Masuk untuk mengikuti ini  
Pengikut 0
Metrotvnews

Guru Lebih Peka soal Mata Minus Anak Ketimbang Orangtua

1 pos di topik ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjadi orang terdekat tidak selalu berarti menjadi orang yang pertama menyadari ketidakberesan seseorang. Salah satu contohnya adalah masalah mata pada anak. 

myopia3.jpg

"Mata minus (rabun jauh) anak bisanya yang pertama sadar adalah guru, baru kemudian diberitahukan ke orangtua," ujar dr. Damara Andalia, SpM selaku Head of Eye Check Jakarta Eye Center (JEC) dalam konferensi pers Special Eye Check Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).

Ia menjelaskan, guru umumnya menyadari hal tersebut dari tingkah laku anak yang tak biasa dan menunjukkan penurunan dalam aktivitas belajar. Beberapa diantaranya adalah tulisan di papan tulis yang tak terbaca dengan dengan jelas, melihat dengan intensitas kedipan banyak, dan melihat seuatu benda harus dalam jarang pandang dekat. 

(Baca juga: Nutrisi yang Dibutuhkan Mata Selain Vitamin A)

"Prevalensi untuk melakukan sesuatu harus dalam jarak dekat intinya," tukasnya. 

Oleh karena itu, untuk menghindari anak terkena rabun jauh atau miopia, sebaiknya intensitas penggunaan gadget dikurangi dan lebih banyak aktivitas fisik yang tidak terlalu memforsir kerja mata. 

05Myopia-control-Design-585x347.jpg

Kesehatan mata anak-anak perlu dijaga dengan baik hingga berusia 18 tahun karena pada usia tersebut bola mata anak masih bisa memanjang sehingga kemungkinan anak mengalami minus atau bertambah minus pun semakin besar. 

Mata minus bisa terjadi karena sumbu bola mata yang terlalu panjang. Salah satu pengobatan mata minus adalah dengan mengikis perpanjangan tersebut dengan metode lasik, namun tidak dapat menghilangkannya secara total.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://www.metrotvnews.com/embed/1bVY6VGN" frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!


Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.


Masuk Sekarang
Masuk untuk mengikuti ini  
Pengikut 0