      "Anak-anak yang tak makan siang di sekolah dan menghabiskan waktu dengan waktu kosong cenderung lebih memilih memakan snack dan menyantap makanan berat di malam hari," tutur Aravelo.
      Ia menceritakan, tak semua makan siang di sekolah memiliki nutrisi yang memadai untuk tubuh anak-anak. Maka dari itu, ia menyarankan kepada setiap orang tua untuk membekali anaknya dengan makanan seperti yogurt, sayuran, dan buah-buahan. 
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy