Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
qbonk

Cara Memperkuat Program Cybersecurity di Perusahaan

Recommended Posts

post-29-0-95104100-1424017786_thumb.jpg

 

Saat ini, setiap perusahaan harus memiliki beberapa bentuk program keamanan digital yang diterapkan di perusahaan. Program keamanan digital yang telah ada tersebut perlu diperkuat karena sejauh ini kejahatan digital terus meningkat dan semakin canggih. Berikut adalah lima unsur penting yang harus dipertimbangkan oleh semua perusahaan terhadap program keamanan digital.

 

1. Respon terhadap Insiden

 

Praktisi keamanan harus terlebih dahulu memiliki pemahaman yang cerdik terhadap langkah keamanan serta sense terhadap apa yang telah dilakukan perusahaan sebelumnya. Biasanya, semakin baik pemahaman tentang bisnis, semakin baik pemahaman kebutuhan keamanan bisnis.

 

Chief Information Security Officer (CISO) harus mendorong dan memastikan informasi program yang tepat masuk kepada para pemimpin unit bisnis yang tepat dalam suatu insiden. Integrasi yang lebih besar antara tim keamanan dan bisnis pada akhirnya akan mengarah pada integrasi yang lebih baik dan lebih cepat terhadap pengambilan keputusan dalam suatu insiden.

 

Dari sisi keamanan dan manajemen risiko, setiap praktisi harus memiliki eksposur nyata terhadap jenis serangan yang mereka hadapi selama insiden dan memiliki sense bagaimana cara menghadapinya. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan efektivitas respon tim adalah dengan melakukan pelatihan merah/biru di mana sebagian tim keamanan bertindak sebagai penyerang dan yang lain sebagai penahan serangan.

 

2. Investasi di Visibility Network

 

Perusahaan tidak dapat menghentikan serangan yang tidak bisa mereka lihat. Bekerjalah terus-menerus untuk mengembangkan visibilitas di seluruh lingkungan untuk mendapatkan pandangan menyeluruh dan inklusif terhadap lingkungan melalui scanning dan sistem pemantauan.

 

Ada tiga pilar utama yang penting untuk menjaga visibilitas program keamanan, yaitu  pemantauan ancaman ke jaringan, pemantauan atas pelanggaran kebijakan jaringan yang berlaku pada CISO, dan pemantauan untuk anomalisme dalam perilaku jaringan perusahaan.

 

3. Penegakan Standar Keamanan

 

Inteligensi terhadap ancaman sangat penting ketika berbagi data dengan pihak ketiga yang terpercaya. Jika Anda berhubungan dengan pihak ketiga (terlepas dari apakah Anda menyediakan data, menerima data, atau keduanya) adalah penting untuk membangun pemahaman yang terdokumentasi dengan baik sesuai dengan standar dan harapan di awal.

 

4. Kenali Taktik Musuh

 

Membentuk tim keamanan yang memiliki pengetahuan terhadap alat, taktik dan praktik praktis musuh memungkinkan praktisi keamanan untuk melihat lingkungan melalui mata penyerang. Praktisi keamanan tidak hanya perlu memahami bagaimana untuk menghadapi serangan, tetapi juga bagaimana serangan yang paling umum bekerja. Melalui simulasi dan reverse engineering hacking tools saat ini, tim keamanan dapat mengembangkan suatu jenis memori otot untuk menanggapi berbagai jenis serangan.

 

5. Meningkatkan Kesadaran Karyawan

 

Membangun human firewall dalam perusahaan Anda, termasuk tanggung jawab keamanan yang diartikulasikan untuk setiap orang dalam angkatan kerja melalui pelatihan kesadaran keamanan. Sadarilah bahwa pengujian penetrasi sistem keamanan saja tidak cukup karena hanya membantu dalam pemantauan ancaman umum ke jaringan.

 

Karyawan harus menyadari bentuk-bentuk serangan digital ke perusahaan dan berpikir dalam kewaspadaan agar keamanan jaringan perusahaan meningkat dengan lebih baik.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Males
      Perusahaan manajemen password SplashData, baru saja merilis daftar password terburuk pada 2018. Ada 25 password paling burukyang dirilis. 
      Daftar password terburuk tersebut, dikumpulkan dari 5 juta password yang bocor di ranah maya. 
      Password yang bocor ini ditengarai mudah dibobol karena mengusung kombinasi alfabetis dan angka yang terlalu mudah (seperti kombinasi “123456” dan “password”), sehingga bisa diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. 
      Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut daftar 25 password dengan kombinasi terburuk di sepanjang 2018.
      Ini Dia Daftarnya
      Ada yang peringkatnya bergeser, ada yang tetap sama, dan ada juga password baru bertengger di daftar tersebut.
      1. 123456
      2. password
      3. 123456789
      4. 12345678
      5. 12345
      6. 111111
      7. 1234567
      8. sunshine
      9. qwerty
      10. iloveyou
      11. princess
      12. admin
      13. welcome
      14. 666666
      15. abc123
      16. football
      17. 123123
      18. monkey
      19. 654321
      20. !@#$%^&*
      21. charlie
      22. aa123456
      23. donald
      24. password1
      25. qwerty123
    • By berita_semua
      Berita duka dari rumah lembang berbarengan dengan divonisnya Ahok oleh pengadilan. Seorang security rumah Lembang yang bernama Gerard Umbu Samapati harus menghembuskan napas terkahir di usia 43 tahun dan meninggalkan tujuh orang anak.
      Berdasarkan informasi dari Usma yang juga sesama security di rumah Lembang, Gerard meninggal tak lama setelah menyaksikan berita divonisnya Ahok selama dua tahun.
      "Benar (meninggal dunia). Kaget dengar putusan hakim soal Ahok," katanya kepada merdeka.com, Selasa (9/5)
      Sejumlah timses perwakilan Ahok-Djarot dateng melayat ke rumah duka, dan menurut informasi mereka Gerard meninggal karena serangan jantung seusai mengetahui Ahok divonis oleh majelis hakim.
      Duh jadi sedih ya. Semoga diterima di sisi Tuhan.
    • By berita_semua
      Twitter telah menetapkan sikap untuk perang menghadapi troll, pengirim pesan dengan tujuan membangkitkan tanggapan emosional dan kemarahan pengguna lain. Oleh sebab itu, Twitter belakangan ini gencar melakukan pembaruan sebagai upaya berkelanjutan membuat platform-nya lebih nyaman dan aman untuk pengguna.
      Selama beberapa minggu terakhir, Twitter sudah melakukan pembaruan mulai dari memperbarui cara pelaporan, mencegah pembuatan akun-akun berisiko konten melecehkan dan merendahkan, mengimplementasikan hasil pencarian yang lebih aman, menurunkan Tweet yang melecehkan, merendahkan dan berpotensi mengancam dan mengurangi notifikasi percakapan dari akun yang sudah diblok atau dibisukan (mute).
      Kini yang terbaru, sosial media (Medsos) berlogo burung biru ini meneruskan niatnya untuk platform-nya lebih aman dengan melakukan update lanjutan. Menurut Ed Ho, VP of Engineering Twitter, Twitter akan mengimplementasikan pembaruan dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya.
      “Kami telah melihat dampak positif dari beberapa pembaruan yang kami lakukan baru-baru ini dan sangat menghargai masukan yang kami terima dari para pengguna. Minggu ini kami akan mulai mengimplementasikan beberapa pembaruan dengan memanfaatkan teknologi yang kami miliki untuk meminimalisir konten kasar dan merendahkan, menyediakan lebih banyak metode untuk mengontrol pengalaman Anda, sekaligus mengomunikasikan langkah-langkah yang sudah kami lakukan dengan lebih jelas," katanya dalam keterangan kepada Okezone, Kamis (2/3/2017).
      Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa Twitter banyak belajar seiring dengan berbagai usaha yang dilakukan untuk membuat Twitter aman dan nyaman, tak hanya dari perubahan-perubahan yang sudah diimplementasikan, tetapi juga dari kesalahan yang dibuat dan masukan dari para pengguna .
    • Guest News
      By Guest News
      Seorang desainer industri dan analis keuangan meninggalkan karir sukses mereka untuk membentuk organisasi pemberi fasilitas manufaktur agar para pengusaha tetap bisa memproduksi di AS. Ayo kenalan dengan para pendiri Maker's Row, yang telah mewadahi lebih dari 1.400 pengusaha dalam liputan berikut.
       
    • By qbonk
      Perusahaan-perusahaan besar Italia ada kemungkinan membangun pabriknya di Indonesia, kata mantan Perdana Menteri Italia Enrico Letta di Jakarta, Senin petang.
      "Itu juga menjadi keinginan kami untuk membangun pabrik di Indonesia khususnya dan ASEAN pada umumnya, hal tersebut akan dibahas dalam forum ekonomi yang akan datang dalam waktu dekat," ujar Letta.
      Letta mengungkapkan hal tersebut seiring dengan rencananya untuk menyelenggarakan forum ekonomi Italia-ASEAN di Jakarta dan Milan, Italia yang menurutnya bisa memperkuat hubungan dan meningkatkan kemungkinan investasi kedua belah pihak.

      Dalam forum yang direncanakan pertama kali dihelat di Jakarta pada Mei 2017 itu nantinya akan hadir pengusaha-pengusaha Italia dan menteri-menteri pemerintah Italia terkait dengan ekonomi yang akan menerima presentasi perwakilan negara-negara ASEAN untuk kemungkinan investasi dan sebaliknya ketika di Milan, kata Letta.
      Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran dunia usaha khususnya dari Italia terkait potensialnya kawasan ASEAN untuk dunia usaha.
      Di Indonesia sendiri, kata Letta, Italia akan mengucurkan dana investasi yang tidak sedikit dalam berbagai bidang terutama infrastruktur, energi terbarukan, permesinan, mode, makanan, otomotif.
      "Juga beberapa sektor lainnya yang tidak bisa diungkapkan di sini, namun dari pertemuan saya dengan komunitas dunia usaha Italia, mereka mengaku sangat berminat berinvestasi dalam bidang lainnya," kata dia.
      Akan tetapi kepastian untuk pembukaan pabrik dari perusahaan-perusahaan raksasa Italia seperti Ferrari, Fiat, Parmalat atau Lamborghini itu belum bisa dipastikan untuk saat ini karena masih belum diketahui hasil dari forum ekonomi tersebut.
      "Namun saya harap nantinya hasil dari inisiatif ini adalah tidak hanya transaksi barang-barang saja tapi juga investasi dari kedua belah pihak terutama dengan Indonesia yang memainkan peran penting di ASEAN," tuturnya.
      Senada dengan dia, Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli juga menyebut dengan diadakannya forum ekonomi Italia dan ASEAN tersebut akan mendorong investasi dua belah pihak, terutama Indonesia sebagai mitra dagang terbesar kedua di Uni Eropa dan Italia untuk kawasan Asia Tenggara.
      "ASEAN merupakan mitra dagang terbesar kedua untuk UE dan Italia sendiri dengan nilai kerja sama sekira USD10 juta, dan Indonesia sendiri memiliki nilai kerja sama 3,2 juta dolar AS. Dengan adanya forum ekonomi ini saya pikir akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia untuk memacu tingkat investasinya dan begitu juga sebaliknya," ucap Sandalli di lokasi yang sama.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy