Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
rani

Pentingnya Menjaga Porsi Makan

Recommended Posts

Salah satu kebiasaan yang paling sulit dipelihara setiap hari adalah makan dengan ukuran porsi yang tepat. Jika Anda benar-benar khawatir tentang kondisi kesehatan dan berat badan, ingin mengurangi berat sedikit demi sedikit untuk kesehatan dan penampilan, selain meningkatkan pilihan makanan dan minuman Anda, mempertahankan kontrol atas porsi saat makan akan sangat penting pula untuk keberhasilan Anda.

 

post-101-0-19829700-1414027575_thumb.jpg

 

Titik kunci yang harus diingat adalah: makan makanan secara berlebihan, bahkan makanan yang sehat sekalipun, akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ini adalah salah satu aspek yang paling sering disalahartikan oleh orang. Ketika mereka memakan makanan sehat seperti ayam panggang, sayuran kukus, beras merah, dan lainnya, mereka makan dengan porsi berlebihan dengan asumsi makanan tersebut tetap berefek positif pada mereka. Sekali lagi, hal ini salah.

 

Semua hal yang berhubungan dengan diet dan kesehatan kembali bermuara pada kalori. Ambil contoh individu yang setiap hari hanya bisa mengkonsumsi 1.800 kalori untuk menurunkan 1 pon berat badan per minggu. Artinya, segala hal yang diletakkan orang tersebut ke dalam mulutnya, mulai dari bangun pagi sampai saat tidur malam harus berkisar antara 1.800 kalori.

 

Berikut kami berikan hitungan beberapa sampel makanan sehat tergantung pada kalori yang dikandungnya. Ayam panggang tanpa kulit (4 ons 140 kalori), beras merah (1 cup - 215 kalori), dan sayuran kukus (90 kalori), dan akan berjumlah sekitar 445 kalori dengan asumsi air putih adalah minuman yang dipilih. Jika tiga kali makan porsi seperti ini secara harian, akan memberikan orang ini total 1.290 kalori, menyisakan 510 kalori untuk 2 atau 3 kali makanan ringan di antara waktu makan.

Intinya, batasi diri Anda dari memakan makanan secara berlebihan. Berhentilah makan sebelum kenyang, karena segala sesuatu yang berlebihan memang sifatnya tidak baik. Mudah-mudahan Anda akan dapat mempertahankan ukuran porsi yang tepat dan tidak membiarkan porsi makanan terlupakan dan menumpuk di dalam tubuh Anda dan menjadi sumber dari penyakit suatu hari nantinya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By kotawa
      Hi ndral,
      Gw tahun baru mau nanya, mending sarapan dulu atau mandi dulu?
    • By BincangEdukasi
      Obesitas pada anakmerupakan salah satu kekhawatiran yang dirasakan oleh banyak orang tua saat ini. Menutur laporan dari US Centers for Disease Control and Prevention, seorang anakyang terserang obesitas cenderung rawan terkena resiko diabetes, penyakit jantung serta kanker.
      Hal tersebut biasa menjangkiti anak-anak pada rekapan usia antara 6 hingga 11 tahun. Pada usia ini, biasanya anak-anak cenderung sedang dalam tahap hiperaktif dan sulit untuk di kontrol aktifitasnya, terutama berkaitan dengan pola makan, aktifits keseharian dan ritunitas olah raga. Namun, sebenarnya obesitas dapat dicegah sejak dini, dan itu tentu saja menuntut peranan serta  dukungan ekstra dari orang tua.
      Berikut ini adalah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menghindari terjadinya Obesitas Pada Anak
      Perhatikanlah pola makan anak
      Obesitas banyak menjangkiti sebagian besar  anak yang cenderung tidak terkontrol dengan baik pola makannya. Terutama jenis makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, minuman yang bersoda, makanan cepat saji dan makanan sereal.  Jenis makanan tersebut biasanya menjadi menu favorit anak-anak. Maka dari itu, orang tua harus rutin mengawasi anak mengenai jenis makanan atau jajanan ringan yang di konsumsi. Kalau bisa, latihlah anak untuk menyukai buah-buahan dan sayur mayur sejak dini, hal ini akan sangat membantu dalam menyeimbangkan berat badan serta  baik untuk menunjang kesehatan dan  pertumbuhan.
      Latihlah anak untuk membiasakan sejak dini gaya hidup yang seimbang
      Mayoritas anak-anak, mereka sangat menyukai jenis kegiatan seperti bermain game, nonton video dan nonton tv. Padahal, kebiasaan tersebut merupakan faktor yang signifikan dalam meningkatkan kelebihan berat badan. Jadi, sebisa mungkin bagi orang tua untuk mengarahkan pada anak supaya tidak terlalu banyak menghabiskan waktu menekuni rutinitas  tersebut.
      Latihlah anak untuk mencintai olah raga
      Kebiasaan oleh raga yang teratur sejak dini bukan hanya baik untuk kesehatan anak, namun juga sangat penting dalam mengontrol keseimbangan hormon yang dapat menyeimbangkan antara pertumbuhan dan berat badan, sehingga terhindar dari obesitas.
      Kenali jenis menu died yang sehat untuk anak
      Orang tua harus mengetahui bahwa menu died sehat untuk anak-anak berbeda dengan menu died  untuk orang tua. Jika perlu, bertanyalah pada ahli kesehatan mengenai menu yang cocok dan tepat untuk anak sesuai dengan tingkat usia.
      Biasakan mengajak anak untuk berkumpul bersama keluarga
      Ajarkanlah pada anak untuk terbiasa berkumpul dengan keluarga, terutama saat makan malam. Dalam kondisi ini, biasanya seorang anak cenderung lebih tenang dan terbuka pada orang tuanya. Jadi, di sini orang tua memiliki kesempatan yang luas untuk memberikan arahan pada anak dengan cara yang santai dan menyenangkan.
    • By amelia
      Gula mungkin memang dibutuhkan tubuh karena mengandung karbohidrat yang mudah diubah jadi energi. Bagaimana pun kamu juga pasti tak akan bisa hidup dengan menghindari makanan manis, karena makanan manis mudah sekali didapat.
      Tapi kamu juga pasti sudah tahu bahwa gula bisa menyebabkan penyakit, salah satunya yang parah adalah diabetes. Tapi bukan hanya reaksi negatif ini saja yang bisa dilakukan gula, ternyata gula juga menyakiti otak kamu.
      Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengonsumsi fruktosa dosis tinggi (berasal dari gula tambahan) bisa merusak hingga 940 gen otak. Para peneliti secara spesifik mengkaji bagaimana makanan bisa mempengaruhi gen tubuh. Di sini kamu jadi tahu makanan apa yang baik atau buruk pengaruhnya terhadap tubuh.
      Dalam penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa gula-gula tambahan bisa merusak 734 gen dalam hipotalamus dan 206 gen hipokampus. Kedua bagian otak ini memegang peranan penting menjalankan fungsi organ tubuh, metabolisme, inflamasi, dan fungsi otak keseluruhan.
      Adanya perubahan atau kerusakan kecil dalam otak bisa jadi berpengaruh terhadap resistensi tubuh terhadap penyakit. Manusia jadi lebih rentan depresi, mengalami sindrom metabolisme, terserang parkinson dan bahkan bipolar disorder.
      Tapi kamu bisa mengembalikan kerusakan gen karena gula dengan mengonsumsi DHA asam lemak omega-3. Meski begitu bukan berarti kamu harus menghindari gula. Gula yang bisa kamu konsumsi seperti pada buah dan sayur. Yuk lebih sehat memilih manakan manis setiap hari.
    • By iranuindah
      Perut mual dan menjadikan kita muntah adalah suatu hal yang sangat mungkin terjadi. Mual dan muntah ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa saja hal tersebut adalah karena mencium bau sesuatu yang sangat menyengat dan membuat mual serta muntah, karena sedang melakukan perjalanan dan akhirnya mabuk perjalanan atau bisa juga karena kondisi kesehatan fisik yang sedang drop.
      Kalau muntah di hari biasa hal ini hukumnya boleh-boleh saja. Tapi, bagaimana jika muntah saat kita sedang menjalankan ibadah puasa? Dikutip dari laman emirates247.com, muntah selama berpuasa akan menjadikannya memiliki dua hukum. Hukum pertama yakni boleh-boleh saja dan membuat puasa tetap sah. Sementara hukum kedua tidak boleh dan muntah akan membatalkan ibadah puasa.
      Dr Ali Ahmed Mashael dari Grand Mufti di Islamic Affairs & Charitable Department di Dubai mengatakan bahwa, 
      Apa yang dikatakan Dr Ahmed Mashael tentang muntah tidak membatalkan puasa juga dijelaskan dalam sebuah hadist, "Tiga perkara yang tidak membatalkan puasa adalah muntah, hijamah (bekam) dan ihtilam (mimpi basah). (HR Tirmizy dan Al-Baihaqi)." Tapi tetap ingat, beberapa ulama mengatakan bahwa muntah yang tidak membatalkan puasa adalah muntah yang tidak disengaja. Untuk muntah yang disengaja, hal ini tetap membatalkan puasa.
      So, buat kamu yang puasanya tidak batal hingga beduk maghrib tiba, pastikan untuk tidak muntah secara disengaja. Pastikan pula bahwa kamu tidak melakukan berbagai aktivitas yang memungkinkan kamu muntah nantinya. Semoga, informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan dan tetap semangat ya?
    • By BincangEdukasi

      Masih banyak orang yang melupakan pentingnya menyantap makan siang, terutama anak-anak. Padahal, makan siang yang mereka lahap dapat berdampak pada asupan vitamin serta mineral yang masuk ke dalam tubuh.
      Para peneliti dari Nestle Research Center mengatakan, anak-anak yang tak menyantap makan siang tak akan mendapatkan asupan vitamin serta mineral dari makanan yang mereka konsumsi di sore atau malam harinya.
      Para peneliti itu berusaha untuk membuktikannya dengan meneliti 4,800 anak-anak sekolah dan menemukan bahwa 7 hingga 20 persen dari mereka tidak menyantap makan siang.
      "Makan siang sangat penting untuk membantu anak-anak dalam memenuhi kandungan nutrisi mereka, terutama vitamin A dan D, mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium yang penting untuk kesehatan tulang, serta serat makanan," ujar Alison Eldridge, selaku peneliti dari Nestle, dikutip Fox News.
      Beberapa studi sebelumnya sudah menyatakan bahwa melewatkan makan siang kita adalah hal yang merugikan, namun tidak satu pun dari studi itu yang melihat dampak pada anak-anak jika mereka tidak menyantap makan siang.
      Untuk menjawab isu tersebut, Elridge dan rekan-rekannya meminta ionformasi dari Badan Survei Kesehatan dan Nutrisi Nasional pada tahun 2009-2010 dan 2011-2012.
      Hasilnya, sekitar 7 persen dari anak berumur 4 hingga 8 tahun, 16 persen dari anak berumur 9 hingga 13 tahun, serta 17 persen dari anak berusia 14 hingga 18 tahun, cenderung tak menyantap makan siang.
      Anak terkecil dari kategori di atas biasanya tak menyantap siang di akhir pekan, sedangkan anak perempuan berusia 9 hingga 18 tahun dapat meninggalkan santap siang mereka hingga seminggu penuh.
      Menurut Elridge, anak-anak yang tak menyantap makan siang cenderung akan kekurangan vitamin A, D, E, dan K, serta beberapa mineral penting lainnya.
      Parahnya lagi, asupan mereka akan lemak dan gula juga tinggi, sama seperti anak-anak yang menyantap makan siangnya.
      "Kami sangat terkejut melihat jumlah dari anak-anak dan remaja yang tidak memakan makan siangnya, terutama di akhir pekan," ujarnya.
      "Kami juga terkejut melihat anak-anak dan remaja yang tak menyantap makan siang dan lebih memilih makanan berkalori 'kosong'," ia menambahkan.
      Eldridge sangat menyayangkan bahwa anak-anak seringkali meninggalkan makan siangnya. Padahal, masa kanak-kanak sangat penting untuk membentuk kebiasaan yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan jangka panjang.
      "Orang tua memiliki peran penting untuk memberi contoh terkait makan siang, dengan cara memberikan makanan bernutrisi kepada anak, dan memberi tahu anak untuk menyantap makanan mereka dengan rutin," paparnya.
      Sama seperti Eldridge, Sarah Arevalo, ahli nutrisi dari rumah sakit anak-anak di New York, menegaskan bahwa makan siang dapat membantu mengatur nafsu makan dan metabolisme.
      "Anak-anak yang tak makan siang di sekolah dan menghabiskan waktu dengan waktu kosong cenderung lebih memilih memakan snack dan menyantap makanan berat di malam hari," tutur Aravelo.
      Ia menceritakan, tak semua makan siang di sekolah memiliki nutrisi yang memadai untuk tubuh anak-anak. Maka dari itu, ia menyarankan kepada setiap orang tua untuk membekali anaknya dengan makanan seperti yogurt, sayuran, dan buah-buahan. 
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy