Jump to content
monica_pendong

Karl Benz (25 November 1844 - 4 April 1929)

Recommended Posts

post-144-0-04764400-1416361603.jpg

 

Karl Friedrich Benz adalah sarjana dari Jerman yang dikenal sebagai penemu dari mobil dengan bahan bakar bensin (gazoline). Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach juga bekerja meneliti mesin dengan bahan bakar bensin juga, Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan itu dan mempatenkan penemuan tersebut pada tahun 1879.

 

Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, mobil pertama yang dijual secara komersil. Mobil tersebut adalah mobil dengan mesin empat langkah dengan bahan bakar bensin hasil rancangannya. Benz juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator.

 

Karl Benz lahir dengan nama Karl Friedrich Michael Vaillant, di Karlsruhe Jerman. Saat Benz berusia 2 tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal karena kecelakaan dan untuk itu nama Karl Friedrich Michael Vaillant diganti menjadi Karl Friedrich Benz untuk mengingatkannya pada ayahnya. Walaupun saat itu keluarganya hidup dalam kemiskinan, ibunya bersikeras untuk memberikan pendidikan yang baik untuk Benz. Pada umur 9 tahun, benz menunjukkan rasa tertarik pada ilmu sains. Benz melanjutkan pelajarannya di universitas politeknik Karlsruhe dibawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher yang dikenal sebagai orang yang merintis jurusan mesin (mechanical engineering) di universitas. Pada umur 15 tahun, Benz berhasil lulus ujian masuk untuk sarjana mesin di University of Karlsruhe, dimana Benz lulus dari universitas itu pada usia 19 tahun. Pada masa-masa itu, sambil mengendarai sepedanya, Benz selalu memikirkan konsep tentang sebuah mobil, sebuah kereta kuda tanpa kuda.

 

Pada tahun 1871, di usia 27, Benz bergabung dengan temannya membuka satu bengkel (workshop) di Mannheim, yang juga menjual peralatan konstruksi. Tetapi bengkel dan workshop tersebut mengalami kerugian karena temannya terbukti tidak dapat dipercaya dan pemerintah terpaksa menyita aset bisnis Benz.

Benz terus berusaha mengembangkan mesin baru, untuk mendapatkan penghasilan, di tahun 1878, Benz mulai mengerjakan penemuan-penemuannya dan berusaha untuk mempatenkannya. Penemuan yang dipatenkan pertama kali adalah mesin dua langkah, selanjutnya berturut-turut dia juga mempatenkan system pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air.

 

post-144-0-83416100-1416361522.jpg

Motorwagen, mobil pertama dengan bahan bakar bensin

 

Tahun 1883, Benz membuka perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan itu berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin. Kesuksesan perusahaannya memberikan kesempatan kepada Benz untuk mulai mewujudkan mimpinya, yaitu kereta tanpa kuda. Saat Motorwagen di buat dan di uji, banyak orang yang tertawa mengejek karena mobil pertama tersebut sering menabrak tembok karena sangat sulit untuk dikendalikan. Tetapi setelah Motorwagen disempurnakan dan mulai di ujikan di jalan raya, perhatian orang menjadi tertuju pada kereta tanpa kuda itu. Motorwagen menjadi cikal-bakal dari mobil modern yang kita kendarai sekarang.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By iiee
      Porsche dikabarkan sedang mengembangkan versi coupe dan cabrio dua pintu dari varian Panamera. Model baru ini dirancang untuk menyaingi BMW Seri 8 dan Aston Martin Vantage.
      Menurut laporan, yang tidak dibantah oleh tokoh-tokoh senior di perusahaan ini, dua varian grand tourer-ini akan dirilis tahun depan.
      Mobil ini dirancang untuk menawarkan kepraktisan yang lebih baik dan ruang kabin nuansa lapang dari varian 911, meskipun konsepnya tetap sebagai 2+2 atau empat penumpang.
      Ditanya konsep mobil tersebut, bos desainer Porsche, Michael Mauer, yang merancang Panamera, mengatakan. "Sebagai seorang desainer tidak ada batasan untuk apa yang bisa saya visualisasi," kata Michael Mauer, Bos Desain Porsche saat ditanya tentang konsep tersebut.
      "Saya percaya ini adalah peran departemen desain untuk membuat sketsa dan mempertimbangkan setiap model yang bisa dilakukan di masa depan sehingga kita siap untuk menghadapi proyek ini," ujarnya.
      “Tetapi apabila Anda meminta saya untuk mengkonfirmasi kapan proyek ini akan dijalankan, maka Anda akan kecewa. Karena bukan peran saya untuk memutuskan hal-hal seperti itu."
      Laporan media Jerman seperti diwartakan Autocar.co.uk menyebutkan mobil ini sudah sangat hebat dan berspekulasi bahwa mereka akan menggunakan versi platform lebih pendek dari MSB Panamera. Apakah versi konsep Bentley EXP10 Speed 6 2015 akan diberikan lampu hijau? (sepertinya tidak).
      Ada kemungkinan bahwa ini juga bisa menggunakan platform sama seperti Panamera, untuk menekan biaya produksi. Ada juga yang menyebutkan bahwa mobil tidak akan membawa nama Panamera, agar menciptakan kesan lebih sporty.
      Sementara itu, opsi powertrain diperkirakan akan diambil dari jajaran Panamera dan menyertakan opsi plug-in hybrid, mengingat kebutuhan untuk mengurangi emisi kendaraan secara keseluruhan dan fakta bahwa lebih dari setengah pembeli Porsche Panamera Eropa memilih pengaturan itu saat ini.
    • By iiee
      Dengan "Mode Drift", Anda dapat melepaskan adrenalin dengan KIA Stinger GTS. Diusung oleh bentuknya yang ramping dan penekanan pada sisi sporti-nya, Kia Stinger dirancang untuk mengambil gen sedan sport Jerman. Sebagian besar berhasil, tetapi selalu ada ruang untuk penyempurnaan.
      Memulai debutnya di 2019 New York Auto show, Kia Stinger GTS edisi terbatas ini dirilis bertujuan untuk lebih meningkatkan faktor "Fun to Drive". Mobil ini dilengkapi dengan fitur sistem penggerak semua roda yang memungkinkan pengemudi mengubah perilaku mobil ini. Sistem ini dijuluki "D-AWD" dimulai dalam "mode kenyamanan," dengan 60 persen daya dikirim ke roda belakang. Mode "Sport" meningkatkan responsivitas, mengirimkan daya 80 persen ke roda belakang untuk memberi Stinger pengendalian yang lebih agresif.
      Namun kekurangannya adalah “Mode Drift,” yang mengirimkan daya 100 persen ke roda belakang. Mode ini juga menahan perpindahan gigi transmisi otomatis. Kia bukan pembuat mobil pertama yang mencoba sesuatu seperti ini. BMW M5 dan Mercedes-AMG E63 S juga menawarkan stabilitas all-wheel drive saat pengemudi membutuhkannya, dan menggunakan sistem penggerak roda belakang saat mereka menginginkannya.

      Ford Focus RS yang dihentikan produksinya juga memiliki "Mode Drift", yang dirancang untuk membantu hot hatchback ini melampaui kapabilitas platform penggerak roda depan. Mobil-mobil ini semua membutuhkan "Mode Drift" untuk aktifkan penggerak roda belakang. Tetapi Stinger tidak, karena sudah tersedia varian khusus dengan penggerak roda belakang dari pabrikannya. Stinger GTS juga tersedia dengan penggerak roda belakang. Namun Kia ingin menutup celah antara penggerak "All-Wheel Drive "dan penggerak roda belakang. Oleh karena itu, dilengkapi dengan "Mode Drift".
      Stinger GTS menggunakan mesin V6 3,3 liter twin-turbocharged yang sama dengan Stinger varian standar. Mesin, yang digunakan pada Genesis G70 dan G80 Sport, menghasilkan 365 tenaga kuda dan torsi 570 Newton meter. Mobil ini tersedia hanya dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Kia juga menawarkan mesin 2.0 liter turbocharged empat silinder pada varian Stinger yang lebih rendah.
      Secara visual, Stinger GTS dibedakan oleh warna cat oranye yang spesifik-model, disertai dengan trim serat karbon, dan roda kemudi dan konsol tengah yang tertutup Alcantara. Ia juga mendapatkan sunroof, sistem audio Harman / Kardon 720 watt, dan pengisian daya nirkabel. GTS Stinger Kia akan terbatas hanya 800 unit. Produksi dijadwalkan untuk memulai musim semi ini, dengan harga (sebelum tujuan) mulai dari US$ 44.000 untuk versi penggerak roda belakang, dan US$ 46.500 untuk model penggerak semua-roda. 
    • By Gracia_Mega
      Perangkat AC mobil menjadi fitur penting sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Ketika AC mobil mulai tidak dingin tentu bisa mengganggu perjalanan bahkan anggota keluarga teriak gerah, panas. Sering kali, AC mobil yang tidak dingin yang dituduh biang kerok adalah freon. Alasannya, freon memang sering bocor jika usia mobil sudah lumayan lawas.
      Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin, diantaranya kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Nah, dalam evaporator inilah freon AC berada.
      Semestinya, risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC ini bisa menua dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.
      Selain kedua faktor tersebut, kemampuan AC mobil untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang karena lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa, sudah merenggang. Kondisi ini biasanya terkait dengan usia karet seal atau faktor lainnya.
      Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah, cek dulu seluruh komponen AC secara keseluruhan. Jika terdapat kebocoran, sebaiknya langsung ditambal. Setelah itu, baru AC mobil bisa diisi dengan freon baru.
      Cara mengetahui kebocoran? Mendeteksi kebocoran AC sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kompresor yang terdapat pada AC mobil. Jika kompresor AC mobil tidak bergerak saat dinyalakan, kemungkinan besar freon AC sudah habis karena adanya kebocoran.
      Selain itu, ada beberapa ciri lainnya yang menandakan freon AC mobil harus segera diganti, diantaranya adalah kipas AC tidak berputar, udara yang keluar tak segar dan dingin lagi, kipas AC tidak berputar dan lainnya. Segera bawa ke dealer resmi.
    • By dugelo
      Teknologi mobil listrik di Indonesia akan semakin dekat, terlebih saat ini Pemerintah tinggal menunggu Perpres yang sebelumnya dikabarkan telah masuk tahap finalisasi.
      Menyongsong kabar tersebut, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) saat ini tengah menyiapkan mobil listrik untuk pasar automotif nasional. Tak tanggung-tanggung, model yang akan hadir merupakan mobil listrik paling laris di pasar global.
      Nissan sendiri dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, akan memboyong Leaf ke Indonesia tahun depan. Diperkirakan pada 2020, Indonesia akan memulai era baru bagi tumbuhnya mobil listrik secara nasional.

      Memperluas akses terhadap kendaraan listrik terlaris di dunia ini merupakan bagian penting dari tujuan Nissan untuk meningkatkan elektrifikasi, di mana dalam rencana jangka menengah Nissan M.O.V.E 2022, seperempat dari jumlah penjualan adalah kendaraan listrik. Rencana percepatan ini termasuk lokalisasi dan perakitan komponen kendaraan listrik di pasar-pasar utama Asia Tenggara.
      New Nissan LEAF merupakan ikon dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan visi perusahaan untuk membawa masyarakat ke dunia yang lebih baik dengan mengubah cara mobil ditenagai, dikendarai, dan terhubung dengan ekosistem di sekitarnya.

      Sejak tahun 2010, Nissan LEAF telah terjual sebanyak 400.000 unit, dan menjadi kendaraan listrik murni terlaris di dunia. Tahun ini, Nissan telah memperkenalkan kendaraan listrik ini ke Australia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Hong Kong, dan Malaysia.
    • By Tania
      Produsen ponsel pintar seperti Apple, Samsung, dan LG berencana untuk membuat ponsel agar bisa menggantikan fungsi kunci mobil. Kunci ini tak hanya bisa digunakan untuk membuka kunci mobil, tapi juga bisa digunakan untuk menyalakan mesin, dan membagikan akses kunci mobil kepada perangkat pintar lainnya.
      Inisiatif ini diumumkan oleh konsorsium teknologi dimana tiga perusahaan tadi menjadi anggota. Konsorsium Car Connectivity Consortium (CCC) itu akan merilis spesifikasi kunci digital versi 1.0 pada 2019.
      Meski demikian, teknologi kunci digital ini diklaim aman. CCC menyebut akan memastikan tingkat keamanan tertinggi pada teknologi Near Field Communication (NFC) yang digunakan.
      Elemen pengaman ini menggunakan cip fisik yang biasa digunakan pada alat pembayaran digital berbasis gelombang NFC. Konsorsium ini tengah mengembangkan kunci digital versi 2.0 yang bisa dibangun dengan cara lebih sederhana dan lebih murah.
      Saat ini teknologi NFC jamak digunakan untuk pembayaran. Pembayaran bisa digunakan tanpa menyentuhkan dua perangkat, tapi cukup melayangkan perangkat beberapa sentimeter dari alat pembaca.
      Nantinya, kunci digital ini akan tersedia di mobil-mobil BMW, Honda, dan Toyota yang juga tergabung dalam konsorsium CCC. Sementara itu, pemanufaktur mobil lain seperti Volvo juga sudah memperkenalkan layanan kunci digital.
      Kunci digital Volvo ini diaktifkan dengan aplikasi khusus untuk membuka dan mengunci mobil, menyalakan mesin. Tapi aplikasi itu belum bisa digunakan untuk mengendarai mobil. Tesla juga sudah menggunakan teknologi serupa untuk mobil listrik mereka.

      Konsorsiun CCC terdiri lebih dari 70 anggota. Anggota ini menguasai lebih dari 70 persen pangsa pasar otomotif dunia dan menguasai lebih dari 60 persen pangsa pasar smartphone dunia.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy