Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
kotawa

Pemilu 2019 Akan Ada E-voting

Recommended Posts

mendagri-optimis-e-ktp-selesai-tahun-ini-dan-pemilu-2019-bisa-pakai-e-voting-IwzWWjjTUR.jpg.2f6f5112757f779ebdb4974ddfa9385c.jpg
Mendagri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menargetkan, perekaman data KTP berbasis elektronik (e-KTP) bagi 183 juta penduduk Indonesia selesai akhir tahun ini. Jika target tersebut tercapai, maka basis data kependudukan itu dapat digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggelar pemilihan berbasis voting elektronik (e-voting).

"Saya optimis 2017, (perekaman) 183 (juta penduduk) dengan data yang belum punya e-KTP akan selesai, sehingga kalau toh KPU menginginkan ada e-voting, siap," kata Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Pemilihan terdekat yang dimungkinkan digelar menggunakan e-voting yakni Pemilu serentak 2019. "(Pemilu) 2019 dong. (Perekaman data e-KTP) akhir 2017 selesai," ujar dia.

Pemilu dengan sistem e-voting diyakini bisa lebih efesien karena tidak memerlukan logistik seperti kertas, paku, hingga gabus untuk mencoblos. Jika pemilu sistem itu diterapkan, maka pemilih cukup menyentuh saja tanda gambar di panel sentuh yang menggambarkan surat suara.

Sementara itu, mengenai proyek pengadaan e-KTP yang sempat terhambat karena kasus korupsi, Tjahjo mengatakan, lelang blangko ditargetkan teken kontrak bulan ini, untuk kemudian dicetak April 2017 dan secara bertahap dikirim ke daerah-daerah.

"Saya kira kita tetap jalan, saya kira perlu dicermati dengan baik per hari ini sudah 96,10 persen yang merekam data kependudukan," ujar dia.

Saat ini masih ada kekurangan data 4,5 juta penduduk yang akan digenjot dan ditargetkan selesai tahun ini.

"Tetapi ada empat setengah juta yang sudah merekam belum dapat e-KTP nya karena lelang 2016 saya batalkan. Mudah-mudahan Maret-April ini sudah mulai," ujar Tjahjo.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By astro
      Sejumlah perusahaan jaringan dilaporkan tengah bekerja sama untuk menghadirkan layanan 4G di Bulan. Proyek ini dimulai oleh Vodafone yang bekerja sama dengan Nokia untuk mendukung misi dari PTScientist (Part Time Scientist).
      Sekadar informasi, PTScientist merupakan perusahaan penjelajahan luar angkasa asal Jerman yang tengah menggodok misi penjelajahan ke Bulan. Perusahaan tersebut bakal menjalankan misi ini dengan berkolaborasi bersama Audi untuk membuat rover penjelajah.
      Nantinya, Vodafone dan Nokia akan bekerja sama untuk menyediakan jaringan untuk mendukung misi tersebut. Dikutip dari Engadget, Jumat (2/3/2018), base station Vodafone akan menyediakan jalur komunikasi antara rover di Bulan dengan Bumi.
      Jalur komunikasi itu akan digunakan untuk mengirimkan pencitraan termasuk video dari Bulan. Jaringan 4G ini akan memakai frekuensi 1.800MHz untuk mengirimkan video HD ke Autonomous Landing and Navigation Module (ALINA), yang terhubung ke PT Scientist.
      Sementara, Nokia akan menyediakan perangkat jaringan dengan kualitas luar angkasa yang dibuat sangat ringan. Rencananya, bobot perangkat ini tak lebih dari 1 kg.
      4G sendiri dipilih karena dianggap lebih efisien ketimbang radio analog. Selain itu, jaringan ini memungkinkan terjadinya proses transfer data dalam kapasitas besar. 
      Menurut CTO Nokia, Marcus Weldon, dukungan misi penting tak hanya dari sisi akademis, tetapi juga industri terkait penelitian tentang Bulan. Karena itu, misi yang direncanakan meluncur pada 2019 ini memiliki potensi yang sangat besar.
      Rencana PTScientist
      Rencana PTScientist untuk melakukan misi ke bulan sebenarnya sudah dicanangkan sejak tahun lalu. Mereka menciptakan infrastruktur telekomunikasi yang nantinya memudahkan astronot bisa melakukan panggilan telepon dari bulan ke bumi.
      PTScientist yang juga sempat menciptakan wahana moon rover untuk Google Lunar XPrize ini memang menuturkan akan mengandalkan teknologi 4G LTE, yakni jaringan yang kini tengah digunakan oleh operator telekomunikasi di seluruh dunia
      "Kami bekerja sama dengan Vodafone untuk menyediakan base station LTE di bulan," kata Karsten Becker, pemimpin pengembangan perangkat elektronik PTScientist seperti dilansir Space.
      Rencananya, PTScientist akan memulai uji coba perdana dengan meluncurkan pesawat luar angkasa (spacecraft) Falcon 9 dengan dua wahana rover dalam orbit berjarak 26.000 mil.
      "Dari situ, ia akan melakukan landing ke bulan dan mengeluarkan dua wahana rover yang akan 'berkomunikasi' ke base station LTE kami," jelas Becker.
      Misi ke Bulan

      Untuk informasi, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah negara dan perusahaan memang menjadikan Bulan sebagai tujuan penjelajahan. Salah satu negara yang dilaporkan akan mengirimkan manusia ke Bulan adalah Jepang. 
      Rencana perjalanan ke bulan ini terungkap dari sebuah proposal milik Badan Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).
      Proposal yang dikirimkan ke Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Pengetahuan, dan Teknologi Jepang, ini berisikan tentang rencana dan misi eksplorasi manusia ke bulan.
      Sementara, prediksi para peneliti Badan Antariksa Eropa (ESA, European Space Agency) menyebut akan bisa menghuni Bulan dalam kurun waktu 23 tahun lagi, tepatnya pada 2040.
      Kira-kira, pada waktu tersebut akan ada sekitar 100 orang yang akan memiliki hunian permanen di Bulan. Konsep hunian di Bulan ini dicetuskan oleh pimpinan peneliti ESA untuk Bulan, Bernard Foing. 
    • By Series_maju
      Saya ajak Anda kembali ke skandal Pemilu 2004 dan Pemilu 2009, pernah ada informasi tentang rekayasa penghitungan suara Pemilu. Diungkapkan oleh Ir Indro Tjahjono, seorang aktivis gerakan kritis mahasiswa tahun 1978, seangkatan dengan Dr Rizal Ramli dan Ir Heri Akhmadi.
      Indro Tjahjono mengungkapkan bahwa KPU telah melakukan kecurangan untuk memenangkan SBY. Dalam dua Pemilihan Presiden, baik di tahun 2004 maupun tahun 2009, melalui manipulasi sistem Informasi Teknologi (IT)
      Dalam Pemilu dan Pilpres 2004, semua PC di KPU yang digunakan untuk penghitungan suara, telah diset-up dengan program khusus di malam hari. Ketika tidak ada orang di KPU, malam-malam ada yang datang. Semua PC diisi program untuk memenangkan SBY dan mendongkrak suara Partai Demokrat.
      Rekayasa dalam Pemilu dan Pilpres 2009, lebih maju selangkah. Semua unit PC milik KPU lebih dulu telah diset-up dengan program tertentu. Rekayasa dan kecurangan IT pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2009 menurut Indro, memang lebih complicated dan rumit.
      Berlapis lapis skenario firewall dan keamanannya telah diterapkan sehingga hampir mustahil untuk ditembus. Pada 2009, tidak cukup dicurangi dari sisi IT, tetapi juga dilakukan rekaya manual. salah satunya dari DPT (Daftar Pemilih Tetap)
      Rekayasa manual dicocokkan untuk pengontrolan suara dari sisi IT, agar jangan sampai hitungan IT melonjak, tetapi manualnya tidak cocok. Informasi ini belum terkonfirmasi kebenarannya karena Antasari yang hendak masuk mengusutnya telah dikriminalisasi
      Benang merah telah mulai terlihat jelas dan Anas telah memberi petunjuk jelas bahwa semua itu bermuara pada Monas, tepatnya seberang Monas. Sorotan terhadap Presiden SBY belakangan ini, mengingatkan saya pada kegencaran sorotan yang ditujukan kepada Presiden Soeharto.
      Tidak banyak yang tahu bahwa kemunculan SBY lebih banyak ditopang oleh sejumlah ‘kecelakaan’ politik di masa kepresidenan Abdurrahman Wahid. Dan masa kepresidenan Megawati Soekarnoputeri, yang menciptakan kesan sebagai korban penganiayaan politik berturut-turut oleh dua presiden.
      Dasar rakyat Indonesia lebih banyak yang melow sehingga SBY yang terkesan teraniaya otomatis mendapat simpati rakyat. Jika ditelusuri lagi maka simpati rakyat kepada SBY terlihat sejak tahun 2001 sewaktu ramai dekrit presiden Gus Dur.
      SBY diberhentikan dengan hormat dari jabatan Menko Polsoskam 1 Juni 2001, dengan latar belakang tidak setuju terhadap rencana Dekrit Gus Dur.
      Sebabnya Abdurahman Wahid menganggapnya tak bisa diandalkan lagi sebagai Menko Polsoskam untuk menghadapi Jenderal Wiranto. Jenderal Wiranto sebelumnya menjadi Menko Polsoskam dan digantikan posisinya oleh SBY. SBY juga tidak berkutik di depan konspirasi partai-partai.
      Sebenarnya, Abdurrahman Wahid menawarkannya posisi Menteri Perhubungan yang saat itu dijabat Agum Gumelar atau Mendagri, tapi SBY menolak. Menteri yang dipastikan mengundurkan diri karena menolak Dekrit, adalah Sekretaris Kabinet Marzuki Darusman yang sebelumnya menjadi Jaksa Agung.
      Malam menjelang dekrit, Marzuki Darusman masih mencoba mencegah Abdurrahman Wahid, tetapi beliau tetap bersikeras akan melakukan dekrit. Marzuki langsung menyatakan mengundurkan diri dan Abdurahman Wahid menyatakan bisa memahami dan menerima pengunduran diri itu.
      Saat keluar dari ruang pertemuan dengan Presiden, Marzuki berpapasan dengan Agum Gumelar, ditanya, “Bagaimana?” Marzuki menjawab, “Saya cabut”! Agum akhirnya memilih sikap yang sama. seperti halnya dengan Susilo Bambang Yudhoyono, Agum juga melapor ke Wakil Presiden Megawati!
      Marzuki Darusman berbeda dengan kedua tokoh tersebut yang lapor ke Wapres Megawati, ia melewatkan acara lapor-melapor seperti itu. Karena tidak lapor, Marzuki kemudian tidak masuk kabinet baru Megawati Soekarnoputeri yang menggantikan Abdurrahman Wahid pasca impeachment
      Sementara Susilo Bambang Yudhoyono maupun Agum Gumelar kembali mendapat posisi di kabinet, tentunya karena merapat ke Megawati pasca dekrit. SBY ikut dicalonkan sebagai salah satu kandidat Wapres dalam Sidang Istimewa MPR 25 Juli 2001 untuk mengisi kekosongan.
      Posisi wapres kosong karena Megawati Soekarnoputeri naik menjadi Presiden RI pasca impeachment Tapi pilihan akhirnya mengerucut kepada dua nama, yakni Hamzah Haz (PPP) dan Akbar Tanjung (Golkar), akhirnya dimenangkan oleh Hamzah Haz
      Gagal menjadi Wapres, SBY dipilih Mega menjadi Menko Polkam 10 Agustus 2001. Hubungannya sebenarnya baik-baik saja dengan sang Presiden. Tetapi pihak ‘istana’, khususnya Taufiq Kiemas, mulai membaca bahwa SBY sedang mempersiapkan diri sebagai the next number one. Mulai muncul serangan, khususnya dari Taufiq Kiemas. SBY dianggap mulai mengabaikan tugas utamanya sebagai Menko Polkam.
      Ternyata kebiasaan mengeluh SBY sudah sejak lama, SBY mengeluh kepada para wartawan bahwa wewenang dirinya berkali-kali dilampaui. SBY juga mengeluh tidak diundang dalam rapat kabinet, dan tidak dilibatkan oleh Presiden dalam pengambilan keputusan di bidangnya.
      Taufiq Kiemas, menyebutnya sebagai seorang jenderal yang kekanak2-kanakan, mengeluh kepada wartawan, bukannya kepada Presiden sebagai atasannya . Pada 9 Maret 2001 ia mengirim surat kepada Presiden mempertanyakan hal kewenangannya sebagai Menko Polkam sekaligus meminta waktu bertemu Presiden.
      Llalu ia diundang untuk hadir dalam rapat kabinet oleh Presiden namun ia ‘membalas’ dengan tidak hadir. Dan malah 11 Maret 2001 mengirim surat pengunduran diri kepada Presiden Megawati Soekarnoputeri.
      Ucapan Taufiq Kiemas, maupun sikap Megawati sendiri, menyinggung rasa kehormatan keluarga termasuk Nyonya Sunarti Sri Hadijah, sang mertua. Istri Jenderal Sarwo Edhie Wibowo itu diketahui menjadi salah satu pendorong utama agar SBY maju bertarung dalam perebutan posisi number one.
      Perjalanan sejarah terpilihnya SBY membuktikan semua yang dihadapi Susilo Bambang Yudhoyono serba beraroma accident. Memang akhirnya kecelakaan-kecelakaan itulah yang membawanya ke kursi number one pada akhirnya.
      Sebagai number one ia tak begitu pandai memilih orang duduk dalam kabinetnya, mungkin karena ia terlalu meladeni situasi kompromistis. Masa kepresidenannya yang pertama, sedikit tertolong oleh the bad among the worst Muhammad Jusuf Kalla yang cukup gesit dan lincah.
      Tertolong oleh keberhasilan Jusuf Kalla ‘merebut’ Partai Golkar melalui Munas di Bali yang sedikit banyak dalam pengaruh iklim money politics. Dalam masa kepresidenannya yang kedua, SBY tertolong oleh kehadiran Sri Mulyani di posisi Menteri Keuangan. Meski pada saat yang sama terjadi sorotan kuat dalam kasus Bank Century dan skandal Mafia Pajak Bahasyim dan Gayus Tambunan.
    • By c0d1ng
      Apple diketahui sedang membangun mobil pintar bertenaga listrik dan diam-diam mereka sudah memasang target pengiriman produk itu di pasar untuk komersialisasi.
      Apple telah menetapkan target pengiriman unit pada 2019 mendatang. Proyek ini diberi kode Titan dan dikerjakan oleh tim khusus.
      Apple menghabiskan lebih dari setahun untuk menyelidiki kelayakan mobil mereka Apple, termasuk melakukan pertemuan dengan dua kelompok pemerintah di California, Amerika Serikat.
      Pada Agustus lalu, seorang sumber terpercaya mengatakan kepada Reuters bahwa Apple sedang mengembangkan mobil pintar dan memelajari teknologi mengemudi secara otomatis tanpa kendali sopir.
      Namun, sumber The Wall Street Journal mengatakan, mobil listrik yang dikembangkan Apple sejauh ini tidak direncanakan untuk otonom.
      Appl secara konsisten terus merekrut teknisi dan pemrogram komputer terbaik untuk mewujudkan mimpi mobil pintar.
      Tahun ini perusahaan itu telah merekrut Megan McClain, mantan karyawan Volkswagen yang punya keahlian dalam teknologi mengemudi otomatis. Kemudian ada nama Vinay Palakkode, seorang peneliti pascasarjana di Carnegie Mellon University, sebuah pusat penelitian mengemudi otomatis.
      Selain itu, Apple juga merekrut sejumlah karyawan senior dari produsen mobil listrik Tesla Motors.
    • Guest News
      By Guest News
      Persaingan antar calon presiden di kedua partai Amerika Serikat semakin memanas hingga ke tubuh internal partai baik Demokrat maupun Republik. Dalam jajak pendapat terakhir, Hilarry masih berada di urutan pertama untuk partai Demokrat, demikian halnya Donald Trump di partai Republik....
    • By Sam
      Sebentar lagi pemilu presiden akan segera digelar. Apakah Anda setuju bahwa ini saat yang tepat untuk memulai bisnis?
       
      Awal dari bisnis yang sukses adalah kreativitas dalam melihat peluang bisnis dan memanfaatkannya dengan baik. Masa kampanye dan Pemilu adalah masa ketika berbagai peluang bisnis terbuka. Kalau Anda jeli melihat peluang tersebut dan memiliki kemauan untuk memanfaatkannya, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.
       
      Bisnis yang biasanya banjir order menjelang masa kampanye dan Pemilu di antaranya adalah bisnis konveksi, percetakan, makanan dan minuman, dll. Tapi ada beberapa peluang bisnis unik yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk Anda, misalnya:
       
      Air Minum Dalam Kemasan
      Bisnis air minum dalam kemasan memang bukan hal baru. Tapi sedikit perubahan yang kreatif dengan tempelan label yang bisa didesain sendiri bisa jadi peluang bisnis yang baik.
       
      Saat kampanye dan masa Pemilu, label kemasan minuman bisa berupa lambang partai. Setelah kampanye dan masa Pemilu telah lewat, desain label minuman dengan logo buatan sendiri bisa digunakan untuk bisnis katering, restoran, ataupun sekedar untuk acara keluarga besar.
       
      Bisnis Desain
      Punya kemampuan desain grafis? Kemampuan ini bisa jadi andalan bisnis selama masa Pemilu ketika banyak caleg membutuhkan desain untuk spanduk, baliho, kaos, serta atribut lainnya.
       
      Menulis Buku
      Kalau Anda memilki kemampuan menulis, apalagi sudah sering menulis di media ataupun menerbitkan buku, Anda bisa mengerahkan kemampuan ini untuk membuat biografi dari salah satu tokoh pencalonan presiden ataupun tokoh anggota legislatif.
       
      Anda bisa mengajukan proposal serta contoh tulisan ataupun rancangan penulisan biografi pada tokoh yang bersangkutan. Kalau mendapat respon positif dari tokoh tersebut sekaligus penerbit, buku biografi karya Anda pun bisa terbit di pasaran.
       
      Blogging
      Punya kemampuan menulis yang dilengkapi dengan pengetahuan akan dunia internet dan sosial media marketing? Anda bisa membuat blog sebagai tempat untuk berdiskusi mengenai politik serta tempat untuk mengungkapkan pendapat Anda. Kalau blog Anda sukses dan mendapat perhatian, keuntungan tentu saja bisa diambil dari iklan pada blog Anda.
       
      Mungkin inspirasi bisnis di atas tidak sesuai dengan kemampuan Anda? Coba cari peluang bisnis lain yang bisa Anda ambil. Jeli melihat peluang bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda bisa jadi langkah awal untuk membangun bisnis yang sukses.
       
      Jangan lupa, kadang hal yang paling sederhana bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Selamat mencoba!
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy