Jump to content
  • Our picks

    • Adik Personel One Direction Meninggal Dunia di Usia 18 Tahun
      Kabar duka datang dari keluarga salah satu personel One Direction, Louis Tomlinson. Adiknya, yang bernama Felicite Tomlinson dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (13/3/2019) karena serangan jantung.
      • 0 balasan baru
    • Ahmad Sahroni Bocorkan Rumus Kaya Seketika
      Ada kisah menggetarkan hati dari sosok yang tak asing di mata publik.

      Ahmad Sahroni, politisi Partai Nasdem yang kini duduk di kursi DPR RI blak-blakan tentang masa lalunya.

      Siapa sangka Ahmad Sahroni memiliki pengalaman kelam, yang tak pernah terlupakan.

      Ia mencurahkan pengakuannya di depan Hotman Paris, dalam program televisi Hotman Paris Show.
      • 1 balasan baru
    • Banjir Hadiah! Cover Lagu Ricky Kevin Berapa Banyak Cinta
      Jakarta -  Ricky Kevin, penyanyi berbakat asal kota Bandung ini kembali meramaikan blantika musik Indonesia. Single baru bertajuk “Berapa Banyak Cinta” ini resmi dirilis pada 16 Oktober 2018, ciptaan Bemby Moor. Dibawah naungan manajemen CKH Entertainment, bekerja sama dengan lebih dari 50 radio di seluruh Indonesia melakukan pemutaran serentak untuk single yang easy-listening ini.
      • 3 balasan baru
    • Kanker Darah Ani Yudhoyono yang Cukup Agresif
      Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap kondisi ibundanya,Ani Yudhoyono, yang kini dirawat di National University Hospital, Singapura. Penyakit kanker darah yang diidap Ani Yudhoyono disebut bersifat agresif.

      AHY mengatakan kondisi Ani Yudhoyono mulai menurun setelah mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung di Aceh. Mulanya, keluarga mengira Ani Yudhoyono kelelahan, tapi pemeriksaan medis berkata lain. 
      • 3 balasan baru
    • Apple Mulai Kehilangan Mahkota Triliun Dolar AS
      Apple kehilangan statusnya sebagai perusahaan triliun dollar setelah Wall Street melihat bahwa pembuat iPhone itu mengalami kehilangan USD190 miliar atau lebih dari Rp2.818 triliun.
      • 0 balasan baru
BincangEdukasi

Ciri-ciri Globalisasi secara singkat

Recommended Posts

Sebelum saya memaparkan ciri-ciri globalisasi saya akan memberitahukan tentang pengertian dari globalisasi yaitu sebagai berikut:

Globalisasi adalah suatu proses antara individu, antara kelompok, dan antra negara saling berinteraksi bergantung, terkait, serta mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.

Akses-Informasi-Terbuka-Dampak-Positif-dan-Negatif-Globalisasi.thumb.jpg.f5b26137e1cf6e2a3f1786dc12220e3d.jpg

Nah setelah kalian mengetahui tentang pengertian dari globalisasi kita akan ke intinya yaitu ciri-ciri globalisasi sebagai berikut:

  1. Di era global,dapat terjadi perubahan yang sangat cepat di berbgai bidang dan melingkupi wilayah yang sangat luas(tidak terbatas).kedua kedua seperti ini akan memungkinkan adanya berbagai pengaruh yang masuk dari masyarakat atau bangsa lain dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Negara maju memegang peran yang cukup besar dalam penyebaran informasi serta mempengaruhi negara-negara berkembang dan terbelakang. Oleh karenanya,dibutuhkan penyeleksi/filter yang terdapat menyaingi setiap pengaruh yang masuk agar tidak dapat memengaruhi ke pribadian bangsa atau negara.
  2. Derasnya arus informasi dan komunikasi,seiring dengan adanya perkembangan zaman teknologi,informasi,dan komunikasi di era global seperti sekarang ini dengan memiliki daya tarik tertinggi seperti banyaknya yang menggunakan handphone akan selalu menjadi sasaran para para perubahan pada situasi global ini.
  3. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda,dengan adanya perdagangan internasional yang menjadi saling bergantung pada peningktan pengaruh ekspor dan impor suatu perusaan multi nasional dan dominasi organisasi WTO(World Trade Organization).
  4. Perubahan ruang dan waktu. Perkembangan berbagai barang-barang yang canggih seperti handphone, televisi ,satelit dan internet dapat menunjukan bahwa komunikasi dapat terjadi secara mengglobal sedemikian cepatnya,dan dengan melalui pergerakan massa semacan turisme bahwa kita akan merasakan adanya perbedaan yang budayanya antar sesama.
  5. Bentuk peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa, yaitu bisa melalui televisi, transmisi berita, film ,musik dan olahraga internasional. Saat ini kita bisa mengalami gagasan pengalaman yang baru mengenai hal-hal dengan adanya berbagai ragam budaya, seperti ada di dalam hal berpakain teratur dan makanan.
  6. Globalisasi mengakibatkan peningkatan masalah bersama seperti dalam bidang lingkungan hidup kita harus sebisa-bisanya merawat dan harus mencegah terjadinya berbagai masalah yang terjadi di lingkungan kritis, multi nasional, dan inflansi regional.

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Balas topik ini...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Konten yang sama

    • Oleh c0d1ng
      Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom. Sekat-sekat informasi dengan sendirinya menghilang oleh inisiatif kuat individu yang ingin mengetahui lebih jauh apa yang terjadi sekitarnya. Setiap orang memiliki akses terhadap sumber informasi dimanapun di dunia ini. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap hal yang berkembang.
       
      Perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kegiatan komunikasi yang sebelumnya menuntut peralatan yang begitu rumit, kini relatif sudah digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja alat teknologi telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
       
      Bagi masyarakat sekarang, teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu religion. Pengembangannya dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja hal tersebut sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Selain itu, hal tersebut juga diyakini akan memberi umat manusia kebahagiaan dan immortalitas. Sumbangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri.
       
      Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu.
       
      Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Suatu kemajuan yang tentunya akan memberikan dampak bagi peradaban hidup pelajar. Tidak dapat dipungkiri, kini kita telah menjadi “budak” dari peradaban teknologi informasi itu sendiri. Bagaiman tidak, banyaknya pelajar yang sekaligus berperan sebagai pengguna teknologi informasi dan komunikasi, membuktikan bahwa kehidupan yang mereka lakoni tak pernah lepas dari peran teknologi informasi.
       
      Menghadapi keadaan seperti ini, kita sebagai pelajar perlu diarahkan pada sikap “sadar teknologi” atau “melek teknologi”. Kemajuan yang sering diartikan sebagai modernisasi, menjanjikan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan, meningkatkan kesejahteraan material melalui teknologi dan meningkatkan efektivitas kemampuan pelajar melalui penerapan organisasi yang berdasarkan pertimbangan kesadaran. Karena dengan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi pula, manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan.
       
      Di satu sisi, teknologi memiliki keuntungan bagi orang yang menggunakannya. Misalkan saja dalam hal berbagi informasi, para pelajar dapat mengakses informasi dunia dengan cepat dan mudah, sehingga mereka dapat menyadari bahwa dunia seakan berada di genggaman mereka. Suatu akses yang tentunya akan memperkaya para pelajar dengan segudang informasi yang dapat memacu motivasi mereka untuk meningkatkan kreativitasnya, khususnya dalam bidang informatika.
       
      Bukan hanya itu, teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki andil yang besar dalam hal sarana pembelajaran. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah merasuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan. Suatu hal yang tentunya menjadi gebrakan di dunia pendidikan dalam ajang peningkatan potensi pelajar. Selain itu gelombang kemajuan dan perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan telah membawa perubahan pada kehidupan dan gaya hidup pelajar yang lebih dinamis. Dengan adanya hal tersebut, maka pelajar senantiasa menghidupkan dan menyalurkan semangat untuk mengeksplorasi ilmu yang belum diketahui.
       
      Kehidupan kita sekarang perlahan-lahan mulai berubah dari dulunya era industri berubah menjadi era informasi dan komunikasi dibalik pengaruh era globalisasi dan informatika yang menjadikan komputer, internet, dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian utama yang harus ada atau tidak boleh kekurangan di dunia pendidikan. Dalam memasuki era tersebut, sekolah memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam lingkungan kehidupan mereka. Kemampuan untuk berbahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua kriteria yang sering kali diminta masyarakat untuk memasuki era globalisasi baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Maka dengan adanya komputer yang telah merambah di segala kehidupan manusia, hal itu membutuhkan tanggung jawab yang sangat tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran komputer.
       
      Selain itu dengan adanya sistem pendidikan yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka diharapkan pelajar-pelajar di negeri kita dapat bersaing dan mengejar ketertinggalan dari pelajar di negeri maju tanpa perlu kehilangan nilai-nilai kemanusian dan budaya yang kita miliki. Atau dengan kata lain, peserta didik di jenjang pendidikan dasar perlu diarahkan dan dibekali pendidikan teknologi guna menuju masyarakat yang “melek teknologi” yaitu bercirikan mampu mengenal, mengerti, memilih, menggunakan, memelihara, memperbaiki, menilai, menghasilkan produk teknologi sederhana, dan peduli terhadap masalah yang berkaitan dengan teknologi.
       
      Di lain hal, teknologi informasi dan komunikasi juga dapat mendorong kita untuk melihat hal kecil sebagai hal yang dapat dijadikan sebagai sejumlah peluang yang tersaji di hadapan mata. Karena dengan begitu, maka kita dapat membalikkan arah imperialisme budaya yang dibawa oleh perkembangan di bidang tekonologi informasi ini, menjadi sesuatu yang bermanfaat.
       
      Sisi negatif teknologi
       



       
      Cara menyikapi perkembangan teknologi
       



    • Oleh Adeus
      Pengaruh globalisasi dapat dirasakan oleh semua pihak ketika budaya barat atau negara tetangga lainnya mulai memasuki Indonesia. Masuknya budaya dari negara lain ke Indonesia lewat beberapa hal seperti beredarnya film action dari barat yang di dalamnya kadang menyisipkan gaya hidup serta budaya negara-negara barat di luar sana.

      Apabila berbicara tentang pengaruh globalisasi tentu akan sangat berkaitan erat dengan kemajuan teknologi masa kini yang sangat dinamis. Munculnya internet sangat berpengaruh besar dalam globalisasi, karena dengan internet masyarakat dapat mengetahui informasi apapun baik itu dalam segi ekonomi, sosial budaya, hiburan, serta gaya hidup dengan bentuk berita yang bisa dibaca di berbagai blog dan website, video yang dapat diakses di youtube dan vimeo, ataupun dari sosial media.
       
      Pengaruh Globalisasi

      Pengaruh globalisasi terbagi menjadi dua yaitu pengaruh yang bersifat positif dan pengaruh yang bersifat negatif. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus bijak dalam menanggapi pengaruh globalisasi yang ada sehingga kita bisa memilah-milah apa yang harus dicontoh/diikuti dan apa yang tidak patut untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pengaruh globalisasi dilihat dari berbagai aspek baik itu bersifat positif ataupun negatif :

      Sosial Budaya

      Sekarang ini seiring dengan berkembangnya smartphone yang membuat internet sangat mudah dikases kapan saja dan dimana saja berakibat terhadap menurunnya kemampuan bersosialisasi setiap orang. Contoh yang paling simpel adalah ketika kita ingin bepergian ke suatu tempat namun belum tahu secara persis dimana letak tempat tersebut, dulu kita akan bertanya pada orang-orang sekitar yang kita temui di jalan namun sekarang kita akan memilih untuk membuka web browser di telepon pintar yang kita miliki dan menggunakan google maps sebagai petunjuk. Selain itu anak-anak dan remaja sekarang lebih memilih untuk berkutat dengan game android yang ada di smartphone dibandingkan dengan bermain permainan tradisional seperti membuat kincir angin yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dengan teman dan sahabat.

      Ekonomi

      Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi yang bersifat positif tentunya dapat membuat merangsang kreatifitas  anak negeri untuk menghasilkan produk yang tidak kalah dari produk luas sehingga pasar domestik pun dapat lebih bersaing. Banyak UKM di Indonesia yang sudah mampu mengekspor produk ke luar negeri seperti kerajinan kain perca dan kerajinan tangan rotan yang begitu digemari oleh masyarakat negara-negara tetangga. Namun sisi negatif dari globalisasi adalah masyarakat khususnya cenderung lebih konsumtif, hal ini kadang memicu seseorang melakukan tindakan-tindakan kriminal yang merugikan orang lain untuk memenuhi kebutuhan tersier. Bijaknya, sebagai manusia kita tidak perlu terlalu memikirkan kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya tersier karena alangkah lebih baik jika kita mempunyai uang, uang tersebut ditujukan untuk menabung atau investasi seperti investasi emas dan deposito berjangka misalnya.

      Pariwisata

      Dengan adanya perkembangan teknologi tentu salah satu manfaat globalisasi yang dapat menguntungkan negara adalah banyaknya wisatawan serta turis dari luar yang mengetahui keindahan Indonesia lewat internet dan akhirnya memutuskan untuk berwisata di negara ini. Pada umumnya turis dari luar gemar wisata yang berhubungan dengan alam seperti pantai dan gunung. Oleh karena itu tempat wisata yang menjadi pilihan dan banyak dikunjungi oleh wisatawan luar adalah pantai terindah di Bangka Belitung, Danau Toba, serta Pulau Bali yang merupakan salah satu dari daftar pulau terindah di dunia. Bali sendiri selain dikenal karena keindahan pantainya juga dikenal dengan budayanya yang sangat unik seperti hari nyepi dan upacara ngaben.
      Tips Menghadapi Pengaruh Globalisasi

      Untuk menghadapi pengaruh globalisasi yang sangat begitu kuat arusnya hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengerti betul dasar negara Pancasila dan UUD 1945. Dengan mengerti kedua hal tersebut maka kita akan menyadari bahwa banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap negara Indonesia. Belajar dari masa lalu salah satu kebudayaan baik seni tari dan motif pakaian pernah diakui oleh negara luar, ada baiknya pemerintah dan masyarakat memanfaatkan hak paten terhadap segala jenis ragam kebudayaan yang ada di Indonesia agar tidak dapat diakui secara semena-mena oleh pihak luar lagi di kemudian hari.
×
×
  • Membuat baru...

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi