Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
Sampoernahijau

Smart City Bukan Cuma Urusan Pemerintah

Recommended Posts

post-4554-0-25222000-1426578672_thumb.jp

 

Smart city menjadi salah satu inovasi yang kini gencar dibangun di Indonesia sebagai salah satu langkah modernisasi dan adopsi teknologi ke sektor yang lebih luas. Jakarta, Makassar, Bandung, dan Yogyakarta adalah contoh kecil dari kota-kota di Indonesia yang sedang mencoba mengadopsi konsep smart city. Pertanyaannya saat ini adalah apa itu smart city dan apa saja yang dibutuhkan agar ekosistem smart city dapat berjalan dengan baik?

 

Konsep smart city sejatinya muncul karena pergeseran dramatis dari jumlah populasi yang ada di daerah perkotaan yang mendorong warga, perencana kota, pelaku bisnis, dan pemerintah untuk melihat sebuah visi baru, kota pintar. Definisi secara pasti dari konsep smart city ini pun sebenarnya masih sangat beragam.

Direktur Komersial MNC Play Media Ade Tjandra mengatakan, “Smart city sebenarnya hanya konsep. Basisnya untuk membangun smart city ini infrastrukturnya harus bener dulu.”

 

Infrastruktur yang kuat memang di butuhkan dalam membentuk smart city dan ini juga yang menjadi alasan kenapa pemerintah perlu berinvestasi besar. Pemprov DKI sendiri telah menganggarkan dana sebesar Rp 30 Miliar demi pengembangan konsep smart city tahun ini. Berdasarkan pemberitaan FutureGov, 60% dari total dana yang ada akan digelontorkan untuk membangun infrastruktur seperti pusat operasi guna memonitor dan merespon segala komplain dari masyarakat Ibukota.

 

Setelah infrastruktur terbangun, sistem yang ada akan menghasilkan informasi yang bermacam-macam. Untuk kota yang ingin menjadi “pintar”, semua informasi ini harus diolah bersama-sama dalam satu platform, dengan tujuan untuk mengendalikan secara real time dan mengelola sumber daya dengan tepat sehingga pemerintah kota dan warganya dapat berinteraksi menggunakan perangkat mobile atau cara lain.

 

Tantangan lain dari membentuk smart city ini adalah pengelolaan. Jika infrastruktur yang ada sudah terbangun, tentu pengelolaan yang profesional harus ada.

 

“Kalau infrastrukturnya sudah ada, harus dikelola dengan baik. Ini yang menjadi kendala bagi birokrat, karena sering program-program pemerintah yang baik menguap begitu saja akibat tidak dikelola dengan baik. Kalau sudah melahirkan sesuatu yang baik pengelolaannya juga harus baik,” ujar Ade.

 

Ade juga menambahkan, ada baiknya jika pemerintah juga bekerja sama dengan pihak swasta agar ekosistem smart city dapat berkembang.

 

Menurut General Manager PT ISID Indonesia Dicky Widjaja, secara platform Indonesia sebenarnya sudah siap untuk mengadopsi smart city, tetapi secara infrastruktur masih banyak yang harus dibenahi. Seperti halnya Ade, Dicky juga percaya bahwa peran berbagai pihak diperlukan dalam membangun konsep smart city ini.

Dicky juga menekankan bahwa regulasi juga diperlukan. Hal tersebut demi menjaga hubungan kerja sama yang telah terjalin dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

 

“Selain pemerintah, peran citizen ini juga diperlukan. Karena tujuan utama dari membangun smart city ini adalah bagaimana citizen dapat membentuk suatu komunitas dan mereka dapat tinggal dengan nyaman di sana (smart city). Jadi untuk membangun smart city dibutuhkan peran pemerintah, citizen, dan IT vendor yang dapat menyediakan IT Solution dan juga infrastruktur,” ujarnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Perusahaan teknologi keamanan digital Cisco mengenalkan konsep smart cities dalam gelaran World of Solutions Cisco Live di Las Vegas, California, Amerika Serikat, 26-29 Juni 2017. Kota pintar tersebut tentunya melibatkan teknologi digital di semua lini kehidupan. Di antaranya, layanan transportasi dan kesehatan. Tempo diundang langsung ke pameran tersebut.
      Pameran kota pintar sektor transportasi itu berada di jantung area Cisco Campus. Sedangkan layanan kesehatan, seperti klinik pintar, berada di bagian industri digital yang diisi lebih dari 300 mitra Cisco. Beberapa di antaranya teknologi aplikasi yang mampu memangkas antrean dan cara komunikasi antara dokter dan pasien.
      Mobil pintar dipamerkan lewat sebuah sistem komunikasi yang ditanam di sebuah kendaraan. Sistem ini memungkinkan mobil tersebut membaca kinerja dan kondisi setiap bagian mesin. Data yang dikumpulkannya disalurkan ke pengemudi ataupun pusat kendali.
      Selain itu, mobil tersebut juga mampu menangkap data seperti informasi dari stasiun cuaca. Atau, data kondisi si pengemudi. Mesin komunikasi diperkenalkan sebagai generasi kedua yang sudah dipasarkan setahun belakangan.
      Tim Cisco melakukan sebuah demo ketika terjadi cuaca buruk kabut yang menutup jalan. Informasi cepat disebarkan ke pengguna jalan dan bahkan ke infrastruktur pendukung seperti palang penutup jalan. Kemampuan ini dianggap merevolusi kebanyakan sistem yang ada sebelumnya terkait distribusi data cuaca.
      "Dalam situasi tertentu data bisa dikirim langsung ke sistem kendaraan untuk memaksanya melambat dengan sendirinya," kata Barry, salah satu insinyur Cisco.
      Barry menjelaskan, Cisco memiliki sistem jaringan yang mendukung praktik smart cities tersebut. Salah satunya terkait pengolahan data laju kendaraan di ruas jalan tol, posisi, hingga data kondisi pengemudi di setiap kendaraan. Sistem Cisco juga memiliki jaringan CCTV di berbagai titik di sebuah kota secara real time.
      Direktur Smart City Cisco, Munish Khetrapal, menjelaskan juga mampu mengatur lampu lalu lintas hingga manajemen kebutuhan air bersih. "Las Vegas, Kansas City, Kopenhagen di Denmark, dan Bangalore di India, sudah memakai jaringan kami," kata dia.
    • By berita_semua
      Pemerintah hingga kini masih menyisakan pekerjaan rumah (PR) terhadap kepatuhan pajak Google Asia Pacific Pte Ltd. Namun, pemerintah diminta untuk tidak hanya mendesak perusahaan raksasa teknologi tersebut untuk membentuk Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia.
      Direktur Eksekutif Centre For Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengatakan, sebelum berhasil menagih pajak Google, langkah pertama yang ditempuh adalah pemerintah Indonesia harus memiliki data akurat terkait besaran pendapatan (revenue) Google di Indonesia. Dengan demikian, maka tidak ada alasan Google untuk mengelak membayar pajak.
      "Karena meski aturannya belum ada, secara normatif Google sudah menikmati keuntungan di Indonesia dan normanya adalah negara sumber itu berhak memajaki. Itu jelas dalam international tax," ujarnya.
      Lain hal jika pemerintah Indonesia tetap ingin menerapkan penagihan pajak Google dengan lebih dulu menjadikan Badan Usaha Tetap (BUT). Sebab, Google menerapkan perencanaan pajak (tax planning) yang sama di seluruh dunia.
      "Indonesia saya kira tidak bisa latah tetapkan Google jadi BUT lalu Google akan mau, saya kira skema tax planning Google pasti sama, diterapkan sama di seluruh dunia. Dia buat satu diterapkan di seluruh dunia," tuturnya.
      Oleh karena itu, PR pemerintah kali ini adalah mencari tahu besaran pendapatan yang diraup Google, mengingat cara ini juga memerlukan negosiasi. Ditambah lagi juga diperlukan suatu perundingan, karena jika permasalahan ini dibawa ke ranah hukum, hanya dapat membuat Indonesia kalah.
      "Kalau enggak berunding agak susah, karena kalau dibawa ke sengketa pajak, Indonesia kalah dengan cara UU yang ada," tukasnya.
    • By berita_semua
      Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah mengusulkan ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta agar jam masuk anak sekolah diubah, yang awalnya masuk pada pukul 07.30 WIB agar menjadi pukul 09.00 WIB.
      Menurut Ahok, usulan tersebut bukan tanpa alasan. Ahok melihat, jam masuk anak-anak sekolah tersebut juga menjadi salah satu penyebab kemacetan di Jakarta. Lantaran, banyaknya orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah dengan menggunakan kendaraan pribadi.
      "Ini ada kajian seperti itu, biar ngurangin macet, cuma kadang-kadang jam 9 lebih macet. Kalau kita analisa, ketika sekolah libur, Jakarta itu agak lenggang, karena banyak yang antar-antar anak sekolah itu yang bikin macet," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/3).
      Untuk itu, Ahok menjelaskan Disdik DKI harus membuat rayonisasi terlebih dahulu apabila ingin merubah jam masuk sekolah tersebut. Ahok menceritakan pengalaman berat anaknya yang harus mengejar waktu lantaran masuk sekolah pada pukul 07.30 WIB.
      "Wong anak saya saja sekolah ke Tangerang Selatan. Pagi-pagi jam 06.15 WIB sudah harus jalan, pagi-pagi jam 05.40 WIB paling telat harus bangun, kadang-kadang enggak mandi itu anak. Semua jadi tekanan pagi-pagi itu," pungkas dia.
    • Guest News
      By Guest News
      Subsidi untuk bahan bakar solar adalah Rp 1.000 per liter dan Menteri ESDM mengatakan pemerintah dapat membebaskan Rp 15 triliun sampai Rp 16 triliun jika subsidi dicabut.

      Pemerintah Indonesia kemungkinan akan meminta persetujuan parlemen untuk menghapus subsidi solar dalam perubahan anggaran untuk 2016, yang akan diajukan sebelum paruh kedua tahun ini, menurut beberapa menteri.
      Pemerintah menghapus subsidi-subsidi bahan bakar pada awal 2015, namun tetap mempertahankan subsidi bahan bakar solar. Uang subsidi dialokasikan untuk pengeluaran infrastruktur -- sesuatu yang disambut baik analis dan investor serta badan-badan pemeringkat.
      Badan pemeringkat Standard & Poor's mengatakan kepada kantor berita Reuters minggu ini bahwa Indonesia perlu memotong subsidi diantaranya untuk gas dan solar, untuk meningkatkan peringkat investasinya.
      S&P hanya satu dari tiga badan pemeringkat besar yang belum memberikan Indonesia peringkat investasi. Indonesia mendapat peringkat investasi dari Fitch Ratings dan Moody's, masing-masing pada 2011 dan 2012.
      Subsidi untuk bahan bakar solar adalah Rp 1.000 per liter dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan pemerintah dapat membebaskan Rp 15 triliun sampai Rp 16 triliun jika subsidi dicabut.
      "Mungkin kita akan mencabutnya sekalian, mungkin sebagian, hal itu akan dibahas dalam revisi anggaran negara," ujar Sudirman pekan lalu.
      Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sebelumnya mengatakan pemerintah ingin memotong target-target pengeluaran dan pendapatan dalam revisi anggaran.
      Pemerintah dapat kehilangan target pendapatan sebesar Rp 60 triliun akibat penurunan harga-harga minyak, ujarnya. Jika rencana pengampunan pajak tidak berhasil, target yang hilang akan akan mencapai lebih dari Rp 190 triliun, tambahnya. (www.voaindonesia.com)
    • By ngesotin

      Kembali Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun langsung  ke daerah untuk melihat langsung pelaksanan sejumlah proyek besar di tanah air. Kali ini Jokowi melakukan peninjauan proyek tol Indralaya di Palembang, pada hari Kamis (3/3/2016).
      Tol  dengan  panjang 22 kilometer  mempunyai tantangan cukup berat karena  medannya sangat berat sekali. Tak kurang dari 17 kolometer terdapat rawa-rawa, sedangkan sisanya 5 kilometer  tanpa rawa-rawa.
      Presiden Jokowi, seperti yang dilangsir dari  setkab.go.id, mengatakan bahwa pembangunan  tol Indaralaya sudah dimulai bulan Juli tahun yang lalu.”Progresnya juga saya kira karena medannya sangat berat dan sudah sangat bagus dan kita berharap ini adalah cabang dari poros Lampung, Palembang dan seterusnya ke atas ke Aceh.”
      Perkembangan pekerjaan proyek saat ini, menurut Presiden, masih baru 11 persen. “Karena medannya sangat berat rawa semuanya, teknologinya coba nanti kita liat di sana harus air dipompa keluar dulu semuanya baru bisa masuk tanah untuk perkerasan dan kita harapkan nanti pada bulan kering sudah bisa mulai diperkeraskan dan diaspal,” jelas Presiden.
      Presiden terlihat sangat serius melihat detail kondisi tol yang sedang dibangun. Ia tak segan untuk turun langsung melihat proses pengerjaan bahkan sampai melihat kondisi tol yang sedang di bangun.
      Meskipun sudah ditangani kementerian  terkait, tetapi memastikan kwalitas jalan tol yang sedang dibangun kemudian juga memastikan kemajuan setiap proyek menjadi hal yang biasa bagi Jokowi.
      Apa yang dilakukan Jokowi, bukan karena tidak percaya dengan kinerja bawahannya tetapi ia memilih untuk tidak mendengarkan saja laporan dari bawahannya tetapi ia memastikan kemajuan proyek dengan turun langsung ke lapangan.
      Langkah yang dilakukan Jokowi  membuktikan bahwa ia bukan tipe pemimpin/presiden  yang mau begitu saja menerima laporan dari bawahan alias  Asal Bapak Senang (ABS).  Ia bertanggung jawab penuh atas kinerja pemerintahannaya sehingga selalu berupaya memastikan semua proyek yang direncanakan masih sesuai dengan perencanaan. Ia tahu persis detail proyek yang direncanakan sehingga ia berkepentingan untuk melihat perkembangan secara detail pula.  Ia selalu memastikan proyek pemerintahannya bermanfaat bagi rakyat  untuk jangka waktu panjang.
       Presiden mempunyai harapan  pada tahun 2017 pengerjaan tol  bisa terselesaikan .“Setidaknya sekitar pertengahan atau mundur sedikit,” terang Presiden.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy