Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies

Recommended Posts

Banyak cara bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan. Simak berikut:

 

1. Sikat gigi

Penelitian menunjukkan rata-rata orang menghabiskan waktu satu menit untuk menyikat gigi. Selama proses tersebut, hanya 60 persen plak saja yang dibersihkan. Dengan menambah sedikit waktu menyikat gigi, hasilnya akan lebih banyak lagi.

 

Caranya, sisihkan waktu dua menit untuk membersihkan gigi. Sikat seluruh permukaan gigi, diawali dengan bagian yang paling dekat dengan lidah karena risikonya untuk berlubang lebih besar. Pilih sikat yang halus dan pasta gigi mengandungfluoride.

 

2. Berkumur

Gunakan obat kumur mengandung antimikroba. Perlu diketahui bahwa gigi kita hanya menempati 20 persen dari seluruh permukaan di dalam mulut. Bakteri patogen bisa hidup di-80 persen sisanya, seperti lidah, gusi, air liur, dan jaringan lain.

 

Obat kumur (mouthwash) akan membunuh bakteri yang berada di area selain gigi sekaligus mencegah dan mengurangi plak di permukaan gigi yang sulit dicapai oleh sikat gigi.

 

3. Hindari makanan bergula yang lengket

Makanan seperti permen, snack yang bersalut gula, dan sebagainya akan menempel pada gigi. Kalau pun Anda mengonsumsinya, usahakan menyikat gigi dalam waktu 20 menit setelah makan. Hal itu dilakukan untuk mencegah pembentukan asam oleh bakteri. Jika tetap ingin mengunyah permen, pilihlah yang tanpa gula.

 

4. Perbanyak buah dan sayuran

Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran kaya serat. Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga akan merangsang aliran liur di mulut dan membantu remineralisasi gigi.

 

5. Jauhi rokok dan alkohol

Perokok berisiko empat kali lebih tinggi menderita penyakit gusi dibandingkan bukan perokok. Sementara itu, konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi akan meningkatkan kerusakan gigi.

 

6. Dalam waktu 20 menit

Makanan seperti gula-gula, kacang bersalut gula, roti, atau cokelat, dapat menempel pada gigi. Jika Anda mengonsumsinya, usahakan untuk segera menyikat gigi dalam waktu 20 menit setelah makan, atau minimal berkumur-kumur dengan air. Pembentukan asam oleh bakteri penyebab gigi berlubang sangat aktif pada waktu 20 menit setelah makan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By rani
      Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, alpukat juga memiliki manfaat yang tak terduga. Selain untuk hal kecantikan, ternyata alpukat juga berkhasiat untuk menyingkirkan bau mulut.
      Ya, seorang pakar kesehatan mengungkapkan jika Anda menginginkan mulut terasa segar dan bebas bau, cobalah untuk mengonsumsi alpukat saat makan siang. Menurut nutritionist Lovisa Nilsson, alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak tersebut bisa menyingkirkan sisa-sisa makanan ketika dikunyah di dalam mulut.
      “Alpukat juga bisa menghilangkan bau dari makanan yang membusuk dalam perut,” ujar Nilsson, seperti dikutip dari SoFeminine, Rabu (12/4/2017).
      Nah, agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi alpukat secara utuh tanpa dicampur terlalu banyak bahan tambahan, seperti gula, susu, atau sirup. Anda bisa langsung mengonsumsinya dengan membelah alpukat menjadid dua lalu menyendokkan dagingnya.
      Selain menyingkirkan masalah bau mulut, alpukat juga bermanfaat bagi kecantikan rambut, yakni mencegah kerontokan rambut. Nilsson menjelaskan, Anda bisa memperolehnya dengan mudah melalui minyak alpukat yang menyerap pada folikel rambut dan membuat rambut tampak lembut dan berkilau.
      Caranya, haluskan alpukat menggunakan garpu, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan minyak zaitun. Aplikasikan pada rambut, kemudian bungkus menggunakan shower cap. Bilas setelah 15-20 menit dan rasakan khasiatnya.
    • By BincangEdukasi
      Memang tidaklah mudah menjaga kesehatan gigianak,apalagi  kalau si anak suka jajanan yang manis-manis,dan kebanyakan seorang anak itu sangat susah jika disuruh untuk menyikat gigi nya. Tapi sebagai seorang ibu, kita tetap harus menjaga kesehatan gigi anak dan hal itu tidak boleh dianggap remeh, kenapa?
      Karena kesehatan gigi anak sewaktu kecil mempengaruhi kesehatan giginya setelah dewasa nanti.selain itu rusak nya gigi anak bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan nya, mengalami sakit gigi dan karena sakit pada gigi itu maka akan membuat si anak tidak nafsu makan. Menurut penelitian ahli gigi, buruk nya kesehatan gigi anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
      Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu? kita harus mengenalkan sejak dini kepada anak betapa penting nya merawat gigi. Jika si anak belum mempunyai gigi yang banyak,maka kita bisa membersihkan gigi nya tersebut menggunakan kain kasa yg lembab. Dan hal itu akan membuat si anak merekam dalam otak nya, bahwa menjaga kebersihan gigi itu sangat penting.dan jika gigi anak sudah banyak, kita bisa mengajari nya menggosok gigi.
      Ada beberapa kiat dalam mengajarkan anak agar mau menyikat gigi nya.
      Sediakan si anak sikat gigi yang bentuk nya lucu, dan sediakan odol anak yang beraroma buah buahan dan tidak pedas. Ajak mereka sikat gigi bersama-sama dengan kita, sambil mengajari si anak cara menggosok gigi yang benar. Setelah si anak menggosok gigi nya,berikan pujian kepada si anak agar mereka merasa dihargai. Sekali-kali berceritalah,, berikan cerita-cerita anak tentang penting nya menjaga kesehatan gigi dan apa akibat nya jika tidak mau menggosok gigi atau tontonkan si anak dgn video tentang pentingnya menjaga gigi, hal itu benar-benar sangat berkesan di hati anak. Bawalah anak-anak anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak selalu terjaga dan terkontrol.
    • By BincangEdukasi
      Gigi merupakan aspek terpenting saat melakukan kegiatan makan ataupun minum. Dengan memiliki gigi yang putih, cantik dan bersih pasti menjadi impian banyak orang. Dengan demikian akan membuat penampilan anda makin menarik dan membuat senyum anda semakin manis. Namun, bagaimana dengan gigi pada bayianda saat ini? Apa saja gejala yang di timbulkan?
      Pada prosesnya memilikm bayi di atas 10 bulan sudah mulai menandakan untuk tumbuh gigipertama hingga gigi si kecil tumbuh dengan rapi. Pada tahapan inilah ada baiknya sebagai orangtua anda harus memperhatikan banyak hal untuk membuat si kecil tetap nyaman saat proses tumbuh gigi. Untuk itulah banyak hal yang harus anda lakukan untuk membuat pertumbuhan gigi bayianda tetap teratur dan membuat bayi anda nyaman saat melakukan kegiatan makan.
      Seiring dengan perkembangan si kecil yang makin hari makain sehat dan baik, membuat pertumbuhan anggota dalam tubuh lainnya berkembang termasuk gigi. Sebagai aspek terpenting anda harus memperhatiakan pertumbuhan gigi bayi anda.
      Adapun beberapa tanda saat bayi mengalami gigi yang sedang tumbuh agar dapat di siasati dengan baik oleh para keluarga serta anda sebagai orangtua, berikut ini diantaranya: Rewel, menangis dan lekas marah ini di karenakan adanya reaksi dari gusi yang membuka gigi untuk keluar yang nyut- nyut hingga terasa sakit. Demam rendah (tidak lebih dari 1010F. ini karena di akibatkan dari tubuh yang bereaksi saat gigi mulai tumbuh. Banyak mengeluarkan ludah atau ngences. Suka mengigit dan selalu ingin makan atau mengunyah benda yang di pegangnya. Ini karena membuat si kecil ingin mengurangi sakit pada gusi yang akan membuat gigi tumbuh. Bengkak dan nyeri gusi. Dari beberapa tanda pertumbuhan gigi bayi dapat anda siasati dengan baik agar pertumbuhan gigi pada bayi lebih rapi, baik dan membuat pertumbuhan anak lebih baik. Jika terjadi sesuatu yang kurang baik, sebaiknya anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.
    • By BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
    • By duniagelap
      Anda gemuk tapi merasa sehat? Mungkin Anda benar-benar sehat karena tidak memiliki kebiasaan buruk seperti tidak merokok, minum alkohol, dan tidak melakukan olahraga.
      Pernyataan ini mungkin berbanding terbalik dengan kampanye kesadaran obesitas yang banyak diterapkan negara-negara di seluruh dunia. Namun sebuah penelitian di Spanyol menemukan lebih dari separuh pekerja obesitas di sana ternyata memiliki metabolik yang sehat.

      Kegemukan cenderung meningkatkan risiko penyakit kronis dan stigma sosial. Namun seseorang yang gemuk belum tentu memiliki penyakit.
      Para peneliti, dari Rumah Sakit del Mar, Cualtis, dan Eli Lilly, Spanyol, mengumpulkan data 451.432 pekerja Spanyol. Mereka ingin mengetahui bagaimana perbedaan orang yang sehat dan tidak sehat. Saat diuji, sebagian dari mereka tidak memiliki peradangan dalam tubuh mereka, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
      Mereka juga tidak menunjukkan perubahan insulin. Hampir semua proses metabolik mereka normal, sehingga hormon juga bekerja dengan baik.
      Para pekerja yang terdiri dari berbagai bidang ini juga menjalani pemeriksaan fisik yang meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang dan tekanan darah. Mereka juga dikelompokkan berdasarkan apakah mereka saat ini merokok, kadar alkohol yang mereka konsumsi, dan berapa banyak latihan yang mereka lakukan.
      Dari informasi ini, peneliti menghitung apakah mereka sehat dengan menggunakan lima kriteria sindrom metabolik seperti lingkar pinggang, kadar lemak yang dikenal sebagai trigliserida dan kolesterol yang ditemukan dalam darah mereka, serta tingkat gula darah ketika mereka sedang berpuasa. Para pekerja dianggap memiliki "metabolik sehat" ketika memenuhi dua atau kurang dari lima kriteria.
      Dari 87,1 persen pekerja yang kegemukan ditemukan sehat. Anehnya, 55,1 persen dari mereka yang dianggap obesitas  juga ternyata sehat. Sedangkan 97,8 persen dari individu dengan berat badan normal juga sehat.
      "Penerapan program promosi kesehatan pada para pekerja bisa menghentikan transisi ke metabolik yang tidak sehat, mempertaruhkan tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu mungkin langkah pencegahan perlu dilakukan," kata penulis utama studi tersebut, Albert Goday.
      Kendati demikian, studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Public Health ini tetap mencatat risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke apabila obesitas tak dikendalikan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy