Jump to content
Fourcoms

Kelebihan dan kekurangan Windows Vista

Recommended Posts

Kelebihan dan Kekurangan Windows Vista

 
Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan kelebihan dan kekurangan Windows XP, dan kali ini saya akan menyampaikan kelebihan dan kekurangan Windows Vista/ Keunggulan dan Kelemahan Windows Vista.
Windows+Vista.jpg

Windows Vista merupakan sistem operasi dari Microsoft yang berbasis grafis, yang dipakai pada komputer pribadi (PC), pada laptop, baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, maupun media center. Pada 22 Juli 2005, sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista, sistem operasi windows vista ini lebih dikenal dengan nama codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada). Microsoft meluncurkan Windows Vista untuk pengguna bisnis pada tanggal 8 November 2006, dan untuk pengguna rumahan pada tanggal 30 Januari 2007. Peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun dengan peluncuran Windows XP yaitu pada tanggal 25 Oktober 2001.

Kelebihan/ Keunggulan Windows Vista:

Security

1. Ketika layanan jaringan berfungsi, sistem tidak dapat diakses dari luar, karena Windows Vista secara otomatis dapat mengaktifkan Firewall terintegrasinya.

2. Ketika Melakukan browsing diinternet Proteksi security Windows Vista lebih aman, karena Windows Vista menggunakan Konsep SDL (Secure Development Lifecyle) yang menginformasi Virus Aktif baik itu yang sering menyusup seperti virus dan worm tidak melalui Security Centre melainkan lewat Windows Monitor dengan jalur interface yang lebih aman, sehingga penyebabnya pun terdeteksi.

3. Membuat data tersimpan aman dan Resiko kehilangan data lebih kecil karena Chace mode yang lebih baik untuk removable strorage ( seperti pada flash disk ) 

4. Bisa mengenkripsi drive dan partisi lain serta dapat dikunci dengan Multi Factor Authen Tification dengan menggunakan TPM Module ( PIN ) dan UFD.

5. Pengguna harus menyimpan Password Hint pada saat instalasi. Jika tidak maka windows tidak berjalan.

6. Windows Vista dilengkapi Digital Signature dalam Remote Administration ,sehingga saat melakukan Akses Remote sangat aman.

Stabilitas

1. Windows Vista bisa menampilkan preview setiap type file.

2. Dalam pencarian data Windows Vista lebih cepat meskipun dalam struktur susunan yang kompleks dengan Aplikasi pencarian Cepat. (aplikasi yang dikembangkan oleh apple tahun 2005 yang disebut spotlight).

3. Dengan menggunakan sistem file exFAT vista dapat membaca media.

4. Dengan menggunakan tekhnologi SD ADMA ( Advanced DMA ), Vista mampu membaca SD Card.

5. Sharing data dapat dilakukan dengan cepat pada di area jaringan.

6. Windows Vista mampu meakukan transfer data dari hardisk hingga 25MB/Second.

7. Dalam proses menampilkan File Visual Windows Vista sangat cepat.

8. Dalam proses extarct file dari ZIP ataupun WINRAR, Pada Windows Vista sangat cepat.

9. Windows Vista mampu mendeteksi suatu type jaringan untuk dipilih lalu diaktifkan.

10. Bisa melakukan emulator dari FAT 64 ke FAT 32.

11. Terdapat SRT (Starup Repair Tool) pada windows vista sehingga dengan SRT ini mamput merestore file-file sistem tanpa harus instal ulang.

Keistimewaan Windows Vista:

1. Windows Vista, Secara visual lebih unggul daripada Sistem Operasi lain karena diperkaya tampilan 3D, Air Bruss, dll.

2. Tools yang ditampilkan pada windows visata kaya dengan icon.

3. Windows Vista lebih bergengsi dengan tampilan yang sesuai dengan life syle psikologis kehidupan jaman sekarang (Funky – Trendy – Gaul).

Kekurangan/ Kelemahan Windows Vista:

1. Pengguna dibuat bingung. Dari awal, pengguna mengeluh mengenai banyaknya versi Vista yang dijual. Siapa yang memerlukan semua varian ini? Yang diperlukan hanyalah satu versi sederhana (Home) dan satu versi yang memiliki semua fitur (Pro). Kebingungan ini tampaknya terjadi disebabkan oleh tidak ada karyawan Microsoft yang mengerti mengenai strategi pemasaran.

2. Menyita banyak ruang memori PC pemakai karena ukuran source code terlalu besar

3. Terlalu besarnya ukuran Source Code, sehingga mengakibatkan Kinerja Windows Vista menjadi Lambat.

4. Komponen – komponen yang hilang. WinFS, filesystem yang dijanjikan dan salah satu pilar utama Vista tidak datang dengan Vista. Pengembangan filesystem ini dimulai di tahun 1991, dan sampai saat ini masih belum terselesaikan. Mengapa?

5. Batrai laptop menjadi lebih boros. Permasalahan itu seharusnya diperbaiki dengan source code terpisah dan hybrid hard disk (HHD). Namuun hingga saat ini pengguna masih harus menggunakan SSD yang harganya sangat mahal.

7. Banyak komputer dijual dengan stiker “Windows Vista Capable†yang ternyata tidak mampu mengoperasikan Vista. Kampanye “Windows Vista Capable†Microsoft adalah sebuah kegagalan marketing yang besar. 

8. Tampilan tidak begitu membanggakan karena hanya ada sedikit perubahan tampilan sehingga tidak nampak “wah†untuk seukuran New Produk dari sebuah perusahaan besar seperti Microsoft.

9. Minimnya driver, semua driver Windows yang ada di XP tidak bisa kompatibel dengan Vista. 

10. Pemasaran Windows vista yang tanggung Microsoft tidak banyak memasarkan Vista. Walaupun terdapat beberapa poster dan iklan TV untuk pemasaran Windows Vista, namun tidak dapat dibandingkan dengan peluncuran beberapa versi sebelumnya, di mana mereka berhasil mendapatkan perhatian orang di seluruh dunia.

11. Banyaknya laporan yang mengatakan bahwa pengguna kembali menggunakan windows xp setelah mencoba windows vista, hal ini membuat Vista tampak lebih buruk lagi. 

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By vyrous
      Microsoft mengonfirmasi bahwa pembaruan besar Anniversary Update bakal diumumkan pekan depan. Namun, tidak untuk update Windows 10 yang dikatakan bergulir tahun ini alias ditunda.
      Informasi tersebut diketahui melalui postingan perusahaan yang mengungkapkan, pembaruan Windows 10 akan mendarat tahun depan atau 2017.
      Berdasarkan laporan organisasi OS Windows 10 akan menjadi fitur update terakhir di 2016.
      "Kami akan menyajikan dua pembaruan fitur tambahan terbaru pada sistem pengoperasian Windows 10, dan berharap semuanya akan selesai pada 2017," ungkapnya.
      Penundaan itu lantaran perusahaan sedang fokus pengerjaan instruktur ilmu dasar dari arsitektur OS, sehingga terlambat untuk merilis pembaruan fitur baru. Pengerjaan Windows 10 pun tengah berlangsung, dan fokus utama Microsoft adalah update periodik untuk OS desktop dan Windows sebagai layanannya.
    • By womanthings
      Isu keamanan merupakan hal paling umum dirasakan pengguna windows. Sebagai salah satu OS komputer dengan pengguna terbanyak di dunia, tak heran apabila banyak sekali virus yang berusaha menjangkiti OS yang satu ini. Mulai dari virus ringan hingga virus yang mampu me-remove file komputer secara tiba-tiba.
      Bukannya mudah menemukan yang pas, banyak pengguna OS windows malah bingung dan asal pasang aplikasi antivirus. Untuk mempermudah anda berburu antivirus, berikut ini 10 Antivirus gratis untuk windows:
      1. 360 Total Security 8.6.0.1140
      360 Total Security memiliki kemampuan optimal menghadapi virus baru. Khususnya, untuk menghadapi berbagai virus yang bertebaran ketika anda berselancar di dunia maya. Apabila menemukan sesuatu yang aneh, maka antivirus ini akan memberitahukannya kepada anda.
      2. McAfee Stinger 12.1.0.2044
      Antivirus ini memiliki kemampuan menghapus dan membersihkan virus yang telah menginfeksi PC. Guna mendeteksi virus dan malware, maka setidaknya antivirus ini harus selalu di-update. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 dan 64.
      3. AxCrypt 2.1.1403.0
      AxCrypt merupakan aplikasi enkripsi. Alhasil, anda akan disuguhkan fitur kemanan maksimal terhadap file folder anda. Aplikasi ini terkoneksi dengan file explorer komputer sehingga secara otomatis mampu meng-enkripsi, mengompres, melihat deskripsi, wipingm dan memberikan password pada folder penting. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 bit dan 64 bit.
      4. Smadav 2016 Rev.10.8.2
      Antivirus buatan tanah air ini memiliki fitur yang pas guna menghadapi virus lokal. Khusus untuk versi yang satu ini, anda tidak perlu menginstal SmadaV ini di komputer. Cukup masukkan ke dalam flashdisk, lalu instal versi portable aplikasi ini.
      Keunggulan antivirus ini, yaitu mampu mencegahan dan atau membersihkan file dari virus (Locky, Teslacrypt, dll.). Antivirus ini pun memiliki fitur otomatis untuk mengembalikan file tersembunyi di flashdisk.
      Selain itu, antivirus yang identik dengan warna hijau ini, fitur keamanan saat browsing Internet, pembersihan virus Facebook Share, VBS-Houdini, BundpilAutoit, dll pun siap di-eksekusi.
      5. Avast! Free Antivirus 12.1.2272
      Sebagai salah satu antivirus non-komersial, Avast merupakan aplikasi antivirus terbaik.Avast banyak digunakan oleh pengguna pc di Eropa, Avast memiliki keunggulan sebagai antivirus Anti-spyware built-in, web Shield & Resident protection, Anti-rootkit built-in. Selain itu, aplikasi ini pun memudahkan setiap pengguna dengan fitur Otomatis Update bila terhubung di internet.
      6. Windows Firewall Control 4.8.0.0
      Aplikasi ini memiliki kemampuan memaksimalkan fungsi firewall bawaan windows. Menggunakan antivirus ini, memungkinkan pengguna mengontrol firewall.
      Navigasi yang sederhana membuat setiap pengguna mudah dan cepat mengontrol pengaturan firewall komputer. Beberapa pengaturan yang tersedia, yaitu High Filtering, Medium Filtering, hingga No Filtering. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.
      7. Kaspersky Virus Removal Tool 15.0.19.0
      Antivirus ini memiliki fungsi untuk mengatasi file yang sudah terinfeksi, menghapus virus, Trojan, spyware, serta berbagai jenis malware lainnya. Memiliki algoritma tertentu, sehingga mampu menghapus virus kompleks dan majemuk. Download di sini.
      8. Panda Free Anti Virus 16.1.3
      Merupakan antivirus ringan dengan tugas melindungi komputer dari virus, malware dan sebagainya. Panda antivirus selalu update terhadap jenis antivirus terbaru. Sehingga, mampu berhadapan dan berperang dengan antivirus terbaru.
      Selain itu, penggunaan teknologi Cloud menjadikan aplikasi ini tidak membebani resource komputer, serta perlindungan yang kuat secara real time. Download di sini.
      9. Comodo Internet Security 8.4.0.5068
      Aplikasi antivirus premium ini bertugas melindungi komputer anda dari ancaman saat berselancar di internet. Berbagai serangan yang mampu ditahan oleh aplikasi ini, seperti virus, spyware, rootkit, bot, serta jenis-jenis serangan lainnya. Selain itu, software yang ssatu pun memiliki fitur menghilangkan ncaman yang ditemukan. Download di sini.
      Apabila anda menggunakan versi premium, maka anda dapat menikmati fitur untuk memantauan dan memindaian file, pemindai Email, karantina virus, menikmati sandbox teknologi, hingga mendapatkan perlindungan ganda (antivirus dan firewall).
      10. AVG Anti-Virus 16.81.7640
      AVG Free Edition merupakan antivirus rekomendasi untuk mengamankan komputer dari ancaman antivirus dan antispyware. Selain itu, fitur penangana virus yang efisien sehingga mampu menghemat penggunaan ram & CPU komputer.
      Selain itu, antivirus yang satu ini mampu mengupdate dirinya sendiri ketika komputer terkoneksi dengan internet. Tersedia dua versi, 86 bit dan 64 bit.
    • By rudi_baskara_tri
      Kebijakan Windows yang memberlakukan otomatisupdate Windows 10 dikeluhkan penguna di China. Seorang pekerja di China mengaku alami kerugian 3 Juta Yuan atau lebih dari Rp6,205 miliar (kurs 1 Yuan = Rp2.068).
      Yang Shuo, seorang pekerja di sebuah perusahaan public relations yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada kantor berita setempat, Xinhua, bahwa update tersebut menganggu penyusunan rencana bisnis dan menyebabkan pembatalan pertemuan untuk kesepakatan senilai 3 juta yuan.
      "Hanya karena saya tidak melihat pengingat pop-up tidak berarti saya setuju," kata Yang seperti dikutip Reuters, Minggu (29/5/2016).
      Tulisan kritis terhadap Microsoft di situs microblog Weibo upgrade Windows 10 Upgrade dilakukan penasihat hukum setempat.
      "Perusahaan telah menyalahgunakan posisi pasar yang dominan dan merusak tatanan pasar untuk fair play," tulis Zhao Zhanling, penasihat hukum dengan Internet Society of China.
      Dia menjelaskan, pengguna atau organisasi perlindungan konsumen memiliki hak untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan seperti Microsoft yang tidak menghormati hak pengguna untuk mengetahui dan memilih, dan akhirnya perusahaan dapat keuntungan dari upgrade yang tidak diinginkan.
      Dalam sebuah pernyataan, Microsoft membantu pelanggan menjadwalkan pembaruan perangkat lunak yang sebelumnya diberi label "opsional" namun sekarang "direkomendasikan" sehingga pengguna tidak memiliki pilihan apakah membatalkan atau menjadwal ulang.
      Tahun lalu, Microsoft mengatakan akan menawarkan upgrade gratis Windows 10 untuk semua pengguna Windows, terlepas dari apakah mereka menjalankan salinan asli atau tidak.
      Langkah ini dipandang sebagai strategi agresif Microsoft untuk mengatasi pembajakan merajalela di pasar komputasi China. Microsoft telah mencoba untuk meningkatkan bisnisnya di China, di mana penyelidikan anti-trust ke perusahaan atas sistem operasi Windows diluncurkan pada 2014.
      Windows pop-up meng-upgrade windows tidak menawarkan "penurunan" pilihan, hanya pilihan untuk meng-upgrade kemudian, sementara komputer dengan versi Windows secara otomatis akan memulai pembaruan pada waktu dianjurkan jika pengguna mengabaikan pop-up.
    • By Supraman
      Tak cukup hanya menyediakan WhatsApp Web yang bisa diakses melalui browser, kini aplikasi pesan instan tersebut tersedia di komputer dalam bentuk aplikasi.

      Hal ini sebenarnya sudah terendus beberapa waktu lalu. Saat itu akun Twitter WABetaInfo memposting beberapa screenshot yang menunjukkan bahwa kerangka website resmi WhatsApp memiliki tombol "Download for Mac OS X" dan "Download for Windows".
      Kini aplikasi tersebut sudah dirilis, dan tersedia untuk Windows 8 ke atas serta Mac OS 10.9 atau yang terbaru.
      "Hari ini kami memperkenalkan aplikasi desktop yang memberikan cara baru untuk selalu terhubung di mana saja dan kapan saja," tulis pernyataan WhatsApp.
      Aplikasi WhatsApp pada desktop sendiri tak berbeda jauh dengan WhatsApp versi Web, yakni hanya menjadi ekstensi akun pokok WhatsApp yang ada di ponsel. Menampilkan semua percakapan, dan pesan yang ada di ponsel.
      Namun karena ini sudah berbentuk aplikasi, maka sistem notifikasinya akan lebih baik. Begitu juga dengan gaya mengetik yang sudah mendukung seluruh shortcut pada keyboard.
      Untuk mendapatkan aplikasi tersebut pengguna hanya perlu merujuk kehttps://www.whatsapp.com/download melalui browser, lalu pindai kode QR yang ditampilkan menggunakan ponsel. Setelah itu WhatsApp untuk desktop sudah bisa langsung dipakai.
       
    • By c0d1ng
      Kabar menggembirakan bagi Anda pengguna komputer desktop Windows 10 dan perangkat Android, karena Microsoft berencana untuk menghadirkan notifikasi dari perangkat Android Anda langsung ke komputer atau laptop yang sudah menjalankan Windows 10. Ini merupakan fitur yang menghubungkan PC dan perangkat mobile secara langsung.

      Jika hal ini benar-benar terjadi, maka pengguna perangkat Android dapat melihat pemberitahuan di ponsel sambil menggunakan PC mereka. Ini hampir sama dengan cara kerja notifikasi pada perangkat wearable, seperti smartwatch.
      Dalam sebuah acara Microsoft Build kemarin, pihak Microsoft berbicara dengan menjelaskan bagaimana prosedur fitur ini akan berjalan. Nantinya pemberitahuan seperti panggilan tidak terjawab, pesan masuk, pemberitahuan lainnya dari ponsel Android akan muncul pada PC Windows 10. Pengguna juga dapat langsung membalas jika notifikasi tersebut berupa pesan atau sebagainya.
      Agar fitur tersebut dapat berjalan, Microsoft memanfaatkan asisten virtual buatan bereka Cortana agar dapat mengaktifkan fitur ini. Hal ini dimungkinkan karena Cortana merupakan asisten virtual yang cerdas. Cara kerjanya, pertama Cortana akan membangun sebuah pusat pemberitahuan di PC Anda. Fitur ini pun juga dapat dimatikan oleh pengguna jika dirasa tidak perlu.
      Sayangnya belum diketahui, kapan fitur ini dapat digunakan juga oleh perangkat yang menjalankan iOS. Namun jika platform Android mendapatkan fitur ini, besar kemungkinan platform iOS juga segera mendapatkan fitur yang sama. Selain itu, Microsoft juga belum memberikan keterangan resmi kapan fitur tersebut dapat dinikmati, namun diperkirakan dalam waktu dekat ini.
  • Recent Status Updates

    • qbonk

      Hai ngobaser, gede yaaa hahaha
      viral.pisan_20191207_1.mp4
      · 1 reply
    • PusatInformasi

      Hi semuanya, gimana kabarnya?
      · 1 reply
    • keenion

      Hai jendral
      · 0 replies
    • Sam

      Jangan pernah down sama masalah hidupmu, gue sendiri ketika ada masalah emang susah melihat kebawah. Tapi ketika gue liat ini, ternyata masalah gue gak besar sebenernya, masih ada yang lebih besar masalahnya dari gue. 

      · 3 replies
    • Forzaken_DT

      Modus operandi baru di resepsi pernikahan... Hati2 waspada
      Muncul orang necis berbusana rapi sungguh baik hati menemui....
      Namun
      Waspada Modus Penipuan dilakukan ditempat resepsi Pernikahan
      Seorang menampilkan diri simpatik tutur katanya.
      Meyakinkan layaknya Panitia namun sebenarnya mereka Panitia Gadungan/Palsu.
      Modus
      Sang Panitia Palsu masuk ruangan dan berbisik dg seorang tamu meminjam Kunci Motor/Mobil utk di geser.
      Dipindahkan krn ada mobil mau keluar, dan akhirnya diberikan tanpa curiga.
      Sebenarnya mereka sudah mengawasi tamu yang datang dan memarkir kendaraannya.
      Akibatnya
      Ditunggu lama kunci tak dikembalikan, keluarlah dari gedung pemilik kunci tsb.
      Setelah dicek mobil sudah tidak ada ditempat
      Ternyata
      Panitia Palsu tadi yg minta kunci sdh lenyap dengan membawa mobilnya.
      Waspadalah,
      Modus inipun berlaku jg utk kendaraan roda 2..
      Oleh karena itu
      Lebih Amannya
      Pindahkanlah sendiri Motor/Mobil anda, jika diberitau orang.
      Jangan lugu terlalu percaya dgn menyerahkan kunci kepada orang yg tidak anda kenal.
      Cerita pengalaman dari org yg pernah mengalami.... semoga bermanfaat siapapun menjadi waspada.
      · 0 replies
  • Forum Statistics

    • Total Topics
      74,595
    • Total Posts
      81,928

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy