Jump to content
Supraman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Recommended Posts

tips-memutihkan-kulit.thumb.jpg.1ce63f1b8be902aa3e3d7495af2738d7.jpg

1. PEPAYA UNTUK MENGANGKAT SEL KULIT MATI

Buah pepaya sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Papain yang terkandung di pepaya membantu pengangkatan sel kulit mati. Selain itu pepaya mengandung proteolitik yang bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat serta komedo.

Pepaya untuk mencegah dan menghilangkan komedo

➡ Caranya cukup mudah, yaitu buatlah masker pepaya. Lembutkan potongan buah papaya hingga mirip bubur secukupnya dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

2. BAKING SODA MEMBERSIKAN KOTORAN DAN BAKTERI

Baking soda selain untuk bahan dapur, bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk komedo serta jerawat. Baking soda berfungsi membersihkan kulit dari kotoran dan kuman yang hinggap di wajah.

➡ Caranya : Campur dua sendok teh baking soda dengan air matang untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut pada daerah kulit yang terdapat komedo disertai pijatan yang lembut. Biarkan kering selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini 1-2 kali seminggu.

3. LIDAH BUAYA MENGURANGI PERADANGAN KOMEDO

Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo anda. Lidah buaya mengandung 2 jenis hormon, yakni Auksin dan Giberelin, hormon penyembuhan dan anti-inflamasi yang membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, lidah buaya adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit.

Lidah buaya mengurangi peradangan akibat komedo

➡ Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area hidung maupun wajah anda yang berkomedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda juga bisa memblender/juice potongan lidah buaya tersebut.

4. JUS LEMON MENGENCANGKAN PORI-PORI DAN MENCEGAH KOMEDO

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang bagus untuk mencegah jerawat, komedo serta masalah kulit lainnya. Asam sitrat pada lemon juga membantu mengencangkan pori-pori yang berfungsi mencegah munculnya komedo.

➡ Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

5. TEH HIJAU MENGUSIR BAKTERI PENYEBAB KOMEDO

Teh hijau juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi serta enzim, asam amino dan fitokimia seperti polifenol yang bagus untuk mengusir bakteri penyebab komedo.

➡ Caranya : Campurkan satu sendok daun kering teh hijau dengan sedikit air, lalu hancurkan. Gosok secara lembut campuran tersebut di area yang terdapat komedo selama 2-3 menit. Scrub alami ini dalam membersihkan kulit dari minyak berlebih dan membantu membuka pori-pori agar komedo bisa keluar.
Bilas dengan air hangat.

6. MASKER PUTIH TELUR MENYERAP MINYAK BERLEBIH

Khusus untuk hal ini ambil bagian putih telurnya saja untuk mengatasi masalah komedo anda. Putih telur sangat bagus untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori.

➡ Caranya yaitu dengan balurkan putih telur (anda juga bisa menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo atau hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat.

7. KUNYIT BUBUK SEBAGAI OBAT ALAMI

Kunyit berfungsi dengan baik untuk obat alami luka bakar ringan, yang dapat juga digunakan untuk mengobati komedo. Kunyit mengandung banyak nutrisi yang sehat seperti protein, serat, niasin, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium dan seng.

➡ Caranya: Siapkan kunyit bubuk. Campur bubuk kunyit dengan dua sendok makan air jeruk, lemon atau mint. Terapkan ke daerah yang terdapat komedo. Biarkan hingga kering selama beberapa menit dan cuci bersih dengan air hangat. Anda juga bisa membuat pasta dengan mencampur bubuk kunyit dan susu. Oleskan pada area komedo dan setelah 10 menit cuci dengan air bersih.

8. MADU DAN SUSU

Madu dan susu memiliki beberapa sifat yang bermanfaat untuk kulit. Susu memiliki asam laktat yang dapat membuat kulit lebih lembut. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri. Keduanya bagus untuk menghilangkan komedo dengan cepat.

➡ Caranya: siapkan 1 sendok teh susu, 1 sendok makan madu (usahakan madu murni) dan selembar kapas kecantikan (biasanya berbentuk persegi). Campurkan madu dan susu, lalu hangatkan (bisa dimasak) selama 5-10 detik hingga menjadi pasta. Tunggu agak dingin, lalu usap pasta ke bagian komedo. Setelah itu tempelkan kapas ke area tersebut. Tunggu hingga mengering, kurang lebih 20 menit, lalu kupas kapas dibantu dengan air bersih. Lakukan secara teratur setiap hari.

9. UAP AIR PANAS

Nah, biasanya jika anda sedang merebus air, maka manfaatkan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo anda. Selain itu cara efektif lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan batuk flu.

10. TEPUNG JAGUNG MEMBERSIHKAN KOTORAN PADA PORI-PORI

Tepung jagung bertindak sebagai abrasive untuk membersihkan kotoran yang menghalangi/menutupi pori-pori di kulit Anda.

➡ Caranya: Campur satu sendok makan bubuk tepung jagung/maizena dengan susu atau air biasa. Sebelum menerapkan campuran, gunakan uap untuk membantu membuka pori-pori di wajah. Kemudian oles campuran tsb disertai pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Setelah beberapa menit, bilas muka dengan air biasa/dingin untuk menutup kembali pori-pori.

11. GULA DAN MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami untuk kulit kering yang kaya vitamin A dan E serta beberapa mineral dan asam lemak, untuk membuat kulit menjadi lembut dan halus. Minyak zaitun juga merangsang proses penyembuhan kulit.

➡ Caranya: Siapkan 1 sendok teh gula dan satu sendok teh minyak zaitun untuk membuat scrub. Campur minyak dan gula. Gosokkan secara lembut ke area komedo selama 1-2 menit. Setelah cuci dengan air bersih. Catatan: Jika anda memiliki jerawat, maka tidak perlu menggosok kulit cukup oleskan saja. Anda juga dapat mencapurnya dengan jus lemon untuk mendapatkan hasil terbaik.

12. PASTA GIGI UNTUK MENGELUARKAN KOTORAN

Komedo pada dasarnya terjadi ketika minyak dan kotoran terjebak dalam pori-pori. Pasta gigi bisa anda gunakan untuk menarik keluar semua bakteri dan kotoran yang terjebak dalam pori-pori.

➡ Caranya: Siapkan pasta gigi (yang putih, bukan gel). Pastikan wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan pembersih yang anda punya. Oleskan secukupnya pasta gigi ke area komedo. Biarkan selama 1-2 menit. Pasta gigi akan mengeringkan minyak di kulit dan mengurangi bengkak pada komedo. Setelah kering, ulangi kembali memberi pasta gigi di area komedo, kali ini disertai gerakan melingkar untuk mengeluarkan komedo. Setelah itu, cuci dengan air hangat. Anda bisa melakukan hal ini pada saat menjelang tidur malam hari.

13. MENTIMUN SEBAGAI PENDINGIN ALAMI

Mentimun kaya kalium dan vitamin A, C, dan E. Mentimun juga bersifat pendingin alami dan mengurangi bengkak/sakit pada kulit. Mentimun juga dapat digunakan untuk perawatan kulit pecah-pecah. Mentimun juga mengurangi radang kulit.

➡ Caranya: Potong mentimun dan rendam dalam air bersih selama 1 jam. Suplemen, vitamin A, kalium dan klorofil dalam mentimun akan terserap ke dalam air. Saring air mentimun lalu gunakan untuk mencuci wajah. Lakukan hal ini setiap hari. Anda juga bisa membuat masker dengan mentimun. Iris tipis berukuran lebar mentimun lalu terapkan di area komedo selama 15 menit. Setelah itu cuci dengan air hangat.

14. CUKA SARI APEL

Jika anda ingin untuk menyingkirkan komedo, maka cuka sari apel merupakan solusi alami. Cuka sari apel membunuh mikroorganisme penyebab komedo, jerawat dan masalah kulit lainnya. Cuka sari apel menjaga keseimbangan pH kulit, agar bakteri sulit untuk berkembang serta mengurangi minyak berlebih pada wajah.

➡ Caranya: cuci muka secara bersih lalu keringkan. Siapkan bola kapas dan cuka sari apel secukupnya. Rendam bola kapas dalam cuka sari apel, lalu terapkan ke area komedo selama sekitar 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini 3x dalam sehari.

Selain ampuh untuk komedo, cuka sari apel juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan anti aging. Simak video berikut:

15. KAYU MANIS BUBUK

Kayu manis dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah komedo. Kayu manis telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat tradisional di Cina dan India. Salah satu yang paling manfaat paling penting adalah perannya dalam menjaga kulit wajah agar tetap sehat.

➡ Caranya: Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan jus lemon, serta sedikit bubuk kunyit (tidak harus). Lalu terapkan di area komedo, biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Selain itu, anda juga bisa mencampur satu sendok teh bubuk kayu manis dan madu untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah komedo sebelum tidur dan biarkan semalaman. Di pagi hari, cuci dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan cara ini setiap hari selama sekitar 10-14 hari.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By MariaAngeline
      Panas dalam dapat menyerang siapa saja, dari bayi sampai orang lanjut usia. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya panas dalam. Faktor tersebut antara lain yaitu karena tubuh kekurangan cairan, penurunan daya tahan tubuh, konsumsi makanan yang pedas dan banyak mengandung lemak, kekurangan serat, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, faktor cuaca yang panas, stres, atau akibat adanya proses peradangan. Gejala yang dialami oleh orang yang mengalami panas dalam antara lain yaitu timbulnya sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut tak sedap, tenggorokan kering atau terasa sakit, rasa tidak nyaman di perut (mual, kembung), susah buang air besar, dan terjadinya peningkatan suhu tubuh.
      Untuk mengobati panas dalam, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Ketika panas dalam muncul, disarankan sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia karena belum tentu akibat suatu penyakit. Anda dapat mengatasinya terlebih dahulu dengan cara berikut ini dengan tujuan untuk menyeimbangan nutrisi, cairan, elektrolit, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Berbagai cara mengobati panas dalam secara alami yaitu sebagai berikut:
      Air kelapa muda
      Air kelapa muda dikenal memiliki kandungan elektrolit tinggi yang efektif untuk menyembuhkan panas dalam. Selain itu minum air kelapa muda juga dapat mengatasi dehidrasi. Sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa muda tubuh Anda akan merasa segar dan menetralkan suhu tubuh, serta menyeimbangkan cairan elektrolit. Cara mengobati panas dalam menggunakan air kelapa muda yaitu dengan mengambil air yang terkandung di dalam kelapa yang masih muda, dengan atau tanpa daging kelapanya. Anda dapat mencampurkan madu untuk menambah khasiatnya.
      Lemon dan madu
      Lemon merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C sangat penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta untuk mengatasi panas dalam. Selain itu konsumsi lemon juga dapat memberikan rasa segar di dalam tubuh. Ditambah lagi dengan khasiat madu yang berfungsi untuk mencegah dari serangan penyakit. Cara mengobati panas dalam menggunakan lemon dan madu yaitu siapkan satu buah lemon, lalu diperas untuk diambil airnya dan masukkan ke dalam 1 gelas air matang. Tambahkan 6 sendok makan madu murni dan aduk hingga rata. Konsumsi secara teratur 2 kali dalam sehari maka panas dalam yang Anda derita akan segera sembuh.
      Kacang hijau
      Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang dikenal memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dengan kandungan serat ini maka dapat berkhasiat meredakan panas dalam sekaligus melancarkan pencernaan. Selain itu dengan konsumsi kacang hijau juga dapat memperbaiki sistem imunitas dalam tubuh Anda. Cara mengobati panas dalam dengan kacang hijau yaitu dengan menyiapkan 2 genggam kacang hijau dan masukkan ke dalam 3 gelas air. Lalu rebus sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring untuk diambil airnya dan minumlah secara rutin air rebusan kacang hijau tersebut untuk menyembuhkan panas dalam.
      Cincau
      Cara mengobati panas dalam yang berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi cincau. Cincau merupakan bahan yang terbuat dari tumbuhan yang diolah secara alami yang biasa digunakan sebagai campuran minuman untuk menciptakan efek yang menyegarkan. Selain menyegarkan dan menghilangkan dahaga, konsumsi cincau ternyata juga dapat meredakan panas dalam. Cara mengkonsumsinya Anda dapat mencampurkan cincau ke dalam minuman seperti biasanya, tetapi tidak usah menggunakan es. Sebab dengan konsumsi es justru dapat memicu radang sehingga panas dalam yang Anda alami justru semakin parah.
      Kencur
      Kencur yang merupakan salah satu jenis bumbu dapur ini merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati panas dalam. Kandungan mineral alaminya dapat berkhasiat untuk menurunkan panas di dalam tubuh. Cara mengobati panas dalam menggunakan kencur yaitu siapkan 2 ruas kencur seukuran ibu jari, dicuci sampai bersih, dikupas, kemudian diparut. Setelah diparut lalu diperas untuk diambil airnya. Campurkan perasan air kencur tersebut ke dalam setengah gelas air hangat. Konsumsilah ramuan ini secara teratur 2 kali dalam sehari.
      Yogurt
      Yogurt merupakan susu yang sudah difermentasi dengan bantuan bakteri baik. Komsumsi yogurt sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya untu menjaga saluran pencernaan dengan menambah bakteri baik atau disebut sebagai probiotik sehingga dapat melawan bakteri jahat. Dengan minum yogurt juga berkhasiat untuk mengobati panas dalam.
      Blewah
      Blewah merupakan sejenis buah yang sering digunakan sebagai campuran minuman. Buah ini dikenal mempunyai khasiat untuk megobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain sebagai antihipertensi, blewah ternyata juga berkhasiat untuk meredakan panas dalam dan untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan serat. Cara mengobati panas dalam menggunakan blewah yaitu dengan menyiapkan buah blewah, belah menjadi dua bagian. Kemudian kerok bagian dalam/dagingnya dan campurkan ke dalam minuman, tambahkan madu atau gula secukupnya sebagai pemanis, lalu minum secara teratur untuk menyembuhkan panas dalam yang Anda alami.
      Stroberi
      Cara mengobati panas dalam juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah stroberi. Buah ini mempunyai kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh antara lain yaitu kalsium, magnesium, zat besi, asam folat, sodium, potasium, seng, beta karoten, vitamin A, B, dan C. Kandungan vitamin C dalam buah stroberi cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meredakan panas dalam.
      Semoga bermanfaat Ngobaser!
       
    • By infoduniakita
      Muka yang bersih mulus bebas dari masalah kulit pastilah sudah menjadi impian setiap wanita. Salah satu masalah kulit wajah yang tidak diinginkan adalah hadirnya komedo  yang membandel. Selain merusak penampilan, komedo dapat merangsang pertumbuhan jerawat!!..
      Penyebab komedo muncul adalah pori-pori kulit kita tersumbat oleh minyak (sebum), lapisan sel tanduk juga bakteri di permukaan kulit.
      Komedo bisa menjadi Parah, bila tangan kita sering mengorek komedo karena dapat meninggalkan bekas yag sulit dihilangkan!!
      Namun jangan khawatir, ada trik khusus agar wajah Kamu terhindar dari masalah komedo ini.Agar bagi wanita wajah selalu mulus,cantik  dan selalu tampak awet muda seperti yang didamba banyak orang.
      Berikut Cara menghilangkan komedo yang benar
      Pakailah kosmetik atau produk kecantikan seperti oil free, noncomedoenic, serta waterbase. Sehingga kulit tidak mudah tersumbat oleh minyak atau sebum.
      Rajin membersihkan wajar dua hari sekali,namun ingat!!! Jangan cuci muka secara berlebihan ya, karena akan membuat kandungan minyak wajah yang berfungsi sebagai pelembab alami akan hilang.
      Jangan pernah memencet hidung untuk menghilanglan komedo! ,Cara ini justru akan membuat kulit kemerahan dan meradang dan pori-pori pun akan bertambah besar.
      Masker wajah kamu dengan campuran putih telur dan madu yang telah dihangatkan. Tempelkan dengan kapas di bagian T wajah kamu hingga kering. Angkat perlahan dan bersihkan wajah kamu dengan air yang hangat. Komedo kamu akan tertempel pada permukaan kapas tanpa kamu sadari!!.
      Scrubbing:Sebelumnya lakukan steam dengan cara menguapi wajah dalam baskom berisi air hangat dan tutupi kepala dengan handuk lebar. Ini akan membuat pori-pori terbuka dan memudahkan proses scrubbing. Lalu, gosok secara perlahan daerah hidung dengan scrub wajah.
      Terakhir, bilas wajah dengan air bersih dan tutup kembali pori-pori dengan memakai toner. Lakukan perawatan ini maksimal tiga kali dalam seminggu.
      Facial dan Peeling wajah kamu secara teratur setiap dua minggu sekali. Dengan demikian, kotoran yang tersumbat di pori-pori akan terangkat secara maksimal. Dan penumpukan kulit yang mati akan ikut terangkat.
      Konsultasikan ke dokter atau dermatologis bila komedo kamu tetap membandel. Dengan demikian kamu akan mendapatkan penanganan yang lebih baik untuk masalah komedo kamu.
    • By abas

      Kebanyakan plastik dari gerai peritel mengklaim bahwa tas kreseknya dapat hancur sendiri.
      Tapi yang perlu diketahui adalah bahwa plastik tersebut hancur bukan secara biologis, karena plastik tersebut bersifat oxodegradable yang diberi zat aditif atau logam berat sehingga mudah teroksidasi alias hancur menjadi serpihan kecil.
      Apa dampaknya? 
      Serpihan plastik kecil yang dikenal dengan mikroplastik akan masuk ke dalam ekosistem perairan dan ikan akan bingung membedakan antara mana plankton dengan mikroplastik.
      Alhasil, rantai makanan pun berlangsung dan imbasnya kita yang makan ikan berplastik.
      Masihkah Anda mau protes terhadap kebijakan Kementrian KLH untuk menekan penggunaan kantong plastik?

    • By womanthings
      Wanita hebat ini melahirkan di alam terbuka, perjuangan banget yak ngeluarin bayi mungil dari perut.. monggo diliat video nya buat yang kuat 
       
    • By MariaAngeline
      Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun jika Anda ingin menggunakan jeruk nipis sebagai ramuan alami hilangkan minyak berlebih di wajah, pastikan juga bahwa kulit wajah Anda sedang tidak ada luka. Misalnya bekas jerawat yang pecah, tergores oleh kuku dan sebagainya. Sebab kandungan air jeruk nipis jika terkena kulit yang sensitive dan luka akan menimbulkan rasa pedih. Sedangkan cara menghilangkan minyak di wajah memakai jeruk nipis adalah potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Oleskan jeruk nipis di kulit wajah, biarkan beberapa menit sampai meresap ke pori-pori, setelah itu bersihkan dengan sabun muka menggunakan air hangat.  
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy