Jump to content

Memperbaiki Bluescreen


Sam

Recommended Posts

  • Verified Account
Bagi ente pengguna sistem operasi Windows, pasti udah mengenal atau pernah mengalami apa yang disebut sebagai Blue Screen Of Death atau lebih dikenal dengan sebutan bluescreen saja. Sesuai dengan namanya, ketika error ini terjadi maka di monitor display hanya tampil layar biru saja dengan tulisan putih yang berisi deskripsi error yang terjadi. Waktu error bluescreen terjadi menandakan ada suatu kerusakan serius yang terjadi pada sistem komputer ente. Pada umumnya bluescreen pada laptop atau komputer terjadi ketika terdapat masalah atau kerusakan yang berhubungan dengan hardware atau driver yang terinstall.
 
Mungkin ada yang bertanya, Apa yang dimaksud dengan driver? Yang dimaksud dengan driver disini adalah sebuah program yang menjadi penghubung antara suatu komponen hardware yang termasuk input / output device (seperti misalnya graphic card, network card, keyboard, mouse, web cam, printer, scanner dsb) dengan sistem operasi yang digunakan. Sehingga kita mengenal misalnya: driver printer type xxx buat sistem operasi windows 7 versi 64 bit.
 
Lalu, apa yang harus kita lakukan waktu laptop yang kita gunakan mengalami bluescreen? Kayak yang udah disebutkan diatas, kalau sebenarnya dalam message error bluescreen udah terdapat error code yang terjadi dan tindakan apa yang harus kita lakukan. Tapi karena message error yang ditampilkan bersifat teknis, sehingga kadang buat kita kesulitan buat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang harus kita perbaiki. Daripada mencari-cari arti error code, Ente bisa langsung melakukan bebarapa langkah dibawah ini kalau suatu waktu laptop ente mengalami bluescreen. 
 
1. Kembalikan system state windows ke periode sebelumnya.
 
Di dalam system operasi Windows terdapat 3 utility yang bisa kita gunakan buat mengembalikan setingan dan aplikasi yang terinstal ke periode tertentu yang telah terlewati, yaitu:
  • Last Known Good Configuration - Fitur ini dapat kita akses waktu Windows bakal melakukan startup
  • System Restore - Mampu mengembalikan kondisi sistem operasi ke kondisi pada periode sebelumnya
  • Rollback Driver - Sebuah utility yang berfungsi buat meng-uninstall driver yang kita gunakan
2. Pastikan pada hardisk masih tersedia space yang cukup lega.
 
Hal ini diperlukan misalnya waktu suatu aplikasi buat suatu temporary file yang cukup besar. Kalau space kosong pada hardisk mulai mengecil, maka kita harus membersihkan file-file yang gak dibutuhkan kayak temporary internet file dan sebagainya.
 
3. Scan Laptop dengan Antivirus
 
Beberpa virus bisa menyebabkan laptop bluescreen terutama waktu ada virus yang merusak Master Boot Record (MBR) atau boot sector. Sebelum men-scan hardisk laptop, pastikan dahulu Antivirus udah update dan dikonfigurasi buat dapat men-scan MBR atau boot sector hardisk.
 
4. Install Windows Update dan Service Pack Windows 
 
Microsoft memberikan dukungan buat sistem operasi yang dikeluarkannya berupa update service pack, security, dan update penting atau opsional lainnya. Dengan menjalankan Windows update ini diharapkan sistem komputer kita bakal selalu mendapatkan fitur terbaru, terlindungi dari serangan virus,  dan bug lainnya.
 
5. Update Hardware Driver
 
Selain meng-update sistem operasi, hal yang gak kalah pentingnya tetapi sering kita lewatkan adalah melakukan update pada driver-driver komponen hardware yang terinstall pada laptop. Kebanyakan kasus bluescreen terjadi karena yang berkaitan dengan driver yang digunakan. Langkah meng-update driver komputer merupakan salah satu cara yang bisa memperbaiki error bluescreen pada laptop.
 
 6. Gunakan setingan default pada BIOS.
 
Kesalahan konfigurasi misalnya overclock pada BIOS ini bisa menyebabkan beragam masalah termasuk diantaranya menimbulkan error Bluescreen. Dalam beberapa kasus kerusakan laptop bluescreen ini bisa diperbaiki dengan cara mengembalikan setingan atau mereset BIOS ke setingan default.
 
7. Cabut dan pasang kembali Memory Laptop
 
Dalam suatu kasus, kadang cukup dengan melepas memory laptop dan memasangnya kembali, bisa memperbaiki beberapa kerusakan laptop kayak laptop gak bisa boot atau laptop bluescreen. Yang harus diperhatikan adalah kehati-hatian waktu membuka dan memasang kembali memory laptop.
 
8. Lakukan diagnostic test pada hardware yang terpasang.
 
Pada beberapa laptop telah dilengkapi dengan fitur selft dignostic  test. Jalankan fitur ini buat mengetahui adanya hardware laptop yang bermasalah. Catat error message yang tampil sehingga kalau kita gak mengetahuinya bisa ditanyakan ke tenaga ahli yang berkompeten
 
9. Update BIOS. 
 
Pada beberapa kasus, BIOS yang udah outdated bisa menyebabkan laptop bluescreen, dikarenakan adanya beberapa incompatibilities pada BIOS .
 
10. Jalankan Laptop dengan hanya menggunakan hardware yang diperlukan saja.
 
Mungkin tips ke sepuluh ini hanya bisa dijalankan kalau ente udah mahir membongkar pasang komponen laptop. Lepas beberapa komponen hardware dan jalankan  laptop hanya dengan menggunakan komponen motherboard, processor,  memory, hardisk, keyboard, video card dan monitor saja. Dengan melakukan metoda lepas pasang pada hardware yang terpasang, diharapkan kita bisa mengetahui hardware mana yang menyebabkan laptop jadi bluescreen .
Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By dugelo
      Pernah mengalami laptop tiba-tiba lemot atau lelet? Ada beberapa penyebab yang menjadikan laptop ini menjadi lemot yang mungkin Anda tidak ketahui selama ini.
      Dengan mengetahui penyebab laptop menjadi lemot, nantinya akan memudahkan pengguna menghindari masalah, dan menemukan cara yang tepat untuk memperbaikinya.
      Kurangnya RAM
      Penambahan RAM lebih banyak membuat CPU laptop bisa mengakses data lebih cepat dari RAM itu sendiri dibanding hard drive atau SSD, sehingga makin banyak RAM yang dimiliki, semakin banyak data yang bisa disimpan agar akses lebih cepat. Menambahkan RAM terbilang mudah di Mac dan laptop Windows.
      Terlalu Banyak Multitasking
      Ini juga bisa menyebabkan laptop lemot. Menyiasati hal ini, pengguna bisa mempercepat laptop tanpa membuka dan menambah hardware baru. Jika laptop memiliki beberapa aplikasi berjalan dan puluhan tab browser yang terbuka, pertanyaan yang timbul, apakah kuat untuk melakukan pekerjaan itu?
      Kinerja laptop Anda akan meningkat saat Anda mengurangi multitasking. Oleh karena itu, keluarkan aplikasi yang tidak digunakan dan tutup tab yang tidak diperlukan.
    • By kotawa
      Di era Internet of Things sekarang ini, laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan. Baik itu untuk anak-anak yang masih menempuh pendidikan, terkhusus mahasiswa atau para pekerja kreatif. Meskipun kemampuan smartphone dan tablet semakin meningkat, namun mereka belum bisa menggantikan fungsi laptop.
      Sejauh ini pasar komputer memang didominasi OS Windows besutan Microsoft. Meski begitu, bukan berarti yang lain tak ada perlawanan. Tercatat Apple dengan Mac OS dan Google dengan Chrome OS masih berupaya mendobrak dominasi Windows. Nah, jika kamu ada rencana untuk membeli laptop baru, ada baiknya ditahan dulu. Dilansir dari Businessinsider, jika kamu membeli laptop baru sekarang, maka kamu salah memilih waktu. Nggak percaya? Ini alasannya.
      1. Prosesor Super Kencang Segera Hadir

      Prosesor generasi berikutnya dari Intel, yang disebut Kaby Lake akan segera hadir untuk PC desktop di awal tahun 2017 mendatang. Namun, khusus untuk laptop dan perangkat 2-in-1, prosesor tersebut bisa jadi akan hadir lebih cepat. Bahkan, diperkirakan laptop-laptop dengan prosesor Kaby Lake akan hadir dalam beberapa bulan mendatang, sebelum akhir tahun ini.
      Berdasarkan apa yang disampaikan Brian Krzanich, CEO Intel, Kaby Lake saat ini sudah mulai dikirimkan ke para produsen laptop sejak bulan Juli. Umumnya, dalam jarak 2-3 bulan sejak Intel mengirimkan prosesor baru mereka, produk akhir dengan prosesor baru tersebut akan hadir di pasaran. Beberapa merek laptop ternama memang sudah mengumumkan produk mereka yang akan dilengkapi dengan prosesor Core i7 th Gen. Jadi, jangan beli laptop sekarang dan tunggu laptop dengan prosesor Kaby Lake.
      2. MacBook Pro Baru Dengan Segudang Fitur

      Buat kamu penggemar Apple atau berencana membeli MacBook, kamu harus tahan dulu. Pasalnya, Apple akan meluncurkan MacBook Pro terbaru lebih ramping, tipis, dan ringan dari pendahulunya. Tentu saja, dengan peningkatan yang signifikan dan beberapa fitur baru.
      Pada MacBook yang beredar sekarang, deretan tombol functions memiliki fungsi masing-masing (seperti mengatur volume, playback media, dan kecerahan layar) yang tidak bisa diganti-ganti meskipun jarang terpakai. Kabarnya, Apple akan menyematkan layar sentuh OLED kecil di bagian atas keyboard untuk menggantikan baris tombol functions (F) di deretan teratas tombol keyboard. Jadi, kamu bisa menghilangkan fungsi yang tidak digunakan dan memasang shortcut yang lebih berguna.
      Selain itu, MacBook Pro baru juga bakal disematkan sensor Touch ID untuk membuka perangkat tanpa harus mengetik password. Fitur TouchID juga berfungsi sebagai alat otentikasi ketika kamu melakukan belanja onlinedengan Apple Pay atau membeli aplikasi di App Store. MacBook juga mendukung USB-C dan removableMagSafe Charging Port.
      3. Google Chromebook Mendukung Aplikasi Android

      Akhirnya, Chrome OS secara resmi mendukung Google Play Store. Itu artinya lebih dari 1 juta aplikasi yang ada di Google Play Store akan bisa diunduh di Chromebook. Ini merupakan sebuah peningkatan yang luar biasa, mengingat Chromebook merupakan produk Google yang selama ini terkesan dianaktirikan. Chrome OS yang menjadi sistem operasi utama dari Chromebook jarang mendapat update maupun inovasi seperti halnya Android.
      Meski begitu, tidak semua Chromebook bisa menikmatinya. Jadi, buat kamu yang kepincut untuk membeli laptop Chromebook baru pastikan sudah dikonfirmasi mendukung aplikasi Android atau menunggu laptop Chromebook seri baru.
      Bagaimana, masih ngebet beli laptop baru? Lebih baik menunggu bukan, soalnya dari tiga sistem operasi utama di ranah komputer akan mendapat upgrade yang sangat signifikan. Jadi, bagaimana pendapat kamu dan apa yang kamu tunggu?
    • By comporonline
      Laptop Xiaomi Mi Notebook Air telah resmi diperkenalkan oleh pihak vendor asal China. Perangkat ini memang jadi primadona dan cukup dinanti oleh pengguna karena punya fitur yang tidak kalah jauh dengan laptop andalan Apple, MacBook.
      Mi Notebook Air ini hadir dalam dua varian ukuran, yang pertama berukuran 13,3 inci sedangkan yang kedua dengan ukuran 12,5 inci. Kedua notebook ini hadir dengan desain premium ala Apple yang berbalut body loga yang cukup mirip dengan MacBook. Pada layarnya sendiri juga sudah memakaiteknologi desain bezeless berbalut kaca dengan resolusi 1080p.
      Ukurannya sendiri terbilang cukup tipis karena memang tidak kalau jauh dengan MacBook Pro. Ketebalan Mi Notebook Air ini hanya 14,8mm saja. Sedangkan beratnya mencapai 1,28 kg sehingga masuk dalam jajaran notebook ringan dan super tipis.
      Notebook buatan Xiaomi ini memang punya kelebihan tersendiri, namun sayang sekali untuk prosesor Mi Notebook Air 13.3 inci masih memakai prosesor Intel Core i5-6200U. Namun sudah ada dukungan 8GB RAM DDR4. Sehingga kuat untuk kinerja aplikasi yang cukup berat. Pada ruang memori juga cukup luas untuk ukuran notebook karena mencapai 256GB dengan PCIe SSD.
      Xiaomi juga memberikan pilihan slot SATA jika pengguna ingin menambahkan kapasitas simpanan. Namun anda juga harus meminta langsung kepada penyedia, karena laptop premium ini tidak user-servicable. Jadi jangan pernah nekat sekali-kali membongkar laptop ini sendiri jika nantinya tidak mau menyesal.
      Laptop buatan Xiaomi ini juga sudah dipasangi 1GB NVIDIA GeForce 940MX untuk mendukung grafisnya. Sehingga bisa dipastikan tampilan gambarnya tidak kalah menarik dan super detail tanpa ada masalah sedikitpun. Dengan begitu anda dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan desain, gaming, dan juga yang lainnya.
      Mi Notebook Air 13,3 inci ini juga dilengkapi dengan baterai 40 W. Pihak pembuat telah mengklaim kalau latop mereka bisa bertahan hingga 9,5 jam. Yang lebih unik dari laptop ini punya fitur fast charging sehingga bisa mengisi daya dengan cepat.
      Laptop ini beda dengan laptop pada umumnya yang memakai charger bulat, Xiaomi memang sengaja menggunakan port USB tipe-C supaya bisa mengisi daya baterai dari 0 hingga 50% hanya selama 30 menit saja.
      Untuk masalah harga Mi Notebook Air cukup terjangkau sekali. Walaupun punya fitur yang setara dengan Apple MacBook, namun Xiaomi Mi Notebook Air 13,3 inci hanya dibandrol seharga CNY 4999 atau setara Rp9,8 jutaan. Sedangkan Xiaomi Mi Notebook Air 12,5 inci hanya CNY 3499 atau setara Rp6,8 jutaan.
    • By womanthings
      Isu keamanan merupakan hal paling umum dirasakan pengguna windows. Sebagai salah satu OS komputer dengan pengguna terbanyak di dunia, tak heran apabila banyak sekali virus yang berusaha menjangkiti OS yang satu ini. Mulai dari virus ringan hingga virus yang mampu me-remove file komputer secara tiba-tiba.
      Bukannya mudah menemukan yang pas, banyak pengguna OS windows malah bingung dan asal pasang aplikasi antivirus. Untuk mempermudah anda berburu antivirus, berikut ini 10 Antivirus gratis untuk windows:
      1. 360 Total Security 8.6.0.1140
      360 Total Security memiliki kemampuan optimal menghadapi virus baru. Khususnya, untuk menghadapi berbagai virus yang bertebaran ketika anda berselancar di dunia maya. Apabila menemukan sesuatu yang aneh, maka antivirus ini akan memberitahukannya kepada anda.
      2. McAfee Stinger 12.1.0.2044
      Antivirus ini memiliki kemampuan menghapus dan membersihkan virus yang telah menginfeksi PC. Guna mendeteksi virus dan malware, maka setidaknya antivirus ini harus selalu di-update. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 dan 64.
      3. AxCrypt 2.1.1403.0
      AxCrypt merupakan aplikasi enkripsi. Alhasil, anda akan disuguhkan fitur kemanan maksimal terhadap file folder anda. Aplikasi ini terkoneksi dengan file explorer komputer sehingga secara otomatis mampu meng-enkripsi, mengompres, melihat deskripsi, wipingm dan memberikan password pada folder penting. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 bit dan 64 bit.
      4. Smadav 2016 Rev.10.8.2
      Antivirus buatan tanah air ini memiliki fitur yang pas guna menghadapi virus lokal. Khusus untuk versi yang satu ini, anda tidak perlu menginstal SmadaV ini di komputer. Cukup masukkan ke dalam flashdisk, lalu instal versi portable aplikasi ini.
      Keunggulan antivirus ini, yaitu mampu mencegahan dan atau membersihkan file dari virus (Locky, Teslacrypt, dll.). Antivirus ini pun memiliki fitur otomatis untuk mengembalikan file tersembunyi di flashdisk.
      Selain itu, antivirus yang identik dengan warna hijau ini, fitur keamanan saat browsing Internet, pembersihan virus Facebook Share, VBS-Houdini, BundpilAutoit, dll pun siap di-eksekusi.
      5. Avast! Free Antivirus 12.1.2272
      Sebagai salah satu antivirus non-komersial, Avast merupakan aplikasi antivirus terbaik.Avast banyak digunakan oleh pengguna pc di Eropa, Avast memiliki keunggulan sebagai antivirus Anti-spyware built-in, web Shield & Resident protection, Anti-rootkit built-in. Selain itu, aplikasi ini pun memudahkan setiap pengguna dengan fitur Otomatis Update bila terhubung di internet.
      6. Windows Firewall Control 4.8.0.0
      Aplikasi ini memiliki kemampuan memaksimalkan fungsi firewall bawaan windows. Menggunakan antivirus ini, memungkinkan pengguna mengontrol firewall.
      Navigasi yang sederhana membuat setiap pengguna mudah dan cepat mengontrol pengaturan firewall komputer. Beberapa pengaturan yang tersedia, yaitu High Filtering, Medium Filtering, hingga No Filtering. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.
      7. Kaspersky Virus Removal Tool 15.0.19.0
      Antivirus ini memiliki fungsi untuk mengatasi file yang sudah terinfeksi, menghapus virus, Trojan, spyware, serta berbagai jenis malware lainnya. Memiliki algoritma tertentu, sehingga mampu menghapus virus kompleks dan majemuk. Download di sini.
      8. Panda Free Anti Virus 16.1.3
      Merupakan antivirus ringan dengan tugas melindungi komputer dari virus, malware dan sebagainya. Panda antivirus selalu update terhadap jenis antivirus terbaru. Sehingga, mampu berhadapan dan berperang dengan antivirus terbaru.
      Selain itu, penggunaan teknologi Cloud menjadikan aplikasi ini tidak membebani resource komputer, serta perlindungan yang kuat secara real time. Download di sini.
      9. Comodo Internet Security 8.4.0.5068
      Aplikasi antivirus premium ini bertugas melindungi komputer anda dari ancaman saat berselancar di internet. Berbagai serangan yang mampu ditahan oleh aplikasi ini, seperti virus, spyware, rootkit, bot, serta jenis-jenis serangan lainnya. Selain itu, software yang ssatu pun memiliki fitur menghilangkan ncaman yang ditemukan. Download di sini.
      Apabila anda menggunakan versi premium, maka anda dapat menikmati fitur untuk memantauan dan memindaian file, pemindai Email, karantina virus, menikmati sandbox teknologi, hingga mendapatkan perlindungan ganda (antivirus dan firewall).
      10. AVG Anti-Virus 16.81.7640
      AVG Free Edition merupakan antivirus rekomendasi untuk mengamankan komputer dari ancaman antivirus dan antispyware. Selain itu, fitur penangana virus yang efisien sehingga mampu menghemat penggunaan ram & CPU komputer.
      Selain itu, antivirus yang satu ini mampu mengupdate dirinya sendiri ketika komputer terkoneksi dengan internet. Tersedia dua versi, 86 bit dan 64 bit.
    • By Corei5
      Kemampuan sebuah komputer saat ini tidak bisa dinilai dari ukuran besar kecilnya. Bahkan tak menutup kemungkinan sebuah PC mini pun kini bisa menghadirkan kemampuan yang tak kalah jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Salah satunya adalah PC mini yang diluncurkan oleh Giada bernama Giada i80.

      PC mungil yang satu ini merupakan produk pesaing dari Intel NUC. Hadir dengan ukuran yang mungil berdimensi 16.6 x 111 x 47.5 mm, Giada i80 ini menawarkan kemampuan yang canggih. Pihak Giada pun menyediakan PC mini ini dengan opsi prosesor Intel Core i3-6100U dan Core i5-6200U.
      Kehadiran prosesor Intel Skylake pada komputer desktop mini ini pun menawarkan performa yang tidak kalah jika dibandingkan dengan sebuah laptop. Terlebih kedua opsi prosesor yang disediakan oleh Giada ini merupakan prosesor low power, yang masing-masing mempunayi TDP 15W dan 25W.

      Kedua model PC mini Giada tersebut sama-sama dilengkapi dengan Intel HD Graphics, dukungan RAM DDR3L-1600 berkapasitas hingga 16GB serta mendukung sarana penyimpanan berbasis mini PCIe/mSATA 2.5 inci. Tak ketinggalan, Giada i80 ini juga diluncurkan lengkap dengan berbagai jenis konektivitas. Mulai dari HDMI dan mini DisplayPort yang sama-sama mendukung layar 4K, Gigabit Ethernet, empat port USB 3.0 serta slot mini PCIe untuk wireless card.
      Sayangnya, pihak Giada belum mengungkapkan secara resmi harga jual dari produk terbarunya ini. Kita tunggu saja informasi selanjutnya terkait ketersediaan serta harga jual dari PC mini Giada i80 ini.
×
×
  • Create New...