Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
BincangEdukasi

Ini Bahaya Merokok Sejak Remaja

Recommended Posts

Merokok di usia kanak-kanak bisa mengubah genetik keturunan di masa datang. Sebuah penelitian terbaru menemukan, pria yang merokok sebelum usia mereka 11 tahun berisiko lebih tinggi memiliki anak kelebihan berat badan di masa depan.

 

Temuan dari proyek "Children of the 90s" menunjukkan gaya hidup bahkan di masa kanak-kanak mempengaruhi kesehatan generasi berikutnya.

 

Penemuan memperlihatkan adanya efek transgenerational pada kenaikan obesitas dan dapat dipakai untuk evaluasi pencegahannya.

 

Jumlah perokok di seluruh dunia meningkat dari tahun ke tahun. WHO merilis, sekitar 35 persen pria di negara maju dan 50 persen pria di negara berkembang adalah perokok.

 

Sejumlah riset pada hewan memang menunjukkan adanya dampak kesehatan antargenerasi, namun buktinya terbatas.

 

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Human Genetics, peneliti memiliki akses ke gaya hidup, genetika dan data kesehatan 9.886 ayah, 5.376  diantaranya perokok. Sebanyak 166 orang atau tiga persen merokok secara teratur sebelum usia 11 tahun.

 

Saat melihat keturunannya, peneliti menemukan pada usia usia 13, 15 dan 17, anak dari lelaki yang merokok sebelum 11 tahun memiliki indeks massa tubuh paling tinggi daripada yang merokok di usia yang lebih dewasa atau tidak sama sekali.

 

Anak-anak ini memiliki massa lemak yanng lebih tinggi mulai dari 5-10 kilogram antara usia 13 dan 17.

 

Namun, efek ini tidak terlihat pada anak-anak perempuan pada tingkat yang sama.

 

Ini data yang persuasif namun belum definitif sehingga kita perlu konfirmasi bahwa merokok terkait perubahan epigenetik yang sama dalam DNA anak-anak.

post-19-0-87690500-1414685375_thumb.jpg

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By anonymous_content
      Ratusan petani di lereng Gunung Merbabu di Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu, menggelar upacara ritual gunungan hasil bumi "Tungguk Tembakau" wujud syukur dimulai masa panen tanaman tembakau.
      Pada upacara ritual adat masyarakat Tungguk Tembakau (petik tembakau) di Lereng Merbabu tersebut diawali kirab gabungan hasil bumi dan sejumlah kesenian tradisional keliling di sepanjang jalan desa, sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang maha Esa, atas hasil panen tembakau tahun ini.
      Ratusan warga setelah melakukan kirab, mereka kemudian melakukan doa bersama, dan dilanjutkan acara kenduri bersama di sepanjang jalan desa setempat.
      Menurut Yoto Pawiro (65) salah satu tokoh masyarakat Desa Senden upacara ritual Tungguk Tembakau merupakan tradisi turun-temurun warga setempat, tetapi baru kali ini dilakukan secara massal oleh masyarakat.
      "Tradisi tungguk tembakau atau memetik daun tembakau sebagai tanda masa panen. Sebelumnya hanya dilakukan secara pribadi oleh setiap petani tembakau di desa ini," kata Yoto.
      Menurut dia, petani tembakau melakukan upacara ritual tersebut selain untuk melestarikan tradisi warga yang sudah turun-menurun, juga tanda syukur atas hasil panen tembakau yang dikelola dan dipelihara selama tiga hingga empat bulan.
      Ia mengatakan tradisi adat warga setempat tersebut memang mempunyai arti penting karena komoditas tembakau selama turun menurun menjadi tumpuan ekonomi masyarakat di lereng Merbabu ini.
      Menurut dia, petani dengan tanaman tembakau mampu meningkatkan taraf hidupnya lebih baik, seperti untuk menyekolahkan anak-anaknya, dan mampu memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.
      "Komoditas tembakau memang paling menguntungkan dibanding komoditas lainnya bagi petani setempat," katanya.
      Meskipun petani tanaman tembakau tahun ini kecewa terhadap hasil panen akbat dampak musim kemarau basah yang menyebabkan kualitas menurun, mereka tetap mengharapkan produksi dapat laku dengan harga baik.
      "Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini, kadar air menjadi tinggi, dan menurunkan kadar nikotin daun tembakau," katanya.
    • By dugelo
      Merokok bisa sangat membunuh manusia. Karenanya, merokok menjadi salah satu penyebab besar penyakit menular.
      Sayangnya, sejak usia anak-anak, penduduk Indonesia mengenal rokok. Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) menyayangkan hal ini.
      "Anak-anak yang merokok jadi ikon dunia. Sayangnya berasal dari Indonesia," ujarnya saat ditemui di JS Luwansa Hotel, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.
      Sayangnya, tambah dia, anak-anak usia 15-16 tahun sudah mengenal rokok. Tidak hanya laki-laki, anak perempuan pun ikut-ikutan merokok.
      Mengingat itu, rokok adalah salah satu faktor risiko yang menyebabkan penyakit menular. Sehingga, di masa yang akan datang generasi muda Indonesia rawan mengalami banyak penyakit, seperti serangan jantung, kanker, bahkan diabetes.
    • By monica_pendong
      Rumah-rumah sakit di Prancis menawarkan uang bagi perempuan perokok jika mereka meninggalkan nikotin. Hal tersebut, seperti dilansir The Independent, dilakukan dalam sebuah studi untuk menguji dampaknya bagi keuangan. 
      Para perempuan hamil yang berkomitmen meninggalkan rokok akan dibayar secara bertahap dalam bentuk voucher €20 atau setara Rp 304 ribu. Mereka berkesempatan mendapat hingga €300 (Rp4,6 juta) jika tidak merokok lagi.
      Studi dilakukan oleh sistem rumah sakit Paris yang bekerja sama dengan Institut Kanker Nasional Prancis. Mereka menguji apakah memberikan uang kepada perempuan hamil akan membantu meyakinkan para perempuan ini menjauhi tembakau sepanjang masa kehamilan. 
      Para perempuan yang berusia lebih dari 18 tahun dengan usia kehamilan kurang dari empat bulan dapat mengajukan permohonan untuk ambil bagian dalam studi tersebut. Asalkan mereka merokok lebih dari lima rokok pabrik (atau tiga rokok linting) setiap hari. 
      Angka-angka dari tahun 2015 menunjukkan satu dari lima perempuan Prancis tetap merokok selama masa kehamilan. Menteri Kesehatan Prancis Marisol Touraine mengatakan Prancis adalah “negara di mana perempuan hamil paling banyak merokok di Eropa”.
      Merokok selama masa kehamilan dapat mengurangi pasokan oksigen bagi janin, yang meningkatkan risiko bayi lahir mati, lahir prematur, dan lahir dengan berat di bawah normal.
    • Guest News
      By Guest News
      Untuk pertama kali Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) melarang penjualan rokok elektrik dan beberapa produk tembakau lain kepada orang dibawah usia 18. Langkah itu guna mencegah generasi baru kecanduan nikotin

      Kaum muda perokok elektrik meningkat tiga kali lipat, yang menimbulkan kekhawatiran meluasnya pencandu nikotin.
      Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) untuk pertama kali melarang penjualan rokok elektrik dan beberapa produk tembakau lain kepada orang dibawah usia 18.  Langkah itu guna mencegah generasi baru kecanduan nikotin.
      Selain rokok elektrik, FDA melarang penjualan pipa tembakau, tembakau hookah dan cerutu kepada orang dibawah umur.  FDA sebelumnya sudah membuat peraturan untuk rokok, tembakau tanpa asap dan produk tembakau yang digulung sendiri.
      Rokok elektrik berkembang menjadi industri bernilai tiga miliar dolar, karena penggunaannya meningkat di kalangan siswa SMP dan SMU.  Menurut Pusat Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Amerika dan FDA, tiga juta siswa SMP dan SMU dilaporkan menggunakan rokok elektrik pada tahun 2015, naik dari sekitar 2,5 juta pada tahun sebelumnya.
      Larangan itu, yang berlaku dalam 90 hari, mengharuskan produsen rokok mengajukan produk itu untuk dikaji oleh lembaga terkait, memberi daftar bahan yang digunakan dan memasang peringatan gangguan kesehatan pada kemasan dan dalam iklan.
      FDA mulai berfokus pada rokok elektrik tahun 2009 ketika produk itu mulai muncul di rak-rak toko di Amerika.  Pada tahun yang sama, Presiden Barack Obama menandatangani undang-undang yang memberi wewenang kepada FDA atas produk-produk yang sebelumnya tidak diatur.  Kongres Amerika juga memberi FDA wewenang untuk menegaskan yurisdiksi atas mereka.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy