Jump to content
rani

Mukbang, Live Streaming Makan Yang Trend di Korea

Recommended Posts

mukbang1.thumb.jpg.fdefd0e96979c5ad8f9856bc177372ea.jpg

Belakangan ini dunia sedang diserang virus Korea. Segala hal yang berbau Korea akan selalu menjadi pembicaraan hangat, mulai dari musik, film, drama, mode, perawatan tubuh hingga kuliner. Namun, baru-baru ini ada yang beda dengan siaran dari Negara Ginseng ini, yakni Mukbang.

Mukbang adalah siaran dimana seseorang merekam dirinya yang sedang makan sambil berinteraksi dengan penontonnya. Mukbang biasanya disiarkan melalui webcast sehingga para penonton bisa streaming secara langsung via internet.

Pembawa acara Mukbang disebut dengan BJ (Broadcast Jockey). BJ akan makan dengan jumlah porsi yang banyak dan melaporkan langsung menu, cara makan dan rasa dari makanan yang dimakannya.

Mukbang berasal dari kombinasi bahasa Korea dari kata Muk dan Bang. ‘Muk’ diambil dari kata ‘Muj-ja’ yang berarti makan dan ‘Bang’ diambil dari kata ‘Bang-song" yang berarti siaran.

Yang membuat menarik acara ini adalah gaya BJ saat menyantap makanannya. Mereka akan mengunyah sangat keras dan menampilkan gestur yang membuat penontonnya meneteskan liur. Menu-menu yang dipilih pun dipilih berdasarkan respons penonton, seperti ramyeon, pizza, ayam goreng, jjajangmyeon dan tteokbokki.

Mukbang bisanya akan dilakukan saat malam hari. BJ akan duduk selama 2-3 jam tiap siaran. Selain melaporkan langsung aktivitas makan, BJ juga terkadang melaporkan cara membuat atau memasak makanan yang akan dimakannya yang disebut dengan ‘Cookbang’.

Dalam ‘Mukbang’, biasanya BJ akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan terkadang juga akan melakukan tantangan-tantangan dari penontonnya. BJ yang sering melakukan Mukbang akan mendapatkan penonton tetap dan akan selalu dinanti episode-episode Mukbang selanjutnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By black_zombie
      im Eun-hee baru berusia 10 tahun, seorang siswa sekolah dasar dengan mimpi menjadi bintang tenis saat dia diperkosa oleh pelatihnya untuk pertama kali. Tidak hanya sekali, perkosaan itu berulang kali dilakukan oleh si pelatih terhadap Kim.
      Saat itu, calon juara Korea itu masih terlalu kecil untuk tahu bahwa dia telah menjadi korban perkosaan. Tetapi dia tahu bahwa dia merasa takut akan perintah berulang untuk datang ke kamar pelatihnya di kamp pelatihan mereka, rasa sakit yang dialami dan penghinaan yang dirasakan.
      "Butuh waktu bertahun-tahun untuk menyadari bahwa itu adalah perkosaan," kata Kim. "Dia terus memerkosa saya selama dua tahun... Dia mengatakan kepada saya itu adalah rahasia yang harus dijaga antara dia dan saya."
      Saat ini, 17 tahun kemudian, Kim Eun-hee yang berusia 27 tahun berbicara kepada media internasional untuk pertama kalinya dan tanpa menyamarkan identitasnya, mengungkapkan bagaimana atlet di Korea Selatan telah lama diam, menderita pelecehan seksual oleh pelatih mereka.

      Korsel, selain dikenal dengan keunggulan teknologi dan bisnis pertunjukannya, juga memiliki reputasi yang baik di bidang olah raga. Negeri Ginseng adalah satu-satunya negara Asia, selain Jepang yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin. Negara itu juga secara rutin berada di peringkat 10 besar di kedua ajang olah raga besar itu dengan dominasi di cabang taekwondo, memanah dan seluncur.
      Meski begitu, sistem di bidang tersebut masih berdasarkan hierarki dan patriarki dalam berbagai sisi, seperti memiliki koneksi pribadi terkadang lebih penting performa yang ditunjukkan dalam mendorong karier seseorang. Dalam persaingan yang sangat ketat, banyak atlet muda yang meninggalkan sekolah atau tinggal jauh dari orangtua mereka dan tinggal di asrama selama bertahun-tahun untuk berlatih dengan pelatih dan rekan-rekannya secara penuh waktu.
      Sistem kamp pelatihan yang diterapkan di Korsel mirip dengan sistem latihan di China, yang meski dianggap berhasil mendorong prestasi atlet Negeri Ginseng di dunia internasional, telah terbukti mendorong penyiksaan di beberapa cabang olah raga. Penyiksaan ini terutama terjadi pada atlet-atlet di bawah umur yang berada di bawah kendali pelatih mereka.
      "Pelatih adalah raja dari dunia saya, dia mendiktekan segala sesuatu tentang kehidupan sehari-hari saya dari cara berolahraga sampai kapan harus tidur dan apa yang dimakan," kata Kim kepada AFP. Dia mengatakan, pelatihnya juga memukulinya berulang kali sebagai bagian dari latihan.

      Banyak korban terpaksa diam mengenai perlakuan yang mereka terima karena dalam sebagian besar kasus, mengungkap hal ini ke publik berarti berakhirnya mimpi mereka untuk menjadi bintang.
      "Ini adalah komunitas di mana orang-orang yang berbicara dikucilkan dan di-bully sebagai 'pengkhianat' yang membuat malu olah raga itu," kata Profesor Psikologi Olah Raga Universitas Sogang, Chung Yong-chul.
      Survei Komite Olahraga & Olimpiade Korea pada 2014 menunjukkan bahwa sekira satu dari tujuh atlet wanita mengalami pelecehan seksual pada tahun sebelumnya, namun, 70 persen dari mereka tidak mencari bantuan dalam bentuk apa pun.
      Kim Eun-hee yang kini telah pensiun mengatakan, “Saya merasa ngeri melihat pemerkosa saya terus melatih pemain tenis muda selama lebih dari satu dekade seolah-olah tidak ada yang terjadi. Saya berpikir, 'Saya tidak akan memberinya kesempatan untuk melecehkan gadis-gadis kecil lagi .'"
      Kim mengajukan tuntutan pidana terhadap pelatihnya yang kemudian didakwa. Pada Oktober lalu, Kim Eun-hee berdiri di luar pengadilan untuk mendengar dakwaan dibacakan terhadap mantan pelatihnya atas tuduhan perkosaan yang membuat pria itu dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.
      "Saya terus menangis dan menangis, mengatasi semua emosi ini dari kesedihan menuju kebahagiaan," katanya.
    • By BincangEdukasi
      Untuk urusan kecantikan, Korea Selatan kerap menjadi kiblat para wanita di dunia lantaran menawarkan produk kecantikan yang menyempurnakan penampilan. Beragam tren kecantikan pun selalu dipopulerkan Negri Gingseng tersebut.
      Seperti halnya mempopulerkan teknik operasi plastik yang memberikan hasil alami, melentikkan bulu mata dengan sumpit hangat, menampar wajah puluhan kali sebelum tidur, menenggelamkan wajah hingga yang terbaru, mandi uap.
      Mandi uap dilakukan selama 15 menit. Ritual kecantikan itu dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mulai pengobatan penderita asma hingga alergi.
      Tak hanya itu, mandi uap juga memiliki khasiat lain yakni, mempercantik kulit. Mandi uap bisa membunuh kuman dan bakteri pada tubuh. Dengan begitu, mandi uap secara teratur akan membuat kulit menjadi lebih cerah.
      Untuk hasil yang maksimal, saat mandi uap, wanita Korea akan mengaplikasikan minyak zaitun di sekujur tubuh. Cara ini bisa membuat pori-pori kulit terbuka dan menyerap nutrisi yang terdapat pada minyak tersebut. 
    • Guest News
      By Guest News
      PM Hwang Kyo-ahn (tengah) menghadiri upacara peringatan 63 tahun berakhirnya Perang Korea di Seoul, Korea Selatan
      Pada peringatan 63 tahun berakhirnya Perang Korea, perdamaian abadi masih merupakan sesuatu yang sulit diwujudkan seiring meningkatnya ketegangan regional dan hubungan antara Seoul dan Pyongyang yang meruncing terkait program nuklir Korea Utara.
      Pada Rabu 27 Juli 2016, Korea Selatan menuduh Korea Utara menghanyutkan berkantung-kantung selebaran lewat sungai yang mengalir ke Seoul. Selebaran-selebaran itu berisi ancaman untuk melancarkan serangan misil dan propaganda lama bahwa Korea Utara memenangkan Perang Korea.
      Semenanjung Korea terpecah menjadi Korea Utara yang komunis dan didukung Soviet, dan Korea Selatan yang bersekutu dengan AS, setelah terbebas dari pemerintah kolonial Jepang pada akhir Perang Dunia Kedua.
      Perang Korea, yang dimulai pada 1950, melibatkan koalisi PBB pimpinan AS yang membela Korea Selatan dari percobaan invasi Korea Utara. Korea Utara ketika itu mendapat dukungan sekutu komunisnya, China. Sekitar 5 juta tentara dan warga sipil tewas selama perang yang secara teknis tidak pernah berakhir itu. Pada tanggal 27 Juli, pihak-pihak yang berperang menandatangani kesepakatan gencatan senjata untuk mengakhiri permusuhan namun tidak pernah menandatangani perjanjian perdamaian.
      Perdamaian yang rapuh itu masih bertahan hingga saat ini namun ujicoba nuklir dan uji misil balistik Korea Utara telah membuat situasi lebih meletup.
      Berbicara di sela-sela KTT ASEAN di Laos beberapa waktu lalu, Menlu Korea Utara Ri Yong Ho mengatakan Korea Utara merupakan negara nuklir yang bertanggungjawab dan tidak akan menggunakannya senjata atomnya kecuali jika terancam. Ri juga mengatakan, negaranya telah berulangkali mengusulkan pembicaraan perdamaian namun pemerintah Korea Selatan menolaknya.
      Jurubicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Park Soo-jin, Rabu, menegaskan kembali sikap Seoul dan Washington bahwa Pyongyang harus terlebih dahulu menghentikan program nuklirnya sebelum dilangsungkan pembicaraan untuk meredakan ketegangan dan mengakhiri sanksi-sanksi.
    • By Adeus
      Sebuah lembaga riset asal Hong Kong, Counterpoint baru saja merilis data yang menunjukkan bahwa Samsung berhasil mengungguli pangsa pasar penjualan telepon seluler (ponsel) Apple di Amerika Serikat (AS), negara asal perusahaan berlogo buah apel tersebut.
      Hingga Maret 2016, Apple hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar 23 persen. Sementara Samsung sedikit lebih besar, yakni 28,8 persen. Ini adalah pertama kalinya Apple harus turun dari peringkat pertama setelah 11 bulan menguasai pasar AS sejak April 2015 lalu.
      Counterpoint juga mencatat bahwa LG kini menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 17,1 persen di AS hingga periode Maret 2016. Kemungkinan, angka tersebut akan meningkat seiiring dengan dirilisnya ponsel flagship LG pada April lalu, G5.
      Sedangkan ponsel buatan China tak mampu mendominasi pasar AS. Berdasarkan data Counterpoint, Huawei hanya mendapatkan porsi 1 persen. Sementara ZTE ada di posisi keempat dengan angka 6,6 persen, diikuti oleh Alcatel sebesar 4,5 persen.
      Positifnya respon pasar terhadap ponsel Galaxy S7 daripada model sebelumnya di pasar AS dan Eropa merupakan faktor utama yang membuat Samsung berhasil mengalahkan Apple.
      Di sisi lain, penjualan iPhone 6s yang lambat juga menjadi penghambat bagi Apple untuk bisa menguasai pasar AS.
      Secara keseluruhan, penjualan iPhone sendiri memang sedang mengalami penurunan pada skala global.
      Turunnya penjualan iPhone terlihat dari laporan keuangan kuartal pertama yang berakhir pada Maret 2016. Para analis menilai penjualan iPhone terpeleset sekitar 20 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
      Pada kuartal pertama 2015 Apple berhasil menjual iPhone sebanyak 61,2 juta unit, sementara pada kuartal pertama 2016 analis memperkirakan iPhone hanya terjual 51 juta unit.
      Dengan turunnya penjualan iPhone, maka hampir bisa dipastikan seluruh pendapatan Apple pun juga ikut turun. Pasalnya, iPhone merupakan penyumbang terbesar dari seluruh pendapatan Apple.
    • Guest News
      By Guest News
      FILE - People at Seoul Railway Station in Seoul, South Korea, watch a TV news program showing North Korean leader Kim Jong Un, March 3, 2016.
      North Korea has fired several short-range projectiles into the sea off the country's east coast.
      South Korean officials say the projectiles were launched Monday from the eastern city of Hamhung.
      The officials did not say what type of missiles or rockets may have been fired.
      Last week South Korean officials said the North fired medium-range missiles into the sea in defiance of U.N. sanctions.
      North Korea has been threatening for weeks to initiate preemptive nuclear strikes against Washington and Seoul to protest South Korea-U.S. military drills.  The North sees the drills as a rehearsal for a military invasion. (VOA News)
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy