Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
PusatInformasi

2 WNI Dideportasi Karena Ketahuan Jadi Tentara Singapura

Recommended Posts

post-45-0-60882100-1415881708_thumb.jpg

 

Dua warga negara Indonesia (WNI) ketahuan mengikuti wajib militer (wmil) di Singapura saat melakukan latihan gabungan bersama TNI di Magelang. Dua lelaki berinisial CHJ dan AJ itu  tergabung dalam pasukan Angkatan Darat Singapura.

 

TNI yang mengetahui dua orang tersebut masih berstatus WNI langsung melarang keduanya mengikuti latihan gabungan yang bertajuk Safkar Indopura.

 

 

“Mereka sempat diperiksa dan disolasi di Magelang selama seminggu. Saat ini sudah dideportasi ke Singapura,” kata Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya seperti dikutip merdeka.com, Selasa (12/11).

 

Fuad, memastikan CHJ dan AJ itu masih berstatus WNI. Keduanya permanen residen di Singapura dan sesuai aturan, permanen residen wajib mengikuti wamil. Hal itu tentu saja bertentangan dengan undang-undang kewarganegaraan.

 

“Ada dua aturan soal ini. Yang pertama mengatakan seseorang akan kehilangan kewarganegaraan jika masuk militer negara asing yang berperang atau akan berperang dengan kita, dia itu langsung dicabut kewarganegaraannya,” kata Fuad.

 

“Ada juga yang menyebutkan kewarganegaraan seseorang akan hilang jika masuk tentara negara asing,” Fuad menambahkan.

 

Mengetahui kejadian tersebut, Panglima TNI bersikap tegas dengan tidak mengizinkan dua orang itu ikut latihan bersama.

 

“Mereka yang boleh ikut latihan di Indonesia kan yang sudah lolos pemeriksaan keamanan. Mereka berdua ini kan tidak. Karena itu kita periksa,” kata Fuad.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • Guest News
      By Guest News
      TNI akan mengerahkan apapun juga untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga kebhinekaan. Demikian ditegaskan Panglima TNIJenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada seluruh Prajurit TNI saat menghadiri Tour dan silaturahmi BPP Oi di GOR Heroik, Grup-1 Kopassus, Serang, Banten, Sabtu (30/10/2016).
      Panglima TNI menyampaikan bahwa TNI akan selalu memegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta selalu membela ideologi negara Pancasila dan Sebagai Bhayangkari negara dan bangsa Indonesia.
      Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa Presiden RI sebagai Panglima Tertinggi TNI telah memberikan amanat pada TNI agar meneguhkan jati diri sebagai sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional serta memerintahkan TNI menempatkan diri sebagai perekat kemajemukan dan menjaga persatuan Indonesia.
      “TNI tidak boleh tersekat-sekat dalam kotak suku, agama dan golongan. TNI adalah satu, yakni Tentara Nasional, yang bisa berdiri tegak di atas semua golongan, mengatasi kepentingan pribadi dan kelompok, yang mempersatukan ras, suku, dan agama dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan”, Tutur Panglima TNI.
      Panglima TNI menjelaskan bahwa Presiden RI telah memerintahkan agar TNI terus menjaga kebhinneka tunggal ika-an, agar Indonesia bisa menjadi bangsa majemuk yang kuat dan solid serta TNI harus terus berada dalam garda terdepan dalam mengelola dan menjaga bhineka tunggal ika.
      “Sebagai alat negara, TNI tidak akan mentolerir gerakan-gerakan yang ingin memecah belah bangsa, mengadu domba bangsa dengan provokasi dan politisasi SARA, TNI akan menjadi garda terdepan untuk menghadapi setiap kekuatan yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa”, Ungkap Panglima TNI.
      Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menekankan kepada seluruh prajurit TNI agar selalu bersama rakyat untuk tidak ragu dalam menegakkan persatuan NKRI, “Tegakkan kesatuan Komando dan jangan ragu bertindak untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, Para panglima dan komandan titip prajuritmu mereka adalah anak anaku, pimpin mereka dengan segenap hati dan pikiranmu”, Terangnya.
      Panglima TNI kembali mengingatkan bahwa Indonesia merupakan Negara yang berdasarkan hukum dan kepada masyarakat untuk selalu berfikir cerdas dalam rangka menjaga keutuhan baangsa, “Jadi kita adalah negara hukum, kita adalah negara berdasarkan Pancasila, siapapun yang bersalah serahkan kepada aparat hukum, Kepolisian Republik Indonesia, tunggu hasilnya, jangan semau-maunya sendiri, apapun dia, karena ada proses hukum” Ujarnya.
      Panglima TNI mengatakan bahwa TNI selalu siap dalam rangka mengantisipasi segala upaya dan kegiatan yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan keutuhan NKRI, “Saya sampaikan bahwa, TNI all out semua kekuatan kita siapkan, termasuk saya, TNI siap setiap saat , kapanpun siap 24 jam, Polri berada didepan, kita BKO kan pasukan kepada Polri”, Pungkasnya.
      Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Wakasau Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi, Para Asisten Panglima TNI, Danjen Kopassus dan Kapuspen TNI Brigjen TNI Wuryanto, S.Sos.
    • Guest News
      By Guest News
      WNI Diaspora di AS untuk kedua kalinya mendukung Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.
      Ini adalah acara kedua mereka mendukung Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.
      Alasan mereka mengadakan acara ini karena mereka sangat prihatin sekali dengan keadaan di tanah air akhir-akhir ini.
      Utomo Lukman salah seorang relawan Teman Ahok Los Angeles yang juga anggota PDI Perjuangan mengatakan bahwa "NKRI hidup dengan berlandaskan Pancasila. Mari kita semua bersatu padu. Jangan sampai terpecah belah."
      Acara yang didahului dengan nyanyian Indonesia Raya dipimpin oleh relawan Ahok, Yanti Walter, ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat seperti Buce Lie, wakil dispora Los Angeles. Beliau juga mengatakan sangat prihatin sekali dengan keadaan di tanah air dan tidak mengerti apa yang sebenarnya sebenarnya terjadi.
      “Sangat disayangkan kalau memang itu karena ketidaksukaan pada Ahok karena UU di Indonesia jelas-jelas menyatakan bahwa siapa yang lahir di Indonesia artinya adalah Indonesia,” kata Buce.
      Pertemuan di Food Court Hongkong Plaza, West Covina ini diselenggarakan Oleh Utomo Lukman, Erwina Hawadi, Jeffrey Sangari, Ina Herkata, Toar Lumingkewas, Eki Gondosaputro, dan Prima Bernardus atas initistif mereka dan permintaan masyarakat Indonesia Los Angeles yangg resah melihat keadaan di tanah air.
      "Pada prinsipnya kita tidak ingin melihat NKRI terpecah belah" kata Toar.
      Erwina menambahkan "Kita kan juga jadi gelisah membaca berita dari tanah air yang ujung-ujungnya malah saling berantem, dan adu domba. Hati-hati, ini juga sudah masuk berita dunia lho. Pasti ada yang tepuk tangan melihat kita pada berantem." 
      Pertemuan ini ditutup dengan doa bersama untuk keutuhan NKRI dan dukungan mereka kembali kepada Ahok-Djarot untuk memimpin Jakarta.
      Pesan masyarakat Indonesia yang hadir pada pertemuan di Los Angeles, California ini adalah agar Ahok tetap tabah, sabar, dan terus bekerja keras untuk kemakmuran ibu kota Jakarta.   [www.voaindonesia.com]
    • By c0d1ng
      Dalam menerapkan hal keamanan pada perangkat komputer, sering kali kita sebagai pengguna biasa memasang anti virus andalan untuk menangkal adanya virus yang menyebar melalui perangkat flash disk ataupun perangkat lainnya. Namun semakin canggihnya teknologi, dengan berbekal email palsu dan spam, para orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mengambil alih akses komputer melalui sebuah koneksi internet.
      Dalam mencegah hal tersebut, ada satu hal unik yang dilakukan oleh pemerintahan di negera tetangga kita, Singapura. Bahwa negara tersebut menerapkan peraturan yang mana setiap komputer dari pegawai pemerintahan akan dicabut akses internetnya.
      Hal ini dikatakan sebagai bentuk antisipasi komputer-komputer tersebut terserang dari virus dan tindakan kejahatan online lainnya, yang bisa saja mencuri informasi penting berhubungan dengan pemerintahan negara tersebut. Kabarnya ada sekitar 100.000 unit komputer yang dicabut akses internetnya.

      Pemerintahan Singapura mengatakan bahwa jika ingin menggunakan internet silahkan, namun melalui perangkat pribadinya, jangan menggunakan perangkat komputer dari kantor. Pihak mereka juga mengatakan bahwa hanya kelompok atau orang tertentu yang memiliki hak akses internet pada komputer kerja mereka. Kabarnya peraturan ini telah berlangsung dari bulan Mei lalu, dan bakal mengalami masa percobaan hingga tahun depan.
      Salah satu pakar keamanan dunia siber, Michael Gazeley, mengatakan bahwa langkah mencabut akses internet tidak membuat sepenuhnya komputer tersebut aman dari serangan virus dan malware. Dirinya menambahkan bahwa selama perangkat komputer masih memiliki port USB, maka dipastikan perangkat komputer tersebut tidak 100% aman, karena kita tahu penyebaran virus sekarang dengan mudahnya melalui perangkat flash disk dan hard disk eksternal.
      Gazeley juga mengatakan bahwa dengan memutus akses internet, bagaiman bisa para pegawai tersebut bekerjasama? Apalagi di era moderen sekarang yang serba terhubung dengan internet, tingkat produktivitas pegawai tersebut bisa saja menurun.
      Menurut kalian apakah cara ini efektif? Bagaimana jika diterapkan di Indonesia juga?
    • By berita_semua
      Keberadaan arsitek Indonesia di luar negeri ternyata tidak dipandang sebelah mata. Buktinya, dari segi market para arsitek asal Indonesia hingga saat ini masih diterima dengan baik di Singapura.
      Menurut Sekretaris Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) chapter Singapura, Achmad Nanang Maulana mengatakan, salah satu kelebihan arsitek Indonesia ialah skill dari segi kreativitas dan desain grafis berada di atas rata-rata arsitek Singapura.
      "Cuma sekarang karena market juga lagi slow, memang permintaannya agak berkurang tapi saya yakin kemampuan mahasiswa arsitektur sekarang enggak kalah," ujar Nanang
      Hanya saja, dia mengakui arsitek Indonesia tidak terlepas dari beberapa kelemahan, salah satunya adalah kemampuan presentasi. Pasalnya di Singapura dengan market yang sudah global, kemampuan bahasa menjadi poin penting.
      "Kelemahan kita kurang bisa ngomong, kurang bisa membuka diri, kurang bisa presentasi dalam bahasa Inggris, karena di Singapura marketnya sudah internasional, misalnya di dalam kantor saya sendiri ada banyak staf dari Spanyol, Jepang, AS, Singapura, Amerika, dan Malaysia," terang Nanang yang saat ini bekerja di DP Architects Pte Ltd, Singapura.
    • By qbonk
      Singapura mungkin menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang sukses memberi jalan bagi mobil otonom alias tanpa sopir berkeliaran di sudut-sudut kota.
      Adalah startup NuTonomy yang digagas sejumlah ilmuwan di  Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang membawa mobil otonom itu ke kota sekaligus negara tersebut.
      Langkah selanjutnya, NuTonomy akan melakukan uji coba mobil otonom ini ke distrik bisnis di Singapura dan segera melakukan debut dengan meluncurkan taksi tanpa sopir dalam beberapa waktu ke depan.
      Emilio Frazzoli, salah satu pendiri dan CTO nuTonomy serta profesor MIT, mengatakan Singapura adalah kota yang sangat baik untuk menguji teknologi karena kondisi lalu lintasnya,
      NuTonomy menerapkan teknologi manajemen transportasi berdasarkan algoritma militer AS yang biasanya digunakan sebagai koordinasi drone. Taksi tanpa sopir ini akan membantu untuk mengurangi lalu lintas dan emisi karbon dengan membuat mobil lebih efisien.
      "Itu sama saja mengurangi 60 persen dari jumlah kendaraan yang beroperasi di Singapura," kata Frazzoli, seperti dikutip dari Motherboard.
      Algoritma yang dirancang di mobil ini termasuk cerdas karena mampu mengetahui kondisi jalanan dengan baik dan mengatasi masalah hambatan dengan keputusan lebih cepat.
      NuTonomy adalah salah satu dari banyak perusahaan yang bekerja mobil otonom ini sekaligus mengembangkan teknologi sejenis untuk Tesla, Uber, dan Apple juga.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy