Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
davidbo

Lima Makanan yang Jadi Sahabat Gigi Manusia

Recommended Posts

post-3682-0-33297900-1422716100_thumb.jp

 

Jika makanan manis menjadi musuh paling jahat untuk kesehatan gigi dan mulut, ternyata ada juga beberapa makanan yang justru bermanfaat dan bisa jadi ‘sahabat’ gigi.

 

Dijelaskan Prof Melanie Sadono Djamil selaku Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), berikut beberapa makanan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut:

 

1. Teh hijau

 

Teh hijau mengandung senyawa polifenol antioksidan yang dapat mengurangi plak dan lubang gigi serta penyakit gusi. Teh hijau juga dapat mengurangi napas tidak segar dan memperkuat enamel gigi karena mengandung fluorida yang tinggi.

 

2. Susu

 

Susu dan makanan yang mengandung susu (dairy foods) bermanfaat bagi kesehatan rongga mulut karena memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga mengurangi kerusakan gigi. Selain itu, produk susu juga mengandung kalsium tinggi, yang merupakan komponen utama gigi.

 

Produk lain, misalnya keju mengandung kalsium dan fosfat yang membantu menyeimbangkan pH di dalam mulut. Keju juga dapat menjaga dan membangun kembali enamel gigi, memproduksi saliva, dan membunuh bakteri yang menyebabkan lubang gigi dan penyakit gigi lainnya.

 

3. Buah dan sayuran

 

Buah-buahan seperti apel, stroberi, dan kiwi mengandung vitamin C yang berfungsi mengikat sel. Jika asupan vitamin ini tidak terpenuhi, sel-sel gusi dapat rusak dan menyebabkan gusi lemah dan rentan penyakit.

 

Sedangkan, sayur-sayuran yang mengandung vitamin A seperti labu, wortel, kentang, dan brokoli dibutuhkan untuk formasi enamel gigi. Sayur seledri dapat memproduksi saliva yang menetralisasi asam penyebab demineralisasi dan lubang gigi.

 

Selain sayur, biji wijen juga dapat mengurangi plak pada gigi dan membantu membangun enamel gigi. Wijen juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

 

4. Makanan hewani

 

Makanan yang berasal dari hewan seperti daging sapi, daging ayam, daging kalkun, dan telur mengandung fosforus yang bersama-sama dengan kalsium merupakan dua jenis mineral paling penting untuk kekuatan gigi dan tulang.

 

5. Air putih

 

Air putih dapat membersihkan mulut dan memproduksi saliva yang menyimpan mineral penting bagi gigi. Air dapat menjaga gusi agar tidak kering, pun membersihkan partikel-partikel yang menempel di sela-sela gigi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Tania
      Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan keripik singkong. Camilan bertekstur renyah ini menjadi salah satu camilan favorit, karena memiliki cita rasa gurih yang khas, dan harganya pun relatif terjangkau.
      Namun sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahwa keripik singkong juga dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Untuk mengetahui lebih lanjut.
      Mengandung karsinogen
      Keripik singkong memang bukan camilan biasa. Makanan ini harus diolah dengan tepat untuk mencegah munculnya zat-zat kimia yang berbahaya seperti karsinogen. Pasalnya, zat kimia ini akan berubah menjadi racun ketika dipanaskan. Sementara untuk mengolah keripik singkong, Anda harus menggorengnya di dalam minyak panas. Oleh karena itu, batasi konsumsi keripik singkong untuk mencegah penyakit berbahaya.
      Kandungan garam yang tinggi
      Selain harganya yang murah, keripik singkong kerap menjadi camilan favorit karena rasanya yang gurih dan bertektur renyah. Tapi perlu Anda ketahui bahwa rasa gurih tersebut ternyata berasal dari taburan garam yang dicampurkan pada proses pengolahan. Nah, jika mengonsumsi garam terlalu banyak juga sebetulnya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu timbulnya penyakit ginjal dan darah tinggi. Kadar garam yang dianjurkan dalam sehari adalah 2,3 gram, sementara keripik singkong memiliki kandungan 180 gram.
      Mengandung Lemak Trans dan Tak Jenuh
      Seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Untuk menghasilkan keripik singkong yang renyah, pada saat proses pembuatan singkong akan digoreng dalam minyak yang panas. Proses inilah yang membuat camilan tersebut mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Jadi jika terlalu banyak dikonsumsi, keripik singkong sejatinya akan membuat kadar kolesterol meningkat secara drastis. Di sisi lain, lemak trans dan lemak jenuh juga dapat memicu penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
      Kandungan nutrisinya menurun
      Meski singkong memiliki kandungan nutrisi dan karbohirat yang cukup tinggi, namun karena proses pengolahannya yang digoreng dengan minyak panas, kandungan nutrisi itu cenderung menurun. Jika Anda terus mengonsumsi makanan tersebut, tentu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan tercukupi. Dampaknya akan menyebabkan Anda kekurangan nutrisi, serta meningkatkan risiko berbagai penyakit.
    • By BincangEdukasi
      Memang tidaklah mudah menjaga kesehatan gigianak,apalagi  kalau si anak suka jajanan yang manis-manis,dan kebanyakan seorang anak itu sangat susah jika disuruh untuk menyikat gigi nya. Tapi sebagai seorang ibu, kita tetap harus menjaga kesehatan gigi anak dan hal itu tidak boleh dianggap remeh, kenapa?
      Karena kesehatan gigi anak sewaktu kecil mempengaruhi kesehatan giginya setelah dewasa nanti.selain itu rusak nya gigi anak bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan nya, mengalami sakit gigi dan karena sakit pada gigi itu maka akan membuat si anak tidak nafsu makan. Menurut penelitian ahli gigi, buruk nya kesehatan gigi anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
      Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu? kita harus mengenalkan sejak dini kepada anak betapa penting nya merawat gigi. Jika si anak belum mempunyai gigi yang banyak,maka kita bisa membersihkan gigi nya tersebut menggunakan kain kasa yg lembab. Dan hal itu akan membuat si anak merekam dalam otak nya, bahwa menjaga kebersihan gigi itu sangat penting.dan jika gigi anak sudah banyak, kita bisa mengajari nya menggosok gigi.
      Ada beberapa kiat dalam mengajarkan anak agar mau menyikat gigi nya.
      Sediakan si anak sikat gigi yang bentuk nya lucu, dan sediakan odol anak yang beraroma buah buahan dan tidak pedas. Ajak mereka sikat gigi bersama-sama dengan kita, sambil mengajari si anak cara menggosok gigi yang benar. Setelah si anak menggosok gigi nya,berikan pujian kepada si anak agar mereka merasa dihargai. Sekali-kali berceritalah,, berikan cerita-cerita anak tentang penting nya menjaga kesehatan gigi dan apa akibat nya jika tidak mau menggosok gigi atau tontonkan si anak dgn video tentang pentingnya menjaga gigi, hal itu benar-benar sangat berkesan di hati anak. Bawalah anak-anak anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak selalu terjaga dan terkontrol.
    • By BincangEdukasi
      Gigi merupakan aspek terpenting saat melakukan kegiatan makan ataupun minum. Dengan memiliki gigi yang putih, cantik dan bersih pasti menjadi impian banyak orang. Dengan demikian akan membuat penampilan anda makin menarik dan membuat senyum anda semakin manis. Namun, bagaimana dengan gigi pada bayianda saat ini? Apa saja gejala yang di timbulkan?
      Pada prosesnya memilikm bayi di atas 10 bulan sudah mulai menandakan untuk tumbuh gigipertama hingga gigi si kecil tumbuh dengan rapi. Pada tahapan inilah ada baiknya sebagai orangtua anda harus memperhatikan banyak hal untuk membuat si kecil tetap nyaman saat proses tumbuh gigi. Untuk itulah banyak hal yang harus anda lakukan untuk membuat pertumbuhan gigi bayianda tetap teratur dan membuat bayi anda nyaman saat melakukan kegiatan makan.
      Seiring dengan perkembangan si kecil yang makin hari makain sehat dan baik, membuat pertumbuhan anggota dalam tubuh lainnya berkembang termasuk gigi. Sebagai aspek terpenting anda harus memperhatiakan pertumbuhan gigi bayi anda.
      Adapun beberapa tanda saat bayi mengalami gigi yang sedang tumbuh agar dapat di siasati dengan baik oleh para keluarga serta anda sebagai orangtua, berikut ini diantaranya: Rewel, menangis dan lekas marah ini di karenakan adanya reaksi dari gusi yang membuka gigi untuk keluar yang nyut- nyut hingga terasa sakit. Demam rendah (tidak lebih dari 1010F. ini karena di akibatkan dari tubuh yang bereaksi saat gigi mulai tumbuh. Banyak mengeluarkan ludah atau ngences. Suka mengigit dan selalu ingin makan atau mengunyah benda yang di pegangnya. Ini karena membuat si kecil ingin mengurangi sakit pada gusi yang akan membuat gigi tumbuh. Bengkak dan nyeri gusi. Dari beberapa tanda pertumbuhan gigi bayi dapat anda siasati dengan baik agar pertumbuhan gigi pada bayi lebih rapi, baik dan membuat pertumbuhan anak lebih baik. Jika terjadi sesuatu yang kurang baik, sebaiknya anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.
    • By duniagelap
      Cokelat adalah salah satu jenis makanan yang disukai banyak kalangan didunia. Cokelat mempunyai citarasa yang manis, Gurih dan tetap nikmat ketika dibuat sebagai campuran roti atau minuman susu. Makan cokelat dapat dinikmati diberbagai kesempatan dan cocok dimakan oleh segala usia dan jenis kelamin. Makanan cokelat dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk sementara, Karena cokelat mampu menekan rasa lapar jika seseorang dalam kondisi sulit menemukan karbohidrat seperti nasi.
      Alasan mengapa senyawa cokelat dan mie tidak cocok
      Makan cokelat setelah makan mie merupakan kebiasaan buruk yang berbahaya. Kebiasaan buruk itu terbukti dapat mengganggu kesehatan jika dilakukan setiap hari dalam jangka panjang. Kandungan pada cokelat dan mie tidak bisa bergabung menjadi reaksi kimia yang baik didalam tubuh karena kedua bahan makanan tersebut sangat bertolak belakang dan menyebabkan semacam penolakan jaringan tubuh terhadap reaksi kimia antara cokelat dan mie yang akhirnya ketika dua bahan makanan itu bercampur didalam lambung maka akan bersifat racun.
      Kebiasaaan mengkonsumsi cokelat setelah makan mie yang dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap beberapa organ tubuh manusia, Ini berlaku untuk semua usia dan dinegara manapun serta tidak mengenal ruang dan waktu, Hal ini disebabkan kandungan yang ada pada dua makanan ini memang tidak akan pernah cocok untuk disantap dalam waktu yang hampir bersamaan. Sebenarnya bahaya makan mie instan sangat mematikan jika dimakan terlalu berlebihan dan akan menggandakan efek bahayanya jika seseat setelahnya anda mengkonsumsi cokelat.
      Cokelat mengandung :
      Mengandung vitamin E Senyawa Teobromin Senyawa Anandamide Trioxide arsenic Zat fenetilamin Kolesterol Zat Alkaloid kalsium Zat antioksidan Protein dan lemak Mie mengandung :
      Mengandung MSG atau penyedap rasa yang sangat tinggi Mengandung natrium Mengandung benzoic acid Hidroxy methyl benzoate Karbohidrat tinggi Lemak jenuh ganda Arsenic pentocide Rendah serat dan protein Kandungan garam yang tinggi Kandungan gula yang tinggi Inilah bahaya makan coklat setelah makan mie yang dilakukan setiap hari, secara berlebihan atau dalam jangka panjang :
      1 Menyebabkan pembuluh darah pecah
      Bahan pengawet yang ada pada mie jika bergabung didalam tubuh dengan lemak dan kolesterol yang ada pada cokelat maka dapat melekat dan menumpuk pada dinding pembuluh darah yang lama kelamaan menyebabkan reaksi kimia berupa pecahnya pembuluh darah.
      2. Menyebabkan keracunan
      Nutrisi yang ada pada cokelat tidak cocok jika harus bergabung dengan bahan pengawet dan MSG yang ada pada mie karena dapat menjadi racun dan mengiritasi organ tubuh yang mnenyebabkan seseorang keracunan. Gejala awal keracunan bisa berupa mual, Muntah muntah, Sakit kepala dan sakit perut.
      3. Menyebabkan alergi pada kulit

      Kandungan MSG yang ada pada produk mie dapat memicu alergi pada permukaan kulit dan dalam tubuh jika tergabung dengan kandungan senyawa yang ada pada cokelat. MSG bersifat mengikat dan memperlambat tubuh dalam urusan penyerapan nutrisi sehingga seseorang dapat terserang alergi berupa ruam ruam merah dikulit yang kemudian diikuti sakit pada dada dan terserang sakit kepala berulang.
      4. Menyebabkan kerusakan jaringan usus

      Makan cokelat setelah makan mie dapat membuat usus teriritasi karena kandungan pada cokelat dan mie dapat menimbulkan reaksi kimia yang panasdan melukai dinding usus. Kinerja usus bisa terganggu dan menyebabkan seseorang menjadi terkena masalah kesulitan buang air besar.
      5. Menyebabkan kerusakan ginjal
      Jaringan ginjal akan dipaksa kerja keras dan tertekan untuk menyerap cairan yang mengandung bahan bahan makanan ynag tidak bisa saling bergabung karena dapat memicu reaksi kimia racun daalam tubuh. Ginjal yang kelelahan dapat menyebabkan kinerja giunjal makin menurun dan menyebabkan ginjal kehilangan kemampuan untuk menetralisir zat zat makanan dalam cairan tubuh yang telah terkontiminasi dengan kandungan cokelat dan mie yang telah berubah menjadi racun.
      6. Menyebabkan gangguan fungsi hati
      Kandungan MSG yang tinggi pada mie yang bergabung dengan senyawa flavonoid pada cokelat dapat berubah menjadi racun berbahaya dan menyebabkan iritasi pada jaringan hati sehingga fungsi hati kehilangan kemampuannya dalam Menetralisir racun dan mengalami hambatan untuk segera mengeluarkan racun melalui air seni atau keringat. Kondisi ini dapat masuk kategori sebagai penyakit gangguan fungsi hati.
      7. Menyebabkan penyakit jantung
      Kandungan MSG pada mie dapat mengalami penumpukan dan pengendapan seperti kristal dijaringan jantung dan menyumbat pembuluh arteri dan membuat pembuluh darah semakin melebar, Kondisi ini dapat menyebabkan arteri jantung jadi terganggu dan menimbulkan nyeri dada dan sesak nafas. Kandungan MSG yang berlebihan dalam tubuh dapat meracuni pembuluh arteri jantung yang nantinya dapat memicu munculnya gagal jantung atau penyakit jantung jenis ainnya. Kurangi kandungan MSG yang berlebihan agar manfaat nutrisi yang ada pada mie tidak sia sia.
      8. Menyebabkan tekanan darah naik
      Kandungan MSG, kolesterol dan lemak jenuh pada mie jika terus menerus masuk pada tubuh dalam jumlah yang berlebihan dan jangka panjang maka lama kelamaan mampu menyumbat perdaran darah dan memperlambat aliran darah serta mencederai saraf saraf disekitar saraf kepala, Kondisi dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit darah tinggi.
      Mie mengandung zat kimia arsenic pentaxide yang ternyata tidak dapat bercampur dengan zat dan elemen dari makanan cokelat. Jika ada percampuran maka akan berubah menjadi reaksi kimia yang bersifat tajam dan beracun yang dapat mencederai organ tubuh bahkan menyebabkan kematian pada orang orang yang sebelumnya telah memiliki penyakit tertentu misalnya penyakit liver hati.
    • By kotawa
      Bingung membuat bekal sekolah untuk si kecil? Yuk bikin roti pizza gulung yang lezat dan menggugah selera. Selain praktis, bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana.
      Dikutip dari buku 100 Resep Hidangan Organik Untuk Anak Sekolah, karya Tuti Soenardi, berikut resep lengkap membuat roti pizza gulung:
      Bahan-bahan
      5 lbr roti tawar yang diambil dari roti loaf lalu diiris memanjang, buang pinggirannya 50 g keju parut Margarin secukupnya Bahan isi pizza
      150 g daging sapi giling 100 g tomat, cincang 3 sdm paprika hijau, rajang halus 2 sdm mentega 3 sdm bawang bombai cincang 1 sdm bawang putih cincang 3 sdm pasta tomat 1 sdt oregano 1 bh kaldu blok instan ½ merica bubuk Garam secukupnya Cara membuat
      Buat isi pizza : panaskan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai layu. Masukkan tomat cincang dan pasta tomat, aduk. Masukkan daging giling, aduk, masak sampai agak kering. Tambahkan oregano, kaldu blok instan, merica, dan garam, aduk. Masukkan irisan paprika, aduk. Setelah kuah kering, angkat; Bentangkan lembaran roti, beri adonan isi bagian atasnya, ratakan. Gulung roti dari bagian pendek hingga ujung, potong setiap gulungan menjadi 5 iris; Ambil loyang, olesi margarin. Atur bulatan irisan roti di atasnya, taburi dengan keju parut. Panggang dalam oven sampai agak kering, angkat; Hidangkan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy