Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
berita_semua

Lelang Frekuensi 2,1 GHz & 2,3 GHz Molor Bikin Operator Menderita

Recommended Posts

slide-corporate-2.thumb.jpg.cc25003fbefc75c9a812036fcb555a48.jpg

Peraturan Menteri (Permen) terkait lelang frekuensi yang rencananya dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali molor hingga Juni 2017. Hal tersebut merupakan penundaan kedua kalinya setelah sempat molor hingga akhir Mei dari rencana awalnya pada Maret 2017.

Dijelaskan pengamat multimedia Heru Sutadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) seharusnya berkaca pada pengalamannya. Menurutnya, Menkominfo mengetahui bagaimana dampak yang akan diderita operator telekomunikasi jika permen lelang kembali molor.

“Menkominfo harus pegang Janji lah. Kan dia pernah di operator, pasti tahu molornya rencana lelang pasti berdampak pada operator yang membutuhkan dan sudah sangat menderita akan keterbatasan frekuensi,” katanya kepada Okezone, Selasa (30/5/2017).

Seperti diketahui, Rudiantara yang kini menjabat sebagai Menkominfo sempat menjabat di beberapa perusahaan operator telekomunikasi Tanah Air. Tak ayal pria yang kerap disapa Chief RA itu memahami alur bisnis perusahaan tersebut.

Aturan lelang frekuensi sendiri kini masih digodok Kominfo bersama dengan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Dua pita frekuensi yang dilelang Kominfo yakni 2,1 Ghz dan 2,3 Ghz.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By berita_semua
      Mengantisipasi lonjakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan seluruh operator seluler Indonesia akan meningkatkan performa jaringan dengan menaruh mobile BTS di seluruh titik arus mudik termasuk bandara.
      "Kenapa kita lebih khususkan ke bandara? Karena lebih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan pesawat terbang. Jadi saya minta kepada teman-teman operator untuk menaruh mobile BTS di titik-titik keberangkatan dan pulang," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).
      Pria yang kerap disapa Chief RA itu juga mengungkapkan, titik bandara yang dimaksud yakni Jakarta (Cengkareng dan Halim), Surabaya dan khususnya Bali.
      "Sebenarnya, masyarakat terbang ke Bali mungkin bukan buat lebaran mudik ya, tetapi untuk liburan dan perkiraan ini juga diperoleh dari teman-teman Kementerian Perhubungan. Pemerintah juga selalu melakukan koordinasi antara sektor Kementerian untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," imbuh Chief RA.
      Chief RA juga memaparkan timnya juga akan berjaga pada jalur darat yakni kereta api.
      "Kalau kereta api tidak terlalu tinggi seperti bandara, karena infrastruktur kereta api terbatas tidak seperti pesawat, pertumbuhan pembangunannya lebih cepat," tutup Chief RA.
      Sekadar informasi, Mobile BTS kabarnya akan ditaruh di 300 titik, meliputi titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan), jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat), serta titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, Semarang).
    • By Supraman

      T-Mobile, salah satu operator seluler terbesar di Amerika Serikat, mencari cara untuk menekan lalu lintar trafik yang lewat layanan mereka. Salah satunya dengan mengurangi kualitas video di YouTube.
      Pengguna yang mengakses YouTube melalui T-Mobile, hanya akan ditawari video dengan resolusi 480p. Sebagian pengguna mungkin puas dengan hal itu, tapi yang jelas hal ini membuat pengelola YouTube marah. 
      “Mengurangi konsumsi data mungkin baik untuk konsumen. Tapi tidak bisa dibenarkan mencekik semua layanan video tanpa izin khusus,” kata juru bicara YouTube

      Ya, selain YouTube, program Binge On milik T-Mobile sebenarnya akan mencekik semua streaming video yang terdeteksi. Kecuali beberapa rekanan T-Mobile yang memang sudah dianggap memenuhi kriteria teknis operator seluler tersebut, Netflix, HBO dan Hulu adalah yang masuk dalam pengecualian.
      YouTube absen dari daftar putih T-Mobile sejak bulan lalu, sehingga semua video yang ditayangkan hanya akan bisa diputar pada resolusi rendah meski pun pengguna memiliki bandwidth besar.
      Aturan itu, menurut YouTube, telah menyalahi aturan dari Federal Communications Commission soal netralitas jaringan. Dalam aturan tersebut dituliskan bahwa penyelenggara Internet dilarang untuk mendiskriminasi trafik Internet dari sumber tertentu, termasuk pembatasan di aplikasi.

      Selain Alphabet, pemilik YouTube, aplikasi kompresi milik T-Mobile sebenarnya juga sudah diprotes oleh Asosiasi Internet yang di dalamnya ada Google, Netflix, Amazon, Facebook dan raksasa Internet AS lainnya.
      “Menekan data untuk mengurangi biaya sebenarnya sah-sah saja, selama ada pemberitahuan dan pilihan untuk penyedia atau konsumen,” tulis grup tersebut.
      T-Mobile masih bergeming soal proses itu. Namun mereka menyediakan pilihan untuk para pelanggannya yang ingin akses datanya tidak dibatasi. Mereka bisa mengubah pengaturan tersebut melalui akun di situs my.t-mobile.com.
    • By c0d1ng
      Pada tanggal 22 September kemarin, Xiaomi memang telah mengelar acara yang salah satu agenda utamanya memperkenalkan smartphone mid-range terbarunya yakni Mi 4c. Selain memperkenalkan smartphone terbarunya itu, Xiaomi ternyata juga menghadirkan operator wireless milik Xiaomi sendiri.

      Operator milik Xiaomi ini bernama Mi Mobile, dan nantinya operator seluler ini bakal berhadapan langusung dengan raksasa operator yang sebelumnya telah lebih dahulu beroperasi. Para raksasa operator tersebut meliputi China Mobile dengan lebih dari 800 juta pelanggan, China Unicom yang kurang lebih memiliki 300 juta pelanggan, dan China Telecom yang memiliki setidaknya 200 juta pelanggan.
      Jika ditotal, pengguna ketiga operato raksasa tersebut mencapai 1,3 miliar pelanggan di negara yang memiliki populasi 1,37 miliar orang. Mi Mobile sendiri akan menjadi MVNO yang mana akan menyewa kapasitas jaringan dari raksasa operator seluler lain di negara tersbut.
      Rencananya, Mi Mobile akan hadir dengan dua varian layananan, yakni Pay-as-you-go yang mana pelanggan akan dikenakan biaya 0,2 USD untuk setiap menit pada panggilan telefon, setiap mengirim SMS, serta setiap penggunaan 1MB data internet.
      Sedangkan untuk pelanggan yang ingin memprioritaskan data internet dapat membeli paket data seharga $9,25 USD untuk setiap 3GB data internet, namun dengan tarif lain yang sama yakni, $0,2 USD untuk setiap menit panggilan, setiap SMS, dan setiap 1MB data jika telah melebihi batas itu.
      Layanan Pay-as-you-go sendiri sudah hadir hari ini tanggal 23 September, sedangkan untuk pilihan paket data 3GB akan mulai hadir secara beta pada bulan Oktober mendatang.
    • By davidbo
      Begitu mengunjungi sebuah situs web, Anda akan menemukan gambar yang bergerak seperti jarum jam. Ini adalah ikon yang menunjukkan bahwa komputer Anda sedang memuat (loading) sebuah situs web dengan koneksi Internet.
      Ikon loading ini kadang terus berputar, dan situs web tak kunjung terbuka. Kadang hal ini bukan kesalahan akses Internet dari operator telekomunikasi. Keleletan mengakses bisa juga disebabkan oleh  sebuah situs web yang menyimpan terlalu banyak data.
      Situs web masa kini menyimpan lebih banyak konten. Ada video, foto, gambar interaktif, komentar, dan kode pemogramana untuk fitur lain yang dapat menambah lama waktu panggil situs web.
      Menurut penelitian yang dilakukan HTTP Archive, saat ini rata-rata ukuran sebuah situs web adalah 2,1 MB. Angka ini dua kali lebih dari rata-rata ukuran situs web tiga tahun lalu.
      Dari jumlah tersebut, masih menurut HTTP Archive, foto merupakan konten yang paling menyesaki situs web dengan 63 persen, diikuti oleh script (16 persen), video (10 persen), font (5 persen), stylesheets (3 persen), HTML (3 persen), dan lainnya (0,2 persen).

      Situs web masa kini juga memasang alat pelacak dan analisis ntuk memelajari lebih lanjut perilaku pengunjung. Alat macam ini meningkatkan bobot sebuah situs web.
      Foto dan video merupakan konten yang bisa disebut "berat" ketika sebuah situs memuat mereka. Bahkan ada pula situs web yang hanya menyediakan foto dan video dalam resolusi tinggi.
      Sejumlah pengelola situs web mengatasi masalah keleletan memuat video dengan menyediakan beberapa opsi ukuran gambar yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan jenis perangkat dan kecepatan akses Internet pengguna.
      Di sisi lain, fitur ini membuat situs web semakin kompleks karena membutuhkan lebih banyak kode untuk menjalankannya.
      "Pergeseran tren dari komputer desktop ke ponsel pintar memiliki dampak besar pada kinerja situs web," ujar Craig Adam, Vice President of Web Esperience Product di Akamai, perusahaan pengirim konten yang layanan diakses oleh 15 sampai 30 persen lalu lintas Internet per hari.
      Bobot situs web juga ditambah oleh sistem enkripsi sebagai upaya pengamanan diri. Perisai diri di belakang protokol keamanan membutuhkan lebih banyak kode.
      Jenis huruf atau font ternyata juga menyumbang beban. Selama ini pengelola situs web berlomba membuat tampilan mereka berbeda dari yang lain. Tiga tahun lalu, menurut data HTTP Archive, font hanya menyumbang 1 persen dari ukuran situs web dan sekarang proporsinya meningkat jadi 5 persen.
      Hal lain yang membuat akses Internet terasa lelet ada di pihak operator telekomunikasi seperti jaringan yang macet dan ketiadaan dukungan infrastruktur di wilayah tertentu.
      Di sisi lain kebiasaan buruk pengguna juga bisa memberi pengalaman buruk pada kegiatan berselancar Internet. Misalnya, memakai aplikasi peramban lawas yang tak kunjung diperbarui, membuka banyak tab, dan yang paling berpengaruh adalah membeli paket Internet harga termurah namun mengharapkan kualitas terbaik.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy