Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
Aladin

Penemu Modem Komputer (Dennis Hayes)

Recommended Posts

post-36-0-24390600-1398312877.jpg

 

Dennis Hayes lahir pada tahun 1950 adalah dia pendiri dari perusahaan Microcomputer Hayes, yang lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat modem kemudian telah digunakan di sebagian besar modem yang diproduksi hingga hari ini. Dia meninggalkan Georgia Institute of Technology di pertengahan 1970-an untuk bekerja di sebuah perusahaan komunikasi, National Data Corporation di Atlanta, sebuah perusahaan yang menangani transfer uang elektronik dan otorisasi kartu kredit. Pekerjaan Hayes 'adalah untuk mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC itu. Dia bertemu Dale Heatherington di Perusahaan Data Corporation Nasional.

Bersama-sama mereka mengembangkan dan memasarkan modem berkualitas tinggi untuk PC pertama IBM, dan membangun perusahaan bernama Hayes Communication. Sementara Heatherington meninggalkan perusahaan untuk pensiun dini, Hayes menjalankan perusahaan sampai bangkrut pada tahun 1998. Dennis C. Hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1977, yang hasilnya mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang. Ia pertama kali menjual produk modem bernama Hayes kepada par penggemar komputer di bulan April 1977, dan kemudian mendirikan perusahaan D.C. Hayes Associates, Inc., yang belakangan terkenal dengan nama Hayes Corp., pada Januari 1978. Kualitas dan inovasi dari produk Hayes dihasilkan dalam peningkatan kinerja dan pengurangan biaya sehingga mampu memimpin industri dalam Transisi dari modem leased line ke intelligent dial-up modem untuk PC.

 

post-36-0-57375900-1398312873.gif

 

Pada saat ia memulai perusahaannya, Hayes telah berpengalaman lebih dari 10 tahun bekerja dengan sistem komputer mulai dari yang besar hingga yang kecil, telekomunikasi, pengembangan produk manufacturing dan elektronika. Selama mengikuti kuliah di Institut Teknologi Georgia, Hayes berpartisipasi dalam program co-operation yang bekerja untuk AT&T Long Lines. Kemudian ia bergabung dengan Financial Data Services dimana ia bekerja pada sistem dengan mikroprosesor 4-bit pertama. Setelah menyelesaikan studinya di Institut Teknologi Georgia, Hayes kemudian bekerja untuk National Data
Corporation, dimana ia mengembangkan sistem berbasis mikrokomputer agar bisa terhubung ke jaringan. Hayes selanjutnya mengikuti kuliah di School of Management and Strategic Studies di Western Behavior Science Institute.

Perusahaan D.C. Hayes Associates bermula didirikan di rumah Hayes, dimana ia memulainya dengan investasi sebesar $5.000; dan kemudian melejit menjadi perusahaan yang memimpin didunia industri TI. Produk pertamanya adalah modem board untuk bus s-100 dan kemudian untuk komputer Apple II. Memecahkan masalah antar-muka (interface) sehingga memungkinkan komputer-komputer menggunakan sebuah port serial standar untuk mengendalikan fungsi-fungsi modem melalui perangkat lunak, ia menemukan command set untuk Hayes Standard AT yang pertama kali diperkenalkan untuk modem PC di bulan Juni 1981.

Selanjutnya produk Hayes, SmartModem dengan cepat menjadi standar yang dengan kompatibilitas modem telah diukur dengan seksama, sehingga perusahaan kemudian mulai berkembang dengan cepat. Selama lebih dari 20 tahun menjabat sebagai Chairman di Hayes Corp., ia memimpin perusahaannya sebagai seorang visioner yang melihat kesempatan emas untuk mengembangkan alat komunikasi PC dan virtual workplace. Setelah dengan sukses mengarahkan perusahaan melakukan sebuah merger, yang akhirnya menghasilkan sebuah perusahaan baru yang memiliki kebijakan menjadi perusahaan publik dari Hayes Corporation menjadi Dennis C., Hayes kemudian memutuskan untuk pension sebagai Chairman pada akhir tahun 1998, untuk kemudian melanjutkan ketertarikannya pada industri yang lain, diantaranya pad Association of Online Professionals.

 

post-36-0-05732100-1398312876.jpg

 

Di Spartanburg, South Carolina, Hayes juga aktif dalam komunitas sosial asisoasi industri lain. Ia pernah menjabat sebagai pendiri dan salah-satu ketua Public Policy Committee of CompTIA, The Computing Technology Industry Association, Founding Chairman dari Georgia High Tech Alliance, dan mendirikan Board Member of the Georgia Center for Advanced Telecommunication Technology. Hayes adalah salah satu dari 4 orang yang termasuk dalam Georgia’s Technology Hall of Fame. Ia sekarang masih menjabat sebagai Chairman di Association of Online Professionals, yang merger dengan US Internet Industry Association.

Referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Dennis_Hayes

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By womanthings
      Isu keamanan merupakan hal paling umum dirasakan pengguna windows. Sebagai salah satu OS komputer dengan pengguna terbanyak di dunia, tak heran apabila banyak sekali virus yang berusaha menjangkiti OS yang satu ini. Mulai dari virus ringan hingga virus yang mampu me-remove file komputer secara tiba-tiba.
      Bukannya mudah menemukan yang pas, banyak pengguna OS windows malah bingung dan asal pasang aplikasi antivirus. Untuk mempermudah anda berburu antivirus, berikut ini 10 Antivirus gratis untuk windows:
      1. 360 Total Security 8.6.0.1140
      360 Total Security memiliki kemampuan optimal menghadapi virus baru. Khususnya, untuk menghadapi berbagai virus yang bertebaran ketika anda berselancar di dunia maya. Apabila menemukan sesuatu yang aneh, maka antivirus ini akan memberitahukannya kepada anda.
      2. McAfee Stinger 12.1.0.2044
      Antivirus ini memiliki kemampuan menghapus dan membersihkan virus yang telah menginfeksi PC. Guna mendeteksi virus dan malware, maka setidaknya antivirus ini harus selalu di-update. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 dan 64.
      3. AxCrypt 2.1.1403.0
      AxCrypt merupakan aplikasi enkripsi. Alhasil, anda akan disuguhkan fitur kemanan maksimal terhadap file folder anda. Aplikasi ini terkoneksi dengan file explorer komputer sehingga secara otomatis mampu meng-enkripsi, mengompres, melihat deskripsi, wipingm dan memberikan password pada folder penting. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 bit dan 64 bit.
      4. Smadav 2016 Rev.10.8.2
      Antivirus buatan tanah air ini memiliki fitur yang pas guna menghadapi virus lokal. Khusus untuk versi yang satu ini, anda tidak perlu menginstal SmadaV ini di komputer. Cukup masukkan ke dalam flashdisk, lalu instal versi portable aplikasi ini.
      Keunggulan antivirus ini, yaitu mampu mencegahan dan atau membersihkan file dari virus (Locky, Teslacrypt, dll.). Antivirus ini pun memiliki fitur otomatis untuk mengembalikan file tersembunyi di flashdisk.
      Selain itu, antivirus yang identik dengan warna hijau ini, fitur keamanan saat browsing Internet, pembersihan virus Facebook Share, VBS-Houdini, BundpilAutoit, dll pun siap di-eksekusi.
      5. Avast! Free Antivirus 12.1.2272
      Sebagai salah satu antivirus non-komersial, Avast merupakan aplikasi antivirus terbaik.Avast banyak digunakan oleh pengguna pc di Eropa, Avast memiliki keunggulan sebagai antivirus Anti-spyware built-in, web Shield & Resident protection, Anti-rootkit built-in. Selain itu, aplikasi ini pun memudahkan setiap pengguna dengan fitur Otomatis Update bila terhubung di internet.
      6. Windows Firewall Control 4.8.0.0
      Aplikasi ini memiliki kemampuan memaksimalkan fungsi firewall bawaan windows. Menggunakan antivirus ini, memungkinkan pengguna mengontrol firewall.
      Navigasi yang sederhana membuat setiap pengguna mudah dan cepat mengontrol pengaturan firewall komputer. Beberapa pengaturan yang tersedia, yaitu High Filtering, Medium Filtering, hingga No Filtering. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.
      7. Kaspersky Virus Removal Tool 15.0.19.0
      Antivirus ini memiliki fungsi untuk mengatasi file yang sudah terinfeksi, menghapus virus, Trojan, spyware, serta berbagai jenis malware lainnya. Memiliki algoritma tertentu, sehingga mampu menghapus virus kompleks dan majemuk. Download di sini.
      8. Panda Free Anti Virus 16.1.3
      Merupakan antivirus ringan dengan tugas melindungi komputer dari virus, malware dan sebagainya. Panda antivirus selalu update terhadap jenis antivirus terbaru. Sehingga, mampu berhadapan dan berperang dengan antivirus terbaru.
      Selain itu, penggunaan teknologi Cloud menjadikan aplikasi ini tidak membebani resource komputer, serta perlindungan yang kuat secara real time. Download di sini.
      9. Comodo Internet Security 8.4.0.5068
      Aplikasi antivirus premium ini bertugas melindungi komputer anda dari ancaman saat berselancar di internet. Berbagai serangan yang mampu ditahan oleh aplikasi ini, seperti virus, spyware, rootkit, bot, serta jenis-jenis serangan lainnya. Selain itu, software yang ssatu pun memiliki fitur menghilangkan ncaman yang ditemukan. Download di sini.
      Apabila anda menggunakan versi premium, maka anda dapat menikmati fitur untuk memantauan dan memindaian file, pemindai Email, karantina virus, menikmati sandbox teknologi, hingga mendapatkan perlindungan ganda (antivirus dan firewall).
      10. AVG Anti-Virus 16.81.7640
      AVG Free Edition merupakan antivirus rekomendasi untuk mengamankan komputer dari ancaman antivirus dan antispyware. Selain itu, fitur penangana virus yang efisien sehingga mampu menghemat penggunaan ram & CPU komputer.
      Selain itu, antivirus yang satu ini mampu mengupdate dirinya sendiri ketika komputer terkoneksi dengan internet. Tersedia dua versi, 86 bit dan 64 bit.
    • By dugelo
      Era wireless saat ini memang menjadi tren teknologi yang ramai dikembangkan. Pengisian baterai secara wireless pun kini sudah hadir pada produk teknologi yang dijual di pasaran. Namun bagaimana jika sebuah komputer didesain dengan tanpa baterai dan memperoleh energinya melalui transmisi gelombang radio?
      Perkenalkan, nama komputer tersebut adalah WISP yang merupakan kepanjangan dari Wireless Identification and Sensing Platform. Seperti yang telah disebutkan di atas, komputer ini tidak menggunakan baterai ataupun colokan listrik seperti halnya komputer ataupun laptop lain. Sebagai gantinya, kebutuhan energi dari komputer ini disuplai secara wireless.
      Komputer WISP ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, hingga bisa dipegang hanya dengan dua jari. Dengan bentuknya yang mungil tersebut, tidak heran kalau komputer ini pun bisa disuplai dengan tenaga yang sangat kecil sehingga bisa ditransmisikan secara wireless. Dan sebagai alat transmisinya, komputer WISP ini pun hanya memakai transmitter RFID biasa.
      Kemampuan komputer ini memang tidak bisa dibandingkan dengan smartphone ataupun komputer lain. Namun kemampuan komputer WISP ini bisa disandingkan dengan kemampuan yang dimiliki oleh perangkat wearable seperti Fitbit, bisa dipakai untuk menjalankan sensor ataupun mengirimkan data.
      Keuntungan lainnya dari komputer mungil ini adalah bisa digunakan sebagai sarana komunikasi menggunakan sinyal radio yang bekerja mirip dengan kode Morse. Bahkan komputer mungil ini juga bisa diprogram secara wireless lho! Dengan kemampuan tersebut, komputer WISP ini pun bakal sangat berguna jika digunakan dalam kondisi darurat pada saat kondisi sumber tenaga sangat minim.
    • By Corei5
      Kemampuan sebuah komputer saat ini tidak bisa dinilai dari ukuran besar kecilnya. Bahkan tak menutup kemungkinan sebuah PC mini pun kini bisa menghadirkan kemampuan yang tak kalah jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Salah satunya adalah PC mini yang diluncurkan oleh Giada bernama Giada i80.

      PC mungil yang satu ini merupakan produk pesaing dari Intel NUC. Hadir dengan ukuran yang mungil berdimensi 16.6 x 111 x 47.5 mm, Giada i80 ini menawarkan kemampuan yang canggih. Pihak Giada pun menyediakan PC mini ini dengan opsi prosesor Intel Core i3-6100U dan Core i5-6200U.
      Kehadiran prosesor Intel Skylake pada komputer desktop mini ini pun menawarkan performa yang tidak kalah jika dibandingkan dengan sebuah laptop. Terlebih kedua opsi prosesor yang disediakan oleh Giada ini merupakan prosesor low power, yang masing-masing mempunayi TDP 15W dan 25W.

      Kedua model PC mini Giada tersebut sama-sama dilengkapi dengan Intel HD Graphics, dukungan RAM DDR3L-1600 berkapasitas hingga 16GB serta mendukung sarana penyimpanan berbasis mini PCIe/mSATA 2.5 inci. Tak ketinggalan, Giada i80 ini juga diluncurkan lengkap dengan berbagai jenis konektivitas. Mulai dari HDMI dan mini DisplayPort yang sama-sama mendukung layar 4K, Gigabit Ethernet, empat port USB 3.0 serta slot mini PCIe untuk wireless card.
      Sayangnya, pihak Giada belum mengungkapkan secara resmi harga jual dari produk terbarunya ini. Kita tunggu saja informasi selanjutnya terkait ketersediaan serta harga jual dari PC mini Giada i80 ini.
    • By ngesotin

      Khoirul Anwar dianggap gila. Ditertawakan. Bahkan dicemooh. Idenya dianggap muskil. Tak masuk akal. Semua ilmuwan yang berkumpul di Hokkaido, Jepang, itu menganggap pemikiran yang dipresentasikan itu tak berguna.
      Dari Negeri Sakura, Anwar terbang ke Australia. Tetap dengan ide yang sama. Setali tiga uang. Ilmuwan negeri Kanguru itu juga memandangnya sebelah mata. Pemikiran Anwar dianggap sampah.
      Pemikiran Anwar yang ditertawakan ilmuwan itu tentang masalah power atau catu daya pada Wi-Fi. Dia resah. Saban mengakses internet, catu daya itu kerap tak stabil. Kadang bekerja kuat, sekejap kemudian melemah. Banyak orang mengeluh soal ini.
      Tak mau terus mengeluh, Anwar memutar otak. Pria asal Kediri, Jawa Timur, itu ingin memberi solusi. Dia menggunakan algoritma Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan.
      FFT merupakan algoritma yang kerap digunakan untuk mengolah sinyal digital. Anwar memasangkan FFT dengan FFT asli. Dia menggunakan hipotesis, cara tersebut akan menguatkan catu daya sehingga bisa stabil.
      Ide itulah yang diolok-olok ilmuwan pada tahun 2005. Banyak ilmuwan beranggapan, jika FFT dipasangkan, keduanya akan saling menghilangkan. Tapi Anwar tetap yakin, hipotesa ini menjadi solusi keluhan banyak orang itu.
      Ilmuwan Jepang dan Australia boleh mengangapnya sebagai dagelan. Tapi dia tak berhenti. Anwar kemudian terbang ke Amerika Serikat. Memaparkan ide yang sama ke para ilmuwan Paman Sam.
      Tanggapan mereka berbeda. Di Amerika, Anwar mendapat sambutan luar biasa. Ide yang dianggap sampah itu bahkan mendapat paten. Diberi nama Transmitter and Receiver. Dunia menyebutnya 4G LTE. Fourth Generation Long Term Evolution.
      Yang lebih mencengangkan lagi, pada 2008 ide yang dianggap gila ini dijadikan sebagai standar telekomunikasi oleh International Telecommunication Union (ITU), sebuah organisasi internasional yang berbasis di Genewa, Swiss. Standar itu mengacu prinsip kerja Anwar.
      Dua tahun kemudian, temuan itu diterapkan pada satelit. Kini dinikmati umat manusia di muka Bumi. Dengan alat ini, komunikasi menjadi lebih stabil.
      Karya besar ini ternyata diilhami masa kecil Anwar. Dulu, dia suka menonton serial kartun Dragon Ball. Dalam film itu, dia terkesan dengan sang lakon, Son Goku, yang mengeluarkan jurus andalan berupa bola energi, Genkidama.
      Untuk membuat bola tersebut, Goku tidak menggunakan energi dalam dirinya yang sangat terbatas. Goku meminta seluruh alam agar menyumbangkan energi. Setelah terkumpul banyak dan berbentuk bola, Goku menggunakannya untuk mengalahkan musuh yang juga saudara satu sukunya, Bezita.
      Prinsip jurus tersebut menjadi inspirasi bagi Anwar. Dia menerapkannya pada teknologi 4G itu. Jadi, untuk dapat bekerja maksimal, teknologi 4G menggunakan tenaga yang didapat dari luar sumber aslinya.
      ***
      Ya, karya besar ini lahir dari orang desa. Anwar lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 22 Agustus 1978. Dia bukan dari kalangan ningrat. Atau pula juragan kaya. Melainkan dari kalangan jelata.
      Sang ayah, Sudjiarto, hanya buruh tani. Begitu pula sang bunda, Siti Patmi. Keluarga ini menyambung hidup dengan menggarap sawah tetangga mereka di Dusun Jabon, Desa Juwet, Kecamatan Kunjang.
      Saat masih kecil, Anwar terbiasa ngarit. Mencari rumput untuk pakan ternak. Pekerjaan ini dia jalani untuk membantu kedua orangtuanya. Dia ngarit saban hari. Setiap sepulang sekolah.
      Meski hidup di sawah, bukan berarti Anwar tak kenal ilmu. Sejak kecil dia bahkan mengenal betul sosok Albert Einstein dan Michael Faraday. Ilmuwan dunia itu. Anwar suka membaca buku-buku mengenai dua ilmuwan tersebut, padahal tergolong berat.
      Hobi ini belum tentu dimiliki anak-anak lain. Dan dari dua tokoh inilah, Anwar menyematkan cita-cita menjadi ‘The Next Einstein’ atau ‘The Next Faraday’.
      Cita-cita tersebut hampir saja musnah. Saat sang ayah meninggal pada tahun 1990. Sang tulang punggung tiada. Siapa yang akan menopang keluarga? Perekonomian sudah tentu tersendat. Padahal kala itu Anwar baru saja menapak sekolah dasar.
      Anwar tentu khawatir, sang ibu tak mampu membiayai sekolah. Apalagi hingga perguruan tinggi. Tapi Anwar memberanikan diri, mengungkapkan keinginan bersekolah setinggi mungkin kepada sang ibu. Kepada emak.
      Anwar menyiapkan diri. Sudah siap apabila sang emak menyatakan tidak sanggup. Tapi jawaban yang dia dengar di luar dugaan. Bu Patmi malah mendorongnya untuk bersekolah setinggi mungkin.
      “Nak, kamu tidak usah ke sawah lagi. Kamu saya sekolahkan setinggi-tingginya sampai tidak ada lagi sekolah yang tinggi di dunia ini,” ucap Anwar terbata, karena tak kuasa menahan haru saat mengingat perkataan emaknya itu.
      Perkataan itu menjadi bekal Anwar untuk melanjutkan langkah meraih mimpi. Lulus SD, dia diterima di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1 Kunjang. Kemudian dia meneruskan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Kediri. Salah satu sekolah favorit di Kota Tahu itu.
      Saat SMA itulah dia memilih meninggalkan rumah. Dia tinggal di rumah kost, tidak jauh dari sekolah. Jarak rumah dengan sekolah memang lumayan jauh. Dia sadar pilihan ini akan menjadi beban sang ibu.
      Masalah itu membuat Anwar harus memutar otak. Dia lalu memutuskan untuk tidak sarapan demi menghemat pengeluaran. Tetapi, itu bukan pilihan tepat. Prestasi Anwar turun lantaran jarang sarapan.
      “Karena tidak sarapan, setiap jam sembilan pagi kepala saya pusing,” kata dia.
      Kondisi Anwar sempat terdengar oleh ibu salah satu temannya. Merasa prihatin dengan kondisi Anwar, ibu temannya itu menawari dia tinggal menumpang secara gratis. Anwar tidak perlu lagi merasakan pusing saat sekolah. Sarapan sudah terjamin dan prestasi Anwar kembali meninggi.
      Lulus dari SMA 2 Kediri, Anwar lalu melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia diterima sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan ditetapkan sebagai lulusan terbaik pada 2000. Dia kemudian mengincar beasiswa dari Panasonic dan ingin melanjutkan ke jenjang magister di sebuah universitas di Tokyo.
      Sayangnya, Anwar tidak lolos seleksi universitas tersebut. Dia merasa malu dan tidak ingin dipulangkan. Alhasil, dia memutuskan beralih ke Nara Institute of Science and Technology NAIST dan diterima.
      Di universitas tersebut, Anwar mengembangkan tesis mengenai teknologi transmitter dan menggarap disertasi bertema sama dalam program doktoral di universitas yang sama pula.
      Dan Anwar, kini telah menelurkan karya besar. Temuan yang ditertawakan itu dinikmati banyak orang. Termasuk para ilmuwan yang mengolok-olok dulu.
    • By c0d1ng

      Ransomware atau virus yang menyusup ke dalam sistem komputer dengan meminta uang tebusan telah mengakibatkan gangguan serius di sebuah rumah sakit di Hollywood, Amerika Serikat.
      Sistem komputer di RS Presbyterian Medical Center, Hollywood, telah lumpuh selama lebih dari seminggu setelah serangan ransomware.
      Menurut sumber-sumber berita setempat, para peretas dilaporkan menuntut uang tebusan sebesar USD3,4 juta atau sekitar Rp40 miliar. Jika uang tebusan itu dibayarkan, para peretas akan menyerahkan sandi-sandi untuk membongkar data yang dicuri.
      Pihak rumah sakit sendiri mengamini serangan itu sedang berlangsung, tapi belum mengomentari perihal uang tebusan.
      Sebuah pesan suara di rumah sakit meyakinkan bahwa sejumlah catatan medis milik para pasien belum diakses oleh para peretas.
      Penyelidikan tentang sumber serangan tengah dilakukan oleh Badan Investigasi Federal (FBI), Kepolisian Los Angeles dan ahli forensik komputer yang disewa oleh rumah sakit.
      Rumah sakit menegaskan bahwa kegiatan sehari-hari belum terpengaruh oleh adanya serangan itu, meskipun banyak tugas-tugas yang biasanya dilakukan dengan komputer, kini dikerjakan di atas kertas. Hal ini menyebabkan para pegawai mengalami frustrasi.
      Para pasien juga diberitahu agar mereka langsung pergi ke rumah sakit untuk mengambil hasil tes kesehatan secara pribadi ketimbang menerimanya secara elektronik.
      Serangan ransomware menjadi semakin umum, dan sulit untuk melindungi sistem komputer terhadap serangan itu.
      Layaknya virus komputer pada umumnya, ransomware sering muncul di komputer dalam bentuk email phishing, spam, atau pembaruan perangkat lunak yang mirip aslinya. Penerima email kemudian mengeklik tautan atau membuka lampirannya.
      Virus itu kemudian mulai bekerja, mengenkripsi data si pengguna dan selanjutnya mengunci semua file.
      Ketika komputer telah benar-benar terkunci, peretas meminta bayaran agar data dikembalikan. Jika permintaan tidak dipenuhi, maka sejumlah file akan dihapus.
      Jenis yang paling umum dari ransomware adalah paket malware atau program berbahaya yang dikenal dengan nama Cryptolocker. Menurut sejumlah pakar teknologi informasi,virus itu telah menjangkiti ratusan ribu komputer di seluruh dunia.
      Bulan lalu, sistem komputer dewan daerah Lincolnshire, di Inggris, diserang permintaan uang tebusan ransomware sebesar £350 atau sekitar Rp6 juta tapi pihak dewan menolak membayarnya.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy