Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
berita_semua

Milyaran orang tak obati kerusakan gigi

Recommended Posts

post-4582-0-89932500-1425697514_thumb.jp

Gigi yang membusuk dapat mengakibatkan sejumlah masalah seperti infeksi, sakit parah, absen bekerja dan terganggunya pertumbuhan anak-anak

 

Penelitian dalam Journal of Dental Research menunjukkan lebih dari 2,4 miliar orang di seluruh dunia tidak mengobati kerusakan gigi yang dideritanya.

 

Para ahli mengatakan masalah kerusakan gigi yang terabaikan sangat mengkhawatirkan - meskipun mereka sebenarnya mengetahui cara merawat dan mencegahnya.

 

Mereka memperingatkan bahwa pembusukan gigi dapat mengakibatkan rasa sakit yang parah, infeksi, tak bisa bekerja, dan menggangu pertumbuhan anak-anak.

 

Para ilmuwan mengatakan, analisis menunjukkan kerusakan gigi bukan masalah anak-anak saja, dan harus dilihat sebagai masalah orang dewasa pula.

 

Menghabiskan anggaran

 

Kerusakan atau pembusukan gigi terjadi ketika asam di mulut melarutkan lapisan luar gigi. Hal ini dikenal juga sebagai kerusakan gigi atau karies gigi.

 

Jika tidak diobati dapat menyebabkan masalah seperti gigi berlubang, penyakit gusi atau abses.

Prof Wagner Marcenes dari Queen Mary University of London memimpin tim ilmuwan internasional menganalisis 378 penelitian yang melibatkan 4,7 juta orang antara tahun 1990 dan 2010.

 

Survei global mereka menunjukkan 2,4 miliar orang tidak mengobati gigi mereka yang rusak dan 621 juta anak tidak mengobati pembusukan pada gigi susu mereka.

 

Menurut data di Inggris, sepertiga penduduk yang menderita kerusakan gigi pada tahun 2010, tidak mengobatinya. Di Lithuania, proporsinya lebih dari dua kali lipat yaitu 68%.

 

Mereka memperkirakan ada lebih dari 190 juta kasus baru pembusukan gigi setiap tahun.

Prof Wagner mengatakan penyebab utama dari semua ini adalah kebiasaan makan yang buruk - mengkonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah tinggi dan sering ngemil.

 

Dia mengatakan: "Diabaikannya pencegahan dan pengobatan kerusakan gigi pada tingkat ini sangat mengkhawatirkan."

 

"Kerusakan gigi merupakan beban ekonomi yang besar. Dan jika tidak ditangani, hal itu akan mengarah pada produktivitas yang buruk dan absennya sejumlah pegawai untuk orang dewasa, sementara di tingkat anak-anak, membuat prestasi siswa menurun selain juga banyak tak masuk sekolah"

 

Dari bocah ke orang dewasa

 

Kajian ini menunjukkan adanya pergeseran masalah karies dari anak-anak kepada orang dewasa.

 

Prof Marcenes mengatakan: "Persepsi saat ini, bahwa rendahnya tingkat kerusakan gigi di masa anak-anak akan berlanjut seumur hidup, sepertinya tidak benar.

 

"Namun perhatian selalu berfokus pada anak-anak - sementara orang dewasa diabaikan."

 

Ia menyarankan agar pesan-pesan kesehatan gigi dipampang di lingkungan kerja orang-orang dewasa juga.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Memang tidaklah mudah menjaga kesehatan gigianak,apalagi  kalau si anak suka jajanan yang manis-manis,dan kebanyakan seorang anak itu sangat susah jika disuruh untuk menyikat gigi nya. Tapi sebagai seorang ibu, kita tetap harus menjaga kesehatan gigi anak dan hal itu tidak boleh dianggap remeh, kenapa?
      Karena kesehatan gigi anak sewaktu kecil mempengaruhi kesehatan giginya setelah dewasa nanti.selain itu rusak nya gigi anak bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan nya, mengalami sakit gigi dan karena sakit pada gigi itu maka akan membuat si anak tidak nafsu makan. Menurut penelitian ahli gigi, buruk nya kesehatan gigi anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
      Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu? kita harus mengenalkan sejak dini kepada anak betapa penting nya merawat gigi. Jika si anak belum mempunyai gigi yang banyak,maka kita bisa membersihkan gigi nya tersebut menggunakan kain kasa yg lembab. Dan hal itu akan membuat si anak merekam dalam otak nya, bahwa menjaga kebersihan gigi itu sangat penting.dan jika gigi anak sudah banyak, kita bisa mengajari nya menggosok gigi.
      Ada beberapa kiat dalam mengajarkan anak agar mau menyikat gigi nya.
      Sediakan si anak sikat gigi yang bentuk nya lucu, dan sediakan odol anak yang beraroma buah buahan dan tidak pedas. Ajak mereka sikat gigi bersama-sama dengan kita, sambil mengajari si anak cara menggosok gigi yang benar. Setelah si anak menggosok gigi nya,berikan pujian kepada si anak agar mereka merasa dihargai. Sekali-kali berceritalah,, berikan cerita-cerita anak tentang penting nya menjaga kesehatan gigi dan apa akibat nya jika tidak mau menggosok gigi atau tontonkan si anak dgn video tentang pentingnya menjaga gigi, hal itu benar-benar sangat berkesan di hati anak. Bawalah anak-anak anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak selalu terjaga dan terkontrol.
    • By BincangEdukasi
      Gigi merupakan aspek terpenting saat melakukan kegiatan makan ataupun minum. Dengan memiliki gigi yang putih, cantik dan bersih pasti menjadi impian banyak orang. Dengan demikian akan membuat penampilan anda makin menarik dan membuat senyum anda semakin manis. Namun, bagaimana dengan gigi pada bayianda saat ini? Apa saja gejala yang di timbulkan?
      Pada prosesnya memilikm bayi di atas 10 bulan sudah mulai menandakan untuk tumbuh gigipertama hingga gigi si kecil tumbuh dengan rapi. Pada tahapan inilah ada baiknya sebagai orangtua anda harus memperhatikan banyak hal untuk membuat si kecil tetap nyaman saat proses tumbuh gigi. Untuk itulah banyak hal yang harus anda lakukan untuk membuat pertumbuhan gigi bayianda tetap teratur dan membuat bayi anda nyaman saat melakukan kegiatan makan.
      Seiring dengan perkembangan si kecil yang makin hari makain sehat dan baik, membuat pertumbuhan anggota dalam tubuh lainnya berkembang termasuk gigi. Sebagai aspek terpenting anda harus memperhatiakan pertumbuhan gigi bayi anda.
      Adapun beberapa tanda saat bayi mengalami gigi yang sedang tumbuh agar dapat di siasati dengan baik oleh para keluarga serta anda sebagai orangtua, berikut ini diantaranya: Rewel, menangis dan lekas marah ini di karenakan adanya reaksi dari gusi yang membuka gigi untuk keluar yang nyut- nyut hingga terasa sakit. Demam rendah (tidak lebih dari 1010F. ini karena di akibatkan dari tubuh yang bereaksi saat gigi mulai tumbuh. Banyak mengeluarkan ludah atau ngences. Suka mengigit dan selalu ingin makan atau mengunyah benda yang di pegangnya. Ini karena membuat si kecil ingin mengurangi sakit pada gusi yang akan membuat gigi tumbuh. Bengkak dan nyeri gusi. Dari beberapa tanda pertumbuhan gigi bayi dapat anda siasati dengan baik agar pertumbuhan gigi pada bayi lebih rapi, baik dan membuat pertumbuhan anak lebih baik. Jika terjadi sesuatu yang kurang baik, sebaiknya anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.
    • By Markus46_pangaribuan
      Dari Anda kecil hingga saat ini, Anda sudah diajarkan untuk selalu memakai pasta gigi untuk menggosok gigi. Menyikat gigi dengan pasta gigi telah menjadi bagian dari gaya hidup Anda. Kini, coba sesekali Anda menyikat gigi tanpa memakai pasta gigi, apa yang Anda rasakan? Tentu aneh bukan?
      Tapi tak sedikit pula orang lebih suka memakai pasta gigi yang memiliki kandungan bahan alami daripada membeli pasta gigi dengan kandungan bahan kimia yang membahayakan gigi. Tapi sayangnya, mau tak mau pasta gigi buatan pabrik akan tetap memakai bahan kimia agar tetap awet selama diperjual belikan.
      Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang lebih suka memakai bahan alami untuk menggantikan fungsi pasta gigi, Anda bisa mencoba memakai minyak kelapa untuk menyikat gigi. Dilansir dari Lifehack, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Athlone Institute of Technology di Irlandia menemukan jika minyak kelapa memiliki manfaat lebih baik ketimbang pasta gigi dalam hal merawat kesehatan gigi.
      Dijelaskan juga ternyata minyak kelapa mampu membersihkan gigi lebih efektif dan juga mencegah munculnya karang gigi. Tak hanya itu kandungan dalam minyak kelapa dapat membunuh bakteri dalam mulut. Bakteri semacam jamur muncul di mulut karena makanan dan juga gula. Diketahui jika bakteri jenis ini tak ddapat disingkirkan dengan pasta gigi, melainkan dengan minyak kelapa.
      Jika Anda ingin beralih dari pasta gigi dan memakai minyak kelapa sebagai penggantinya. Ambil satu sendok makan minyak kelapa, diamkan dalam mulut lalu kumur-kumur seperti menggunakan mouthwash. Buang minyak kelapa dalam mulut dan berkumurlah seperti biasa menggunakan air bersih.
    • By kotawa
      Ketika Anda memutuskan untuk melakukan perawatan ke dokter gigi tentu juga harus mempersiapkan biaya yang sedikit. Anda harus edikit kreatif untuk menghindari biaya membengkak karena ke dokter gigi dengan membersihkan gigi di rumah. Selain alami, cara ini aman dan mudak dilakukan.
      Karang gigi merupakan masalah yang paling umum yang dihadapi kebanyakan orang jika menyinggung masalah kesehatan mulut. Tentu saja, karang gigi akan menganggu senyuman Anda dan membuat orang lain jijik jika melihatnya.

      Jika dibiarkan karang gigi dan tidak dibersihkan karang gigi dapat menyebakan infeksi yang dalan dunia medis disebut dengan periodontitis. Tapi kini telah ditemukan cara mudah untuk menyingkirkan krang gigi. Seketika karang gigi rontok, praktis, dan cepat. Tidak menimbulkan efek samping dan dapat dilakukan oleh siapa saja.
      Malas menyikat gigi dan tidak melakukan cara menyikat gigi yang benar dapat menimbulkan plak dan juga terbentuknya karang gigi. Masalah berikutnya yang akan datang adalah bau nafas yang tak sedap, bahkan gigi akan mengalami perubahan warna menjadi kuning. Atasi semua masalah ini dengan memakai butiran biji wijen dan garam seperti dikutip dari Healthy Life Vision.
      Pertama kunyah beberapa biji wijen rasakan dalam mulut sampai agak halus tapi jangan ditelan. Setelah itu sikat gigi perlahan-lahan dengan sikat gigi kering. Proses ini akan membuat pecahan biji wijen dan karang gigi bergesekan dan perlahan-lahan akan mengikis karang gigi.
      Berikutnya adalah dengan memakai garam dapur. Caranya gunakan garam sebagai pengganti pasta gigi Anda. Kemudian kumur dengan memakai air, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.
    • By dugelo
      Maudy Ayunda mengaku begitu bangga dengan dua gigi depannya yang serupa gigi kelinci. Ia bahkan melabelinya sebagai anggota tubuh favorit.
      "Itu ciri khasku, kalau senyum orang bisa nebak kalau itu aku," kata Maudy di Jakarta, Kamis (31/3).
      Selain gigi kelinci, gadis 21 tahun ini paling suka dengan bibir yang biasa dihiasi dengan lipstik warna-warni sesuai nuansa hatinya.
      Beranjak dewasa, mahasiswi Universitas Oxford ini mulai mencoba bereksperimen dalam mempercantik diri, mulai dari gaya natural yang cocok untuk seusianya hingga dandanan edgy.
      Aktivitas di dunia hiburan juga membuat Maudy mau tak mau bersentuhan dengan make up. "Aku suka eksplorasi, sekarang lagi suka lipstik matte dan warna pink," tutur brand ambassador L'Oreal Indonesia terbaru itu.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy