Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Badai Tuan telah berlalu
      Salahkah 'ku menuntut mesra?
      Tiap pagi menjelang
      Kau di sampingku
      'Ku aman ada bersamamu
      • 0 replies
    • Ini Enak dan Tidak Enaknya Jadi Menteri
      Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2019-2024 dalam Pilpres 2019.

      Setelah pemilihan umum dan berbagai sidang yang menegangkan, kini perhatian masyarakat terfokus pada calon menteri baru dalam kabinet pemerintah 2019-2024.

      Masyarakat penasaran siapa saja menteri yang akan membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih di masa depan.
      • 0 replies
    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
kotawa

Cara Merawat Wajah Biar Putih, Bersih dan Bebas Jerawat

Recommended Posts

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh terpenting yang harus selalu dijaga dan dirawat setiap hari. Selain itu wajah juga menjadi aset utama bagi setiap orang dalam hal penampilan, baik pria maupun wanita. Sehingga banyak cara merawat wajah yang dilakukan untuk mendapatkan wajah putih, bersih, dan terbebas dari jerawat. Tetapi hal tersebut tidak akan mudah dicapai, jika tidak dibarengi dengan niat dan perawatan wajah yang tepat.

 

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, semuanya tergantung bagaimana cara kita merawat dan membersihkannya setiap hari. Cara termudah dalam merawatnya yaitu dengan memakai produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit anda, sehingga kulit wajah akan terbebas dari komedo dan jerawat. Bagi yang ingin mengetahui cara merawat wajah agar putih,  bersih dan terbebas jerawat, silahkan simak selengkapnya dalam artikel berikut ini :

 

Cara Merawat Wajah

  1. Sebelum anda menyentuh daerah wajah, sebaiknya biasakanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih, agar wajah terbebas dari kuman dan bakteri.
  2. Bersihkan wajah dengan air mengalir dan berikan pijatan pada wajah, untuk membantu memperlancar peredaran darah. Sebaiknya lakukan pembilasan dengan benar dan akhiri dengan pengeringan menggunakan handuk bersih dan lembut.
  3. Biasakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit anda, setiap pagi dan malam atau setiap kali keluar dari rumah.
  4. Biasakan untuk selalu memakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agar kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.
  5. Luangkan waktu sekitar 2-3 menit setiap malam untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah.
  6. Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar. Sebaiknya gunakanlah masker alami yang aman bagi kulit wajah.
  7. Perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 8 gelar perhari, untuk menjaga kulit wajah terlihat lebih cerah dan segar.
  8. Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  9. Berolahragalah secara teratur agar kulit menjadi tetap kencang dan tubuh akan terbeas dari berbagai penyakit.

Setelah anda mengetahui cara merawat wajah dengan benar diatas, sebaiknya anda juga dapat mencoba cara merawat secara alami berikut ini :

 

1. Bengkoang

 

Bengkoang memiliki kandungan rotenon, pachyrhizon, Vitamin C dan B1 yang dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda hitam yang disebabkan oleh jerawat. Anda dapat mencobanya denga cara mengupas dan mencuci bengkoang dengan bersih, kemudian parut hingga lembut. Setelah itu peras air bengkoang dengan saringan dan letakkan dalam wadah, diamkan selama setengah jam. Buang air tersebut dan pakailah sari bengkoang atau endapan bengkoang secara merata ke wajah anda dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan diikuti dengan air dingin.

 

2. Jeruk Nipis

 

Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Anda dapat mencoba menggunakan jeruk nipis dengan cara membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 – 20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

 

3. Apel

 

Apel mempunyai kandungan zat lastin dan kolagen yang dapat mengurangi minyak pada kulit wajah. Anda dapat mencobanya dengan cara membuat masker apel seperti berikut ini, kupaslah buah apel dan haluskan dengan menggunakan blender tanpa dicampur dengan air. Setelah itu oleskan masker apel ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan dilanjut dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil.

 

4. Tomat

 

Tomat mempunyai zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo dan mencerahkan wana kulit wajah. Anda dapat mencobanya denga cara menghaluskan 1 buah tomat, kemudian campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah dengan air hangat.

 

5. Alpukat

 

Alpukat mempunyai kandungan Vitamin C dan E yang dapat menjaga kelembapan dan memberi asupan nutrisi serta menghaluskan kulit wajah. Anda dapat mencoba membuat masker alpukat dengan cara menghaluskan daging buah dan dihaluskan dengan sendok atau blender. Kemudian oleskan pada bagian wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By kotawa
      Jerawat merupakan salah satu dari sekian banyak permasalahan kulit yang dianggap mengganggu. Tidak hanya kerap menimbulkan rasa sakit, munculnya jerawat ternyata juga dapat mengganggu penampilan. Selain wajah, jerawat juga lazim muncul pada beberapa bagian tubuh lainnya, salah satunya di area ketiak. Munculnya jerawat di ketiak terkadang memang sangat menyiksa karena area ini termasuk bagian lipatan tubuh yang sensitif. Selain disebabkan kurangnya menjaga kebersihan, munculnya jerawat di ketiak rupanya juga bisa disebabkan oleh tiga hal berikut. Apa saja?
      Adanya Penyumbatan Folikel Rambut di Ketiak
      Penyumbatan folikel rambut bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di ketiak. Hal ini dapat terjadi jika kamu terbiasa mencukur bulu ketiak yang tumbuh. Terlalu sering mencukur bulu ketiak dapat memunculkan potensi bulu ketiak tidak dapat tumbuh keluar lagi, melainkan masuk ke dalam epidermis kulit. Hal ini tentunya dapat menghasilkan tonjolan-tonjolan kecil menyakitkan di ketiak yang menyerupai jerawat. Sebelum mencukur, kamu dapat mengoleskan kapas yang telah dicelupkan pada air hangat yang telah dicampur ½ sdt garam pada ketiak kamu. Ini bertujuan untuk melembutkan rambut sebelum dicukur. Selain itu, biasakan juga untuk menggunakan krim cukur yang tebal guna menghindari iritasi kulit saat bercukur. Jika memungkinkan, selalu gunakan pisau cukur baru setiap kali hendak mencukur ketiak, ya!
      Penggunaan Deodoran yang Berlebihan
      Selain disebabkan oleh kebiasaan mencukur bulu ketiak, penggunaan deodoran juga dapat berperan menyumbat pertumbuhan folikel rambut. Hal ini disebabkan karena pemakaian deodoran yang berlebihan secara tidak langsung dapat menyumbat pori pada kulit ketiak, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Selain itu, beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam deodoran juga dapat menimbulkan reaksi alergi hingga menyebabkan iritasi pada kulit ketiak yang ditkamui dengan munculnya jerawat. Pemakaian deodoran yang benar tidak harus digunakan setiap hari, melainkan dibatasi satu hingga dua kali saja dalam seminggu. Selain itu, gunakan deodoran hanya saat kulit kamu benar-benar sudah kering agar penyerapannya lebih maksimal.
      Mengalami Hidradenitis Suppurativa
      Apabila kamu tidak pernah mencukur bulu ketiak dan menggunakan deodoran, tetapi memiliki jerawat cukup besar di ketiak, bisa jadi kamu sedang mengalami kelainan kulit yang disebut hidradenitis suppurativa. Kelainan kulit ini sering disalah artikan sebagai jerawat karena keduanya memiliki tanda dan gejala yang mirip, di antaranya disertai dengan benjolan berwarna merah berisi nanah yang terasa nyeri. Namun, hidradenitis suppurativa ini sama sekali berbeda dengan jerawat.
      Hidradenitis suppurativa merupakan peradangan kronis di kelenjar keringat yang disebabkan oleh infeksi sehingga menimbulkan benjolan berisi nanah dan dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit. Ketiak adalah area tubuh yang paling sering terkena penyakit ini. Walaupun tampilannya mirip jerawat, namun benjolan hidradenitis suppurativa biasanya berukuran lebih besar dengan rasa nyeri yang teramat sangat, seperti melepuh dan juga berisi nanah. Jika kamu mulai merasakan hal ini, segeralah kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.
    • By kotawa
      Mungkin banyak yang sudah tahu jika selama ini putih telurlah yang seringkali digunakan sebagai masker perawatan wajah. Namun, ternyata kuning telur juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Karena diketahui jika kuning ternyata memiliki lebih banyak lemak dan nutrisi yang baik untuk kulit.
      Selain mengandung lemak, kuning telur juga mengandung berbagai vitamin dan protein seperti vitamin A, B6, B12, D, E, K, folat, kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium dan selenium.
      Dan berikut adalah manfaat masker kuning telur dan bagaimana cara membuatnya: 
      1. Melembabkan kulit
      Manfaat pertama dari masker kuning telur adalah untuk melembabkan kulit. Kuning telur dapat melembutkan dan melembabkan kulit. Kuning telur juga akan tetap aman dipakai untuk kulit sensitif.
      2. Mengatasi kulit kering dan berminyak
      Jika Anda memiliki masalah kulit kering dan berminyak, Anda bisa menggunakan masker kuning telur untuk mengatasinya. Kuning telur dapat mengatasi masalah kulit kering. Caranya oleskan kuning telur pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan ritual ini 2 kali dalam seminggu.
      3. Menghilangkan jerawat
      Jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan, bukan berarti masalah jerawat tidak dapat diatasi. Anda bisa mengatasi masalah jerawat menggunakan masker kuning telur. 
      4. Memperlambat penuaan
      Kuning telur mengandung nutrisi penting yang dapat memperlambat penuaan. Kuning telur juga digunakan sebagai bahan kosmetik anti-aging yang bemanfaat untuk mengatasi masalah penuaan. Gunakan masker kuning telur 2 kali dalam seminggu.
      Cara membuat masker kuning telur:
      Caranya, pisahkan terlebih dulu kuning telur dan putihnya. Ambil kuning telur dan kocok hingga halus, untuk hasil maksimal Anda bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan alami lainnya seperti yougurt, susu, lemon dan lain sebagainya. Oleskan masker kuning telur pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
    • By Adeus
      Memiliki wajah mulus tanpa jerawat menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kulit bebas jerawat. Bahkan, di antara mereka tidak jarang memilih memencet jerawat karena ingin mengeluarkan isinya agar cepat hilang. Namun, ternyata cara itu tak menyelesaikan masalah dan sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat kondisi kulit semakin buruk.
      Ketika Anda menekan jerawat, maka sebum, sel kulit mati dan bakteri dipaksa berada di bawah permukaan kulit. Hal ini justru dapat menyebarkan infeksi. 
      Dikutip dari Metro, seorang ahli dermatologi menjelaskan bahwa memaksa untuk ‘menguras’ jerawat hanya akan membuat isinya didorong ke kulit sekitarnya, yang dapat menyebabkan kulit sekitar justru terinfeksi.
      Konsultan dermatologi di Rumah Sakit St Vincent di Melbourne, Michelle Rodrigues, mengatakan bahwa hampir semua jerawat akan mereda tanpa intervensi apapun. "Memencet dan mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat bukan solusi terbaik dan malah dapat membuat kulit Anda lebih parah," ujarnya.
      Dia mengibaratkan bahwa jerawat seperti tas kecil di bawah kulit yang mengandung minyak, bakteri, dan memiliki potensi mengalami peradangan. Karena itu, dengan memencetnya dapat mengakibatkan isi jerawat didorong ke dalam kulit di sekitarnya, sehingga membuat masalah lebih buruk dan dapat menyebabkan infeksi dan penggelapan di daerah itu.
      "Peradangan dapat menjadi begitu buruk dan meninggalkan jaringan parut saat jerawat akhirnya mereda. Jaringan parut tidak seperti jerawat, karena dia bisa permanen," ungkapnya.
      Jika Anda menahan keinginan untuk memencet, jerawat biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar seminggu tanpa meninggalkan bekas luka. Isi jerawat juga akan hilang atau kering dengan sendirinya. 
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy