Jump to content
  1. Sam

    Sam

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Di masa yang serbadigital seperti ini, data adalah harta berharga yang perlu dijaga. Anda perlu memastikan bahwa ponsel yang dimiliki sudah terenkripsi agar data yang tersimpan di dalamnya aman. Sebab, ponsel adalah perangkat yang paling sering bersama Anda dan berpotensi menyimpan data paling pribadi.
      Enkripsi mungkin belum terlalu familier di telinga. Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
      Sementara iPhone sudah pasti dienkripsi oleh Apple, pengguna Android perlu mengenkripsi sendiri handset mereka. Tak serumit kedengarannya, Anda bisa mengenkripsi ponsel Android dengan lima langkah yang mudah.
      Untuk memulai, akses Settings > Security > Encryption > Screenlock. Atur Pilihan PIN dan masukkan PIN.
      Perangkat Android tersebut siap dienkrispi. Gunakan menu setting untuk membuka layar enkripsi, buka Settings > Security > Encryption > Encrypt Tablet atau Encrypt Phone. Masukkan password PIN yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan PIN yang pendek untuk mengurangi waktu mengenkripsi perangkat. Semakin panjang dan acak password meski demikian membuat data menjadi lebih aman.
      Tancapkan perangkat Android Anda pada charger, jika tidak dia tidak akan mau mengenkripsi. Ketuk tombol enkripsi. PIN atau password dibutuhkan untuk langkah terakhir mengenkripsi. Sentuh tombol Encrypt Phone. Enkripsi akan berlangsung bergantung pada panjangnya password atau PIN. Setelah ponsel terenkripsi, handset Android akan selalu membutuhkan PIN atau password untuk memulai. Namun sebagai catatan, perangkat Android seperti Galaxy S4 dengan mudah bisa didekripsi, sementara Moto X perlu reset pabrik untuk menghilangkan enkripsi.
    • By c0d1ng
      Pengguna internet di pantai timur Amerika merasakan lambannya akses ke beberapa situs populer akibat serangan yang disebut distributed denial of service (DDOS). Demikian dikatakan penyedia layanan Dyn, perusahaan pengelola kinerja Internet.
      Dalam pernyataannya, Dyn mengatakan, "Pagi ini, 21 Oktober, Dyn mendapat serangan global DDoS terhadap infrastruktur DNS yang kami kelola di pantai timur Amerika."
      Situs-situs web yang terganggu mencakup Twitter, SoundCloud, Spotify, Airbnb dan Reddit. Pengguna di Eropa dan Asia tampaknya tidak terganggu masalah itu.
      Ketika menyerang, DDoS membanjiri sistem sasaran, menyedot semua bandwidth, sehingga pengguna biasa tidak bisa terhubung atau tersambung dengan kecepatan yang sangat lambat. Serangan itu biasanya disebabkan sistem yang terganggu.
      Menurut Dyn, masalah itu dimulai Jumat pagi waktu bagian timur Amerika. 
    • By c0d1ng
      Seorang hacker kini bukan lagi sosok yang ditakuti. Bahkan kemampuan seorang hacker merupakan talenta yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan teknologi. Dan bagi seorang hacker, mencari uang dengan cara halal pun bisa dilakukan dengan cara yang tak terlalu sulit. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Herdian Nurgraha, seorang hacker yang berhasil membobol sistem keamanan Bukalapak, Tokopedia dan Sribu.

      Berkat kemampuannya dalam membobol sistem keamanan tiga startup terkemuka di Indonesia itu, Herdian malah mendapatkan uang yang tidak sedikit. Total, seperti dikutip dari Kompas Tekno, Herdian mendapatkan uang senilai 25 juta rupiah. Uang tersebut, masing-masing diperoleh dari Tokopedia sebesar 10 juta dan Bukalapak 15 juta rupiah. Sedangkan Sribu hanya memberikan ucapan terima kasih.
      Uang tersebut pun diberikan sebagai bentuk rasa terima kasih kedua startup karena Herdian berhasil menemukan celah keamanan pada situs keduanya. Terlebih Herdian melakukan proses peretasan dengan tujuan yang positif. Bukan untuk merusak, tapi dilakukan untuk mendokumentasikan celah keamanan yang ada.
      Dalam temuannya, Herdian mengungkapkan kalau seorang hacker akan bisa membobol tiga situs tersebut dengan memanfaatkan fitur upload gambar. Celah ini bisa dimanfaatkan oleh para hacker karena terdapat alat pemrosesan gambar yang disebut ImageMagick. Dengan adanya celah ini, seorang hacker pun bisa memperoleh akses penuh ke server sehingga dapat dengan mudah mencuri data penting yang tersimpan di dalamnya.
      Pihak Tokopedia dan Bukalapak pun mengakui telah memberikan hadiah uang kepada Herdian. CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengungkapkan kalau pemberian uang kepada Herdian adalah hal yang cukup lumrah. Bahkan Facebook pun melakukan hal serupa, terutama untuk mereka yang berhasil menemukan bug celah keamanan pada situsnya.
    • By Supraman
      Ini mungkin menjadi salah satu pembobolan informasi pribadi di internet dengan jumlah terbilang besar. Tahun lalu, tanpa banyak diketahui hacker berhasil mencuri 57 informasi pribadi dan dijual ke dark web.
      Data yang dicuri berada di rentang antara tahun 2012 hingga 2015, termasuk nama pengguna, alamat email, dan password. Banyak nomor ponsel dan nama pengguna Facebook juga dalam cache, ikut terseret dan tercuri.
      Banyak dari alamat email dalam database bocor berhubungan dengan perusahaan-perusahaan besar, seperti Apple, Twitter, dan Google, serta departemen dan lembaga dari negara barat.
      Seorang hacker gray-hat, dengan nama Peace, memperoleh salinan data yang dicuri dari hacker Rusia, dan memberikan sejumlah file yang berisi data yang dilanggar kepada situs teknologi ZDNet.
      Seorang ahli keamanan Troy Hunt, ikut membantu menganalisis dan memverifikasi data. Dalam analisisnya ditemukan lebih dari 52,5 juta email yang unik dalam cache, menunjukkan sebagian besar data belum bocor sebelumnya.
      Peace mengatakan dalam sebuah obrolan terenkripsi bahwa data itu dicuri dari sebuah situs kencan terkenal, Zoosk, yang memiliki lebih dari 33 juta pengguna.
      Dia menduga kerentanan ini akibat eksploitasi dari browser usang yang jarang di-update, namun sang hacker menolak untuk memberikan rincian spesifik. 
      Peace kemudian mengatakan sekitar 4,6 gigabyte yang dijual di dark web dengan harga 0,8 Bitcoins, atau satera US$ 400 per download.
      Meskipun sebagian kecil dari alamat email dalam sampel cocok dengan akun Zoosk, si juru bicara mengatakan bahwa ini adalah kemungkinan disebabkan menggunakan email yang sama di situs yang berbeda, yang banyak dilakukan.
      Rasmus Poulsen, yang alamat emailnya termasuk yang dicuri, mengaku tidak terkejut. Dan dia sedang dalam proses untuk mengganti semua password agar dampaknya tak terlalu signifikan.
      Seperti orang lain, ia menggunakan alamat email yang sama untuk berbagai layanan, termasuk Badoo, katanya.
      Badoo, yang berkantor pusat di London, Inggris berdiri sebagai salah satu situs kencan terbesar di dunia dengan lebih dari 300 juta pengguna yang mendaftar.
      Seorang juru bicara untuk Badoo membantah bahwa sistemnya telah diretas.
      "Badoo belum terkena hack. Kami memantau keamanan kami terus-menerus dan mengambil tindakan ekstrim untuk melindungi basis pengguna kami. Kami dibuat sadar dugaan pelanggaran data, yang setelah penyelidikan menyeluruh ke dalam sistem kami , kita bisa memastikan tidak terjadi, "kata juru bicara.
      Menurut analisis data Hunt, ada sekitar 88.000 email yang berisi "badoo.com." Ketika ZDnet memeriksa lebih lanjut, banyak dari tampaknya akun perusahaan internal yang digunakan untuk tujuan pengujian. Banyak account tersebut memiliki password yang sama atau serupa.
      Dalam sebuah email, pendiri Badoo Andrey Andreev membenarkan adanya sekitar 19.000 akun email tes di database dicuri. Dia mengatakan perusahaan akan "menggunakan ini [account] untuk menguji produk pesaing kami 'juga."
      Tidak ada yang mengklaim data bocor sebagai milik mereka, namun hampir sebagian besar sepertinya mengaku tidak masalah.
      Sekarang bahwa jutaan username dan password yang duduk di pasar web gelap, dan siap untuk dibeli dengan harga termasuk murah.
    • By manuvoping
      Hacker yang diminta Facebook untuk menguji keamanan mereka terkejut ketika melihat server Facebook sudah lebih dulu diretas. 
      Perusahaan Internet seperti Facebook, Google, Microsoft dan lainnya memang sering membuat program untuk mencari celah di sistem mereka. Program ini terbuka bagi semua pengguna yang memiliki kemampuan menganalisis sistem keamanan Internet.
      Penguji bernama Orange Tsai, asal Taiwan, baru saja mendapat US$ 10.000 dari Facebook lantaran telah menemukan cara bagaimana meretas sistem mereka.
      Orange Tsai seperti peretas lainnya. Ia menganalisa berbagai komponen Facebook agar bisa masuk ke dalam sistem mereka, dan akhirnya ia menemukan jalan dengan meretas server milik staff Facebook.
      Namun betapa terkejutnya ia ketika mengetahui bahwa sistem itu telah lebih dulu diretas. Pelakunya tidak diketahui, namun ia meninggalkan jejak berserta kode yang dapat mengeksplotasi data penting milik karyawan Facebook.
      "Hacker tersebut membuat proxy di halaman utama untuk mencatat semua data penting penting karyawan Facebook. Password ini disimpan di bawah web directory agar hacker mudah mengambilnya melalui perintah WGET," tulis Orange Tsai, pada blog resminya. 
      Namun hal ini dibantah oleh Facebook. Memang, media sosial itu mengakui bahwa sistemnya telah diretas, tapi itu dilakukan oleh hacker yang juga mengikuti lombah, seperti Orange Tsai.
      "Kami telah menutup cela yang ditemukan Orange Tsai, celah yang dibuat peretas lain yang ikut dalam program ini. Tak satu pun dari mereka yang berhasil mengakses bagian lain dari infrastruktur kami," kata Reginaldo Silva, Facebook security engineer. 
      Atas temuan itu, Orange Tsai tidak hanya diberikan uang oleh Facebook, namun namanya juga masuk dalam daftar atas para penemu bug di laman Facebook.

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy