Jump to content
berita_semua

Hindari Minuman Ini Kalau Mau Kurangi Berat Badan

Recommended Posts

BBBO0ff.jpeg.12d75c44014a51b8ecf666c21d4ffca4.jpeg

Pakar gizi membeberkan sejumlah asupan yang harus dihindari jika seseorang ingin mengurangi berat badan. Ternyata pantangan tersebut bukan hanya sejumlah makanan kurang sehat, melainkan juga minuman penyertanya.

Banyak orang mungkin telah mengganti sarapan pancake dan sosis dengan seiris roti plus buah. Akan tetapi, menurut pakar nutrisi, pilihan sehat tersebut belum cukup jika Anda tidak menaruh cukup perhatian terhadap apa yang Anda minum.

Porsi kalori pada pemanis tambahan minuman soda dan jus kemasan bisa mencapai jumlah yang mengejutkan. Bayangkan jika seseorang mengonsumsi kalori demikian setiap hari, belum lagi makanan padat yang perlu diasup agar tubuh punya cukup energi.

"Minum 500 kalori cair dari soda atau minuman manis juga membuat seseorang tidak cukup mendapatkan rasa kenyang dibandingkan dengan mengasup 500 kalori dari makanan padat," ujar Cara Anselmo, pakar nutrisi dan diet dari New York's Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.

Peneliti dari Universitas Harvard dan Rumah Sakit Anak di Boston juga mengetes ide tersebut dalam penelitian panjang selama delapan tahun. Riset yang melibatkan hampir 50 ribu peserta perempuan itu menganalisis dampak kebiasaan minum minuman yang mengandung pemanis buatan.

Partisipan yang terbiasa minum soda, jus, dan fruit punch setelah makan, cenderung mengalami kenaikan berat badan. Mereka yang menggemari minuman tersebut juga terancam peningkatan risiko sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe dua.

"Saat minum kalori cair, orang sering kali makan lebih banyak kalori secara keseluruhan," ujat Richard Mattes, profesor bidang nutrisi di Purdue University yang menyarankan kebiasaan minum air putih, dilansir dari laman Standard.

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang


  • Konten yang sama

    • Oleh Adeus

      Obsessive Combuzier Diet merupakan cara diet yang diklaim cocok dan dapat dilakukan untuk pria dan wanita, terutama bagi mereka yang bertubuh gemuk. Deddy juga menuturkan, bagi anda yang sudah memulai program diet OCD terutama yang memiliki lemak tinggi atau obesitas, biasanya berat badan akan cepat turun, dalam seminggu, berat badan anda bisa turun hingga 4 kg. Wow bagaimana, mantap bukan?
      Tapi bagaimana dampak OCD bagi mereka yang berbadan kurus?
      Bagi anda yang berbadan kurus tapi masih tetep ngeyel untukmenjalani diet OCD ini, Deddy juga menerangkan, berat badan tidak akan turun dan berkurang, tapi hanya lemaknya saja yang akan hilang. "Jadi ketika manusia sudah kurus dia tidak akan bertambah kurus lagi," jelasnya, saat ditemui wolipop di Hanggar Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (27/08/2013).
      Bagaimana menurut pendapat ahli? 
      Sementara menurut pakar gizi dan nutrisi Prof. Dr. Ir Hardinsyah, MS berpendapat lain. Menurutnya OCD baik diterapkan pada orang gemuk atau kelebihan lemak dan ingin membentuk otot, juga memiliki bentuk tubuh apel. Namun untuk bentuk tubuh selain itu (bentuk tubuh pisang dan pir), Diet Corbuzier tidak disarankan.
      Deddy juga menambahkan "Kalau bentuk pisang (kurus), dia sudah kurus dan sulit gemuk. Ngapain lagi dia (OCD)? Bisa bahaya. Karena orang kurus butuh banyak energi," ujar pria yang biasa disapa Hardin ini, ketika berbincang dengan wolipop pada Rabu (27/08/2013) di Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan. Alasannya karena orang bertubuh kurus biasanya memiliki lemak yang sedikit atau kurang dari yang dibutuhkan. Apabila mereka menjalankan diet ini maka lemak akan dipangkas lagi dengan OCD, maka kemungkinan mengalami gangguan kesehatan lebih besar.
      Deddy juga menambahkan "Kalau lemak tubuh sedikit, mens bisa terganggu. Saat masih remaja misalnya, mensnya bisa tertunda. Lalu menjelang menopause hormonnya bisa terganggu dan bisa juga sulit hamil,". Tapi Deddy tetap berpendapat bahwa OCD aman untuk dijalani orang bertubuh kurus. Asalkan ia melakukan pola makan yang benar. "Kalau Anda mulainya sudah kurus dengan pola ini jelas asupan makanan harus benar ya. Misalnya habis puasa makannya lontong doang satu ya tambah kurus," kata Deddy.
      Jadi kesimpulannya, bahwa diet OCD memang tidak disarankan untuk anda yang berbadan kurus. Nah, untuk anda yang berbadan kurus justru sebaliknya anda memang harus bisa menambah berat badan, agar badan anda menjadi terlihat ideal, tentunya dengan menjalani pola hidup yang sehat. Untuk anda yang igin tahu cara ampuh menaikan berat badan silahkan baca artikel sebelumnya tentang 9 Cara Efektif Menambah Berat Badan Secara Cepat dan Aman!.
      Diet OCD juga tidak disarankan bagi anak kecil, wanita hamil dan lansia. Mengapa?
      Jawabannya kearena anak kecil, wanita hamil dan lansia membutuhkan asupan nutrisi yang kontinu dan tidak bisa ditunda. Deddy sepakat tidak menganjurkan. "Tidak cocok untuk lansia, ibu hamil dan anak kecil karena nutrisinya harus kontinu dan nggak bisa ditunda," ucap Hardin. Deddy juga menambahkan, "Kalau lagi hamil mah jangan." Jadi bagi anak kecil, lansia dan wanita hamil, sebaiknya anda jangan melakukan diet OCD dulu hehe.

      Jadi kesimpulannya karena alasan yang sudah dijelaskan diatas, bahwa Obsessive Combuzier Diet tidak disarankan bagi orang yang berbadan kurus, anak kecil, wanita hamil dan juga orang yang sudah lanjut usia.
    • Oleh Adeus
      Diet OCD yang dikenalkan oleh Deddy Corbuzier rupanya banyak menyita perhatian banyak kalangan masyarakat, mulai dari orang biasa hingga artis. Diet (OCD) ini memiliki metode / prinsip diet yang berbeda dengan diet lainnya.  Salah satu keunikannya adalah karena dalam diet OCD ada yang dinamakan dengan jendela makan. Apa itu jendela makan? yuk kita cari tahu jawabannya dalam penjelasan berikut ini:

      Apa itu Jendela Makan?
      Jendela makan merupakan puasa yang dilakukan dengan cara membatasi waktu makan pada jam-jam tertentu, tapi Anda masih bisa makan apa pun yang anda mau. Puasa yang dimaksudkan disini artinya yaitu tidak menambah asupan kalori apa pun, selama anda menjalani puasa. Anda juga tidak boleh sarapan pagi. Tapi Anda diperbolehkan untuk minum air, teh atau makanan apa pun yang penting tidak mengandung banyak kalori. Selain itu anda juga tidak boleh mengkonsumsi buah, susu dan lainnya selam anda berpuasa. Jika Anda melanggarnya maka diet yang anda lakukan bisa gagal total. Dalam teknik OCD, Ada 4 Jendela Makan, kapan sajakah itu? yuk kita lanjut baca lagi!
      4 Jendela Makan (Waktu Makan) dalam menjalankan diet OCD diantanya adalah sebagai berikut :
      "Sebelum membahas jendela makan, diet OCD juga tidak memperbolehkan anda untuk makan di pagi hari karena makan dipagi hari dapat menghambat proses pembakaran lemak. Ok mari kita lanjut ke jendela makan"
      1. Makan 8 Jam dengan puasa selama 16 Jam
      Maksudnya yaitu Anda boleh makan selama 8 jam dan selama 8 jam tersebut  Anda bisa makan sebanyak tiga kali. Misalnya Anda mengambil jendela makan mulai dari jam 1 siang sampai 9 malam. Setelah itu Anda tidak boleh makan sedikitpun, kecuali minum.
      Kesimpulan : Selama 8 Jam anda boleh makan, dan selama 16 jam anda wajib puasa!
      2. Makan 6 jam dengan puasa selama 18 jam
      Ketika Anda memilih untuk mengambil waktu puasa 18 jam, maka Anda memiliki waktu untuk makan selama 6 jam. Misalnya Anda bisa mulai makan dari jam 12 siang hingga jam 6 malam. Setelah itu anda harus benar-benar puasa.
      Kesimpulan : Selama 6 jam anda boleh makan, dan selama 18 jam anda harus puasa
      3. Makan 4 jam dengan puasa selama 20 jam
      Jika anda mengambil jendela makan ini, maka waktu untuk Anda makan semakin menyempit. Misalnya jika Anda mulai makan jam 2 siang, maka Anda hanya diperbolehkan makan sampai jam 6 malam saja. Sisanya anda harus puasa hehe...semakin berat ya!  
      Kesimpulan : Selama 4 jam anda boleh makan, dan selama 20 jam anda harus puasa
      4. Puasa Selama 24 jam
      Mungkin ini hanya dapat dilakukan oleh professional terlatih hehehe. Disini Anda hanya diperbolehkan makan sekali dalam 24 jam. Jam berapa pun dan makan apa pun. Tapi bukan berarti anda boleh rakus dan mengonsumsi sarapan atau minuman berkalori selama puasa, tapi makanlah sewajarnya. Sisanya anda wajib puasa.
      Contoh, Anda makan hari Jum'at jam 1 siang.  Maka Anda baru boleh makan lagi pada hari sabtu pukul 1 siang. Lakukan puasa 24 jam ini sebanyak 2 kali dalam seminggu. Setelah puasa dua kali dalam seminggu terpenuhi, Anda kembali lagi ke jendela makan puasa makan 4 jam dan puasa selama 20 jam.
      Kesimpulan : Hanya boleh makan 1 kali dalam 24 jam + tidak boleh sarapan pagi
       
    • Oleh Martaindahsari

      Siapa bilang menurunkan berat badan itu susah? Kamu bisa lunturkan lemak pada tubuh dengan mudah Ladies. Hanya dengan mengonsumsi air saja sebenarnya kamu bisa dengan mudah menghilangkan puluhan kg lemak dari tubuhmu.
      Dimulai dengan meminum 500 ml air 30 menit sebelum makan, kamu akan bisa memangkas lemak dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan minum air sebelum makan benar-benar efektif menurunkan berat badan bahkan pada orang yang mengalami obesitas. Kali ini Vemale akan mencoba menghadirkan 6 step mudah untuk turunkan berat badan hanya dengan minum air putih yang bisa kamu ikuti sejak sekarang Ladies.
      Step 1
      Seperti yang telah dibahas sebelumnya Ladies, mulailah dengan meminum 500 ml air 30 menit sebelum makan. Air akan membuat perutmu merasa lebih kenyang dan menurunkan selera makanmu Ladies. 
      Step 2
      Hindari minuman yang mengandung kalori seperti soda, kopi, dan minuman manis. Minum air putih saja sebanyak-banyaknya.
      Step 3
      Penelitian membuktikan bahwa minum air putih dingin akan mempercepat metabolisme tubuh. Karena itulah perbanyak minum air dingin dalam sehari.
      Step 4
      Selalu hitung jumlah air yang masuk dalam tubuhmu Ladies. Minumlah minimal 10 gelas air dalam sehari jika kamu memang ingin menurunkan berat badan.
      Step 5
      Kamu juga harus memperhatikan jumlah keringat yang keluar Ladies. Jika kamu memang sering berkeringat selalu tambah asupan air putih dalam tubuh agar tak sampai dehidrasi.
      Step 6
      Ganti snack, rokok, atau minuman manis dengan air putih. Saat lapar dan ingin ngemil ambil air putih dan minum sampai habis. Ini akan membiasakan dirimu untuk minum air putih dan hidup lebih sehat.
      Berikut tadi 6 step super simple yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan berat badan dengan efektif Ladies. Air putih akan sangat membantu menurunkan berat badan. Tak cuma itu saja, air putih sangat sehat dan akan membuat kulitmu makin sehat dan bercahaya.
    • Oleh Triani1990

      Banyak orang tidak menyadari tentang apa yang telah mereka makan setiap hari. Memang terkadang hati terasa gundah ketika harus menolak makanan enak yang sudah tersedia di depan mata, tapi apalah daya, kita sebagai manusia penuh dosa akhirnya juga ngembat makanan itu dengan lahapnya dan akhirnya kenyangpun tak dapat dihindari. Begitulah seterusnya hingga perut anda penuh terisi makanan, padahal makanan yang sebelumnya belum tercerna dengan baik, sehingga ngumpul di perut dan terciptalah perut yang cembung. hehehe, pisss
      Dibalik itu semua ternyata ada cara ampuh yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengurangi tingkat makan yang biasanya berlebihan. Tenang saja, hal ini biasanya nggak kerasa, tapi harus tetap dibiasakan agar semuanya baik-baik saja.
      1. Ngemil Dulu Sebelum Pergi Makan
      Ketika anda berencana pergi makan malam di luar bersama teman, usahakan Setengah jam sebelumnya, konsumsi 200 kalori lebih dulu, Anda bisa makan camilan yang setidaknya mengandung 15 gram protein. Dengan perut yang dipenuhi protein mengenyangkan, hormon rasa lapar pun akan menurun. Sehingga, saat di tempat makan, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Dua makanan ringan yang bisa jadi pilihan adalah susu yang mengandung protein atau apel, selain mengandung serat juga mengandung lemak.
      2. Berhentilah Sebelum Kenyang
      Saat makan, bayangkan pengukur tangki bensin mobil mendeteksi isi perut Anda. E atau empty berarti Anda lapar dan F atau Full berarti Anda kenyang. Tujuannya untuk menjaga setengah atau tiga seperempat isi perut. “Jadi, makanlah sebelum perut terlalu kosong dan berhentilah makan ketika Anda merasa puas atau cukup, sebelum perut membesar karena terlalu kenyang,” ujar Matt Lawson, M.A., pelatih penurunan berat badan dari iBehaviorCoach.
      3. Kunyah Makanan Hingga Halus
      Anda tentu pernah mendengar saran ini sebelumnya, kunyahlah setiap makanan yang masuk ke dalam mulut sebanyak 33 kali. Nyatanya, memang ada fakta ilmiah di balik itu. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengunyah lebih banyak dalam setiap suapan, makan 12 persen lebih sedikit dibanding mereka yang mengunyah 12 kali. Para peneliti percaya, mengunyah makanan lebih lama sebelum menelannya, mempercepat pelepasan hormon usus yang berkaitan dengan rasa kenyang.
      4. Makanlah Layaknya Kritikus Restoran
      Luangkanlah waktu untuk mencatat tekstur makanan, rasa dan aroma dari makanan yang Anda konsumsi. Pikirkan tentang dari mana asal dan sumbernya. Makan dengan penuh kesadaran akan memperlambat Anda memasukkan makanan ke dalam mulut.
      5. Rencanakan Dengan Tepat Untuk Belanja Bahan Makanan
      Sebuah studi di JAMA Internal Medicine melaporkan, bahwa belanja saat lapar umumnya akan membuat Anda memenuhi keranjang belanja dengan berbagai makanan tinggi kalori. Waktu terbaik untuk belanja adalah setelah sarapan di akhir pekan, ujar Anita Mirchandani, R.D., seorang pakar diet dari New York. Jika waktunya tidak tepat, lakukan sebelum pergi menikmati akhir pekan Anda. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa belanja bahan makanan dengan daftar akan mengurangi kemungkinan Anda membeli makanan tinggi kalori yang menggoda mata Anda.
      6. Belilah Alat Makan Yang Baru dan Unik
      Rata-rata piring di Amerika ukurannya telah diperbesar 23 persen dari abad lalu. Tak heran jika di masa ini, ukuran pinggang banyak orang melebar seperti balon. Tapi, Anda bisa mengakalinya dengan memilih piring berwarna atau bermotif. Piring model ini akan membuat porsi kecil terlihat besar, karena piring akan terlihat berisi, menurut hasil penelitian yang telah diterbitkan di International Journal if Obesity.
      7. Hati-hati Jika Terjebak dengan Porsi Makan Besar
      Restoran sering kali menyajikan menu dengan porsi berlebihan. Misalnya saja hamburger yang seharusnya hanya berukuran 2,5 ons di restoran umumnya disajikan dengan ukuran 5,3 ons. Untuk menghindari makanan berlebih, hindari menghabiskannya seorang diri. Bagi dengan teman dan hapus pikiran bahwa Anda tak kenyang dengan setengah porsi.
  • Kontributor Populer

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi