Jump to content
ohshit

10 Film Horor Terbaik Yang Mampu Bikin Kerasukan

Recommended Posts

Menonton film horor mungkin sebagian dari kalian akan bilang sangat mengasyikan namun sebagian lagi dari kalian merupakan sesuatu yang paling dihindari. Karakter film horor yang mampu membuat para penontonnya ketakutan adalah tensi film itu sendiri selain karakter sebagai faktor pendukung. Berikut 10 film horor yang mampu membuat kalian kerasukan ketakutan yang mungkin kalian ga akan lupakan

10. The Exorcism of Emily Rose

 

post-62-0-44317200-1398868059_thumb.jpg

Sebuah film baru tentang pengusiran setan, saat ini masih menjadi bahan perbincangan, tak terkecuali bagi orang Katolik. Film berjudul The Exorcism of Emily Rose (TEER) berkisah tentang exorsisme (pengusiran setan) terhadap gadis berusia 20 tahun, bernama Emily Rose. Seorang pastor bernama Richard Moore yang berniat baik menolong Emily dan melakukan praktik eksorsisme justru dianggap lalai hingga diajukan ke pengadilan. Kematian Emily Rose yang misterius menimbulkan pertanyaan, antara ia meninggal karena penyakit psikis akut atau memang karena kerasukan setan.

TEER diliris pada bulan September 2005 lalu. Sutradaranya bernama Scott Derrickson seorang penganut Kristen. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Anneliese Michel, seorang gadis Katolik Jerman yang mati pada tahun 1976. Ia meninggal beberapa minggu setelah gagalnya upaya pengusiran setan oleh pastor Richard Moore. Gereja Katolik sebenarnya menghendaki eksorsisme tergantung dari kondisi orang yang kerasukan setan dan sesuai permintaan si penderita. Namun telanjur udah, pengadilan memutuskan bahwa kematiannya disebabkan oleh penghentian mengkonsumsi obat, sebagaimana saran Pastor Richard terhadap Emily. Padahal penghentian itu dimaksudkan untuk memuluskan eksorsisme. Kisah film ini menampilkan perjuangan pelepasan dari kekuatan supranatural sehingga tampak sebagai film horor. Film ini skenarionya ditulis Scott Derickson dan Paul Harris Boardman

9. Night of the Demons

 

post-62-0-63068800-1398868057.jpg

Film horror garapan Adam Gierasch. Sutradara spesialis film horror akan menguncang kalian. Sebenarnya film ini udah rilis terbatas di 2009 lalu dan rilis dalam bentuk dvd Oktober 2010 ini. Mengerikan, mungkin hanya satu kata yang bisa mengambarkan film ini. Terlebih Adam Gierasch dibantu oleh Jace Anderson yang juga spesialis film horror mengerjakan naskahnya.

Cerita di mulai saat Maddie Curtis dan temannya Lilly dan Suzanne bersiap mengahadiri pesta malam halloween yang diadakan Angela di mansion milik keluarga Broussard yang terkenal angker di New Orleans. Lebih dari 80 tahun yang lalu enam orang hilang dari mansion itu tanpa jejak dan pemiliknya Evangeline Broussard gantung diri

Sejarah gelap mansion itu menambah seru suasana pesta malam halloween. Pesta berlangsung diluar kontrol hingga polisi membubarkan pesta itu,setelah para tamu pulang Angela, Maddie, Lily, Dex, Colin, Suzanne dan teman mereka Jason mengetahui sebuah rahasia mengerikan HP mereka ga berfungsi dan tiba tiba gerbang mansion itu terkunci saat itu mereka sadar bahwa ada kekuatan supranatural bekerja di Broussard mansion dan disana mungkin ada cerita lain dari Evangeline Broussard yang belum diketahui orang.

Mereka mengetahui kalau Mansion itu adalah rumah setan yang butuh dirasuki tujuh bejana untuk membebaskan kutukan kuno. Satu persatu diantara mereka berubah menjadi mahluk mengerikan. Hanya tinggal Maddie, Colin dan Jason yang tersisa,bisakah mereka melewati malam itu dan menghalagi kekuatan jahat itu menyebar keseluruh dunia. Salah satu film yang pantas ditonton saat kalian ingin merasakan sensasi kerasukan

8. Paranomal Activity

 

post-62-0-09640700-1398868056_thumb.jpg

Mungkin predikat “One of the Scariest Movie of all time” pantas diraih oleh Paranormal Activity. Film horror yang disutradarai oleh Oren Peli ini belakangan menjadi topik hangat pembicaraan di sejumlah media, baik elektronik maupun cetak, selain itu banyak juga dibahas di dalam komunitas/website pencinta film, bahkan sempat menempati peringkat #1 di US Box Office selama beberapa minggu mengalahkan SAW VI.

Pada tahun 2007, film low budget ini tadinya hanya dibuat untuk kepentingan festival film aja (limited screening), hingga pada suatu saat salah satu studio terbesar di Hollywood, Paramount Pictures tertarik untuk mendistribusikan secara luas (wide release). Itu semua dilakukan karena banyaknya request dari penonton yang meminta film ini untuk diputar di sejumlah bioskop.

7. The Rite

 

post-62-0-42823500-1398868054_thumb.jpg

Salah satu film supranatural yang patut ditonton adalah The Rite. Rilis pada 2011. film ini disutradarai oleh Mikael Håfström dan naskahnya ditulis oleh Mikael Håfström. The Rite sendiri berkisah tentang Michael Kovak (Colin O'Donoghue) yang merupakan seorang calon pastur muda. Michael dikirim dari sekolah kepasturannya di Amerika untuk belajar mengenai teknik pengusiran setan alias Exorcism di Vatikan. Michael sendiri sebenarnya adalah pemuda yang mengalami krisis keimanan. Dia lebih percaya pada hal ilmiah dan medis dibanding hal gaib macam exorcism. Karena itu dia menganggap pengusiran setan dengan bantuan pastur dan doa hanyalah lelucon dan baginya orang yang mengaku kesurupan hanyalah orang yang menderita gangguan psikologis. Disana Michael dipertemukan dengan pastur senior bernama Bapa Lucas (Anthony Hopkins) yang udah sangat berpengalaman dalam pengusiran setan. Disanalah Michael mulai melihat secara langsung upacara pengusiran setan. Awalnya semua terlihat terkendali sampai akhirnya terungkap bahwa iblis yang ditangani oleh mereka berdua bukanlah iblis sembarangan.

6. Drag Me To Hell

 

post-62-0-35532000-1398868048_thumb.jpg

Seorang petugas kredit diperintahkan untuk menolak memberikan kredit dan mengusir seorang wanita tua dari rumahnya. Kejadian ini membawanya pada sebuah kutukan, dimana kehidupannya menjadi seperti di neraka. Putus asa, wanita tersebut menemui cenayang untuk menyelamatkan diri, disaat para makhluk jahat terus menyerangnya. Drag Me to Hell adalah film horor tahun 2009 yang disutradarai oleh Sam Raimi dan ditulis oleh Sam Raimi dan Ivan Raimi. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Cannes dan telah meraih sukses besar, memperoleh 80 juta dolar di seluruh dunia dari budget pembuatannya yang hanya berjumlah 30 juta dolar aja.

 

5. The Amityville Horror

The Amityville Horror adalah film horor klasik yang pertama kali diremake ulang oleh Platinum Dunes pada tahun 2005 berdasarkan film aslinya produksi tahun 1979. The Amityville Horror menjadi debut film horor pertama Platinum Dunes pada tahun 1995.

Film The Amityville Horror yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan pasangan suami istri, George (Ryan Reynolds) dan Kathy Lutz (Melissa George) dengan 3 anaknya yang pindah ke sebuah rumah baru bergaya kolonial. Selama tinggal di rumah baru itu, keluarga kecil ini selalu diganggu mahluk halus penunggu rumah itu. Pada awalnya mereka berusaha seakan horor di masa lalu itu ga ada. Sampai akhirnya George dan anak perempuan mereka Chelsea (Chloe Moretz) mulai berperilaku ganjil. Chelsea mulai bisa melihat penampakan mahluk halus dan berkomunikasi dengan mereka secara jelas.
Ternyata setelah diselidik, rumah itu memiliki sejarah yang memilukan. Sebuah keluarga pernah dibantai dan pembunuhnya kemudian bunuh diri di rumah tersebut. Keluarga kecil ini hanya mampu bertahan selama 28 hari dan memutuskan keluar untuk selamanya dari rumah hantu tersebut.  Film The Amityville Horror ini digarap sangat baik dengan nuansa horor yang benar-benar mencekam baik dari segi visualisasi, efek seram maupun akting pemain yang memukau. Jadi walaupun cukup lawas, film ini masih cukup layak untuk ditonton bersama keluarga. Terlebih bagi ente yang merupakan penggemar film horor.

4. The Excorcist

 

post-62-0-19055600-1398868039.jpg

The Exorcist adalah sebuah film horor Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty, mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme (ritual pengusiran setan) yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik. Film ini menampilkan Ellen Burstyn, Linda Blair, Max von Sydow, Kitty Winn, Lee J. Cobb, Jason Miller dan Mercedes McCambridge. Baik film maupun bukunya terinspirasi dari sebuah praktek eksorsisme yang tercatat pada tahun 1949 atas seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun. Film ini merupakan salah satu dari sekian banyak film 'anak setan', termasuk di antara serial film The Omen dan Rosemary's Baby.

Film ini menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa, memperoleh penghasilan kotor sebesar $402.500.000 di seluruh dunia. Film ini juga memperoleh sepuluh nominasi Piala Oscar - memenangkan dua di antaranya untuk Penataan Suara Terbaik dan Penulisan Skenario Adaptasi Terbaik - dan kalah dalam kategori Film Terbaik pada film pemenangnya The Sting. Bersama-sama dengan novel yang mendasari film ini, cerita karangan Blatty ini telah diterbitkan berulang kali selama bertahun-tahun.

3. The Ring 2

 

post-62-0-72492000-1398868037_thumb.jpg

Kisah ini menyambung cerita sebelumnya di THE RING. Dimulai dengan setting enam bulan sejak peristiwa mengerikan yang dialami Rachel Keller (Naomi Watts) dan putranya Aidan (David Dorfman) di Seattle, AS. Untuk menghapus kenangan-kenangan buruk yang menghantui Rachel mengajak putranya pindah ke sebuah daerah kecil di pantai Astoria, Oregon.

Namun tanpa dinyana keputusan ini berubah menjadi teror yang mengerikan. Terjadi pembunuhan di dekat tempat tinggal baru mereka dan berciri sama dengan yang pernah dilihatnya. Barang bukti berupa kaset rekaman video yang tertinggal semakin membuat dugaan Rachel menguat. Samara masih terus menyebar terornya melalui kaset video. Kecurigaan Rachel semakin nyata ketika Aidan tiba-tiba mengalami memar dan harus dirawat di rumah sakit. Dan Rachel berpikir itu adalah ulah Samara. Dokter yang merawat Aidan malah mencurigai Rachel telah melakukan penyiksaan pada putranya. Dengan tekad menyelamatkan Aidan serta membersihkan dirinya dari tuduhan, Rachel memutuskan kembali ke Seattle untuk menggali lebih banyak informasi tentang masa lalu Samara. Dibintangi oleh  Naomi Watts, Simon Baker dan David Dorfman, The Ring 2 ga kalah seramnya

2. The Grudge 2

 

post-62-0-31553400-1398868036.jpg

Dengan tim yang sama dan penampilan singkat dari Sarah Michelle Gellar, bintang utama seri pertamanya, maka kini tiba 'The Grudge 2'. Tidak ada yang berbeda dengan film pertama atau versi orisinilnya. Gaya non-linear tetap dipertahankaJika ditilik lagi, sebenarnya 'The Grudge 2' ini sebenarnya sebuah obligatory-sequel atau sekuel karena keharusan, selain tentu aja sebagai sebuah sequel-in-demand. Tampaknya film ini akan menjadi jembatan untuk pindah lokasi nantinya, jika sequel ketiga jadi dibuat tentunya. Terlepas dari kelemahan-kelemahannya, 'The Grudge 2' sebenarnya masih menarik untuk disaksikan, apalagi Takashi Simizu memang handal sekali dalam menampilkan adegan-adegan yang menyeramkan. Walaupun dibeberapa adegan mengandalkan adegan-adegan 'kaget', namun atmosfir kengeriannya tetap terjaga.

Stephen Susco sebagai penulis skenario versi Amerikanya. Ceritanya terbagi menjadi tiga bagian yang berjalan pararel: pertama, Aubrey Davis (Amber Tamblyn, The Ring) pergi ke Tokyo untuk membawa pulang kakaknya, Karen Davis (Sarah Michelle Gellar, I Know What You Did Last Summer) kembali ke Amerika atas desakan ibunya. Padahal hubungan Aubrey dengan Karen sedang memburuk. Bukannya berhasil membawa Karen yang tengah dirawat di sebuah Rumah Sakit, justru ia terlibat dalam misteri kutukan kemarahan Kayako (Takako Fuji), setelah kematian tragis yang kemudian dialami oleh Karen. Bersama dengan seorang wartawan, Eason (Edison Chen, Infernal Affairs), mereka berusaha menguak misteri dendam Kayako. Kedua, tiga orang siswi sekolah Internasional di Tokyo, Vannesa (Teresa Palmer), Miyuki (Misako Uno) dan Allison (Arrielle Kebbel) mendatangi rumah kosong bekas pembantaian Kayako. Vannesa dan Miyuki sebenarnya hanya ingin mempermainkan Allison dengan menakut-nakutinya. Vannesa dan Miyuki sebenarnya hanya ingin mempermainkan Allison dengan menakut-nakutinya. Namun, sepulang dari rumah tersebut, mereka bertiga mengalami gangguan supernatural yang mengancam jiwa mereka. Ketiga, cerita kini berlokasi di Amerika. Seorang wanita, Trish (Jennifer Beals, Flashdance) pindah ke sebuah apartemen mengikuti tunangannya, Bill (Christopher Cousins). Selain menyesuaikan diri dengan apartemen baru, ia juga harus beradaptasi dengan kedua anak Bill, Lacey (Sarah Roemer) dan Jake (Mathew Knight).  Film ini bakal mengundang banyak jeritan jika kalian masuk ke dalam cerita ini.

1. The Shining  

 

post-62-0-20372400-1398868089_thumb.jpg

Inilah film horor terbaik yang mampu membuat bulu kuduk kalian berdiri maupun jeritan kalian semakin keras. The Shining, film horor yang dibuat pada 1980. Dikisahkan Jack Torrance (Jack Nicholson) mempunyai pekerjaan baru menjadi seorang penjaga/cartaker sebuah hotel besar dan mewah yang sangat terpencil dan sangat terisolasi dari keramaian. Hotel bernama "Overlook Hotel" itu berada di pegunungan Rocky Mountain, Colorado. Kebetulan, Jack juga sedang mempunyai proyek penulisan sebuah novel, atas alasan itu, Jack sangat bersemangat menerima pekerjaan itu, karena menurutnya dengan kesunyian dan ketenangan hotel itu akan menjadi tempat yang pas baginya untuk menyelesaikan novel itu dengan mudah.

Betapa menakutkannya kejadian 5 tahun yang lalu di hotel tersebut ga mengurungkan niat Jack untuk tetap bekerja di hotel tersebut dan membawa serta istri dan seorang anak "indigo"nya bernama Danny untuk tinggal beberapa bulan di hotel tersebut. Satu bulan kemudian, kejadian-kejadian aneh terjadi. Danny yang mempunyai kemampuan melihat hal yang akan terjadi di masa datang terus menerus diganggu bayangan-bayangan menakutkan. Jack pun secara perlahan dan pasti, kondisi psikologinya mulai terganggu, ya, rupa-rupanya kejadian menakutkan 5 tahun yang lalu pun akan kembali terulang.

post-62-0-98532000-1398868045_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By peter_hutomo
      Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) naik daun karena kisah horor yang beredar di dunia maya. Kejadian serupa juga dialami mahasiswa Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon pada 2018 lalu.
      Fani, salah seorang peserta KKN mengaku tak akan melupakan kejadian mengerikan itu. Fani mengatakan, saat sudah diterjunkan ke desa tersebut, Fani ditunjukkan dua rumah untuk disewa.
      "Rumah pertama untuk mahasiswa laki-laki dekat balai desa tapi yang perempuan jaraknya jauh dari rumah warga," kata dia.
      Rumah yang ditempati Fani dikelilingi pohon bambu. Tapi, program pengabdian ke masyarakat itu punya bumbu misteri, kala seorang peserta KKN bernama Lastri (bukan nama sebenarnya), tiba-tiba kerap melakukan aktivitas yang aneh.
      Berkaca di Cermin Besar
      Lastri kerap memakan bunga melati. Dia juga minum botol air khusus.
      "Kami sempat mencari tahu tentang Lastri setelah minggu kedua kami diberi tahu kalau air itu diberi keluarganya karena diyakini punya khasiat apa gitu. Kami tetap positif saja karena yang penting kegiatan KKN mahasiswa Cirebon ini lancar," ujar dia.
      Tapi, tingkah Lastri semakin mencurigakan. Wanita itu cenderung suka menyendiri dan berkaca di cermin besar.
      Pada pekan ketiga KKN, Fani mengaku, tingkah laku Lastri terlihat lebih berbeda. Saat Kamis, malam Jumat Kliwon menjelang maghrib, Lastri tiba-tiba mandi dan keramas.
      "Setelah Lastri mandi, saya bersama kawan lain di ruang tengah bersiap untuk salat maghrib. Nah, Lastri setelah keluar dari kamar mandi langsung menuju kamar yang biasanya dijadikan tempat untuk berkaca," ujar dia.
      Tak Lazim
      Saat itu, pintu kamar yang digunakan Lastri dalam kondisi sunyi seperti tidak ada aktivitas di dalamnya. Fani bersama dua teman lainnya berinisiatif menghampiri kamar tersebut untuk memastikan keberadaan Lastri.
      "Saya buka pintu pelan-pelan melihat Lastri sedang duduk di depan kaca sambil membelai rambutnya tanpa suara dan pandangannya kosong," kata dia.
      Tidak lama kemudian, Lasti mengalami aktivitas aneh yang diduga kerasukan. Setelah kedatangan kelompok KKN laki-laki dan pihak desa, Lasti disembuhkan.
      "Kalau kata Pak Kiai desa bilangnya kejadian ini berawal dari Lastri yang punya kebiasaan tak lazim sehingga mengundang makhluk halus hadir di rumah yang kami sewa ini," ujar dia.
      Usai pulih, Lastri bersama kedua temannya diantarkan pulang untuk mendapat perawatan dari keluarga mereka.
    • By ega
      Masih ingat ketika Quentin Beck (Jake Gyllenhaal) menipu Spider-Man (Tom Holland) tentang multiverse dalam Spider-Man: Far from Home?
      ''Hanya karena Quentin Back berbohong tentang multiverse, tidak berarti itu tak nyata,'' kata Scott Derrickson, sutradara Doctor Strange.
      Marvel Cinematic Universe membuktikannya dengan mengumumkan sekuel Doctor Strange yang berjudul Doctor Strange in the Multiverse of Madness.
      Benedict Cumberbatch kembali memerankan Doctor Strange. Film tersebut juga akan menampilkan Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) karena kejadian di dalam WandaVision (serial tentang Wanda Maximoff di Disney+) akan berkaitan besar dengan film ini.
      ''Dia akan menghadapi hal yang tidak terduga. Aku pikir, dia akan berada dalam posisi seperti penonton yang tidak tahu apa yang akan terjadi,'' kata Cumberbatch.
      Sementara itu, Derrickson yang juga kembali ke posisi sutradara menambahkan bahwa dirinya ingin membuat film ini menjadi film MCU yang paling menyeramkan. Film ini juga akan dibintangi Awkwafina.
    • Guest News
      By Guest News
      Thanos pertama kali diperkenalkan di Marvel Cinematic Universe pada post-credit film The Avengers. Kehadiran sang Mad Titan cukup menarik perhatian para penggemar Marvel karena dirinya memang dianggap sebagai penjahat nomor satu di semesta Marvel.
      Enam tahun berlalu, karakter yang diperankan oleh Josh Brolin ini akhirnya muncul dalam Avengers: Infinity War. Namun dalam debut filmnya itu ia terlihat berbeda. Kulit Thanos yang semula diwarnai ungu seketika menjadi coklat sedikit bercampur pink.
      Perubahan warna ini sempat menjadi sorotan ketika trailer pertama dirilis. Matt Aitken, supervisor visual effect Infinity War, akhirnya memberikan penjelasan mengapa warna kulit Thanos akhirnya diubah di dalam film garapan Anthony dan Joe Russo.

      “Adegan-adegan di film Guardians adalah di mana kami melihatnya dengan sangat jelas dalam film-film MCU sebelumnya, dan Itu adalah sebuah hal yang luar biasa, jadi kita tidak ingin membuatnya sama seperti itu,” ujar Aitken seperti dilansir Comicbook, Rabu (9/5/2018).
      Aitken menambahkan bahwa mengingat Thanos menjadi sosok sentral di Infinity War dan mengharuskan pengambilan gambar yang banyak, harus ada perubahan tampilan yang dilakukan. Akhirnya penampilannya pun dibuat lebih natural, sosok Thanos dibuat lebih detail dan bentuk wajahnya lebih dibuat alami.
      Ketika Thanos pertama kali muncul di tahun 2012, para penggemar Marvel dengan mudah mengenalinya karena penampilannya dengan warna kulit ungu mirip seperti apa yang ada di dalam komik Marvel. Namun pengembangan karakter membuat tim produksi berusaha membuat tampilan Thanos menjadi lebih realistis dengan kekuatan emosional yang lebih besar seperti di dalam Infinity War.
      Thanos mungkin bukan satu-satunya karakter MCU yang mengalami perubahan penampilan. Beberapa karakter juga mengalami hal sama, namun lebih kepada aspek kostum yang digunakan. Perubahan yang terjadi di dalam wajah Thanos menjadi salah satu perubahan paling drastis sepanjang sejarah MCU.

      “Sejak awal, Marvel sadar bahwa mereka butuh Thanos dengan versi yang lebih baik dan kami tidak pernah diminta untuk membuatnya sama seperti penampilan di versi awal,” ucapnya lagi.
      Avengers: Infinity War sendiri saat ini sedang tayang di bioskop-bioskop di hampir seluruh dunia. Setelah film ini, Marvel Studios sudah mempersiapkan Ant-Man and the Wasp yang rilis pada 6 Juli 2018, Captain Marvel pada tanggal 8 Maret 2019, dan Avengers 4 pada 3 Mei 2019. Sementara itu sekuel dari Spider-Man: Homecoming tayang pada 5 Juli 2019 dan Guardians of the Galaxy Vol. 3 menyusul di tahun 2020.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy