Jump to content

TIPS MEMBINA RUMAH TANGGA YANG BAIK DAN BENAR


PusatInformasi

Recommended Posts

  • Premium Account

post-45-0-68986800-1398248346_thumb.png

 

Untuk jadi orang tua itu nggak lah mudah, sebelum memiliki anak , kita mungkin penuh dengan saran dan ide-ide. Tapi sesudah menjadi seorang ibu, terkadang kita merasa kewalahan dan kehabisan akal. Setiap kali, ada saja masalah baru yang timbul seiring pertumbuhan anak yang harus ditangani. Sering kali si Ibu kehilangan kesabaran, membentak, dan berteriak kepada si Anak. Dan kemudian si Ibu pun menyesal karena merasa menjadi ibu yang buruk untuk si Anak. Tapi, kalau kita menyadari kesalahan dan menerima keburukan-keburukan yang telah kita perbuat, maka masih ada kesempatan membenahi diri untuk menjadi orang tua yang baik, dan kemudian mendidik anak-anak untuk menjadi lebih baik pula.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk memperbaiki diri.

TURUNKAN BADAN DAN SUARA

Saat bicara dengan anak, turunkan badan sampai level mata dan turunkan suara. Terkadang kita terlalu sering menjulang tinggi diatas anak dan bicara dari atas kepada mereka. Atau dengan suara lantang yang nggak ingin didengar siapapun. Memang sulit mengendalikan diri waktu susu coklat tumpah ditempat tidur atau mendengar suara piring yang pecah dilantai. Tapi berteriak atau membentak nggak bakal membantu. Hampir bisa dipastikan, anak nggak menumpahkan susu atau menjatuhkan piring dengan sengaja.

Lain kali, kalau ingin menegur kepada anak untuk sesuatu yang terjadi secara nggak sengaja, berjongkoklah sehingga kita setinggi level mata dengan si Anak, dan kemudian bicaralah dengan suara rendah. “piring yang telah pecah itu sangat berbahaya karna bisa melukai tangan kita, ibu bakal membersihkan bagian yang berbahaya ini, sesudah itu kamu bantu ibu membersihkan yang lainnya.”

Bagaimana kalau kejadian tersebut disengaja? Sekali lagi, jongkok sampai setinggi level mata si Anak, lalu bicara dengan nada suara rendah dan tegas “ ini nggak baik. Kita menjatuhkan, menendang, melempar atau apapun lainnya”. Lalu tarik perhatian dari anak tersebut selama beberapa saat.

KENALI MASALAH DAN SELESAIKAN

Sering terjadi perubahan sederhana udah cukup menimbulkan masalah. Sebagai contoh, kalau si Anak kebiasaan lupa nggak membawa pulang buku materi dari sekolah, apakah kita bisa atur untuk menjemputnya selama satu atau dua minggu, dan beri dia kesempatan untuk kembali ke sekolah untuk mengambilnya? Atau kalau si Anak selalu berkelahi karna menonton televisi sesudah makan malam, apakah bisa satu anak main boneka sementara yang lainnya istirahat? Mereka bisa bergantian menonton dan kita bisa lebih tenang. Berpikirlah secara kreatif. Jika celana si Anak dipenuhi semut waktu pulang sekolah dan tak bisa duduk diam untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya, mungkin jalan-jalan disekitar rumah atau main 30 menit di luar bisa member waktu yang diperlukannya untuk duduk diam. Sebaliknya kalau si Anak pulang dengan perut lapar, lalu makan banyak permen, maka siapkan alternative yang lebih sehat.

BELAJAR MELEPASKAN

Apakah ente perang dengan anak untuk sesuatu hal yang nggak terlalu penting? Contohnya, ente nggak suka sepatu yang diletakkan di anak tangga dan si Anak benci untuk melakukan upaya yang berlebihan untuk menaruh sepatunya di rak sepatu. Ente dapat melaksanakan aturan ente dan siap-siap untuk teriak 15 tahun berikutnya. “ ibu bilang taruh sepatumu di rak!” atau si Ibu dan si Anak dapat berkompromi: sepatu dimaksukkan ke kotak cantik, lalu di simpan di tangga.

HENTIKAN HIBURAN

Apapun yang dipikirkan anak, kita sebagai orang tua nggak wajib membuat mereka terhibur setiap saat. Hilangkan kebiasaan si Anak dengan menempelkan daftar tugas yang harus diselesaikan dipintu kulkas. Arahkan anak yang bosan untuk mengerjakan tugasnya dan minta mereka untuk melakukan tugas-tugas selanjutnya di daftar. Maka si Anak bakal berpikir dua kali sebelum mengatai dirinya bosan. Biarkan si Anak belajar menghibur dirinya sendiri, bantu mereka untuk menemukan hobinya, libatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan apa saja, atau keluarkan kotak besar dan biarkan imajinasi mereka bermain.

KENALI si ANAK

Cari cara untuk menghabiskan waktu 20 sampai 30 menit yang tak terputus dengan anak setiap minggu. Jika kita punya beberapa anak, tetapkan system giliran waktu kebersamaan dengan masing-masing anak bersama kita dan pasangan. Seperti makan es krim bersama ayah dan ibu di dapur, atau bermain di taman. Berikan sepenuhnya waktu utuk si Anak, kalau perlu matikan ponsel, agar waktu ente benar-benar focus dengan si Anak.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By BisaJadi
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.
      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      Menurut Daily Mirror pada Kamis (24/5/2019), Audrey Philips (85) menikah dengan Glyn selama 64 tahun.
      Hingga kemudian, suaminya Glyn meninggal pada tahun 2015, dan mengungkapkan kebenaran mengejutkan tentang identitas sebenarnya.
      Audrey awalnya hanya mengenal Glyn sebagai seorang pria dari keluarga insinyur sipil dan suka bermain sepak bola di kawasan setempat.
      Pasangan ini telah memiliki dua anak dan lima cucu serta tiga cicit.
      Sepanjang tahun 40-an, 50-an, hingga 60-an, setelah mereka menikah, suaminya ternyata adalah seorang pekerja pasukan Intelijen Inggris dan bergabung sejak usia 13 tahun.
      Dokumen yang ditemukan Audrey menunjukkan bahwa suaminya adalah mata-mata untuk operasi XX.
      Operasi tersebut adalah proyek kontra-spionasi MI5 yang digunakan oleh Inggris untuk menyiarkan informasi yang salah dan dikirim ke Jerman.
      Surat-surat Glyn mengungkapkan, bahwa dia adalah seorang anak yang dilatih untuk merangkak melalui pipa beton ke penjara untuk berbicara kepada tawanan perang Jerman.
      Lalu Glyn memberi info palsu bahwa pasukan intelijen segera menyelamatkan mereka.
      Misi Glyn belum selesai bahkan setelah ia dan Audrey menikah.
      Kisah mengenai kehidupan Glyn membuat Audrey terkagum-kagum.
      Glyn meninggal 2015 akibat penyakit parkinson, dan pada tahun 2017,
      istrinya menerbitkan kisah hidup suaminya itu ke dalam sebuah buku berjudul "Operation XX And Me: Did I Have A Choice?"

      "Saya tidak penrah memperhatikan bahwa dia sering pergi untuk waktu lama, karena bekerja jauh dari rumah," kata Audrey.
      "Dia menulis ceritanya bahwa salah satu misinya ada di sebuah tempat bernama Portwinkle di Cornwall.
      "Aku tidak percaya ketika aku membaca itu," lanjutnya.
      "Aku bahkan tidak tahu di mana itu Portwingkle berada, aku harus mencarinya," kata Audrey.
      Kisah Glyn menceritakan bagaimana satu-satunya orang yang pernah tahu tentang keterlibatannya dengan Pasukan Intelijen Inggris adalah ayahnya.
      Audrey mengatakan, "butuh waktu tiga tahun setelah dia meninggal untuk membaca kisahnya, dan saya benar-benar heran."
      Dalam kisah Glyn ia menyebut kapten intelijen Inggris yang merekrutnya menjadikannya sebagai salah satu dari 20 anak-anak intelijen dari seluruh negeri.

      Glyn harus menghadiri gimnasium dua kali dalam seminggu, dia belajar bela diri dan dipaksa merangkak melalui pipa beton.
      Sesuatu yang paling mengejutkan bagi Audrey adalah ketika Glyn bertanya pada kaptennya, "apa yang harus saya katakan pada istri?"
      "Saya melihat kebelakang dan berpikir tentang kehidupan macam apa yang dimiliki suami saya, namun dia tetap bertahan dengan saya," kata Audrey.
      "Saya berharap bisa bertanya kepadanya, mengapa saya tidak pernah tahu?" tambahnya.
    • By berita_semua
      Andika Kangen Band mengaku telah melakukan adegan pemukulan terhadap istrinya, Chairunisa. Menurut kuasa hukum Andika, hal tersebut diakui sebagai puncak kekesalan atas tindakan sang istri yang selama ini dilakukan.

      “Memang terhadap tindakan itu ada, cuma itu merupakan puncak dari kekesalan Andika selama ini,” jelas Syamsudin, kuasa hukum Andika.
      Pihak Andika memiliki beberapa pengakuan berbeda dari sang istri. Selain sebab adanya tindak kekerasan, Andika juga menyangkal bahwa kekerasan dilakukan pada 2 Februari 2017.
      Kendati demikian, Andika maupun kuasa hukumnya tidak menjelaskan perihal waktu terjadinya pemukulan terhadap Caca.
      “Terkait dengan kekerasan yang beliau lakukan bukan tanggal dua bulan dua seperti yang dilaporkan oleh Caca di Polresta Bandar Lampung,” lanjutnya.
      Diketahui oleh publik bahwa hubungan antara Andika dengan Caca diawali dengan tindakan yang tidak baik. Sebelum menikah, Andika dilaporkan telah membawa lari Caca yang saat itu masih berada di bawah umur.
      Meskipun demikian keduanya tetap berdamai dan melangsungkan pernikahan. Pada Kamis 2 Februari 2017, Andika kembali dilaporkan ke pihak berwajib Bandar Lampung terkait kasus KDRT.
    • By berita_semua
      Kabar mengejutkan datang dari rumah tangga Wanda Hamidah dan Daniel Patrick Schuldtz. Keduanya digosipkan sudah pisah rumah. Padahal, usia pernikahannya baru seumur jagung.
      Kabar percerian tersebut terendus saat Wanda dikabarkan kembali ke rumahnya. Dan dalam waktu dekat akan segera mendaftarkan gugatan cerainya ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. “Sudah pisah sebulan ini. Wanda kembali kerumahnya, sedang suaminya kost di daerah Kemang,” kata sumber yang tak ingin disebutkan namanya.
      Saat ditanya apa yang menyebabkan pasangan yang baru saja dikaruniai satu anak ini, sumber enggan menjawabnya. Menurutnya, hanya mereka yang tahu. “Hanya mereka berdua yang tahu alasannya. Kecuali nanti kalau salah satu atau keduanya bicara ke media,” jelasnya.
      Hingga kini belum diketahui apa penyebab retaknya hubungan pasangan ini. Namun, kabarnya Wanda telah melayangkan gugatan cerai demi berpisah dari Daniel. Sementara itu, baik pihak Wanda maupun Daniel pun juga belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar perceraian yang menimpa rumah tangganya.
      Bersama suaminya yang kedua ini, Wanda mengelola sebuah restoran masakan Jerman/China di kawasan Kemang Timur Jakarta Selatan. Sang suami saat menikah menjadi muallaf (memeluk Agama Islam) hingga pernikahannya bisa dilangsungkan secara Islam.
      Perempuan kelahiran Jakarta, 21 September 1977 ini sebelumnya menikah dengan seorang pengusaha dan juga politisi dari Partai Amanat Nasional, Cyril Raoul Hakim atau akrab dipanggil Chiko. Dari pernikahan mereka pada tahun 2001 mereka dikarunia tiga anak; Noor Shalima Zamaiya Hakim, Muhammad Alfath Hakim dan Rakshan Rashad Hakim. Chiko sendiri kini sedang berpacaran dengan Yuni Shara dan terlihat mesra di berbagai kesempatan.
    • By berita_semua
      Komedian Aming resmi menikahi kekasihnya, Evelyn Nada Anjani, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 4 Juni 2016. Sayang, kebahagiaan Aming yang memiliki nama lengkap Aming Supriatna Sugandhi terusik oleh omongan miring yang beredar di tengah masyarakat. 
      Di dunia maya, tidak sedikit netizen yang mempertanyakan jati diri Evelyn—biasa disapa Kevin—yang tidak terlihat feminin. Di tengah beragam praduga, teka-teki siapa sesungguhnya Evelyn sedikit demi sedikit mulai terurai.  
      Evelyn diketahui pernah tampil di program talkshow Cerita Perempuan TransTV. Di acara yang dipandu Oki Setiana Dewi dan Maudy Koesnaedi itu dibahas cerita hidup Evelyn yang merasa "berbeda" dari wanita pada umumnya.
      Dalam sebuah postingan di Instagram @ceritaperempuan_transtv dijelaskan, Evelyn terlahir sebagai perempuan, tapi merasa dirinya sebagai pria. Evelyn sempat mengutarakan hal itu kepada orang di sekitarnya, termasuk orang tua. 
      "...Eveline yang kini bernama Kevin terlahir sebagai perempuan dan sejak usia empat tahun merasa dirinya laki-laki dan mulai berterus terang tentang apa yang ia rasakan kepada orang tuanya saat remaja.. Semoga perjalanan hidup kedua narasumber tadi dapat diambil hikmahnya..," tulis admin akun tersebut.
      Postingan 43 pekan lalu itu mendadak ramai dikomentari setelah berita pernikahan Aming dan Evelyn muncul di media. Salah satu netizenmenyarankan agar episode Evelyn ditayangkan kembali untuk menjawab tanda tanya maupun dugaan negatif publik.
      "Tim kreatif Curahan Hati Perempuan, tolong episode ini bisa ditayang ulang atau di-upload ke YouTube, untuk meluruskan kebenaran bahwa Mbak Evelyn ini terlahir perempuan dan sekarang sedang berjalan kembali menuju kodrat sebenarnya dengan menjadi istri. Biar gak pada nyinyir orang-orang di luar sana..," tulis @arieners.
    • By endut
      WANITA ingin selalu dimengerti. Tak peduli apa inti masalahnya, walau bukan salah suami, suasana hati istri bisa rusak. Pada saat itulah mereka ingin dimengerti.
      Untuk para suami, jangan cepat terbawa perasaan. Belum tentu segala emosi yang diluapkan istri karena salah Anda. Berikut beberapa hal yang suami harus mengerti soal istri.
      Menjadi wanita lebih sulit daripada pria
      Walau kita semua tahu betapa sulitnya menjalani hidup sebagai pria, tapi wanita punya perasaan berbeda. Mereka menganggap peran sebagai ibu dan istri sangat sulit dari segalaya. Segala tekanan menuntut istri untuk tetap senyum pura-pura bahagia. Jadi, suami mengertilah perasaan istri.
      Dia lebih sensitif dari Anda
      Wanita biasanya lebih sensitif daripada pria. Itu mengapa istri mudah menangis, perasaannya akan terluka lebih sering, dan dia mungkin lebih emosional daripada Anda. Cobalah untuk memahami bahwa ini hanyalah bagian dari menjadi seorang wanita dan bukan refleksi pada suami.
×
×
  • Create New...