Jump to content
Corei5

Mengadministrasi Server dalam jaringan

Recommended Posts

post-134-0-02663600-1418230326_thumb.jpg

 

Mengadministrasi Server dalam jaringan merupakan teori dan atau praktikum yang membahas dasar-dasar mengadministrasi server dalam mengelola suatu jaringan baik sebagai jaringan lokal (LAN) atau jaringan berbasis luas ( WAN ). Mengadministrasi server dalam jaringan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh administrator jaringan. Pekerjaan ini memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi agar di dapat hasil yang baik. Komputer yang terhubung jaringan lokal atau luas harus diatur dengan baik oleh seorang admin, baik dari sisi akses data, pembagian kegunaan atau pembagian pakai, kemanan dan kenyamanan data untuk di akses, dan masih banyak lagi yang harus di tata rapi oleh seorang administrator jaringan.

Aplikasi Server yang Digunakan

 

Samba (Server Message Block)

Samba merupakan protokol berbagi berkas dan berbagi printer untuk menyaingi protokol yang telah ada yakni Novell’s IPX-based. SMB ini merupakan protokol berbagi berkas dan berbagi printer pertama yang dapat berjalan pada multi protokol: TCP/IP, NetBEUI, IPX/SPX. Dengan kata lain SMB server dapat menggantikan posisi Novell server tanpa harus merubah infrastruktur dari jaringan.

 

FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar berkas dalam suatu jaringan yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar berkas dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client. FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar berkas. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat mengunduh, mengunggah, mengganti nama berkas, menghapus, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh administrasi FTP server.

 

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :

  • Untuk tujuan sharing data.
  • Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

DNS (Domain Name System)

DNS adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.

FUNGSI DNS

  • Kerangka peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai record TXT.
  • Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) digunakan oleh seluruh dunia.

KEUNGGULAN DNS

  1. DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP.
  2. DNS server mudah untuk di konfigurasikan.
  3. User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address

KEKURANGAN DNS

  1. DNS tidak mudah untuk di implementasikan.
  2. Tidak konsisten.
  3. Tidak bisa membuat banyak nama domain.

Web Server

Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.Web Server Suatu program (dan juga mesin yang menjalankan program) yang mengerti protokol HTTP dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut.

 

Cara kerja Web Server :

Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.

 

Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya.

 

Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangan mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik “http://…” anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser.

 

Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

 

Proxy server

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

 

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai Sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

 

DHCP (Dynamic Configuration Protocol)

DHCP adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client.

 

Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server. Pada saat kedua DHCP client dihidupkan , maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP-Server untuk mendapatkan nomor IP. DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP Server setelah memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP-Client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi nomor IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.

 

Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP Client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak memperbaharui permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP Server, dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada Client yang membutuhkan. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya. Jangka waktu disebut leased period.

 

Cara Kerja DHCP :

DHCP menggunakan 4 tahapan proses untuk memberikan konfigurasi nomor IP. (Jika klien punya NIC Card lebih dari satu dan perlu no IP lebih dari 1 maka proses DHCP dijalankan untuk setiap adaptor secara sendiri-sendiri) :

  • IP Least Request Client meminta nomor IP ke server (Broadcast mencari DHCP server).
  • IP Least Offer DHCP server (bisa satu atau lebih server jika memang ada 2 atau lebih DHCP server) yang mempunyai no IP memberikan penawaran ke client tersebut.
  • IP Lease Selection Client memilih penawaran DHCP Server yng pertama diterima dan kembali melakukan broadcast dengan message menyetujui peminjaman tersebut kepada DHCP Server.
  • IP Lease Acknowledge DHCP Server yang menang memberikan jawaban atas pesan tersebut berupa konfirmasi no IP dan informasi lain kepada Client dengan sebuah ACKnowledgment. Kemudian client melakukan inisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP tersebut dan client dapat bekerja pada jaringan tersebut. Sedangkan DHCP Server yang lain menarik tawarannya kembali.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By peter_hutomo
      Berbagai brand smartphone siap merilis smartphone 5G di 2019. Bahkan Xiaomi memastikan Mi Mix 3 5G bakal rilis awal 2019 nanti. Tetapi secepat apa sih jaringan 5G, apa bedanya dengan 4G, dan kapan hadir ke Indonesia, di video ini kita bakal bahas semua.
      Jadi 5G ini adalah jaringan mobile generasi kelima, penerus dari 4G yang saat ini masih jadi jaringan mobile utama di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dan sebagai penerus tentu aja 5G ini lebih cepat, dengan kapasitas yang lebih besar, latensi yang lebih kecil, serta menggunakan spektrum yang lebih baik daripada 4G.
      Jadi 5G ini kecepatan maksimalnya mencapai 20 Gbps, dan dari berbagai pengujian yang pernah dilakukan, kecepatan rata-rata 5G bervariasi, ada yang tembus 6 Gbps, ada yang 10 Gbps. Ini kenceng banget ya kalo dibandingin kecepatan rata-rata 4G saat ini.
      Latency nya juga lebih kecil, kalo 4G sampai di 45ms, 5G ini cuman 1ms, jadi untuk koneksi juga bakal jauh lebih responsif, tanpa lag dan nyaris tanpa delay.
      Selain itu kapasitasnya juga lebih besar, jadi potensi bandwitdh overload di jam-jam sibuk bakal jauh berkurang.
      Jadi ibaratnya untuk download satu film FHD, kalo di 4G kecepatan 100 Mbps per second butuh waktu sekitar 7 menit, di 5G dengan 6 – 10 Gbps bisa cuman 4 sampai 24 detik saja.
      Tapi itu dari hasil pengujian ya, untuk kecepatan dan latensi nyata, tentunya bakal tergantung juga dari operator 5G nya. Contohnya kecepatan 4G di Indonesia beda dengan kecepatan 4G di Korea atau Jepang, bahkan kecepatan 4G Telkomsel beda dengan kecepatan 4G Smartfren — dan ini juga pasti berlaku juga untuk 5G nanti. Tetapi yang jelas 5G bakal membawa banyak peningkatan dari koneksi 4G saat ini.
      Lalu apa manfaat jaringan 5G? Nah jadi dengan 5G, berinternet nggak cuman sekedar lebih kencang dan responsif, tetapi juga bakal mengubah banyak gaya hidup. Misalnya aja layanan streaming bakal semakin populer, baik itu streaming musik ataupun film. Video bakal makin digemari, YouTube makin jadi trend. Cloud sync dan cloud backup jadi hal yang normal. Tetapi lebih dari itu, 5G bakal membuka akses terhadap interconnected device, seperti IoT, membuat smart home makin populer, lalu di luar negeri ada self driving car, ini mobil yang bisa jalan sendiri, yang tentu aja butuh koneksi kencang dengan latensi kecil, 5G bakal ngedukung banget untuk self driving car ini.
      Dan terakhir, kapan 5G bakal dateng ke Indonesia? Untuk yang satu ini belum ada jawaban pasti. Tetapi smartphone 5G sudah mulai berdatangan di awal tahun 2019 besok. Xiaomi, OnePlus, Huawei, ASUS, Vivo, Nokia, dan banyak brand lain udah berkomitmen rilis hape 5G. Mi Mix 3 dan OnePlus 7 dipastikan bakal jadi HP 5G di 2019. Qualcomm bahkan sampai Samsung juga sudah siap dengan modem 5G besutan mereka sendiri.
      Pada intinya era 5G sudah dimulai, dan cepat atau lambat, operator di Indonesia juga bakal mengadopsi teknologi 5G ini.
      Sampaikan aja di kolom komentar kalo kamu punya pendapat seputar jaringan 5G, khususnya 5G di Indonesia.
    • By c0d1ng
      Rencana menghadirkan jaringan 5G mulai digaungkan di Indonesia. Pemerintah sendiri melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menyiapkan aturan yang mengakomodasi teknologi ini. Namun, apa saja kendala dalam menghadirkan jaringan generasi kelima di Indonesia?
      Dalam penjelasan pengamat telekomunikasi, Nonot Harsono, usaha menghadirkan 5G bukan sekadar menghadirkan tower yang lebih banyak. Namun, lebih kepada penataan jaringan kabel optik.
      "(Jaringan) 5G itu bukan soal teknologi, tetapi soal menata jaringan kabel optik dan jutaan BTS kecil," ujarnya kepada Okezone, Rabu (5/4/2017).
      Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penataan jaringan kabel optik dimaksudkan untuk memasang base transceiver station (BTS). “Bagaimana menata jaringan kabel optik yang serapi mungkin, lalu di ujung-ujung kabel optik itu dipasang BTS yang sangat banyak jumlahnya," lanjutnya.
      Ia melanjutkan bahwa layanan 5G dapat dimanfaatkan untuk keperluan internet of things (IoT), mobil tanpa sopir, dan beragam fungsi lainnya.
    • By c0d1ng
      Data center ini dahulu digunakan sebagai bunker anti nuklir pada masa perang dingin Data center ini dapat bertahan dari sebuah serangan bom atom, sekedar mengingatkan bahwa sebuah bom atom memiliki daya rusak lebih besar dari 50 megaton (50 juta ton TNT)   Menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan dari dua mesin disel Maybach MTU yang memproduksi 1,5 megawatt listrik. Mesin ini sebenarnya didisain untuk kapal selam, dan hanya beberapa orang di perusahaan pionen yang dapat menjalankannya.  Terletak 30 meter di bawah lapisan granit yang berada tepat di bawah Stockholm , Pionen memiliki luas 1.110 meter persegi. Akses internet dengan redundasi tiga lapis, jaringan itu terbuat dari serat optik melalui tiga jalur yang berbeda di bawah gunung. Pionen merupakan salah satu tempat dengan koneksi internet terbaik di Eropa Utara. Pionen berisikan NOC yang mengontrol lima dari data center yang dimiliki Bahnhof, salah satu ISP terbesar di Swedia. Fasilitas tersebut juga berfungsi sebagai tempat hosting colocation jadi apabila ingin, Anda dapat menempatkan server Anda di situ (saya yakin harganya tidak murah)  Lingkungan kerja Pionen dilengkapi dengan rumah kaca, air terjun, akuarium air asin sebesar 2.600 liter dan sinar matahari buatan untuk menjaga kenyamanan karyawan 15 karyawan senior bekerja full time di Pionen Berikut gallerynya ndral:









    • By c0d1ng
      LinkedIn memperkenalkan data center pertamanya di luar Amerika Serikat, yakni di Singapura, dengan luas lebih dari 2.000 meter persegi. Data center terbaru ini merupakan satu dari enam data center yang dimiliki LinkedIn secara global.
      Sejauh ini, LinkedIn telah menginvestasikan dana sebesar SG$80 juta (sekitar Rp778 miliar) untuk data center itu, yang diharapkan mampu memperkaya pengalaman pengguna LinkedIn yang terus bertumbuh di wilayah Asia Pasifik, termasuk meningkatkan kecepatan dan akses terhadap layanan LinkedIn.
      Sejak Januari 2013, jumlah anggota LinkedIn di Asia Pasifik bertumbuh lebih dari dua kali lipat hingga mencapai lebih dari 85 juta anggota hingga akhir 2015. Angka ini mencakup lebih dari 16 juta anggota di Asia Tenggara dengan lebih dari 5 juta anggota berada di Indonesia. Selama periode yang sama, pendapatan LinkedIn di Asia Tenggara meningkat lebih dari 3 kali lipat.
      Data center terbaru di Singapura tersebut akan dimanfaatkan untuk mengelola berbagai akses dan trafik LinkedIn yang berasal dari wilayah Asia Pasifik serta akan membantu mengelola satu per tiga trafik LinkedIn secara global.
      Selain itu, data center ini juga akan melengkapi kebutuhan penyimpanan dan pemrosesan LinkedIn yang terus bertumbuh mencapai 34% pada tahun ini.
      “Asia Pasifik merupakan wilayah dengan pertumbuhan jumlah anggota LinkedIn di luar Amerika Serikat. Kami terus berinvestasi untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman dan pelayanan terbaik, seiring dengan berkembangnya bisnis kami di wilayah ini,” kata Olivier Legrand (Managing Director of LinkedIn in Asia Pacific).
      “Dengan membangun data center yang dekat dengan para pengguna dan klien di wilayah ini, kami terus berupaya untuk menyediakan layanan yang lebih cepat dan andal. Selain itu, kami ingin berpartisipasi aktif untuk memfasilitasi berbagai kesempatan ekonomi di ASEAN, termasuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia.” pungkas Legrand.
      LinkedIn bekerja sama dengan Singapore Economic Development Board (EDB) sebagai upaya untuk menancapkan eksistensinya di wilayah ini melalui Singapura, termasuk salah satunya adalah pembangunan data center. Hal ini dilakukan untuk mendukung visi EDB yang ingin menjadikan Singapura sebagai pusat digital di Asia.
    • By qbonk

      Raksasa Internet Google berencana membangun pusat data baru yang berlokasi di Tennessee, Amerika Serikat pada awal 2016.
      Tidak tanggung-tanggung, Google menginvestasikan Rp 8,19 triliun untuk membangun fasilitas itu. Rencananya seluruh proses pembangunan bakal rampung dalam waktu dua tahun ke depan.
      Data center yang akan dibangun ini menjadi pusat data kelima belas milik Google, dan bakal beroperasi layaknya pusat data yang lain. Di sini Google akan menyokong jaringan Internet di mana seluruh informasi akan disimpan dan diakses oleh pengguna Google.
      “Keamanan data adalah hal yang sangatlah penting. Satu dari tiap 10 pekerja di sini akan memiliki peran untuk mendukung keamanan,” tegas Ron Bailey, wakil presiden Business development with The Greater Jackson County Chamber of Commerce in Scottsboro, Alabama.
      Awal 2015 lalu Google sempat mengungkap isi salah satu pusat data mereka. Tempat yang diklaim sebagai salah satu 'otak informasi' Google ini dihiasi oleh deretan sistem komputer besar bak labirin raksasa yang membingungkan. 

      Ruangan yang juga dihiasi oelh pemandangan untaian kabel berwarna-warni inilah yang akan menjadi tempat pemprosesan permintaan pencarian internet dari orang-orang di seluruh dunia.
      Sistem-sistem komputer ini menjalankan lebih dari 100 ribu server yang memiliki cangkupan ke seluruh dunia dan saling berinteraksi dengan kecepatan super cepat, yaitu 10Gb/s pada jaringan 'Jupiter'.

      Untuk bisa memenuhi kebutuhan netizen dunia, Google menyadari pihaknya harus membangun sendiri fasilitas yang mumpuni.
      “10 tahun lalu, kami menyadari kami tidak bisa membeli sebuah jaringan pusat data yang bisa memenuhi kombinasi kebutuhan dari skala dan kecepatan yang kami butuhkan, maka dari itu kami membangun sendiri infrastruktur jaringan untuk perangkat keras dan perangkat lunak bagi pusat data kami, ungkap Amin Vahdat dari Google.
      Saat ini, generasi terbaru dari jaringan 'Jupiter' milik perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini telah mengalami meningkatkan kapasitasnya menjadi 100 kali lebih efektif, dengan menyalurkan lebih dari satu petabit/detik dari total bandwidth bitesection.

      Data center terbaru milik Gogle ini akan membantu mengatur lalu lintas informasi netizen di seluruh dunia, bersama dengan fasilitas lainnya yang berada di Singapura, Taiwan, Finlandia, Belanda, Irlandia, Belgia, dan tentunya Amerika Serikat. 
      Google ingin menjaga performanya sebagai perusahaan yang terkenal sebagai analisis 'Big Data' dan dikenal memiliki infrastruktur dengan kecepatan dan performa yang bisa diandalkan.
      “Dengan mempunyai infrastruktur komputer yang terdistribusi secara luar biasa nantinya kami dapat menyediakan jaringan 'berkelas dunia' yang bisa menghubungkan server bersama.” kata Vahdat.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy