Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
peter_hutomo

Biografi Sang Pencipta Linux yaitu Linus Torvalds

Recommended Posts

post-6-0-57960700-1398700005.jpg

 

Linus Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. ketika usianya baru 10 tahun dia sudah mulai berkecimpung dalam urusan pembuatan pemrograman computer melalui komputer Commoore VIC-20 milik kakeknya. Pada tahun 1988, Linus kuliah di university of Helsinky, Finlandia. Disana dia mulai mengenal pemrograman C. Untuk lebih memperdalam ilmunya, Linus kemudian membelil sebuah komputer yang kala itu masih menggunakan MS-DOS buatan microsoft sebagai sistem operasinya. Tapi, kala itu Linus justru lebih tertarik pada komputer milik universitasnya yang menggunakan sistem operasi UNIX. Ia pun coba mengembangkan sistem operasi yang memadai untuk PC UNIX. Beberapa bulan kemudian Linus berhasil membuat versi kasarnya yang diberi nama Linux. Nama Linux mungkin saja merupakan akronimdari Linus dan UNIX.

Untuk memperkenalkan sistem operasi barunya tersebut, Linus mem-posting pesan melalui internet kepada para pengguna PC di seluruh dunia. Bahkan Linus membuat software-nya untuk dapat di download secara gratis. Dan sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama pengembang software saat itu, dia merilis source code-nya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing. Mengoperasikan Linux memang membutuhkan kecerdasan tekhnik yang cukup, sebab pengoperasiannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti windows, Mac milik Apple komputer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji sendiri akan kualitasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keunggulan sebagi sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash atau seperti kebanyakan orang menyebutnya dengan hang (sistem tiba-tiba berhenti).

Pada akhir tahun 1990, Linux mulai mendapatkan sambutan yang cukup besar dari pengguna PC. Bahkan para pesaing Microsoft sangat tertarik dan mulai ikut mengembangkan Linux. Perusahaan sperti Nestcafe Communication, Corel, Oracle, Intel, dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mendukung Linux sebagai alternatif sistem operasi yang murah sekaligus andal. Linux di negara-negara berkembang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harga perangkat lunak bisa mencapai 100 dollar AS atau lebih. Di negara yang rata-rata penghasilan per tahunnya antara 200-300 dollar AS, uang 100 dollar AS sangatlah besar. Dengan adanya Linux, semua berubah. Karena Linux dapat digunakan pada komputer yang tergolong lama, dia menjadi alternatif paling cocok bagi komputer beranggaran kecil. Di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, Linux adalah jalan keluar bagi penggemar komputer.

Karena keterbukaan pada sistem source codenya, banyak kelompok pengembang yang ikut memperbaiki segala fiturnya, sekaligus memindahkan berbagai aplikasi agar berjalan di Linux. Salah satu hasilnya yaitu adanya perubahan dari sistem operasi Linux yang tadinya cenderung kurang asing menjadi user friendly. Semua itu dimungkinkan berkat adanya KDE dan GNOME. Berkat kedua interface ini, tampilan desktop Linux lebih menarik dan mampu mengubah persepsi dunia tentang Linux. Pemanfaatan sistem operasi Linux juga kini sudah diterapkan pada superkomputer dunia seperti The Tetragrid, sebuah megakomputer dari Amerika yang dapat menghitung lebih dari 13 triliun kalkulasi per detik (13.6 TeraFLOPS – Floating Operations Per Second). Tetragrid dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi dari masalah matematika kompleks dan simulasi, dari astronomi dan riset kanker hingga ramalan cuaca.

Yang lainnya, yaitu Evolocity. Juga dari Amerika, sebuah komputer yang dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 9.2 TeraFLOPS, menjadikannya sebagai salah satu dari lima superkomputer tercepat di dunia. Bahkan dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta corp., yang dimiliki salah satu pendirinya, Paul Allen. Di situ, Linus bekerja dalam sebuah projek yang sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang menjadi sebuajh kekuatan yang bisa menjadi sumber serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft. Ketika mulai diperkenalkan, sistem operasi Linux tidak mempunyai logo. Para pengembang pun bertanya-tanya dan mengusulkan agar Linux diberi logo sebagai identitasnya. Kemudian terpilihlah penguin Tux (Torvalds Unix) sebagai logonya. Logo itu dirancang oleh seniman Larry Ewing.

 

post-6-0-65205800-1398700106_thumb.jpg

 

Terpilihnya logo penguin berdasarkan pengalaman Linus pada waktu berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disana dia bertemu seekor penguin pendek yang menggigit jarinya. Kejadian lucu ini merupakan awal terpilihnya penguin sebagai logo sistem operasi ciptaannya. Hingga sekarang, logo Linux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Apa perbedaan antara Linux dan Unix? lalu mengapa ada pernyataan bahwa “Linuxada berkat Unix“, namun kita hanya memuji Linus Trovald karena telah menciptakan Linux tanpa menyebutkan Unix?
      Mungkin anda juga merasa bingung seperti yang saya rasakan sebelumnya , untuk itu saya akan menjelaskan lebih jauh tentang Unix dan apa perbedaannya dengan Sistem Operasi yang lebih terkenal, Linux.
      Apa itu Unix?
      Unix adalah sistem operasi proprietary (perangkat lunak yang dimiliki secara ekslusif oleh pihak tertentu) yang dikembangkan oleh pusat penelitian Bell Labspada tahun 1970 oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan sejumlah pengembang lain.
      Cara utama untuk berkomunikasi di sistem operasi ini menggunakan Command Line Interface (CLI), dan meskipun baru-baru ini sudah ada GUI, sebagian besar pengguna Unix masih lebih suka menggunakan CLI.
      Karena Unix adalah perangkat lunak proprietary, Unix tidak tersedia secara gratis juga tidak open source. oleh karena itu untuk mengembangkan Unix harus  menadapat ijin atau lisensi dari bell labs. walaupun begitu , karena kepopulernnya dan dapat diandalkan, beberapa perusahaan IT lainnya mulai mengembangkan sistem operasi ini sehingga memunculkan beberapa versi.
      Kompatibilitas dan Distro Unix
      Unix Paling banyak digunakan oleh perusahaan dan lembaga yang menggunakan hi-end sistem komputer, mainframe, dan mega server untuk melakukan perhitungan yang kompleks dan karena memerlukan spesifikasi arsitektur tertentu.
      Unix kompatibel dengan berbagai sistem berkas seperti gps, hfs, js, bfs, vets, and zfs.
      Unix memiliki beberapa distro yaitu:
      AIX (IBM) BSD HP – UX Iris> Solaris Sistem operasi ini juga memiliki beberapa proyek open source :
      Free BSD Darwin (Unix versi Apple) OpenBSD Anda dapat menonton video pengenalan di bawah untuk mengetahui dasar Unix :
      Apa itu Linux?
      Linux sendiri adalah kernel yang dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 berdasarkan dari OS Unix sebagai proyek pribadi lalu ia merasa harus menunjukkan apa yang sudah dikerjakan kepada programer komputer lain seperti dirinya.
      Linus Trovalds membangun linux berdasarkan kernel MINIX, selanjutnya ia menambahkan driver dan GUI, lalu dikembangkan menjadi OS yang bernama Linux dan mengubah tren teknologi komputer di seluruh dunia.
      Linux dibangun bukan hanya menjadi sistem operasi yang open source, tetapi juga menjadi OS yang mudah digunakan, gratis, ringan, dan kompatibel dengan berbagai hardware. Awal kemunculannya Linux hanya diperuntukan untuk menjadi sistem operasi personal, namun seiring perkembangannya Linux tumbuh menjadi OS yang berkualitas sehingga mulai digunakan di kantor-kantor, server, dll.
      Perkembagan Linux sangat cepat karena tidak hanya dikelola oleh Linus Torvalds tetapi juga oleh komunitas pengembang dari seluruh dunia yang mengajukan diri untuk terlibat dalam proyek open-source yang gratis. Namun, hanya Mr. Torvalds yang dapat melakukan perubahan dari kode sumber kernel.
      Kompatibilitas dan Distro Linux
      Linux OS kompatibel dengan banyak sistem berkas seperti xfs, ramfs, vfat, cramfsm ext3, ext4, ext2, Ext1, UFS, autofs, devpts, dan NTFS
      OS ini memiliki versi distro yang lebih banyak dibandingkan Unix, yaitu :
      ArchLinux Debian CentOS Fedora Kali Linux Ubuntu Red Hat Dari distro diatas , biasanya memiliki turunanya sendiri yang memiliki rasa dan tampilan yang berbeda seperti Ubuntu dengan Lubuntu dan Edubuntu.
      Munkin dulu Unix adalah pilihan pasti dan sangat dipercaya memberi layanan handal oleh perusahaan besar di seluruh dunia, tapi sekarang Linux telah menjadi pilihan yang paling rasional karena mampu melaksanakan tugas-tugas sebaik unix dengan biaya yang lebih efisien, dan lebih user-friendly.
      Dari 500 server teratas di dunia, sebanyak 98% menggunakan Linux . Tidak heran jika Anda sangat sering mendengar tentang Linux daripada Unix. Namun, jangan lupa, bahwa jika bukan karena Unix dan ilmuwan di pusat penelitian laboratorium Bell labs, Anda mungkin tidak dapat merasakan linux saat ini.
      Tonton video di bawah untuk mengenal sedikit lebih lanjut tentang apa sistem operasi Linux :
      Jangan lupa like dan starnya ndral...
    • By comporonline
      Below are the commands to check the version of PHP and MySQL on your Linux server through shell (via SSH):
      php -v
      mysql -v
    • By ahmad_zoki

      Produsen ponsel Meizu asal China dilaporkan bakal memperkenalkan sebuah smartphone baru yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2016.
      Berdasarkan sebuah gambar yang dirilis oleh Meizu, ponsel tersebut rencananya akan dipamerkan pada hari pertama MWC 2016 di Barcelona, tanggal 22 Februari 2016.
      Pada ajang MWC sebelumnya, Meizu juga sempat memperkenalkan dua smartphone dengan sistem operasi Ubuntu, yakni seri MX3 pada tahun 2014 dan MX4 setahun setelahnya.
      Meski sudah dapat dipastikan akan menggunakan Ubuntu, namun belum ecara resmi membeberkan spesifikasi perangkat keras yang akan digunakan.
      Sebelumnya, beredar rumor yang mengatakan bahwa ponsel Ubuntu yang akan dipamerkan Meizu adalah seri Pro 5 yang sudah sempat diluncurkan dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1 pada akhir 2015 lalu.
      Meizu Pro 5 sendiri memiliki layar 5,7 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080) yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Sebagai ponsel kelas atas, Meizu menyematkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi, yakni prosesor octa-core Exynos 7420 dan GPU Mali-T760 MP8.
      Ponsel yang mengandalkan kamera belakang 21 MP dan kamera depan 5 MP ini dirilis dengan dua varian kapasitas media penyimpanan, 32 GB dengan RAM 3 GB dan 64 GB dengan RAM 4 GB.
    • By Adeus

      Jelang tahun 2016, komunitas pegiat peranti lunak terbuka dirundung duka karena kepergian pendiri sistem operasi Debian Linux, Ian Murdock. Hal yang mengejutkan, Murdock seakan memberi petunjuk soal rencana kematiannya.
      Lahir 42 tahun silam, penyebab kematian Murdock hingga sekarang belum dikonfirmasi secara resmi. 
      Ia dinyatakan meninggal dunia pada Senin malam, 28 Desember 2015. Kabar tewasnya Murdock baru diketahui publik pada hari Rabu melalui publikasi blog seorang karyawan Docker, perusahaan peranti lunak komputer yang juga tempat kerja Murdoch dalam dua bulan terakhir. 
      Sebelum meninggal, Murdock memperlihatkan bahwa ia sedang menghadapi masalah dengan polisi. Ia ditangkap dengan tuduhan melakukan aksi serangan terhadap seorang petugas dan ia dibawa ke rumah sakit.
      Tak hanya itu, di hari ia meninggal, pada siang harinya Murdock sempat berkicau di akun Twitter pribadi miliknya, mengungkapkan bahwa ia ingin bunuh diri.
      "Saya akan bunuh diri malam ini. Jangan menghalangi seakan-akan saya punya kisah hidup yang tak layak ikut mati bersama saya," cuit Murdock, sekitar pukul 14.13 waktu setempat, Senin 28 DEsember 2015.

      Kala itu banyak orang yang berspekulasi bahwa akun Twitter-nya telah diretas dan kicauan tersebut bukan ditulis oleh Murdock sendiri.
      Tak hanya soal kicauan bahwa ia ingin bunuh diri, Murdock juga sempat mempublikasi sejumlah tweet mengenai opininya terhadap perlakuan polisi.

      Murdock mengembangkan Debian Linux pada Agustus 1993. Kata "ian" dari "Debian" memang berasal dari namanya sendiri.
      Murdoch, yang tinggal di San Francisco, dikenal sebagai pencipta distro open source Linux pada 1993 ketika masih mahasiswa di Purdue University. Ia meraih gelar sarjanan ilmu komputer pada 1996 dan di tahun yang sama kelompok Proyek Debian meluncurkan versi stabil sistem operasi tersebut.
      Nama Debian pada sistem operasi itu diambil dari nama depannya, Ian.
      Dalam kurun satu dekade belakangan, Murdock berkontribusi di dalam komunitas teknologi di mana ia berperan sebagai CTO di Linux Foundation. Ia juga menjadi pimpinan senior di Sun Microsystems dan menjabat sebagai Vice President of Platforms di ExactTarget yang berbasis di Indianapolis.
    • By Adeus

      Para pegiat peranti lunak komputer bersifat terbuka sedang berduka. Ian Murdock, yang dikenal sebagai pendiri sistem operasi Debian Linux, menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin malam, 28 Desember 2015, di San Francisco, Amerika Serikat, saat usia 42 tahun.
      Kabar tewasnya Murdock baru diketahui publik pada hari Rabu melalui publikasi blog seorang karyawan Docker, perusahaan peranti lunak komputer yang juga tempat kerja Murdock dalam dua bulan terakhir. 
      Murdock dikenal sebagai pencipta distro open source Linux pada 1993 ketika masih mahasiswa di Purdue University. Ia meraih gelar sarjanan ilmu komputer pada 1996 dan di tahun yang sama kelompok Proyek Debian meluncurkan versi stabil sistem operasi tersebut.
      "Dengan sangat sedih kami memberitahu Anda bahwa Ian Murdock meninggal pada Senin malam," kata Ben Golub, CEO Docker.
      Menurut Golub, Murdock telah membantu dunia dalam merintis gagasan proyek peranti lunak yang benar-benar terbuka, merangkul desain terbuka dan kontribusi terbuka.
      Pada Senin sore, Murdock sempat mempublikasi serangkaian kicauan Twitter yang menyedihkan dan tidak menentu, mengungkapkan ia telah ditangkap di dekat rumahnya oleh polisi, dituduh menyerang seorang perwira, dan dibawa ke rumah sakit. 
      Dia juga mengancam akan bunuh diri. Setelah orang mengulurkan tangan kepadanya, Murdock muncul untuk tenang, dan bersumpah bukan untuk membersihkan namanya. Murdock meninggal malam itu. Akun Twitter-nya sejak itu telah dinonaktifkan.
      Penyebab kematian Murdock sejauh ini belum diketahui.
      Dalam satu dekade terakhir, Ia sempat menjadi CTO di Linux Foundation, pemimpin senior di Sun Microsystems, dan terakhir sebagai wakil presiden platform perusahaan ExactTarget di Indianapolis.
      Murdock sempat menikah pada 1993 dengan Debra Lynn, namun mereka bercerai pada 2008. Murdock Murdock meninggalkan dua anak perempuan. 
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy