Jump to content
bayu01

Bantuan Donasi Banjir dan Longsor Sumatera Barat

Recommended Posts

Mari kita doakan untuk keselamatan, kesehatan saudara dan keluarga kita dari bencana SumBar.

Mari bantu ringankan penderitaan saudara sebangsa dengan donasi terbaik kita. Salurkan melalui nomor rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap dan bisa langsung datang membantu ke posko banjir SumBar.

Peduli banjir sumbar - Rekening bantuan donasi banjir Sumatera Barat :

  • Syariah Mega Indonesia010 8800 1100 0354 
  • Mega010 8800 1100 0354
  • BSM101 000 9990
  • CIMB Niaga411 01 0028 9000

Saudara-saudara kita membutuhkan bantuan dari kita.

#PeduliBanjirSumbar #BersatuHadapiBencana

Banjir dan Longsor Sumbar.PNG

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By RendyGunawan
      Sebuah alat generator gelombang air buatan dibuat untuk membantu kita dalam membangun kota-kota yang tahan badai dan banjir.
      Alat yang bernama Delta Flume ini mampu menghasilkan ombat buatan setinggi empat meter, dan dibuat sebagai simulator pembangunan kota-kota anti-banjir dan badai.

      Kolam di Delta Flume sendiri adalah sepanjang 299 meter dan sedalam sembilan meter.

      Delta Flume sepenuhnya beroperasi pada hari ini, 5 Oktober 2015, dan diklaim merupakan generator ombak terbesar yang pernah ada.

      Simak videonya di bawah ini.
      https://youtu.be/alvABRdEMC0
    • By purwa_weheb
      Mungkin bagi para pencinta supercar, kekuatan tenaga besar mesin Lamborghini Huracan menjadi yang paling gahar di kelasnya. Namun, kegaharan mesin model terbaru setelah Gallardo ini harus takluk oleh kekuatan alam.
      Kondisi miris tentu dirasakan pemilik Huracan yang satu ini. Supercar yang diparkir di garasi bawah tanah, terendam bencana banjir yang melanda San Diego County, California, Amerika Serikat. Dalam musibah tersebut terlihat hampir setengah badan mobil tertutup air.
      Tinggi air banjir telah merendam Lamborghini Huracan hingga batas posisi spidometer, bahkan tak kurang ada tujuh mobil mewah yang terendam dalam garasi bawah tanah pemilik rumah.
      Dalam tayangan video yang beredar, terlihat Lamborghini Huracan dalam posisi mesin hidup walaupun terendam. Hal ini bisa terlihat dari lampu depan dan belakang yang masih berfungsi normal.
      Seperti diketahui, Lamborghini Huracan diluncurkan pertama kali pada 2014, penerus model Galardo ini dibekali mesin V10 berkapasitas 5,2 liter dan mampu meletupkan tenaga sebesar 601 Hp pada 8.250 rpm, sedangkan besaran torsi hingga 560 Nm di 6.500 rpm. Seluruh tenaga disalurkan ke sistem penggerakan all wheel drive menggunakan transmisi LDF dual-clutch transmision.
    • By Sampoernahijau
      Presiden Joko Widodo memastikan seluruh proyek pendukung pengurangan banjir di Jakarta akan mulai dibangun. Banjir di Jakarta menurut Presiden akan banyak terkurangi jika terowongan Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) selesai dibangun. Termasuk diantaranya pembangunan waduk di Ciawi Bogor.
       
      "Untuk banjir Jakarta, nanti kalau yang namanya terowongan dari Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) itu selesai akan mengurangi. Tahun ini juga akan dimulai pembangunan dan pembebasan tanah untuk waduk yang di Ciawi Bogor," kata Presiden Joko Widodo.
       
      Presiden menjelaskan, penyelesaian masalah banjir di Jakarta yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun tidak bisa dituntaskan hanya dengan penanganan selama setahun.
       
      "Ini ya memang ga mungkin dalam sehari dua hari atau setahun dua tahun selesai. Ini kan sudah berpuluh-puluh tahun (banjir Jakarta) bisa diselesaikan. Tapi ini kita akan mempercepat dengan cara-cara itu. Oleh sebab itu nanti saya akan lihat progress bagaimana (rencana pembangunan) waduk di Ciawi, dan juga akan lihat kapan selesai yang terowongan dari Ciliwung menuju BKT)," lanjutnya.
       
      Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai menghadap Presiden di kantor Presiden Jakarta mengatakan, banjir di Jakarta ini disebabkan kondisi pasang air laut dan bukan disebabkan kiriman dari Bogor seperti biasanya.
       
      Ahok membantah tudingan bahwa pemerintah provinsi DKI tidak memberikan peringatan dini dan antisipasi banjir. Menurut Ahok banjir rob tidak bisa diantisipasi optimal karena luapan air melebihi kapasitas pompa untuk menyedot air.
       
      Terkait banjir di jalan protokol ibukota, Ahok menjelaskan, hal itu disebabkan sistim drainase yang belum baik dan revitalisasi waduk yang belum selesai.
       
      "Sebetulnya intinya di rob itu mesti diberesin ya. Sama di utara mesti dipasang pompa besar. Supaya bebannya kan posisi kita dibawah muka laut, jadi ga mungkin kalau ujan, kalau ujan semua ga bisa dipompa keluar trus air laut masuk. Kalau tanggul belum siap, trus anda pompa terus air laut akan muter terus. Nah ini yang ga bisa turun atau surut," jelas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
       
      Ahok mengatakan, dirinya sudah menyampaikan kepada Presiden agar Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak mematikan arus listrik di lokasi pompa waduk Pluit. Hal itu lah yang menurut Ahok menyebabkan meluapnya air ke beberapa wilayah di Jakarta.
       
      Dari 12 pompa yang ada menurut Ahok, hanya dua pompa yang berfungsi. Dengan matinya listrik untuk pompa waduk Pluit tersebut menurut Ahok, membuat intensitas air yang berada di waduk naik tinggi. Padahal, seharusnya waduk tersebut sudah dikosongkan agar bisa menampung.
       
      Ahok menyadari banjir yang mengepung ibu kota sangat mengganggu bahkan melumpuhkan gerak ekonomi. Untuk itu selaku Gubernur DKI, Ahok meminta maaf atas banjir yang melanda Jakarta.
       
      Sementara itu, terkait penanganan pelayanan aktifitas publik Jakarta selama banjir, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono menjelaskan kepolisian bersinergi dengan pemprov DKI dan aparat TNI untuk koordinasi lapangan.
       
      "Provinsi DKI Jakarta, Kodam Jaya dan Polda Metro sudah antisipasi. Maka begitu ada genangan air seperti hanya wilayah Jakarta Barat ini untuk roda 2 kita alihkan masuk dalam tol. Tidak dipungut biaya, dengan catatan saya minta tidak melawan arus," kata Ahok.
       
      "Lalu untuk jalan S Parman depan Untar dalam, ada teman kita dari Kodam Jaya siap membantu evakuasi masyarakat. Untuk di (depan mal Citraland) kepolisian siapkan perahu karet, kano dan kayak untuk evakuasi dari ujung ke ujung," tambahnya.
       
      Beberapa warga Jakarta mengeluhkan kembali harus menghadapi banjir. Diantaranya ibu Ratih (43 tahun) yang mengeluhkan kuranya antisipasi pemprov DKI dan pemerintah pusat dalam mengantisipasi bencana banjir.
       
      "Saluran air yang belum lancara atau belum teratasi dengan baik ya. Sehingga banjir kembali terjadi untuk kesekian kalinya. Banjir 5 tahunan yang sudah sering terjadi ini tidak diantisipasi ya," kata Ratih.
       
      Ibu Ratih yang tinggal di Cideng Jakarta Barat ini berharap ada solusi cepat yang bisa segera diambil oleh pemerintah dalam penanganan banjir. "Harus segera dicari solusi sesuai dengan janjinya ya. Apalagi beliau (Jokowi) janji kalau dia jadi Presiden banjir dan macet akan teratasi. Tapi pada kenyataannya ...belum terwujud," lanjut Ratih.
       
      Namun demikian, bencana banjir yang kembali melanda Jakarta ini ternyata justru mendatangkan rezeki buat pak Kirun (45 tahun) dan beberapa rekannya sesama tukan ojek. Dengan bermodalkan gerobak, pak Kirun membantu para pengguna sepeda motor untuk melintasi genangan banjir.
       
      "Naik gerobak ini Rp 30 ribu pak. Kemarin lumayan ya, kalau hari ini agak sepi ya. Kemari seharian bisa dapat Rp 800 ribu. Yah dipotong makan dan sewa gerobak saya dapat Rp 700 ribu. Untuk sewa gerobaknya sekitar Rp 50 hingga 70 ribu," kata Kirun.
       
      Hampir seluruh wilayah di Jakarta sejak Senin (9/2) dilanda banjir dengan tinggi air sekitar 20 centi meter hingga hampir 1 meter. Dari pantauan VoA di Jalan S Parman depan mal Citra Land dari arah Slipi menuju Kali Deres, Pluit dan Grogol terputus akibat banjir.
       
      Demikian pula arah sebaliknya khususnya di depan kampus Universitas Tarumanegara dan Trisakti menuju ke arah Slipi. Banjir juga melanda kawasan Kelapa Gading. Tidak hanya pemukiman, beberapa pusat perkantoran dan perbelanjaan, lumpuh akibat banjir.
       
      Berdasarkan data sementara pada Selasa (10/2) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, total daerah yang terendam banjir ada 307 Rukun Warga, 97 kelurahan dan 33 kecamatan. Sebanyak 4.830 keluarga atau 15.517 jiwa, terdampak akibat rumah mereka terendam banjir. Hal itu mengakibatkan, ada 5.986 jiwa mengungsi di 14 lokasi.​
    • By davidbo
      Tidak membangun pemukiman di daerah sekitar sungai
       
      Kepadatan penduduk di kota besar selalu diimbangi dengan rendahnya ketersediaan lahan untuk rumah tinggal. Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat ikut memberikan andil dalam hal ini. Ketika daerah pinggiran sungai dijadikan tempat tinggal maka tentu saja daerah resapan air akan semakin berkurang. Selain itu kala banjir, korban pertama adalah mereka yang tidak di daerah pinggiran sungai. Diperlukan kebijakan pemerintah dalam merelokasikan warga yang sudah bermukim disana sekaligus menekan laju urbanisasi.
       
      Perbanyak ruang terbuka hijau (RTH)
       
      RTH di kota besar seharusnya sekitar 30% dari luas kota. Sayangnya di lapangan, ruang terbuka hijau hanya sekitar 10% padahal ini adalah salah satu sarana untuk mengatasi banjir karena ketika hujan turun, air dapat diserap secara maksimal. Di luar itu, RTH berguna untuk mengurangi polusi, menjadi tempat olahraga,  bermain, dan bersantai warga
       
      Menanam pohon
       
      Hal ini bisa dilakukan di pekarangan rumah, kantor, sekolah dan tempat umum lainnya. Keberadaan pohom dapat menciptakan kota yang hijau, membantu mengurangi polusi udara, memperbanyak resapan air
       
      Membuat Lubang Resapan Biopori (LRB)
       
      Banyak masyarakat kita belum mengerti seperti apa dan gunanya biopori. Hal seperti ini bisa ditangani dengan sosialisasi oleh pemerintah atau lembaga masyarakat setempat. Di Bandung, Walikotanya sengaja membuat program sejuta biopori dengan mengajak warga. Cara ini cukup berhasil karena di tiap RT minimal mempunyai 1 biopori dan banyak dari masyarakat yang kemudian mengerti tentang LRB. Biopori berguna untuk mengurangi jumlah air hujan atau air dari saluran pembuangan di permukaan tanah.  Biopori sendiri merupakan sebuah lubang berdiameter 10 – 30 cm  dengan kedalaman vertikal 80cm -100 cm. Setelah dibuat lubangnya, diisi dengan batu kerikil pada dasarnya lalu ditutupi dengan sampah organik seperti dedaunan.
       
      Penanganan sampah yang baik
       
      Merubah kebiasaan masyarakat tentunya bukan hal mudah oleh karena itu diperlukan penanganan tepat sasaran dalam menangani masalah ini oleh pemerintah setempat. Kesadaran pribadi masyarakat perlu ditingkatkan demi kebaikan bersama. Salah satu cara penanganan sampah yang baik adalah selain membuang sampah pada tempatnya yaitu memisahkan antara sampah organik dengan non organik demi mempercepat proses pengolahan sampah
       
      Selain Indonesia, ternyata ada beberapa Negara seperti India dan China yang tergolong rawan banjir dan didatangi banjir rutin tiap tahunnya. Penyebabnya bervariasi tapi banjir selalu mendatangkan kerugian besar. Menurut seorang peneliti di pusat studi bencana alam Universitas Gajah Mada, Indonesia berada di urutan ketiga negara rawan banjir. India berada di posisi pertama disusul oleh China.
       
      Bukan hanya masalah di negeri ini, banjirpun menjadi masalah banyak negara. Selain indonesia, India dan China adalah negara yang tergolong rawan banjir. Setiap tahun banjir rutin menyambangi ketiga negara ini. Apabila pengertian banjir ini dipahami oleh masyarakat luas maka potensi terjadinya banjir dapat dikurangi secara signifikan karena manusia memiliki kontribusi yang tidak sedikit akan terjadinya banjir. Demikian artikel tentang pengertian banjir. Semoga bermanfaat.
    • By PusatInformasi
      Tindakan sebelum terjadi banjir
       
      Sebelum terjadi bencana kita harus sudah bisa memilih dan menentukan beberapa lokasi yang bisa kita jadikan sebagai tempat penampungan jika terjadi bencana.
      Melatih diri dan anggota keluarga hal-hal yang harus dilakukan apabila terjadi bencana banjir. Mendiskusikan dengan semua anggota keluarga tempat di mana anggota keluarga akan berkumpul usai bencana terjadi. Mempersiapkan tas siaga bencana yang berisi keperluan yang dibutuhkan seperti: Makanan kering seperti biskuit, air minum, kotak kecil berisi obat-obatan penting, lampu senter dan baterai cadangan, Lilin dan korek api, kain sarung, satu pasang pakaian dan jas hujan, surat berharga, fotokopi tanda pengenal yang dimasukkan kantong plastik, serta nomor-nomor telepon penting. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko banjir: Buat sumur resapan bila memungkinkan. Tanam lebih banyak pohon besar. Membentuk kelompok masyarakat pengendali banjir. Membangun atau menetapkan lokasi dan jalur evakuasi bila terjadi banjir. Membangun sistem peringatan dini banjir. Menjaga kebersihan saluran air dan limbah. Memindahkan tempat hunian ke daerah bebas banjir atau tinggikan bangunan rumah hingga batas ketinggian banjir jika memungkinkan. Mendukung upaya pembuatan kanal atau saluran dan bangunan. Pengendali banjir dan lokasi evakuasi. Bekerjasama dengan masyarakat di luar daerah banjir untuk menjaga daerah resapan air. Tindakan Saat Terjadi Banjir
      Jangan panik. Pada saat terjadi bencana banjir, warga yang berada di daerah rawan bencana banjir diminta memantau perkembangan cuaca, bila hujan terus terjadi tidak henti-hentinya, diimbau waspada dan berhati- hati untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada saat dan setelah bencana terjadi, berbagai aktivitas kesehatan harus dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan para korban serta mencegah memburuknya derajat kesehatan masyarakat yang terkena bencana. Pada tahapan tanggap darurat, energi yang cukup besar biasanya dicurahkan untuk evakuasi korban. Ketika melihat air datang, Jauhi secepat mungkin daerah banjir. segera selamatkan diri dengan berlari secepat mungkin menuju tempat yang tinggi. Apabila kamu terjebak dalam rumah atau bangunan, raih benda yang bisa mengapung sebisanya. Dengarkan jika ada informasi darurat tentang banjir. Hati-hati dengan listrik. Matikan peralatan listrik/sumber listrik. Selamatkan barang-barang berharga dan dokumen penting sehingga tidak rusak atau hilang terbawa banjir. Pantau kondisi ketinggian air setiap saat sehingga bisa menjadi dasar untuk tindakan selanjutnya. Ikut mendirikan tenda pengungsian, pembuatan dapur umum. Terlibat dalam pendistribusian bantuan. Mengusulkan untuk mendirikan pos kesehatan. Menggunakan air bersih dengan efisien. Tindakan Sesudah Terjadinya Banjir
      Beberapa tindakan yang dapat dilakukan sesudah terjadi bencana antara lain:
      Pemberian bantuan misalnya tempat perlindungan darurat bagi mereka yang kehilangan tempat tinggalnya. Membersihkan tempat tinggal dan lingkungan rumah. Terlibat dalam kaporitisasi sumur gali. Terlibat dalam perbaikan jamban dan saluran pembuangan air limbah(SPAL). Pemberian bantuan yang meliputi kesehatan lingkungan, dan pemberantasan penyakit, pelayanan kesehatan serta distribusi logistik kesehatan dan bahan makanan. Menjaga agar sistem pembuangan limbah dan air kotor agar tetap bekerjapada saat terjadi banjir. Menjauhi kabel atau instalasi listrik lainnya. Menghindari memasuki wilayah yang rusak kecuali dinyatakan aman misal bangunan yang rusak atau pohon yang miring. Memeriksa dan menolong diri sendiri kemudian menolong orang di dekat kamu yang memerlukan bantuan. Mencari anggota keluarga. Jika keadaan sudah aman, masuk rumah dengan hati-hati, jangan menyalakan listrik kecuali telah dinyatakan aman. Membersihkan lumpur Periksa persediaan makanan dan air minum. Jangan minum air dari sumur terbuka karena sudah terkontaminasi. Makanan yang telah terkena air banjir harus dibuang karena tidak baik untuk kesehatan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy