Jump to content

Singkirkan Bau Mulut Pakai Alpukat


Recommended Posts

58f01b93b39aa_manfaatbuahalpukat.thumb.jpg.4897d2bb553746d4f4be09abb74c5947.jpg

Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, alpukat juga memiliki manfaat yang tak terduga. Selain untuk hal kecantikan, ternyata alpukat juga berkhasiat untuk menyingkirkan bau mulut.

Ya, seorang pakar kesehatan mengungkapkan jika Anda menginginkan mulut terasa segar dan bebas bau, cobalah untuk mengonsumsi alpukat saat makan siang. Menurut nutritionist Lovisa Nilsson, alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak tersebut bisa menyingkirkan sisa-sisa makanan ketika dikunyah di dalam mulut.

“Alpukat juga bisa menghilangkan bau dari makanan yang membusuk dalam perut,” ujar Nilsson, seperti dikutip dari SoFeminine, Rabu (12/4/2017).

Nah, agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi alpukat secara utuh tanpa dicampur terlalu banyak bahan tambahan, seperti gula, susu, atau sirup. Anda bisa langsung mengonsumsinya dengan membelah alpukat menjadid dua lalu menyendokkan dagingnya.

Selain menyingkirkan masalah bau mulut, alpukat juga bermanfaat bagi kecantikan rambut, yakni mencegah kerontokan rambut. Nilsson menjelaskan, Anda bisa memperolehnya dengan mudah melalui minyak alpukat yang menyerap pada folikel rambut dan membuat rambut tampak lembut dan berkilau.

Caranya, haluskan alpukat menggunakan garpu, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan minyak zaitun. Aplikasikan pada rambut, kemudian bungkus menggunakan shower cap. Bilas setelah 15-20 menit dan rasakan khasiatnya.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By oktaviani
      Suatu hari seorang lelaki pemarah menemui Sang Kakek. Dia mendamprat Kakek dengan kata-kata kasar. Sang Kakek mendengarkanya dengan sabar, tenang, dan tidak berkata sepatah pun. Akhirnya lelaki itu berhenti memaki. Setelah itu, Kakek bertanya kepadanya,”Jika seseorang memberimu sesuatu tapi kamu tidak menerimanya, lalu menjadi milik siapakah pemberian itu ?” “Tentu saja menjadi milik si pemberi.” Jawab orang itu.
      ”Begitu pula dengan kata-kata kasarmu,” timpal Kakek .”Aku tidak mau menerimanya, jadi itu adalah milikmu. Kamu harus menyimpannya sendiri. Aku mengkhawatirkan kalau nanti kamu harus menanggung akibatnya, karena kata-kata kasarhanya akan membuahkan penderitaan. Sama seperti orang yang ingin mengotori langit dengan meludahinya. Ludahnya hanya akan jatuh mengotori wajahnya sendiri.”
      Lelaki itu mendengarkan Sang Kakek dan merasa malu. Ia meminta maaf dan kemudian pergi.”
      Kita tidak bisa mengotori langit (Meludah ke langit),karna ludah itu akan kembali pada kita.
    • By congek
      Bau mulut tidak sedap sering membawa masalah. Selain baunya memang mengganggu orang di sekitar kita, bakteri di dalam mulut juga akan berkembang biak dan merusak kesehatan mulut kita.
       

       
      Kita bisa mengatasi masalah bau mulut dengan cara yang alami. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi bau mulut tidak sedap.
       
      1. Minum air
       
      Selalu minum air putih dengan jumlah yang cukup setiap hari, dan jangan lupa untuk berkumur setiap kali habis makan. Perlu diperhatikan bahwa kita sebaiknya berkumur dengan wajar, dan jangan berkumur terlalu keras.
       
      2. Mengonsumsi buah bervitamin C
       
      Selama ini kita tahu bahwa vitamin C sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk kulit. Ternyata selain itu vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Makanlah buah yang mengandung vitamin C secukupnya, misalnya jeruk, apel, dan anggur.
       
      3. Teh kayu manis
       
      Teh kayu manis adalah salah satu resep nenek moyang kita. Cara membuatnya sangat mudah, cukup dengan menyeduk teh yang didihkan dengan kayu manis. Manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mengatasi bau mulut.
       
      4. Konsumsi permen mint
       
      Cara lain untuk mengatasi bau mulut tidak sedap adalah dengan makan permen mint. Permen mint akan membuat nafas kamu lebih segar dengan segera.
    • By gogolakanok
      Banyak cara bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan. Simak berikut:
       
      1. Sikat gigi
      Penelitian menunjukkan rata-rata orang menghabiskan waktu satu menit untuk menyikat gigi. Selama proses tersebut, hanya 60 persen plak saja yang dibersihkan. Dengan menambah sedikit waktu menyikat gigi, hasilnya akan lebih banyak lagi.
       
      Caranya, sisihkan waktu dua menit untuk membersihkan gigi. Sikat seluruh permukaan gigi, diawali dengan bagian yang paling dekat dengan lidah karena risikonya untuk berlubang lebih besar. Pilih sikat yang halus dan pasta gigi mengandungfluoride.
       
      2. Berkumur
      Gunakan obat kumur mengandung antimikroba. Perlu diketahui bahwa gigi kita hanya menempati 20 persen dari seluruh permukaan di dalam mulut. Bakteri patogen bisa hidup di-80 persen sisanya, seperti lidah, gusi, air liur, dan jaringan lain.
       
      Obat kumur (mouthwash) akan membunuh bakteri yang berada di area selain gigi sekaligus mencegah dan mengurangi plak di permukaan gigi yang sulit dicapai oleh sikat gigi.
       
      3. Hindari makanan bergula yang lengket
      Makanan seperti permen, snack yang bersalut gula, dan sebagainya akan menempel pada gigi. Kalau pun Anda mengonsumsinya, usahakan menyikat gigi dalam waktu 20 menit setelah makan. Hal itu dilakukan untuk mencegah pembentukan asam oleh bakteri. Jika tetap ingin mengunyah permen, pilihlah yang tanpa gula.
       
      4. Perbanyak buah dan sayuran
      Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran kaya serat. Bukan hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi juga akan merangsang aliran liur di mulut dan membantu remineralisasi gigi.
       
      5. Jauhi rokok dan alkohol
      Perokok berisiko empat kali lebih tinggi menderita penyakit gusi dibandingkan bukan perokok. Sementara itu, konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi akan meningkatkan kerusakan gigi.
       
      6. Dalam waktu 20 menit
      Makanan seperti gula-gula, kacang bersalut gula, roti, atau cokelat, dapat menempel pada gigi. Jika Anda mengonsumsinya, usahakan untuk segera menyikat gigi dalam waktu 20 menit setelah makan, atau minimal berkumur-kumur dengan air. Pembentukan asam oleh bakteri penyebab gigi berlubang sangat aktif pada waktu 20 menit setelah makan.
    • By PusatInformasi
      Terdapat beberapa manfaat alpukat yang luar biasa untuk kesehatan anda. Jika anda ingin menurunkan berat badan, memperbaiki kulit dan menurunkan risiko penyakit mematikan, berikut beberapa alasan untuk mengkonsumsi buah yang menyehatkan ini.

      1. Kesehatan Jantung

      Penyakit jantung koroner tetap menjadi penyakit paling mematikan di dunia dan merupakan penyakit inflamasi. Beberapa ilmuwan meyakini bahwa penggunaan minyak sayuran yang diproses secara berlebihan; megandung lemak omega 6 tinggi merupakan faktor utama dalam penyakit jantung. Mereka menyarankan untuk mengurangi konsumsi lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan. Alpukat merupakan sumber asam oleic lemak tak jenuh tunggal yang telah terbukti mengurangi kolesterol lipoprotein tingkat rendah dan disaat yang bersamaan meningkatkan kolesterol lipoprotein tingkat tinggi yang bermanfaat.

      Alpukat juga kaya akan beragam nutrisi yang bermanfaat bagi jantung diantaranya vitamin E untuk mencegah oksidasi kolesterol; folat untuk mengurangi tingkat homosistein dalam darah; potassium untuk memperlancar peredaran darah; fitosterol untuk mengurangi penyerapan kolesterol; dan serat diet untuk mengontrol kadar gula darah.

      Minyak alpukat yang sama lezatnya bahkan lebih banyak mengandung asam oleic, vitamin E, dan fitosterol, serta bersama dengan minyak kelapa, sering digunakan dalam memasak.

      2. Kesehatan Kulit

      Lemak tak jenuh tunggal yang berada pada alpukat juga bermanfaat untuk membuat kulit anda lebih cerah. Lemak tak jenuh tunggal sangatlah penting dalam menjaga kelembaban pada lapisan epidermis kulit sehingga membuat kulit nampak lembut dan sehat. Lemak omega-9 dapat membantu mengurangi kemerahan kulit dan iritasi serta membantu memperbaiki sel kulit yang rusak.

      Manfaat lain dari alpukat adalah melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan karena kandungan karoten antioksidan; vitamin E yang membantu menjaga kerusakan kulit akibat terkana panas matahari, dan vitamin C yang terlibat dalam produksi elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit.

      3. Alpukat dan Menurunkan Berat Badan

      Banyak orang akan merasa terkejut jika mereka mendengar bahwa makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori merupakan makanan yang baik untuk mengurangi berat badan. Namun penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal digunakan lebih banyak untuk membakar energi secara perlahan dan tidak disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

      Pembakaran energi perlahan dan perasaan kenyang yang anda dapatkan setelah memakan alpukat adalah beberapa alasan mengapa alpukat dikenal dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

      Inilah sebabnya mengapa menambahkan lebih banyak makanan yang mengandung lemak menyehatkan dan mengurangi karbohidrat yang diproses pada diet anda dapat membuat perbedaan besar jika anda ingin mengurangi berat badan. Memakan kacang seperti almond dan walnut sebagai makanan ringan dibandingkan memakan makanan yang tinggi karbohidrat juga sangat bermanfaat dalam mengurangi berat badan.

      Hal ini mungkin berlawanan dengan saran nutrisi jaman dulu seperti yang kita ketahui saat ini. Orang-orang mengkonsumsi segala hal yang rendah lemak saat ini, namun saat ini kita memiliki berat badan yang berlebih dibandingkan masa lalu.

      Menghitung kalori, membatasi asupan lemak, dan tidak memakan apapun telah terbukti gagal dan orang-orang tetap melakukan hal tersebut.
      Hanya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membakar lemak lebih banyak dan melakukan hal-hal yang berlawanan dengan apa yang kita ketahui selama ini melalui majalah maka kita memiliki kesempatan untuk mengurangi berat badan secara signifikan.

      4. Diabetes

      Per tahun 2013, terdapat kurang lebih 8.500.000 orang di Indonesia yang terdiagnosa menderita diabetes dan diyakini terdapat penderita yang belum terdiagnosa. Jika kasus penderita diabetes semakin bertambah, maka jumlah tersebut akan meningkat menjadi 13.000.000 pada tahun 2025 yang akan menekan NHS dan kemampuan kita untuk merawat orang yang mengidap diabetes.

      Gejala paling umum dari diabetes yang belum terdiagnosa adalah rasa haus dan lapar yang semakin sering dan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Mulut kering, turunnya berat badan secara drastis, masalah penglihatan dan rasa sakit pada kaki juga gejala yang umum. Jika anda mengalami salah satu dari gejala tersebut maka temui dokter anda untuk dites diabetes.

      Bagi anda yang telah hidup dengan diabetes, asam oleic pada alpukat sangatlah disarankan untuk menurunkan kolesterol ‘jahat’ LDL dan disaat yang bersamaan meningkatkan kolesterol ‘baik’ HDL. Menjaga kadar kolesterol adalah hal yang penting bagi penderita diabetes karena mereka memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

      Mengkonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dalam diet diabetes juga penting dalam mengurangi trigliserida dan dapat membantu memperbaiki fungsi insulin dan glukosa darah.

      Manfaat kesehatan lain dari alpukat yang dapat membantu adalah vitamin C untuk memperkuat pembuluh dan kapiler darah, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi masalah kesehatan lain yang dialami oleh penderita diabetes.

      Vitamin E menurunkan oksidasi kolesterol yang berakibat pada serangan jantung dan stroke. Vitamin E juga dapat memberikan perlindungan dari kerusakan syaraf pada pasien yang memiliki peripheral neuropathy.

      5. Arthritis

      Kandungan tinggi potassium pada alpukat merupakan faktor nutrisi penting lain bagi penderita diabetes karena fungsinya dalam mempertahankan jantung yang sehat dan meregulasi gula darah.

      Osteoarthritis adalah penyakit akibat inflamasi sendi dan kaku yang dialami oleh jutaan orang di dunia. Banyak makanan seperti gandum, jagung, susu, dan gula dianggap memperburuk gejala penyakit ini, namun alpukat adalah salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit akibat arthritis.

      Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat, fitosterol, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, dan beragam karoten yang dapat membantu mengurangi inflamasi yang mengakibatkan arthritis.
       
      Manfaat Kesehatan Lain dari Alpukat

      Mangkonsumsi alpukat secara rutin memiliki banyak manfaat kesehatan diantaranya jantung yang lebih sehat, kulit yang lebih sehat, membantu mengurangi berat badan, dan mengobati atau menghindari masalah jantung serius seperti diabetes dan arthritis.

      Dalam bentuk yang lebih padat, pemakaian rutin dari minyak alpukat yang dingin, khususnya sebagai pengganti dari minyak sayuran yang digunakan oleh banyak orang untuk memasak, dapat bermanfaat bagi anda.

      Terdapat lebih banyak manfaat dari alpukat, namun saya berharap lima manfaat ini cukup bagi anda untuk lebih memperhatikan salah satu makanan bergizi jika anda berbelanja.
    • By PusatInformasi
      1. Lemon

      Irisan lemon yang disisipikan saat kita makan di restauran bukan tanpa sebab. Karena potongan lemon itu bisa menetralkan bau mulut atau aroma makanan yang cukup kuat. Seperti aroma kambing, ataupun aroma bawang.

      2. Wortel

      Pada saat mengunyah makanan yang mengandung serat, akan membantu mulut memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami. Banyak dokter gigi menganjurkan untuk mengunyah wortel ataupun apel, untuk mengurangi bau mulut. Selain enak, seratnya pun baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu Anda yang tengah menjalankan diet.

      3. Teh Hijau

      Dalam teh hijau mengandung zat aktif bernama catechins yang dapat membunuh bakteri di mulut sekaligus menghilangkan gula dari plak. Bakteri penyebab bau mulut pun bisa hilang. Meminum teh hijau setiap hari sangat dianjurkan untuk menghilangkan bau tak sedap.

      4. Yoghurt

      Yoghurt adalah minuman prebiotik yan baik untuk pencernaan. Jika dikonsumsi setiap hari, atau minum atau makanan probiotik dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Apabila sistem pencernaan lancar, bau mulut dapat dihambat. Tapi jika sobat memiliki masalah dengan lambung, konsumsi yoghurt sebaiknya dibatasi.

      5. Daun Mint

      Daun mint bisa membantu menghilangkan bau tak sedap karena mengkonsumsi bawang Bombay ataupun bawang putih. Biasa ditaruh dalam makanan atau minuman sehingga memberikan efek yang segar di mulut dan aroma yang enak. Selain daun mint, Anda bisa juga menggunakan kayu manis jika ada.

      6. Air Putih

      Cara terakhir tapi cukup ampuh untuk mengurangi bau mulut adalah dengan meminum air putih. Karena dengan meminum air putih dapat merangsang saliva dengan baik. Dengan berkumur dengan air putih dapat mengeluarkan kotoran dari sela-sela gigi yang menjadi penyebab bau mulut.
       
      Jadi buat ente yang mau jaga mulut dari bau itu ndral caranya
×
×
  • Create New...