Jump to content

Film The Simpsons Pernah Prediksi Penemuan Partikel Tuhan


black_zombie

Recommended Posts

  • Premium Account

post-14-0-97975800-1426490097_thumb.jpg

 

Dia lebih dikenal sebagai orang yang malang, petugas keamanan yang terobsesi donat di pembangkit listrik tenaga nuklir Springfield, tapi tampaknya Homer Simpson mungkin telah mengalahkan beberapa pikiran cerdas di planet ini. Seorang penulis buku melihat sebuah rumus matematika tersembunyi, dalam episode Simpsons. Ia telah menemukan bahwa Homer mungkin telah meramalkan massa Higgs boson atau partikel Tuhan, 14 tahun sebelum fisikawan menemukan partikel ini di Large Hadron Collider di CERN.

 

Dr Simon Singh, seorang fisikawan dan penulis, menemukan solusi yang ditulis oleh Homer di papan tulis. Film animasi yang tayang pada tahun 1998 ini, tidak pernah menduga telah ‘melampaui’ pemikiran masa depan. Dalam episode ‘The Wizard of Evergreen Terrace’, Homer menjadi seorang penemu dalam upaya untuk mengikuti jejak dari Thomas Edison.

 

Berbicara kepada wartawan Independent, Dr Singh mengatakan: “Itu persamaan memprediksi massa Higgs boson. Jika Anda bekerja untuk mendapatkan massa Higgs boson, itu hanya sedikit lebih besar daripada nano-massa Higgs boson sebenarnya. Ini menakjubkan Homer membuat prediksi ini 14 tahun sebelum ditemukan.”

 

Salah satu persamaan berkaitan dengan Teorema Terakhir Fermat, dan buku pertama Singh adalah tentang semua hal ini. ia terkejut dengan persamaan yang dibuat oleh Homer, dan memprediksi massa Higgs boson.

Keberadaan Higgs boson–kadang-kadang dijuluki Partikel Tuhan–pertama kali diprediksi oleh Profesor Peter Higgs, seorang ahli fisika teoritis di Universitas Edinburgh, dan lima fisikawan lain pada tahun 1964. Partikel ini adalah dasar, yang diperlukan untuk menjelaskan mengapa partikel dasar lainnya di alam semesta memiliki massa.

 

Teori mengatakan bahwa semua partikel subatomik berinteraksi dalam suatu medan energi, yang dikenal sebagai medan Higgs, yang memberikan mereka massa.

 

post-14-0-25931600-1426490098_thumb.jpg

 

Bukti bahwa partikel ada tidak muncul, sampai Maret 2013 ketika para ilmuwan yang bekerja di Large Hadron Collider–tabrakan keras atom terbesar–mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sebuah partikel yang cocok prediksi boson Higgs akan seperti.

 

Dalam sebuah percobaan berbiaya £8,6 miliar atau US$13,25 miliar, mereka mampu membuktikan keberadaan partikel baru dengan massa 125Gev/c2. Para fisikawan di CERN yang bekerja pada penemuan ini, bersama dengan Higgs dan rekan-rekannya dianugerahi Penghargaan Nobel, atas kontribusi mereka. Namun, tampaknya bahwa penulis Simpsons telah berhasil diprediksi hasilnya 14 tahun sebelumnya.

Dr Singh mengklaim formula yang ditulis oleh Homer sementara ini, adalah mencoba sebagai serangkaian penemuan gegabah, termasuk listrik palu dan riasan senjata, dengan memberikan jawaban yang sama.

Bahkan salah satu penulis naskah untuk episode ini, David Cohen X., bertanggung jawab atas persamaan matematika di papan tulis. Cohen sempat menghubungi salah satu teman SMA-nya, David Schiminovich, yang seorang astronom di Universitas Columbia.

 

post-14-0-87090500-1426490098_thumb.jpg

 

Persamaan pertama di papan tulis sebagian besar didasarkan pada karyanya, memprediksi massa Higgs boson-dilambangkan dengan H0. Pasangan ini menggodok persamaan untuk memberikan jawaban terbaik, pada data yang tersedia pada saat itu.

 

Dr Singh mengatakan:

 

“Persamaan adalah kombinasi menyenangkan dari berbagai parameter fundamental, yaitu konstanta Planck, konstanta gravitasi, dan kecepatan cahaya.”

 

Ini bukan satu-satunya bagian dari ilmu pengetahuan yang tersembunyi, dalam serial kartun yang telah lama berjalan. Mungkin juga Homer juga telah berpikir dengan perutnya, dengan formula yang menunjukkan makan setengah donat membuatnya habis. Atau itu hanya sebuah lubang?

 

Serial animasi The Simpsons sendiri memiliki banyak matematikawan sebagai tim penulisannya, termasuk Al Jean, yang bekerja pada serial pertama, dan yang cukup banyak menjalankan acara hari ini.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By karinanova
      Mengapa kita percaya adanya Tuhan? Mengapa kita memiliki agama sebagai keyakinan?
      Pertanyaan ini sebenarnya dapat dijawab dengan sederhana: karena kita yakin.
      Keyakinan tersebut yang membuat kita percaya akan adanya Tuhan, menjalankan perintah Tuhan, dan meyakini bahwa agama yang dianut adalah benar.
      Bagaimana pendapat sains tentang ini?

      Penelitian Terbaru
      Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki keyakinan agama yang kuat cenderung lebih intuitif dan kurang analitis. Sementara ketika mereka berpikir lebih analitis, keyakinan agama mereka menurun.
      Namun, menurut penelitian terbaru oleh Universitas Coventry dan Oxford mengatakan bahwa keyakinan agama tidak terkait dengan intuisi atau pemikiran rasional. Para akademisi dari Ilmu Perilaku di Universitas Conventry dan ilmuwan saraf di Universitas Oxford, menunjukkan bahwa kita (manusia) tidak terlahir sebagai ‘orang beriman’.
      Dengan kata lain, ketika kita lahir, kita tidak membawa keyakinan apapun--hanya akal dan sel-sel otak yang saling terkoneksi.
      Penelitian tersebut yang mencakup tes terhadap peziarah yang mengambil bagian dalam Camino de Santiago (di utara Spanyol) dan eksperimen stimulasi otak yang terkenal--tidak menemukan kaitan antara pemikiran analitis dan hambatan kognitif (kemampuan untuk menekan pikiran dan tindakan yang tidak diinginkan) dengan keyakinan adikodrati (supernatural).
      Sebaliknya, para akademisi menyimpulkan bahwa faktor lain, seperti proses asuhan dan sosio-kultural, lebih cenderung memainkan peran lebih besar dalam keyakinan agama.
      Studi yang diterbitkan dalam Scientific Reports adalah yang pertama untuk menantang tren yang berkembang di kalangan psikolog kognitif selama 20 tahun terakhir yang telah berusaha menunjukkan bahwa percaya pada hal adikodrati adalah sesuatu yang datang kepada kita 'secara alami’.
      Dalam penyelidikan pertama terhadap peziarah Camino de Santiago de Compostela, tim bertanya kepada mereka tentang kekuatan keyakinan mereka dan menilai tingkat pemikiran intuitif mereka dengan tes probabilitas- di mana para peserta harus memilih di antara pilihan logis atau 'firasat'.
      Hasilnya, tidak menyarankan hubungan antara kekuatan keyakinan dan intuisi adikodrati.
      Dalam studi kedua, tim menggunakan teka-teki matematika untuk meningkatkan intuisi. Hasilnya sama. Mereka juga tidak menemukan hubungan antara tingkat pemikiran intuitif dan kepercayaan adikodrati.
      Pada bagian terakhir dari penelitian, tim menggunakan stimulasi otak untuk meningkatkan tingkat penghambatan kognitif, yang diperkirakan mengatur pemikiran analitis.
      Sebuah penelitian pencitraan otak sebelumnya telah menunjukkan bahwa ateis menggunakan area otak yang mengendalikan hambatan kognitif ini lebih banyak lagi ketika mereka ingin menekan gagasan terkait hal-hal adikodrati.
      Hasilnya menunjukkan bahwa stimulasi otak ini meningkatkan tingkat penghambatan kognitif. Hal tersebut tidak mengubah tingkat kepercayaan adikodrat, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan langsung antara keduanya.
      Para akademisi mengatakan bahwa terlalu "prematur" jika menjelaskan kepercayaan pada Tuhan sebagai intuitif atau alami.
      Sebaliknya, mereka mengatakan penelitian mereka mendukung teori bahwa agama adalah proses berbasis ‘nurture’ dan berkembang karena proses sosio-budaya, termasuk pengasuhan dan pendidikan.
      Penutup
      Maraknya aksi terorisme yang dilancarkan segelintir orang dari kaum agama tertentu tidak bisa menjadi patokan untuk menggeneralisasikan agama tersebut. Sejatinya, agama atau keyakinan bisa menjadi pedoman hidup yang baik untuk selalu berbuat kebaikan.
      Hanya saja, interpretasi yang salah, yang dilancarkan ‘pemuka agama’ tertentu yang tak bertanggung jawab dengan dalih ‘membela Tuhan’ bisa menjadi bahaya besar. Inilah ‘wrong number’ terbesar dari umat manusia, kata PK dalam film PK (2014).
      Intinya, pengasuhan dan pendidikan yang tepat terhadap keyakinan beragama sangat diperlukan untuk menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam perbedaan.
      Tuhan ada, agama perlu. Namun, toleransi adalah yang utama.
    • By ThinkSmart
      SIMPSONS pertama kali muncul pada bulan April 19,1987 sebagai bagian dari acara Tracey Ullman.
      DI tahun 1992, Tracey Ulman mengisi gugatan terhadap fox (stasiun tv yang mengeluarkan the simpson), ia mengklaim bahwa keberhasilan the simpsons berkat acara talk shownya dan ia meminta share dari setiap episode the simpsons dan pengadilan menolak gugatan tersebut.
      PERJUANGAN BERAT PADA AWAL PELUNCURAN PERDANA SERIAL INI

      THE SIMPSONS diibuat oleh Matt Groening, dengan tujuan menawarkan tontonan alternatif pada saat itu.
      karena banyak penduduk USA menonton apa yang disebut dengan sampah mainstream.
      IDE CEMERLANG DALAM INDUSTRI PERTELEVISIAN

      Di butuhkan 2 hari untuk menyusun lagu tema THE SIMPSONS dan dikarang ole Danny Elfman dan juga berperan sebagai kompesernya pada tahun 1989
      6 bulan adalah waktu yang diperlukan untuk memproduksi masing-masing episode THE SIMPSONS
      Tim penuis biasanya terdiri dari 16 penulis yang mengajukan ide episode pada awal Desember

      Matt Groening menggunakan nama karakter dengan nama dari keluarganya sendiri. Dan nama BART adalah MATT Groening sendiri tapi tidak menggunakan nama aslinya dan merupakan angaram dari brat (anak nakal)
      THE SIMPSONS memiliki 6 anggota cast utama suara untuk melakukan hampir semua karakter dalam kartun tsb. Pada tahun 1998, FOX TV mengancam untuk mengganti mereka dengan aktor-aktor baru, akan tetapi, masalah ini segera diselesaikan
      Dengan bayaran $ US300, 000 per episode

      Lebih dari 600 gueststaryang simpsons memegang rekor dunia untuk MOST GUEST STARS FEATURED IN TELEVISION SERIES termasuk rolling stones, paul mccartney, andre agasi, christiano ronaldo etc.
      Di dubbing kedalam banyak bahasa termasuk Jepang, Jerman, Spanyol, Portugis, frenc, Quebec, frenc dan arabic.
      dalam arabic, homer minuman soda bukan bir dan makan roti sapi egyptian bukan hot dog karena adat Islam.
      D'OH! kata yang sering diteriakin oleh si homer sekrang masuk KAMUS BAHASA INGGRIS Oxford
      Jumlah pemirsa untuk musim kesembilan belas sebanyak 7.700.000, sedangkan di musim pertama mereka mereka rata-rata sebesar 13,4 juta pemirsa
      Sebanyak lebih dari 100 kali naskah untuk SIMPSON THE MOVIE ditulis ulang sebelum difinalisasi, dan dimulai dari tahun 2001
      Lebih dari 150 karakter secara teratur muncul dalam acara termasuk Pemain utama, pendukung dan karakter berulang
    • By ThinkSmart
      Penggemar 'The Simpsons' mungkin sudah tidak asing dengan Springfield, kota yang menjadi latar belakang tempat serial kartun tersebut. Tapi apakah kota ini benar-benar ada? Matt Groening, pencipta 'The Simpsons' akhirnya membuka mulut setelah 23 tahun merahasiakannya.
      Setelah 23 tahun serial kartun 'The Simpsons' mengudara, akhirnya Matt Groening, pencipta karakter keluarga The Simpson, membuka rahasia seputar serial tersebut. 
      Dalam wawancara di majalah Smithsonian edisi Mei, ia mengatakan nama Springfield, kota yang menjadi latar belakang dalam cerita tersebut, diambil dari sebuah kota yang bernama sama di Oregon, Amerika Serikat. Kota tersebut juga terletak tidak jauh dari kota asal Matt di Portland.
      Ia terinspirasi untuk mengangkat kota Springfield dari sebuah acara TV di tahun 1950-an yang berjudul 'Father Knows Best'. "Springfield adalah salah satu nama kota yang umum ditemukan di Amerika Serikat. Saat itu, saya berpikir mungkin The Simpson bisa sukses jika berlokasi di kota bernama Springfield, dan ternyata memang benar," ujar Matt.
      Salah satu tokoh ciptaan Mark, Homer J. Simpson, yang digambarkan sebagai seorang pecandu donat, dengan istrinya, Marge, dan anak-anak mereka, Bart, Lisa, dan Maggie, yang menjadi salah satu ikon budaya populer, telah memenangi 27 penghargaan Emmy Awards. 
      Tidak hanya itu, keluarga Simpson juga telah tercatat dalam 'Hollywood's Walk of Fame'. Bahkan, ungkapan 'D'Oh' masuk ke dalam kamus terbitan Oxford pada 2011.
      Nama-nama tokoh dalam keluarga The Simpsons diambil dari nama-nama keluarga Matt sendiri. Tapi, khusus nama Bart, ia mengganti namanya, 'Matt', menjadi 'Bart', karena dia menganggap nama tersebut lebih lucu kalau digunakan oleh seorang ayah yang sedang marah.  Alamat Keluarga Simpson di kartun tersebut, yakni 632 Evergreen Terrace, juga diambil dari alamat rumah tempat Matt dibesarkan.
    • By astro
      Semua ilmuwan terutama fisikawan bergembira atas temuan yang disebut sebagai partikel tuhan. Sebuah pencarian selama 48 tahun dari sebuah teori yang dicetus Peter Higgs. Pria 83 tahun itu adalah ilmuwan asal Inggris yang tidak jago di laboratorium. Tapi jangan tanya soal teori.
      Pada 1964, Higgs mempublikasikan teori pertamanya tentang partikel tuhan. Karya ilmiah pria kelahiran Newcastle, Inggris, itu awalnya ditolak journal Physics Letter. Sebuah jurnal akademis yang diedit CERN, lembaga kajian yang kini membuktikan teorinya. Tapi kemudian bisa dimuat di US Journal Physical Review Letter.
      Pemegang gelar PhD dari King's College tak menyangka teorinya itu terbukti. Apalagi oleh lembaga yang fisikawannya dulu adalah editor jurnal penolak teori Higgs-Boson. "Awalnya aku tidak memiliki ekspektasi bahwa aku masih hidup ketika ini terjadi," ujarnya dalam pidato penemuan partikel Higgs-Boson, di kantor pusat CERN, Jenewa, Rabu 4 Juli 2012.
      Kolega Higgs semasa penelitian, Alan Walker, menuturkan bahwa temannya itu serasa mendapati momen Eureka ketika dia berhasil merumuskan teori asal usul partikel itu. "Dia berkata: Oh sialan, aku tahu bagaimana melakukannya," tiru Walker terhadap ungkapan Higgs ketika pertama kali menemukan teori Higgs-Bosson.
      Pria pemalu yang kini menjadi profesor di Universitas Edinburg menemukan teori Higgs-Boson pada suatu akhir pekan 1964. Waktu itu hari hujan dan menghancurkan rencana kemahnya ke kawasan Western Highland. Maka ia pun memilih kembali mengolah teori tentang asal usul alam semesta. Hingga akhirnya muncullah teori Higgs-Boson
      Anak penata suara BBC ini memang tak piawai untuk beraksi di laboratorium. Sesama ilmuwan pun meragukan masa depannya sebagai peneliti karena Higgs jarang sukses berjibaku di ruang penelitian. Adapun pendekatannya terhadap bidang elektrodinamika kuantum dianggap ketinggalan zaman.
      Bahkan kajian pertama tentang teori Boson, secara halus ditolak oleh CERN. Untungnya setahun kemudian, Amerika Serikat menerima teori itu. Pada saat yang bersamaan, dua fisikawan Belgia, Robert Brout dan Francois Englert, mencapai kesimpulan yang sama. Tapi publikasi mereka setelah Higgs.
      Kini Profesor Emeritus yang mengklaim tak mengikuti perkembangan terakhir ilmu fisika itu, berbagi penghargaan Dirac Medal dan Wolf Prize bersama Brout dan Englert. Sosok atheis ini sebenarnya tak suka dengan ide partikel tuhan. Ia pun tak berniat untuk membuat para pemeluk agama marah, merujuk penamaan partikel tuhan dari teori Higgs-Boson.
      Profesor berambut putih dengan kepala botak itu pun sekarang menjadi aktivis. Seorang antisenjata nuklir dan pecinta lingkungan yang keluar dari Greenpeace karena penolakan terhadap makanan yang dimodifikasi genetik (GMO).
    • By astro
      Penemuan partikel Tuhan, menjadi tonggak sejarah perkembangan fisika partikel. Dampak bagi orang awam adalah tidak ada lagi penjelasan sederhana tentang komposisi atom. Sebuah atom selama ini dikenal memiliki komposisi yang terdiri dari proton (bermuatan positif), elektron (bermuatan negatif), dan neutron (bermuatan netral). Tapi kini ada lagi tambahan Higgs-Boson.
      Jadi apa itu Higgs-Boson?
      Sebuah partikel yang membentuk sebuah obyek, baik itu molekul, sebutir apel, sebuah kereta, hingga sesosok manusia, dia adalah massa. Pada dasarnya partikel-partikel yang membentuk suatu atom memiliki sifat berbeda-beda. Salah satu partikel yang terpenting dan bersifat misterius adalah massa yang diungkap dalam teori Higgs-Boson.
      Kenapa disebut partikel Tuhan?
      Nama populer ini muncul dari perjuangan dan debat panjang keberadaan partikel subatomik. Banyak ilmuwan meragukan keberadaan partikel ini. Munculnya nama partikel Tuhan berawal dari pernyataan fisikawan Leon Lederman dalam buku berjudul God Particle: If Universe is the Answer, what is the question?. Awalnya fisikawan Amerika itu menyebutnya goddamn particle. Tapi editor buku Lederman menolaknya, jadilah god particle.
      Sebenarnya peletak dasar teori partikel Tuhan, yaitu Peter Higgs, menolak penamaan itu. Sebab pria 83 tahun itu adalah seorang ateis. Jadi sebenarnya tidak ada nuansa agama dalam partikel ini.
      Bagaimana orang awam bisa tahu ini bukan penipuan?
      Pertama, penemu partikel Tuhan, Badan Kajian Atom Eropa, CERN, memiliki dua tim independen (ATLAS dan CMS). Mereka melakukan percobaan yang sama, jadi data dapat saling uji dan verifikasi.
      Kedua, hasil penelitian di-ranking dari nol hingga lima-sigma. Desember tahun lalu, dua tim tersebut menyatakan data mereka menunjukkan dua level serupa yang membuktikan bahwa partikel Higgs-Boson itu ada. Temuan two-sigma itu bisa diterjemahkan bahwa 95 persen hasil percobaan bukan karena kebetulan statistik.
      Lalu apa yang mungkin bisa dikembangkan dari teori ini? Apakah memungkinkan manusia bisa menghilang?
      Secara teori, menurut fisikawan Universitas Negeri Arizona, Lawrence Krauss, mungkin. Tentunya jika ada perlakuan khusus yang bisa memanipulasi medan di sekitar partikel secara lokal. Maka bisa terjadi sebuah obyek menghilang, sehingga menjadi sebuah pengembangan senjata yang hebat atau trik sulap yang mencengangkan. Tapi, ingat, jika bisa menghilangkan, tentunya harus bisa mengembalikan seperti semula, yaitu memunculkan lagi.
      Apakah mungkin juga untuk perjalanan menembus waktu?
      "Tentu", kata Krauss. Jika medan partikel Higgs-Boson dimanipulasi dalam area yang besar sehingga memiliki energi, maka akan terjadi energi gravitasi yang repulsif. Akibatnya, wilayah-wilayah di alam semesta ini akan bergerak cepat dan memindahkan barang-barang lebih cepat ketimbang cahaya.
      Lalu apakah penemuan ini berbahaya?
      Nikolas Solomey, Direktur Kajian Fisika Universitas Negeri Wichita, mengatakan tidak ada bahayanya. Sebab, untuk membuat partikel Higgs-Boson, perlu sejumlah energi. Produksinya membutuhkan energi yang banyak dan sangat terkendali penggunaannya. Penemuan kemarin adalah partikel dasar, masih jauh dari apa yang dikhawatirkan menjadi sejumlah massa yang berbahaya.
×
×
  • Create New...