Jump to content

Mengungkap Misterinya Candi Borobudur


Recommended Posts

  • Premium Account

post-45-0-95026600-1398595098.jpg

 

Siapa yang tak mengenal Candi Borobudur? Bangunan yang menjadi situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia ini dulunya merupakan bagian dari Seven’s World Wonder yang tentunya sangat tak asing lagi terdengar di telinga seluruh masyarakat dunia. Namun dibalik kebesaran nama dan keindahan arsitektur bangunannya, ternyata Borobudur masih menyimpan sejumlah misteri.

 

Candi Borobudur sejatinya adalah sebuah bunga teratai atau diibaratkan singgasana seorang Dewa. Bentuk dari stupa yg melingkar menuju tingkatan teratas diartikan sebuah putik pada mahkota bunga teratai.

 

post-45-0-62187300-1398595094.jpg

 

Candi Borobudur dahulu dibuat ditengah sebuah danau yang bernama Bamungkas Vhatala dibuat diwilayah lingkaran bukit berapi yaitu G. Merapi, Sindoro, Sumbing, Merbabu sehingga nampak dari atas Candi tersebut berada dalam wilayah Cincin cahaya api, Karena sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah bukit lalu dinamakanlah Vharhyangan Cailendra yang diartikan dalam weda berarti Bukit berbaris ditengahnya pusat keindahan segala cahaya Sang Indra ( Dewa Indra ). Hal ini seakan menjawab pertanyaan banyak pihak berkaitan dengan apa yang telah diungkapkan oleh para peneliti bahwa di sekitar Candi Borobudur terdapat sumur yang airnya asin hanya pada titik tertentu. Mereka memperkirakan bahwa Candi Borobudur merupakan bangunan yang didirikan ditengah danau purba.

Yang menjadi pertanyaan bagaimana caranya bebatuan candi–candi itu melewati danau Bamungkas Vhatala, apakah dengan menggunakan sebuah perahu kecil lalu bagaimana membawa patung para Budha jika harus melewati danau itu?

 

post-45-0-66849200-1398595101.jpg

 

 Dalam Weda Borobudur adalah Istana Teratai Batu Sang Maha Indra, atau didalam kisah Dewa Indra menciptakan Istana itu untuk hadiah seorang Biksuni yang telah mengandung Putranya yaitu seorang bocah dengan segala kemampuan Divaskala Kumara. Jadi Borobudur adalah sebuah Istana Purba dan merupakan makam seorang Biksuni Sahabat sang Indra. Itulah kisah dibalik dibuatnya Candi Borobudur. Dan Para patung Budha adalah para sahabat Dewa Indra saudara Bhiksuni. Stupa berlubang diartikan rumah merpati atau mereka para Budha yang bergulung Sutra saat menuju nirwana, 300 budha duduk diatas awan dan tampak dari kejauhan seperti burung merpati.

Inilah missing Link yang selama ini ditutupi oleh wangsa Syailendra raja- raja Sriwijaya. Mereka telah menemukan Candi Borobudur dan mengakui dan membuat prasasti atas nama mereka. Jika memang borobudur sebuah biara seperti yang disebutkan oleh Wangsa Syailendra selama ini. mengapa disekitar candi gak pernah ditemukan komplek para Bhiksu. Seharusnya disekitar candi ditemukan pemukiman para Bhiksu dan mengapa gak ada kitab yang mencatat kapan borobudur dibuat dan bagaimana cara membuatnya.

Istana teratai batu Dewa Indra ( Borobudur ) dahulu adalah sebuah tempat pengasingan Bhiksuni yang mengandung seorang Putra Surga, terletak ditengah danau dalam lingkaran nampak dari atas cincin Gunung berapi. Dibuat jauh pada abad sebelum masehi . Relif atau panil menceritakan kisah kehidupan dalam Kitab weda sesuatu kejadian dimasa yang akan datang tentang kelahiran sang Putra Budha , Kehidupan Jawa Purba, Kehidupan para sahabat Dewa di kayangan, Whisnu yang terlahir sebagai rama dll.

Istana teratai batu sang Indra merupakan tempat pertama kali Budha turun, para Budha Langit ke 1 yang singgah sesaat dan kembali menuju Nirwana, sebelum agama Budha lahir ditanah India dan Pangeran Sidharta menyebarkan ajaran Budha.

Istana teratai batu sang Indra dahulu merupakan sebuah makam, terletak pada salah satu dindingnya tidur seorang Bhiksuni dari langit ke 1 dan ia kekal didalam Syurganya.

Membaca Relief Candi Borobudur

Membaca Relif Istana Dewa Indra ( Borobudur ) teratai yang paling umum oleh peneliti adalah dengan menyamakan dengan Kitab Vastusastra. Yaitu mereka akan menulis dengan menyamakan kisah Kelahiran Budha Gautama (Pangeran Sidharta).

Seharusnya Panil itu yg terukir gak diartikan secara visual krn panil-panil itu memiliki arti yang berbeda dengan yang terlihat, karena panil-panil itu nyatanya merupakan sebuah syair Misal :

Cakra Vhala Vati (Cakra Vartin)

Pada Bagian dinding paling bawah Rashtamaya Darantha Vhasmala Artha Vhana, maha Indra mengukir Gajah di dinding, seorang ratu dengan seorang bayi, dalam ukiran mengartikan dirimu bayi kutemukan, dirimu datang atas segala doaku, engkau putra terkasih para Dewa, engkau putra suci sang Budha, persahabatan bersama merpati, pertemuan bersama gubuk jerami, Dewa bukan Dewa, Resi ataupun pertapa, namun engkau surga para Budha bergulung sutra.

Cakra Arkhavala Vati ( Cakra Vartin ) dalam syair Weda Dewa Indra.

Pusat alam dalam genggaman, engkau kegagahan wahyu sang raja, pemuda memberanikan diri membawa mahkota, namun gak berkuda, langkahmu getarkan alam semesta, amarahmu hancurkan seisi alam Mayapada , engkau diartikan raja diatas segala dunia. Raja untuk para sahabat, raja menggenggam alam, bahkan langit diantaranya raja bersenjatakan trisula weda Raja bersayap emas.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Chesa

      Sebagai negara Hindu terbesar di dunia, India menyimpan banyak budaya yang beragam. Tahukah travelers jika India menjadi risalah seks dan erotis pertama di dunia.
      Menurut sejarahnya India sudah memberlakukan norma soal seksual yang jauh lebih liberal sebelum abad 13.
      Ini semua tergambarkan dalam bangunan candi konark tepatnya negara bagian india timur kota. Seks diajarkan sebagai subjek dalam pendidikan formal dan Kamasutra. Risalah seks pertama di dunia, ditulis di India kuno antara abad ke-4 sebelum Masehi dan abad ke-2.
      Dapat terlihat bangunan candi yang diukir di batu dalam bentuk dan motif erotis. Ketelanjangan dengan sisi tonjolan dapat ditemukan pada lukisan dan patung dari gadis surgawi Maharashtra, Ajanta (2 Century SM) dan Ellora (5 ke abad ke-10).
      Namun, dari semua patung yang paling awet dan paling grafis seni candi erotisnya terlihat adalah di ukiran Candi Hindu khajuraho terletak negara bagian india tengah Madhya paradesh, dilansir BBC, Sabtu (16/1/2016).
      Kuil elegan ini di bangun pada dinasti chalenda. Disini dapat menenukan 22 dari 85 ukiran candi dengan arstektunya yang erotis. Dalam ukirannya candi ini menampilkan pria, wanita,dan hewan sebagai objek utama.
      Dengan banyaknya pose eksotis yang ada banyak ilmuan berpendapat bahwa prinsip ini adalah mengikuti prinsip tantra raja chalenda yaitu mengikuti keseimbangan antara laki-laki dan pasukan perempuan, yang nantinya dimajukan untuk menjadi iman di kuil yang mereka ciptakan.
      Secara terpisah ajaran Hindu secara tradisional di menganggap ritual seks yang tergambar dalam candi merupakan bagian penting dari kehidupan untuk berperang dan berdoa. Ini semua dimaksudkan agar riual seks mereka dilihat oleh sang pencipta.
      Tapi sampai saat ini, India telah menjadi negara pengaruhi oleh puritanisme dari beberapa kelompok, termasuk dinasti Islam, tuan Inggris dan Brahmana sendiri kasta imam negara. Maka dari itu Budaya erotis dan seks Hindu sudah tidak ditemui lagi di india.
    • By monica_pendong
      Di daerah Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang), Candi Borobudur ada di tengah sebagai magnet (untuk menarik wisatawan)

      Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko berharap konsep Great Yogyakarta diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan paket wisata Great Yogyakarta yang ditawarkan untuk para wisatawan.
      "Di daerah Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang), Candi Borobudur ada di tengah sebagai magnet (untuk menarik wisatawan)," kata Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Lailly Prihatiningtyas usai acara pembukaan Jogja Travel Mart 2015 di Candi Ratu Boko, Yogyakarta, Minggu (23/8/2015) malam.
      Ia mengatakan konsep Great Yogyakarta harus dianggap sebagai satu kesatuan. Ia beralasan dengan Candi Borobudur sebagai magnet, tiga daerah yaitu Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Solo dapat terkena imbas dampak kunjungan wisatawan.
      "Kita sudah punya kesamaan visi dalam mengembangkan pariwisata. Sesuai yang dicanangkan dinas pariwisata Yogyakarta. Fokusnya Borobudur sebagai magnet," katanya. Lailly menjelaskan arah pengembangan kawasan Candi Borobudur yaitu budaya sebagai daya tarik bagi wisatawan. Ia memposisikan Borobudur sebagai "Center of Knowlegde" bagi para wisatawan agar lebih lama tinggal di sekitar Candi Borobudur.
      "Kalau (wisatawan) suka Borobudur nanti bisa berhari-hari tinggal. Saya sendiri belajar dua tahun belum selesai," katanya.
      Sebelumnya, Lailly mengatakan target kunjungan Candi Borobudur pada tahun 2015 adalah sebanyak 3,6 juta. Ia juga mengatakan hingga pertengahan tahun 2015, sekitar 240 ribu wisatawan mancanegara mengunjungi Taman Wisata Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
    • By PusatInformasi
      Mark Zuckerberg atau di kenal sebagia bos Facebook itu berada di puncak candi borodubur menikmati indahnya pemandangan alam yang tentunya sangat asing bagi bos Facebook, di pagi hari dimana saat-saat mentari malu-malu mulai tampakkan diri Mark Zuckerberg sempatkan diri untuk berfoto-foto di tempat tersebut.
       
      Kunjugan Mark Zuckerberg ke candi borobudur ini di lakukan sebari sebelum tiba ke jakarta dalam rangka menghadiri Internet.org Developer Workshop.
       
      Moment indah yang di abadikan bos facebook ini lantas di posting, di postingnya itu Mark Zuckerberg memperilhatkan beberapa foto ke indahan Borobudur.
       
      Dalam salah satu foto tampak Mark Zuckerberg mengenakan celana pendek dan kaos warga hijau dan tak pula satu Daget.
       
      di dalam area candi tampak Mark Zuckerberg sedang duduk di salah satu stupa, foto-toto yang di ambil Mark Zuckerberg ini memiliki grafik begitu indah mungkin karema foto-foto tersebut di potret menggunakan kamera yang beresolusi tinggi. Karena foto-foto nya bagus itu hingga membuat seseorang di sosial media facebook bertanya pada Mark Zuckerberg.
       
      “Hasil gambarnya bagus sekali, Mark? Apa anda datang bersama dengan fotografer profesional?” tulis Darrell Moore Jr.
       
      Mark Zuckerberg pun membalas komentar tersebut.
       
      “Salah satu teman saya yang bekerja di Internet.org yang mengambil gambar ini.” jawab Zuckerberg.
       
      “Foto ini luar biasa bagus. Apakah anda  menggunakan iPhone 6?” tanya Darrel kemudian.
       
      “Tidak foto-foto Ini di ambil menggunakan Samsung Galaxy S5″.
       

       
      Melihat komentar pengguna Facebook yang dibalas Mark, membuat para pengunjung lain antusias mengomentari foto Mark di Borobudur. Hingga kini foto tersebut telah mendapatkan 155.800 like dan jumlahnya terus bertambah.
×
×
  • Create New...