Jump to content
Masuk untuk mengikuti ini  
Metrotvnews

Kapolri Ingin Gaji Densus Tipikor Setara Pegawai KPK

Recommended Posts

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menginginkan gaji pegawai Detasemen Khusus (Densus) Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) setara dengan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu disampaikan Tito dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Pada rapat sebelumnya sudah disampaikan perlu dipikirkan tentang satu penggajian kepada pada anggota ini supaya mereka sama dengan di KPK," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 12 Oktober 2017.

Tito menjelaskan, Densus Tipikor akan dipimpin jenderal bintang dua yang akan bertanggung jawab langsung kepada Kapolri. Jumlah pegawai diperkirakan sebanyak 3.560 personel.

Baca: Anggaran Densus Tipikor Polri Rp2,6 Triliun

"Kemudian anggaran untuk penyelidikan dan penyidikan dengan menggunakan sistem index dan dan sistem add cost. Ini pengkajian yang dilakukan KPK yang bisa diterapkan Densus Tipikor," ucap dia.

Secara keseluruhan untuk pembentukan awal Densus Tipikor, kata Tito, dibutuhkan dana sebesar Rp2,6 triliun. Dana itu terdiri dari belanja pegawai Rp786 miliar, belanja barang  operasional lidik, sidik dan lain-lain sebesar Rp359 miliar.

"Sedangkan belanja modal sebesar Rp1,55 triliun termasuk untuk membuat sistem dan kantor serta pengadaan alat penyelidikan, surveilance, penyidikan, dan lain-lain," beber Tito.

Baca: Pembentukan Densus Tipikor Jangan Membenturkan Kewenangan Antar-Penegak Hukum

Tito berharap keberadaan Densus Tipikor ini bukan sebagai pesaing lembaga lain terutama KPK. Bagi Tito, ini untuk melengkapi hal yang mungkin tidak dapat dijangkau KPK dengan personelnya yang terbatas.

"Saya berpendapat dengan adanya Densus ini, teman-teman KPK bisa fokus ke masalah yang besar sedangkan Densus bisa fokus kepada wilayah- wilayah, sampai ke desa," ucap dia.

Baca juga: KPK Sambut Positif Pembentukan Densus Tipikor Polri

 

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

Masuk untuk mengikuti ini  

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi