Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
Guest Metrotvnews

Raja Swedia bakal Disambut di Istana Bogor

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menyambut Raja Swedia, Carl XVI Gustaf di Istana Bogor, Jawa Barat. Raja Gustaf didampingi Ratu Silvia dan beberapa delegasi dari berbagai bidang.

Raja Gustaf dijadwalkan tiba di Istana Bogor, Senin 22 Mei 2017, sekitar pukul 11.15 WIB. Raja Gustaf bersama rombongan akan disambut pelajar yang membawa bendera Swedia-Indonesia di sekitar Istana Bogor.

Ia juga akan disambut dengan upacara kenegaraan. Hal serupa kerap dilakukan pemerintah era Jokowi dalam menyambut kepala negara atau kepala pemerintahan.

Dalam kunjungan ini, Raja Gustaf juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi. Kedua pemimpin negara itu juga akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman.

Kunjungan Raja Gustaf ini merupakan yang perdana. Ia sempat datang ke Indonesia pada 2012, namun ketika iut ia menjabat Ketua Pandu Dunia.

Investasi dan perdagangan

Raja Gustaf tak datang dengan tangan hampa. Ia akan membawa 60 pengusaha dari 35 perusahaan di Swedia.

Berbicara dalam jumpa pers mingguan di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017, Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri RI, Witjaksono Adji mengatakan, investasi dan perdagangan akan menjadi salah satu fokus pembahasan. Selain itu, sektor energi, riset dan teknologi, pertahanan serta transportasi juga tak akan luput dari pembahasan dua negara tersebut.

Pemerintah berharap terbentuknya sebuah kesepakatan di sejumlah sektor tersebut. Menurut dia, pemerintah terus berbicara dan bernegosiasi untuk dibentuknya kesepakatan.

"Masih terus dinego dan dibicarakan. Tentu kita usahakan. Tapi pasti nanti akan ada G2G, lalu ada agency-to-agency, ada kesepakatan ekonomi dan bisnis juga," kata Witjak.

Pasar bebas dan ladang investasi

Indonesia dianggap sebagai pasar bebas dan ladang investasi oleh Swedia. Perdagangan dan investasi menjadi fokus kunjungan Raja Gustaf.

"Indonesia itu dianggap sebagai pasar bebas oleh pihak Swedia. Terbukti banyak produk Swedia yang masuk ke Indonesia, seperti fesyen. Kopi gayo asal Indonesia juga sudah masuk ke Swedia," kata Duta Besar RI untuk Swedia Bagas Hapsoro di Jakarta, Jumat 19 Mei 2017.

Terbukti, ekspor Indonesia ke Swedia pada 2016 mencapai USD145 juta. Sebaliknya, impor Indonesia dari Swedia mencapai USD526 juta.

"Swedia juga menciptakan sekitar 20 ribu lapangan kerja untuk warga Indonesia, ya, melalui produk-produknya itu, seperti Skype, Spotify, H&M," tutur dia.

Sampai saat ini, banyak negara Nordik yang sudah mengunjungi Indonesia. Presiden Finlandia sempat berkunjung pada November 2015. Oktober 2015, giliran Ratu Denmark mengunjungi Jakarta. Sementara pada April 2015, Perdana Menteri Norwegia yang mengunjungi Tanah Air.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy