Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
dugelo

Perbedaan Pesawat Airbus dan Boeing

Recommended Posts

Pesawat terbang dengan teknologi tinggi akan menghasilkan kecepatan yang luar biasa, sehingga dapat menempuh jarak ribuan kilometer dalam waktu hanya beberapa menit saja. Mungkin anda telah mengenal apa perbedaan antara Airbus dengan Boeing yang keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Walaupun manusia berusaha kuat untuk membuat pesawat sempurna, namun hal tersebut tidak akan bisa karena kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

Airbus

Airbus_A380.thumb.jpg.9a2f2bd9dc3d417a6a129b93557f094b.jpg

Perusahaan Airbus S.A.S. (dikenal dengan nama Airbus Industrie) merupakan produsen pesawat komersial yang berbasis di Perancis. Airbus didirikan pada tahun 2001 sebagai perusahaan join stok yang dipermudah. Airbus dipegang oleh 80% EADS dan 20% BAE SYSTEMS, dua penyedia dan pemroduksi militer terbesar.

Jumlah karyawan Airbus lebih dari 40.000 orang yang bekerja di kantor serta pabrik Airbus di beberapa negara Eropa. Perakitan final pesawat Airbus dilaksanakan di Toulouse, sebuah kota di negeri Perancis dan Hamburg di Jerman. Meskipun demikian konstruksi pesawat masih dilakukan di beberapa pabrik di Eropa.

Salah satu produk Airbush yang sangat popular adalah Airbus A330 seri 200, pesawat ini memiliki system proteksi yang memberikan jaminan tingkat keselamatan tinggi terhadap penumpang, awak pesawat, dan pesawat terbang itu sendiri. Semua produk Airbus lain seperti Airbus A330 seri 300, Airbus A320, Airbus A319, Airbus A318, dan Airbus A340 juga memiliki system proteksi.

Airbus juga dilengkapi dengan FMGEC, kelebihannya dalam hal Guidance dan Envelope, bila pesawat mishandling saat bermanuver atau keluar dari margin area envelope, maka otomatis akan menolak program yang keliru tadi dan memberikan info kepada pilot untuk kembali pada program yang benar dan sesuai system.

Boeing

boeing-747-8.thumb.jpg.4afb011762fd846a6212dbeea88a7899.jpg

Perusahaan Boeing adalah sebuah perusahaan pembuat pesawat terbang dan aeroangkasa, yang berkantor di Chicago dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington. Boeing didirikan oleh William Edward Boeing dan George Conrad Westervelt pada tahun 1916 yang saat itu bernama Pacific Aero Products.

Dua divisi utama dari Boeing adalah Boeing Integrated Defense Systems (IDS), yang bertanggung jawab untuk memproduksi pesawat militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), bertanggung jawab untuk pesawat sipil.

Boing adalah perusahaan pertama yang memproduksi pesawat berbadan lebar. Boeing dilengkapi teknologi wing-let yang mampu memecah konsentrasi turbolency disekitar sayap. Dengan struktur sayap yang tidak terlalu flat, menjadikan pesawat mampu bermanufer menghindari awan. Boeing juga dikenal irit bahan bakar.

Produk mutakhir Boeing seperti 747-200 yang dijuluki The Jumbo Jet, 747-400 yang disebut Mega Top. Disusul dengan 767 dan 777 yang banyak dioperasikan maskapi-maskapai besar di dunia. After sales service boeing murah dan mudah.

Perbedaan Pesawat Airbus dan Boeing

Pesawat airbus dikenal relatif tenang dan goncangannya tidak begitu terasa meski memasuki awan yang tidak tidak terlalu tebal, dibanding pesawat boeing yang masih sedikit berguncang saat memasuki awan yang tidak terlalu tebal.

Bagian penutup ban boeing lebih besar dibanding penutup ban airbus. Perbedaan yang lebih mencolok ialah pada bagian cockpit pesawat yaitu di bagian stir kemudi. Perbedaan lainnya ialah pada bagian sayap Airbus memiliki winglet, sedangkan boeing tidak atau loss (namun ada sebagian boeing yang memiliki winglet).

Adapun dari segi kenyamanan maka pesawat airbus memiliki suara yang tidak terlalu keras dibandingkan dengan pesawat boeing yang cukup berisik di telinga.

Pada bagian tenaga maka pesawat boeing lebih uggul dibandingkan airbus, anda dapat merasakannya saat take-off atau tinggal landas maka boeing langsung menukik ke atas dan berbeda dengan airbus yang menukik secara perlahan.

Perbedaan Pesawat Airbus dan Boeing 2015-05-20T23:51:00+07:00 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By iiee
      Maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. diminta untuk lebih transparan menjelaskan laporan keuangannya yang tengah menjadi polemik. Transparansi ini adalah bagian dari keterbukaan informasi Garuda sebagai perusahaan terbuka.
      "Seyogianya direksi Garuda perlu menjelaskan ke publik sebagai keterbukaan informasi. Mengingat Garuda adalah emiten sekaligus BUMN entitas publik," kata Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia atau IAPI, Tarkosunaryo, ketika dihubungi Tempo, Kamis 25 April 2019.
      Sebelumnya terjadi perbedaan pendapat di antara Dewan Komisari Garuda Indonesia tentang laporan keuangan 2018. Dua komisaris Garuda, Chairal Tanjung dan Dony Oskaria menyatakan keberatan dan tak menandatangani laporan keuangan tersebut.
      Keberatan itu berpangkal pada adanya pos pendapatan lain-lain yang dianggap masih berbentuk piutang yang ikut masuk sebagai total pendapatan perseroan. Namun, kedua komisaris tersebut tak sependapat dalam pembukuan tersebut.
      Keduanya menilai pencatatan ini bertentangan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Negara atau PSAK Nomor 23. Menurut mereka, piutang yang muncul dari perjanjian kerja sama antara Garuda dengan PT Mahata Aero Teknologi tersebut seharusnya tak dimasukan pos pendapatan.
      Tarkosunaryo juga berpendapat bahwa sebaiknya Garuda membuka secara lengkap bagaimana kontrak antara Garuda dengan Mahata. Khususnya mengenai bagaimana realisasi dari adanya kerja sama itu. "Apakah prestasi pekerjaan sudah ada dan hak tagih sudah dapat dieksekusi," kata Tarkosunaryo
      Kendati demikian, Tarko menjelaskan, pencatatan piutang sebagai pendapatan dalam dunia akuntansi dianggap sebagai sesuatu yang lazim ditemui. Dalam dunia akuntansi hal ini lazim dikenal dengan istilah pencatatan akuntansi berbasis akrual.
      Baca: Laporan Keuangan Garuda Janggal, Ini Keberatan Dua Komisaris
      Dalam hal ini, lanjut dia, transaksi-transaksi dicatat pada saat terjadinya transaksi itu, bukan saat uang diterima. Transaksi pendapatan dicatat dalam pembukuan pada saat hak tagih sudah ada karena penjual sudah melakukan kewajiban sesuai kontrak.
      Artinya, dalam kasus Garuda, yang perlu diperjelas adalah realisasi transaksi yang kemudian menimbulkan hak tagih (piutang) sehingga bisa dimasukkan dalam pendapatan. Hal inilah yang perlu diungkap ke publik apakah pencatatan dari piutang menjadi pendapatan tersebut sesuai standar. "Nah yang dapat melakukan ini ya direksi beserta auditornya," kata Tarkosunaryo.
    • By ThinkSmart
      CEO Boeing Co, Dennis Muilenburg untuk pertama kalinya, akhirnya mengakui bahwa malfungsi Boeing 737 Max 8 berperan dalam jatuhnya Lion Air JT 610 pada Oktober dan Ethiopian Airlines ET 302 pada Maret 2019. Menanggapi pengakuan yang dirilis Muilenburg dalam sebuah video itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan masih mempelajari ihwal kasus Boeing.
      Polana mengatakan Kemenhub masih menunggu hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi dan perbaikan yang akan dilakukan Boeing. "Terlalu dini kalau pemerintah melarang B737Max atau B737 families," kata Polana saat dihubungi, Ahad, 7 April 2019.
      Sebelumnya, CEO Boeing, Dennis Muilenburg mengakui kecelakaan Lion Air JT 610 dan Ethiopian Air ET 302 terjadi karena fitur otomatisasi MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) pesawat aktif sebagai respons terhadap informasi angle of attack/AOA (sudut serangan) yang keliru. Muilenburg  mencuitkan rasa menyesalnya itu ke akun Twitternya. Seperti dikutip Antara, Sabtu 6 April 2019, bos pabrikan pesawat terbesar Amerika Serikat itu mewakili seluruh karyawan Boeing menyampaikan simpati kepada keluarga korban para penumpang dan kru pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines. 
      Setelah mengakui kesalahan itu, Muilenburg mengatakan bahwa perusahaan memiliki "tanggung jawab untuk menghilangkan risiko tersebut. Lalu, Boeing pun berupaya membuat pembaruan perangkat lunak 737 Max untuk mencegah kecelakaan serupa terjadi lagi. 
      Terkait cacat sistem MCAS ini, Muilenburg menyebut pihaknya telah bekerja tanpa lelah bersama Federasi Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA) semenjak tragedi Lion Air. Boeing bersama pihak lainnya pun berupaya untuk menyelesaikan dan mengimplementasikan perangkat lunak demi memastikan kecelakaan naas tersebut tak akan pernah terjadi lagi.
      Kecelakaan udara mematikan baru-baru ini telah menyebabkan pelarangan terbang pesawat 737 Max di seluruh dunia. Otoritas penerbangan Amerika Serikat, FAA, telah melarang terbang semua pesawat Boeing 737 Max 8 di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Di Indonesia, Kementerian Perhubungan telah meng-grounded 11 unit pesawat tipe tersebut yang dimiliki maskapai penerbangan Lion Air dan Garuda Indonesia sejak 14 Maret 2019.
    • By Ngobas
      Selain berhadapan dengan penyelidikan Departmen Transportasi AS terkait proses sertifikasi kelaikan terbang pesawat Boeing 737 Max, Boeing maupun Badan Penerbangan Federal (FAA) ternyata juga berhadapan dengan penyelidikan kriminal yang dilakukan oleh Biro Penyidik Federal (FBI).
       
    • By Tech
      Boeing akan menerbitkan perangkat lunak baru guna merespons kekhawatiran soal pesawat 737 Max 8 buatannya. Upaya perbaikan Boeing ini terus menjadi sorotan, di tengah laporan terbaru oleh sejumlah media, termasuk laporan Seattle Times bahwa FBI kini ikut menyelidiki proses sertifikasi pesawat Max.
       
       
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy